Relieve App ~ Aplikasi Anti Depresi Asli Buatan Anak Negeri

Relieve App ~ Aplikasi Anti Depresi Asli Buatan Anak Negeri

relieve app

Aplikasi apa yang biasa kita gunakan di #smartphone setiap hari? Menggunakan aplikasi chat, aplikasi bisnis atau game tentu sudah sangat biasa. Tapi bagaimana ya kalau kita menggunakan aplikasi yang bisa mengatasi rasa depresi dan tertekan.

Tentunya perasaan tidak nyaman jadi bisa diatasi dengan aplikasi seperti itu. Tapi apakah aplikasi seperti itu memang ada? Tentu saja ada. Aplikasi tersebut bernama Relieve App. Dan yang lebih menarik lagi, Relieve App adalah aplikasi yang dibuat oleh salah satu mahasiswa Indonesia.

Latar Belakang Pembuatan Relieve App

Audrey Maximillian Herli adalah mahasiswa jurusan sistem informasi dari Universitas Airlangga yang berhasil menemukan dan mengembangkan Relieve App. Audrey tadinya hanya terinspirasi dari hal yang sederhana, dimana ia ingin semua orang Indonesia senantiasa bisa tersenyum tanpa merasakan beban masalah yang berarti.

Melalui channel #Youtube miliknya, Audrey bercerita kalau setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya. Entah itu tentang masalah keuangan, karir, kesehatan, kehidupan asmara atau masalah lain yang terasa berat dan tidak pernah diceritakan pada orang lain.

Menurut data World Health Organization pada tahun 2014, setiap tahunnya ada 800 ribu orang yang bunuh diri akibat depresi. Sehingga hal ini mulai menginspirasi Audrey untuk menciptakan #aplikasi anti depresi yang bisa membantu para pemilik masalah untuk berbagi beban.

Artikel lain: Chat Doctor ~ Aplikasi Mobile Fasilitasi Keluhan Kesehatan Kian Mudah Dan Praktis

Tentang Relieve App

Relieve App sebenarnya memiliki konsep yang sederhana. Aplikasi ini akan memfasilitasi para penggunanya untuk mendapatkan konsultasi online secara gratis dari psikolog atau tim berpengalaman lainnya. Dengan demikian bahwa orang-orang yang sedang mengalami masalah bisa memperoleh solusi atas permasalahan tersebut. Dan untuk mengutamakan privasi dan kenyamanan, proses konsultasi bisa dilakukan tanpa identitas (anonim).

Prestasi yang Diperoleh Relieve App

Relieve App menjadi salah satu aplikasi yang diikutsertakan dalam kompetisi “Satu Mulai” yang diadakan untuk memeriahkan peluncuran smartphone Android One. Kompetisi Satu Mulai yang diadakan sejak Maret 2015 ini bertujuan untuk mengembangkan potensi #internet di kalangan anak muda sehingga internet jadi semakin bermanfaat untuk diri sendiri, lingkungan maupun lingkup yang lebih luas lagi.

Setiap minggunya, kompetisi Satu Mulai akan memilih 3 pemenang yang berhak memperoleh smartphone Android One. Dan satu dari tiga pemenang mingguan berhak mendapatkan arahan langsung dari 12 orang juri yang secara resmi sudah ditunjuk oleh #Google. Juri-juri dalam kompetisi Satu Mulai antara lain Enda Nasution, Anji, Olga Lydia, Yosi Project Pop, Stenny Agustaf dan beberapa anak muda kreatif lainnya.

Baca juga: Motivasee, Aplikasi Kumpulan Kalimat Motivasi dan Inspirasi Berbahasa Indonesia

Setelah berhasil menyisihkan 11 ide terbaik lainnya, akhirnya Relieve App buatan Audrey keluar sebagai pemenang. Sebagai pihak pengembang, Audrey berkesempatan mendapatkan pelatihan langsung dari Google di Jepang. Para juri ajang Satu Mulai mengaku sangat bangga melihat ide-ide terbaik yang berhasil dilombakan.

Lebih lanjut lagi, Relieve App dianggap sebagai salah satu inovasi untuk melakukan sharing dengan cara yang lebih profesional. Cakupan bahasan pada Relieve App juga sangat beragam, mulai dari bidang karir, kehidupan pribadi, keluarga, hingga mentoring untuk berbagai bidang lainnya. Dengan adanya kompetisi inovasi tersebut, anak-anak muda akan lebih termotivasi untuk mengembangkan sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi diri senditi dan banyak orang.

Kalau Audrey Maximillian Herli sudah berhasil mengembangkan Relieve App yang unik dan inovatif, maka ini saatnya bagi kita untuk menunjukkan inovasi yang sama pada bidang bakat dan minat yang kita sukai !

2 KOMENTAR

  1. wah keren sekali reliever ini, buatan anak kuliah lagi, jadi malu saya gak bisa ngehasilin apa apa, hehehe

  2. Wah patut bangga nih indonesia, ternyata aplikasi relieve ini buatan anak indonesia,

Tinggalkan Balasan