6 Rahasia Sukses Orang Cina yang Membuat Mereka Gemilang Dalam Berbisnis

Rahasia Sukses Orang Cina
yourstory.com

Sebenarnya, apa rahasia sukses orang Cina? Kenapa rata-rata masyarakat Indonesia yang berasal dari etnis Cina atau Tionghoa kaya-kaya dan bisnisnya selalu sukses? Mungkin pertanyaan ini ada di benak kamu selama ini.

Seperti kita ketahui, masyarakat etnis Tionghoa atau Cina di Indonesia termasuk kelompok minoritas tapi secara finasial mereka mampu menguasai perekonomian nasional. Bahkan orang terkaya di Indonesia selama bertahun-tahun adalah dari etnis Tionghoa, yaitu keluarga Hartono.

Kita sadari atau tidak, etnis Tionghoa di Indonesia memiliki peran yang sangat besar terhadap perekonomian nasional, terutama di sektor perdagangan. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia, tetapi hampir di seluruh negara-negara di dunia.

Kesuksesan orang Cina dalam mengembangkan bisnis sering dijadikan acuan dan motivasi oleh banyak pengusaha baru. Tak sedikit juga yang bertanya apa rahasia sukses orang Cina sehingga bisa menguasai dunia bisnis sebaik sekarang.

Mungkin terkesan rasial – atau mungkin tidak, tapi faktanya memang orang Cina memiliki karakter yang unik dibandingkan dengan ras lain. Lalu, sebenarnya apa rahasia sukses orang Cina atau Tionghoa sehingga mereka selalu gemilang dalam berbisnis?Yuk, kita simak!

6 Rahasia Sukses Orang Cina Tionghoa

Di balik kesuksesan orang Cina yang gemilang, ada beberapa prinsip hidup yang bisa Kamu jadikan sebagai contoh dan panutan. Jadi, apa saja rahasia berbisnis orang Cina sehingga sering berhasil dan sukses? Berikut pembahasannya!

1. Pekerja Keras

Orang Cina Pekerja Keras
Perthnow.com

Berpegang erat pada filosofi “kerja-untung-makan”, orang Cina bisa menerapkannya dengan sangat baik. Hal itu terbukti dari kemampuan orang Cina yang selalu bekerja keras dalam melakukan apapun.

Dari kerja keras yang dilakukan, mereka akan mendapatkan keuntungan yang besar. Tidak heran bahwa setiap bisnis yang mereka lakukan pasti selalu sukses.

Sebenarnya dari dulu Cina memang terkenal dengan pepatah-pepatahnya dalam mengajarkan kesuksesan serta kerja keras, sehingga mereka tidak enggan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat dari orang lain.

Berat di sini maksudnya, mereka tidak keberatan untuk tidur beberapa jam saja dan lebih menghabiskan waktu untuk kepentingan bisnis.

2. Tidak Suka Menghamburkan Uang

Orang Cina Hemat
Haluan.co

Orang Cina sering disebut pelit oleh kebanyakan orang, padahal memang mereka tidak mau menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting.

Mereka juga sangat rajin menabung di bank dan melakukan investasi, sehingga pendapatan mereka tidak dikeluarkan untuk berfoya-foya. Uang yang ditabung dan hasil investasi lebih suka digunakan untuk membesarkan usaha dan tabungan untuk masa tua.

Orang Cina memiliki pepatah “makan bubur sebelum sukses, dan makan nasi setelah sukses”. Pepatah ini mirip dengan pepatah “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”.

Jadi, masyarakat etnis Tionghoa pada umumnya sangat hemat dalam menggunakan uang. Bukan hanya hemat, mereka juga bijak dalam mengatur keuangan dan tidak mau berhutang bila tidak terpaksa.

3. Belajar Bisnis Sejak Kecil

Orang Cina sudah diajari berbisnis oleh orang tua mereka sejak kecil. Kamu pasti pernah melihatnya ketika saat berbelanja di toko-toko mereka.

Banyak remaja bahkan anak-anak yang sudah ikut orang tuanya di toko untuk membantu. Hal itu bertujuan untuk mengenalkan bisnis kepada anak sejak usia dini.

Seperti pepatah klasik orang Tionghoa “Saat muda tidak rajin, setelah tua baru menyesal. Tidak harus menunggu dewasa untuk mulai belajar berbisnis.

4. Berani Menghadapi Risiko

Hal paling penting yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah berani menghadapi risiko, entah itu risiko gagal atau risiko apapun. Orang Cina mempunyai prinsip ini, mereka tidak takut gagal dan berani mengambil risiko.

Namun sebelum mengambil sebuah keputusan, mereka akan mempertimbangkannya dengan matang berdasarkan analisis tepat.

Dan meskipun akhirnya gagal, umumnya para pebisnis Tionghoa tidak akan berlarut-larut meratapi kegagalan tersebut, melainkan berusaha untuk bangkit dari kegagalan tersebut.

Seperti kata-kata bijak dari Confucius ” Keberhasilan terbesar kita bukanlah karena kita tidak pernah gagal, tetapi bagaimana kita bangkit setiap kali kita mengalami kegagalan.”

5. Pandai Membaca Kebutuhan Pasar

Salah satu kunci penting dalam berbisnis adalah pandai membaca kebutuhan pasar. Sebelum memulai berbisnis, orang Cina akan melakukan riset yang mendalam terhadap bisnis yang akan dijalankan.

Mereka mencari tahu mengenai kebutuhan pasar dan peluang dari bisnis yang akan dijalankan. Mereka juga tidak malas turun langsung ke lapangan untuk melihat kebutuhan pasar.

Terbukti dari kepandaian mereka dalam memilih tempat usaha, di manapun tempat bisnis yang mereka buka, akan banyak pelanggan yang datang. Itu berarti riset yang mereka lakukan benar-benar berhasil.

6. Pandai Melakukan Negosiasi

Chinabusinessreview.com

Orang Cina juga terkenal pandai dan ahli dalam melakukan negosiasi atau tawar-menawar. Seperti kita ketahui, keahlian ini sangat penting dalam kegiatan perdagangan atau bisnis.

Dengan negosiasi, mereka akan mendapatkan penawaran harga terbaik, sehingga mereka juga bisa memberikan harga yang cenderung murah ketika dijual kepada konsumen. Jadi, dengan tawar-menawar tersebut para pebisnis Tionghoa akan mendapatkan harga terbaik tanpa mengesampingkan keuntungan supplier.

Selain itu, proses negosiasi yang dilakukan oleh orang Cina biasanya tidak hanya untuk mendapatkan harga terbaik tetapi juga untuk menjalin hubungan baik dengan pebisnis lain.

Baca juga: Rahasia Sukses Orang Jepang

Kesimpulan

Pada dasarnya sukses itu bisa diraih oleh siapa saja, tidak memandang suku, ras, dan agamanya. Dan tidak ada salahnya meniru budaya kerja masyarakat etnis Tionghoa yang terkenal pekerja keras agar kehidupanmu di masa depan menjadi lebih baik.

Tentu saja kita tidak bisa memukul rata setiap orang beretnis Tionghoa memiliki bisnis yang sukses. Faktanya, ada banyak juga teman-teman beretnis Tionghoa yang masih bekerja pada orang lain, atau bahkan keuangannya masih kembang-kempis.

Dari uraian mengenai rahasia sukses orang Cina di atas, sekarang kita tahu bahwa untuk sukses dibutuhkan usaha yang besar dan terus-menerus. Mungkin budaya kerja dan prinsip hidup orang Cina terlihat memberatkan, tapi sebenarnya hal itu justru membuat kita menjadi orang yang lebih kuat dan mandiri.

Sebagai penutup, semoga artikel tentang rahasia sukses orang Cina ini bisa memberikan inspirasi buat kamu, tidak hanya dalam kegiatan bisnis tetapi juga dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Nanik Tri Widiyawati

Tinggalkan Balasan