PonselPay: Aplikasi Untuk Transaksi Pembayaran secara Mudah

PonselPay

PonselPay

PonselPay – Setiap hari pasti ada saja transaksi-transaksi kecil maupun besar yang dilakukan melalui perantaraan bank. Ada yang membayar tagihan listrik atau telepon, ada yang membayar kartu kredit atau ada yang membayar angsuran properti dan kendaraan bermotor.

Padatnya aktivitas transaksi perbankan tersebut menjadi peluang bisnis brilian yang dilirik oleh PT. MVCommerce untuk menciptakan produk mobile yang mampu memfasilitasi pembayaran dan transaksi bank lainnya melalui ponsel. Ya, ponsel adalah alat komunikasi yang dimiliki oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Melalui aplikasi yang dinamakan PonselPay (www.ponselpay.com), PT. MVCommerce memiliki ekspektasi yang besar untuk mewujudkan fasilitas transaksi perbankan yang memudahkan para pengguna ponsel.

Artikel lain: CekAja ~ Situs Komparasi untuk Memilih Produk Keuangan

Keunggulan yang Ditawarkan PonselPay

PonselPay menawarkan keunggulan yang sangat berbeda dengan fasilitas bank online lainnya. PonselPay menggunakan perusahaan telekomunikasi sebagai perantara untuk melakukan pembayaran. Platform #startups  ini bersifat terbuka dan dapat digunakan oleh semua orang yang memiliki ponsel.

Hal ini akan memberikan kemudahan transaksi pembayaran atau transfer dari satu pihak ke pihak lain tanpa harus mempedulikan rekening bank apa yang mereka miliki. Bahkan, bila kedua pihak yang melakukan transaksi sama-sama menggunakan fasilitas PonselPay, kedua pihak tersebut tak perlu lagi menggunakan rekening bank sebagai fasilitas transaksi keuangan.




Fasilitas transaksi yang disediakan oleh Ponsel Pay tidak menarik biaya tambahan seperti yang sering dilakukan oleh berbagai merchant penyedia jasa transaksi. Dengan begitu, PonselPay dapat diaplikasikan untuk menepis anggapan masyarakat mengenai betapa rumitnya transaksi uang secara digital di Indonesia.

Founder sekaligus CEO MVCommerce, Hendra Standinata membuat sebuah ilustrasi sebagai berikut:

Misalnya asisten rumah tangga anda harus pergi untuk melakukan transaksi transfer uang bagi keluarganya. Ia tentu harus mengeluarkan biaya transportasi untuk pergi naik angkot atau ojek. Sementara bila keluarga asisten anda tidak memiliki rekening bank, asisten anda harus pergi ke kantor pos dan membutuhkan biaya administrasi sebesar 22 ribu rupiah untuk dapat mengirimkan uang. Melalui penggunaan Ponsel Pay, asisten Anda dapat melakukan transfer uang tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Sungguh hemat waktu, tenaga dan uang.

Artikel lain: Cara Mudah Investasi Reksadana untuk Pemula

Upaya Jangka Panjang yang Terus Ditingkatkan

PT. MVCommerce yang didirikan sejak tahun 2001 mulai merencanakan dan membuat aplikasi PonselPay sejak tahun 2007. Tentu sebuah proses yang amat panjang dan berliku untuk menciptakan sebuah aplikasi yang berkualitas dan dapat memudahkan transaksi perbankan bagi banyak orang.




Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi MVCommerce dalam mengembangkan aplikasi PonselPay berkaitan dengan regulasi dan permohonan kerjasama dengan bank, klausa keamanan untuk pengguna serta berbagai hal-hal lainnya yang berkaitan dengan legalitas.Hingga pertengahan tahun 2014, PonselPay sudah berhasil menjalin kerjasama dengan 1 provider GSM dan 1 provider CDMA di Indonesia. Dan pihak MVCommerce hingga saat ini masih mengupayakan pengajuan kerjasama dengan beberapa provider lainnya.

Meskipun sudah melakukan soft-launch dan siap digunakan oleh masyarakat, MVCommerce belum mengadakan promosi agresif karena PonselPay masih dalam tahap eksperimental dan pengembangan fitur. Namun bila anda tertarik untuk menggunakan Ponsel Pay, maka anda dapat langsung mengakses PonselPay melalui ponsel anda.

Agar anda dapat menggunakan fasilitas PonselPay, anda tinggal mengirimkan SMS registrasi dan Anda akan segera menerima ID PonselPay. Melalui ID PonselPay tersebut anda dapat melakukan pembayaran tagihan, transfer uang atau menyimpan uang di ponsel anda. Ponsel anda bisa memiliki fungsi tambahan sebagai dompet digital bagi kemudahan transaksi anda.

Untuk beberapa waktu ke depan, MVCommerce belum berniat mencari investor untuk pengembangan PonselPay. Karena money-oriented yang diinginkan insvestor dapat mengganggu esensi tujuan PonselPay yang ingin membantu memudahkan transaksi keuangan seluruh kalangan masyarakat. Lisensi yang diperoleh oleh PonselPay memungkinkannya untuk mulai dikembangkan di sejumlah negara kawasan Asia Tenggara lainnya.

Baca juga: Apa Itu Startup? Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Semoga langkah yang ditempuh PonselPay dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk mengembangkan aplikasi dan startup yang dapat membantu memudahkan aktivitas masyarakat Indonesia.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya kok baru tahu tentang ponselpay ya..
    Ini tentunya akan sangat membantu untuk penjual online melakukan transaksi antar bank atau sesama bank. Apalagi diatas dijelaskan kalau transfer antar bank tidak dikenakan biaya..
    Terima kasih telah berbagi informasi ini…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud