Beranda Bisnis Ini 5 Plugin WordPress untuk Memperlancar Bisnis Online Kamu

Ini 5 Plugin WordPress untuk Memperlancar Bisnis Online Kamu

Menjalankan bisnis secara online bukanlah hal yang baru lagi bagi para pengusaha saat ini. Dari segi efisiensi, memiliki bisnis online merupakan keuntungan tersendiri untuk mereka yang ingin menjalankan bisnisnya dengan lebih lancar dan mudah.

Namun, tanpa tools yang tepat maka kamu akan menghadapi banyak kendala dalam pengelolaan bisnis di internet. Tanpa fitur yang lengkap, seperti fitur pembayaran atau riwayat pembelian, sebuah website bisnis online hanyalah sebuah website yang tidak dapat digunakan untuk aktivitas jual-beli online.

Selain menemukan pilihan hosting yang tepat untuk bisnis online kamu, misalnya layanan VPS murah Indonesia atau mungkin hosting unlimited murah yang sesuai dengan kebutuhan website kamu, kamu juga harus tahu plugin apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan bisnis di internet.

Lalu, apa saja sih plugin yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja website untuk jualan online? Berikut ini adalah 5 plugin WordPress yang bisa kamu install dan aktifkan agar website bisnis online kamu dapat berfungsi secara optimal.

1. Plugin WooCommerce

Plugin WooCommerce
Plugin WooCommerce

WooCommerce merupakan saalah satu plugin terbaik yang dapat diinstall untuk memaksimalkan kinerja bisnis online kamu. Pengguna dari plugin ini makin banyak dari waktu ke waktu, sehingga banyak penyedia web-hosting yang menawarkan layanan hosting khusus untuk plugin ini.

Keberadaan WooCommerce memungkinkan penggunanya untuk mengubah sebuah hosting berbasis WordPress menjadi sebuah website untuk berjualan online. Produk yang dijual pun bisa berupa produk fisik maupun digital.

Dengan menggunakan WooCommerce, kamu bisa menambahkan fitur dasar sebuah bisnis internet layaknya sebuah eCommerce, seperti proses pembayaran, cara pengiriman, hingga potongan pajak. Fitur unggulan lain dari plugin ini adalah bisa mengatur dan mengustomisasi halaman produk bisnis online kamu.

Kamu juga bisa mengaktifkan ekstensi berbayar apabila benar-benar ingin memaksimalkan plugin ini secara fungsional.

2. Plugin MemberPress

Plugin MemberPress
Plugin MemberPress

Berbeda dengan WooCommerce, fokus utama MemberPress bukan pada bisnis online yang menjual produk fisik maupun digital, melainkan melalui membership atau keanggotaan. Setiap penggunanya bisa memanfaatkan fitur MemberPress untuk mengubah website milik mereka menjadi website yang dapat diakses orang-orang yang telah menjadi member atau anggota di dalamnya. Plugin ini cocok digunakan untuk website berbasis komunitas maupun forum tertutup.

Untuk kamu yang memiliki usaha kursus online, MemberPress bisa jadi pilihan plugin yang tepat untuk diinstall di website kursus online milikmu. Plugin ini mengelola fitur untuk menetapkan biaya kepada user yang ingin mengakses konten-konten khusus yang sifatnya eksklusif.

Selain itu, dengan plugin ini kamu juga bisa menjalankan program afiliasi. Guna memudahkan para penggunanya dalam menganalisa data, MemberPress juga menyediakan pilihan analytic. Terdapat pula fitur untuk mengelola pembayaran serta akses informasi, tutorial, dan analisa yang mendalam.

3. Plugin LearnPress

Plugin LearnPress
Plugin LearnPress

Hampir sama seperti MemberPress, LearnPress juga memungkinkan penggunanya untuk membuat forum khusus dengan jumlah user tertentu untuk dapat mengakses data di dalamnya. Hanya saja, LearnPress benar-benar difungsikan secara maksimal untuk website kursus online.

Dengan plugin ini, kamu bisa mengatur level kursus online yang kamu kelola. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan quiz maupun fitur-fitur interaktif lainnya. Layaknya sebuah kursus secara langsung di dunia nyata, melalui LearnPress pun kamu bisa mengelola pekerjaan rumah untuk ditambahkan ke dalam kursus online-mu.

Dengan mengaktifkan LearnPress di website kursus online milikmu, anggota berupa murid-murid yang tergabung di dalamnya bisa kamu kenakan biaya khusus pendaftaran maupun perpanjangan kursus. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menggunakan opsi add-on premium untuk memberikan akses berlangganan kepada mereka.

Selain itu, LearnPress juga menawarkan opsi add-ons lain yang memungkinkan kamu untuk mengatur syarat dan ketentuan di kelas, mengintegrasikan masing-masing level dengan plugin forum dan mengaktifkannya agar para murid bisa saling berdiskusi di dalamnya.

4. Plugin Easy Digital Downloads

Plugin Easy Digital Downloads
Plugin Easy Digital Downloads

Jika kamu memiliki bisnis online yang menjual produk-produk digital berupa file PDF seperti e-book, plugin WordPress yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk dimanfaatkan di websitemu. Sebagai pengguna, kamu bisa mengunggah dan menjual file via WordPress. Produk-produk digital yang dijual pun bisa disimpan di situs-situs lain, seperti Amazon S3 maupun Dropbox.

Melalui Easy Digital Download, para penggunanya bisa membuat halaman akun khusus untuk para pelanggan mereka yang disertai dengan riwayat pembayaran. Ada pula fitur integrasi dengan mailing list dan program afiliasi.

Ada juga ekstensi-ekstensi lain yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan fungsi dari website bisnis internet yang kamu miliki. Selain itu, plugin ini bisa diunduh secara gratis. Namun apabila kamu menginginkan versi premium, kamu bisa mendapatkannya dengan biaya kurang lebih Rp 117.000,- per bulan.

5. Plugin WC Vendor Marketplace

Plugin WC Vendor Marketplace
Plugin WC Vendor Marketplace

Tidak memiliki toko online sendiri untuk bisnismu tetap memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan eCommerce WordPress.

Kamu bisa membuat online marketplace milikmu sendiri yang memungkinkan para vendor lain untuk berjualan. Plugin WC Vendor Marketplace pun bisa digunakan untuk memaksimalkan fungsi eCommerce WordPress yang kamu kelola.

Dari segi kinerja, plugin ini bisa memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk membuat marketplace seperti Etsy, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Para vendor di dalamnya pun bisa menjual berbagai macam produk, baik produk fisik maupun digital.

Prospeknya pun tidak hanya menguntungkan dari sisi bisnismu saja, tapi juga vendor-vendor yang tergabung di dalamnya. Kamu pun bisa melakukan penyaringan vendor-vendor yang layak untk bergabung di online marketplace yang kamu kelola. Untuk mendapatkan lisensi premiumnya, kamu perlu membayar sekitar $199 per tahunnya.

Baca juga: Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Masa Depan

Itulah 5 plugin WordPress yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan bisnis online yang kamu punya. Ingat, website hanya akan jadi sekedar penampung informasi apabila kamu tidak menggunakan tools yang tepat untuk mengelolanya. Apabila bisnismu ingin berjalan lebih lancar, manfaatkan plugin-plugin tersebut agar terdapat lebih banyak interaksi dan transaksi di dalamnya. Selamat berbisnis online!

1 KOMENTAR

  1. Emang enak ya kalau pakai WordPress, tapi saya pakai Blogger gak nemuin fitur kaya gitu..

Tinggalkan Balasan