Perjuangan Bisnis Kartini Muljadi, Wanita Terkaya di Indonesia

Kartini-Muljadi-Wanita-Terkaya-di-Indonesia

Image dari Forbes.com

 Apakah rekan-rekan tahu siapa wanita paling kaya di Indonesia? Jika belum tahu, jawabnya adalah seorang wanita multi talenta bernama Kartini Muljadi. Ia adalah sosok wanita dengan mental baja serta kemampuan untuk berkembang yang luar biasa. Jika bagi sebagian wanita, kodrat yang diterima hanya berhenti sebagai istri atau ibu, tidak dengan dirinya. Dengan usahanya yang tiada henti serta dukungan dari orang-orang tercinta, ia membuktikan wanita juga bisa berkarya bahkan mencapai kesuksesan besar.

Ingin tahu bagaimana kisah hidup Kartini Muljadi hingga berhak menempati predikat wanita terkaya di Indonesia? Berikut Maxmanroe berikan biografi singkatnya.

Berawal dari Dunia Hukum

Kartini Muljadi lahir pada tanggal 17 Mei 1930 di daerah Kebumen, Jawa Tengah. Lahir dalam keluarga yang cukup mapan menjadikan kesempatan Kartini memperoleh ilmu terbuka sangat lebar. Sejak kecil ia telah mendapat pendidikan yang baik di salah satu sekolah khusus keturunan Belanda yang ada di Kebumen.

Menjelang remaja, ia memutuskan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi lagi di beberapa kota besar. Semangat belajarnya terlihat dari beberapa bidang ilmu yang ia pelajari. Setidaknya ia pernah belajar di 3 universitas di tiga tempat berbeda yakni Surabaya, Yogyakarta dan yang terakhir Jakarta. Di Jakarta sendiri ia mengambil jurusan Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia. Dan disiplin ilmu tersebut lah yang akhirnya mengantar Kartini pada jejak karir pertamanya.

Setelah menamatkan pendidikan dan mendapat gelar sarjana hukum pada tahun 1985, ia lantas masuk ke dunia kerja tepatnya di Pengadilan Istimewa Jakarta. Disana ia menjadi salah satu hakim muda yang menangani beberapa bidang kasus seperti pidana, perdata, dan kepailitan usaha.




Kala menjalani pendidikan hukum di Jakarta, Kartini telah menemukan tambatan hati dan akhirnya menikah dengan pria yang juga rekannya yakni Djojo Muljadi SH. Bahkan selepas ia lulus kuliah ia sudah dianugerahi 2 orang putra. Namun tak lama setelah dirinya menjalani profesi sebagai hakim, takdir pait harus ia terima. Sang suami meninggal saat keadaan keluarganya masih sangat membutuhkan sosok pemimpin keluarga.

Artikel lain: Martha Tilaar ~ Pengusaha Kosmetik Wanita Sukses Asal Indonesia

Beralih Menjadi Notaris

Setelah kepergian sang suami praktis ia yang menjadi tulang punggung keluarganya. Tuntutan kebutuhan hidup akhirnya memaksanya untuk mencari sumber penghasilan yang lebih baik. Kartini memutuskan keluar dari jabatan hakim dan mendaftar menjadi notaris.

Dengan pengalaman serta luasnya koneksi, tidak sulit untuk ia masuk ke dunia notaris. Hasilnya dalam waktu yang tidak terlalu lama karir notaris Kartini melesat. Banyak rekanan perusahaan serta professional yang menggunakan jasa dirinya. Selain itu, disela pekerjaan notaris ia juga menjadi dosen pengisi di beberapa universitas hukum di Jakarta. Tentunya ia mendapatkan tambahan pengahasilan yang cukup dari semua usahanya tersebut.

Pada seputaran tahun 1990-an, menjadi awal puncak karir sang hartawan wanita. Ia keluar dari firma notaris dan mendirikan sebuah kantor kosultan miliknya sendiri. Di bawah bendera Muljadi & rekan, kantor konsultannya tersebut menuai kesuksesan besar. Banyak perusahaan besar yang rutin memakai jasanya bahkan menempatkan Kartini sebagai pemilik bisnis jasa konsultan paling sukses kala itu.




Menjadi Wanita Terkaya di Indonesia

Dalam sejarah daftar orang terkaya versi rujukan bisnis Forbes, pengusaha wanita memang tidak banyak tercantum di dalamnya. Kebanyakan dari para jutawan tersebut adalah pria dan hanya segelintir wanita yang bisa masuk daftar. Di Indonesia sendiri, Kartini Muljadi menjadi satu satunya wanita dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Ia menduduki posisi 29 dengan kekayaan USD 1,1 miliar.

Lalu dari mana sajakah sumber penghasilan Kartini tersebut? Nyatanya selain sukses mendirikan kantor pengacara dan konsultan, ia juga sukses menurunkan bakat bisnis pada putra putrinya. Ia mempunyai 3 penerus yang kini sudah mulai menunjukkan kapasitas sebesar ibunda mereka. Mereka adalah Sucipto Muljadi pemilik multi perusahaan salah satunya XINTAI – Well head & X – Mastree, lalu Handoyo Muljadi pemilik kelompok bisnis Tempo Scan Group, serta yang terakhir putri bernama Dian Muljadi yang juga ikut mengelola Tempo Scan bersama sang kakak. Selain itu ladang uang yang juga menjadi jaringan bisnis keluarga Muljadi adalah Indika Group yang dikelola Dian Muljadi bersama sang suami.

Puncaknya yakni manakala Tempo Scan Group melepas saham yang mendatangkan income bersih tak kurang dari USD 218 juta. Praktis tambahan dana segar tersebut meroketkan posisi keluarga Kartini Muljadi menjadi salah satu yang terkaya di Indonesia.

Baca juga: Susi Pudjiastuti ~ Lulusan SMP yang Sukses Berbisnis Maskapai Penerbangan

Apa yang telah dicapai oleh Kartini Muljadi merupakan bukti nyata tidak ada batasan genre dalam meraih kesuksesan besar. Semua tergantung seberapa besar usaha tiap pribadi dalam mengejar kesuksesan tersebut.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah mantap mastah, benar-benar perempuan petarung.
    Mudah-udahn semain banyak kartini-kartini hebat Indonesia di tahun 2015.

    Salut buat mastah yang tetap komitmen membuat artikel bermutu dan penuh informasi setiap hari.
    Mungkin bisa di sharing trik atau tips agar mood menulis artikel tetap ada setiap hari

    Salam
    adhy

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud