Penyebab Ranking Blog / Website Merosot Tiba-tiba di SERP Google

google-honeymoon

Blog/ website Anda pernah mengalami penurunan posisi di SERP secara drastis? Salah satu blog saya yang berbahasa Inggris pernah mengalaminya, dan membuat trafik blog saya ‘terjun bebas’ alias drop. Bagi seorang blogger atau pun yang berprofesi sebagai internet marketer, kehilangan trafik dari search engine secara tiba-tiba adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan, kalau saya menyebutnya sebagai musibah. Kenapa saya katakan musibah? Sama halnya seperti toko offline yang ada di sekitar kita, ketika trafik/ pengunjung yang datang ke toko tersebut tiba-tiba tidak ada lagi karena suatu hal – bilanglah jalan menuju ke toko itu rusak parah – tentu saja toko itu akan sepi dan tidak ada penjualan. Dan kalau hal ini terjadi terus dalam kurun waktu yang cukup lama maka toko itu dipastikan akan bangkrut dan gulung tikar.

Bagi seorang pebisnis online atau pun usaha yang dikembangkan secara online, trafik dari mesin pencari Google adalah sesuatu yang sangat berharga. Terutama kalau website mereka beradap pada halaman utama hasil pencarian google. Trafik yang datang ke website akan melimpah, dan konversi penjualan biasanya akan berbanding lurus dengan trafik yang datang dari search engine Google. Bayangkan bila semua trafik potensial itu hilang semua dalam tempo yang sesingkat-singkatnya… pasti sedih rasanya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan blog atau website kita mengalami penurunan posisi di SERP Google secara tiba-tiba. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Google Honeymoon Yang Akhirnya Berakhir

Fenomena Google Honeymoon ini adalah momen dimana sebuah blog/ website yang masih baru tiba-tiba mendapat peringkat yang sangat baik di search enging Google, bahkan bisa mencapai posisi 5 besar dalam tempo yang sangat singkat. Namun ketika Google Honeymoon berakhir, posisi blog/ website tersebut tidak terlihat lagi di halaman utama pencarian Google. Entah kenapa pihak Google menyebutnya sebagai Google honeymoon, tapi fenomena ini bisa membuat kita yang awalnya senang dan akhirnya manyun karena SERP blog / website kita berpindah ke posisi yang tidak terjangkau pengunjung potensial.




Artikel terkait: 8 Langkah Memaksimalkan SEO Website

2. Efek Dari Google Sandbox

Google Sandbox adalah hukuman yang diberikan search engine Google pada blog/ website yang menyalahi standard Google search engine. Yang paling banyak mengalaminya adalah situs-situs yang melakukan kegiatan SPAM, baik dari internal maupun dari external website tersebut. Pada saat sebuah blog/ website telah masuk ke dalam Google Sandbox maka blog/ website tersebut tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google. Bayangkan efek yang akan terjadi pada bisnis online bila situs kita mengalami Google Sandbox.

Situs-situs bisnis di Amerika sangat banyak yang terkena efek dari Google Sandbox ini. Kalau untuk situs-situs berbahasa Indonesia saya belum pernah mengalaminya tapi satu dari blog saya yang berbahasa Inggris pernah mengalaminya. Yup, mungkin waktu itu saya menyalahi TOS dari mesin pencari Google.

Untuk mengembalikan situs yang terkena Google Sandbox kembali ke halaman pencarian Google bukan sesuatu yang mudah dan cepat. Walaupun banyak webmaster yang berhasil mengembalikan situsnya ke ‘jalan yang benar’, proses dan effort yang dilakukan ternyata cukup banyak. Biasanya webmaster situs yang terkena hukuman ini melakukan beberapa upaya seperti perbaikan konten menjadi lebih baik, membangun backlinks dari situs-situs authority, dan lain-lain.




3. Perubahan Algoritma Google

Google memang sangat perduli dengan hasil pencarian search engine mereka. Ini terlihat dari perubahan yang cukup besar yang mereka lakukan pada algoritma mereka. Kalau dulu situs-situs ‘robot/ automatic’ sering mendapatkan posisi yang baik di search engine, sekarang situs-situs ‘robot/ automatic’ tersebut sudah banyak yang hilang dari mesin pencari mereka dan lebih mengutamakan situs-situs yang memiliki konten yang original dan update.

Kalau kita perhatikan, saat ini Google sangat sering meng-update hasil pencarian di situs mereka. Tidak heran kalau kita sering melihat perubahan dalam hasil pencarian di Google. Pembaruan algoritam inilah yang sering menyebabkan posisi blog/ website di SERP Google sering mengalami perubahan. Namun jangan khawatir, kalau Anda punya konten yang informatif, original dan situs Anda memiliki struktur website yang baik, perubahan Algoritma ini tidak terlalu mempengaruhi posisi Blog/ website Anda di search engine Google.

4. Website Anda Mengandung Malware

Inilah salah satu kecanggihan mesin pencari Google, mereka bisa mengetahui bahwa sebuah blog/ website mengandung malware – kode/ script yang berbahaya bagi pengunjung. Search engine Google akan memberikan peringatan kepada calon pengunjung bahwa website itu mengandung malware yang berbahaya, dan calon pengunjung itu tentu saja tidak mau mengambil resiko membuka sebuah situs yang berbahaya bagi komputernya. Situs-situs yang mengandung malware akan memiliki reputasi yang buruk, baik dari mesin pencari ataupun user. Pada akhirnya situs ini akan ‘terlempar’ dari halaman pencarian di Google.

Artikel terkait: Plugins Terbaik Untuk Blog WP

Sebagai seorang webmaster, kita harus berhati-hati dalam memasukkan file ke dalam hosting karena berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa file yang bisa disusupi malware yang ternyata kita sendiri yang memasukkannya. Contohnya adalah ketika seseorang memberikan Themes Premium secara gratis kepada saya, lalu saya menginstalnya ke website saya. Tidak berapa lama saya mendapat email dari Google bahwa di dalam situs saya ada script yang berbahaya, dan setelah saya periksa ternyata di dalam themes yang saya dapat itu ditanam script jahat. That’s Creepy heh?

5. Konten Website Meng-Copy Dari Sumber Lain

Ini adalah yang sangat sering dilakukan blogger abal-abal hehehe. Seorang COPASER yang sangat ahli sekalipun tidak akan bisa menghindari efek dari tindakannya meng-copy konten orang lain bulat-bulat tanpa memberikan kredit ke konten aslinya. Kita sudah sering membaca bahwa Google sangat menyukai konten yang original dan bermanfaat bagi pembaca konten tersebut, dan akan memberikan penalty kepada blog yang isinya hanya artikel yang dicopy bulat-bulat dari sumber lain.

Kegiatan meng-copy konten dari sumber lain tanpa memberikan kredit kepada pembuat konten asli adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan. Kalau menurut saya mereka sama saja seperti pencuri. Terus terang konten di blog ini bukan hanya dari hasil pemikiran sendiri tapi juga hasil dari membaca dari beberapa referensi lain yang menurut saya bisa dipercaya, dari pengalaman orang lain yang bisa dipercaya, dan juga dari pengalaman saya pribadi. Saya sering menulis topik yang sama dengan website lain tapi dengan tata bahasa yang berbeda dengan konten awal, dan cara ini masih bisa diterima. Kalau kita ingin memiliki blog yang disukai orang dan juga disukai mesin pencari untuk waktu yang lama, sebaiknya mulai sekarang kita belajar membangun konten kita sendiri, be your self, be original :).

Artikel ini tidak bermaksud untuk ‘menghakimi’ atau mengajari pembaca, saya hanya ingin berbagi pengetahuan yang saya dapat dari pengalaman pribadi dan juga pengalaman orang lain. Bila ada masukan dan juga tambahan tentang penyebab ranking blog/ website merosot di Google, saya akan sangat berterimakasih dengan informasi yang Anda berikan. Terimakasih sudah membaca artikel ini :)



168 total comments on this postSubmit yours
  1. Hemmmm, nice share gan
    yaa yang paling sulit terhindari ya pada bagian “artikel dicopas ” itu gan, ya jujur jengkel sekali.

    Mungkin ada tips gan, buat mertahanin serp blog agar tetep unggul meskipun artikel kita banyak dikopas ?

  2. Om tanya dong, blog saya domain udah TLD namun masih pake blogspot. beberapa hari yang lalu artikel yang diindeks sama yang didaftar, sama jumlahnya..sama2 231 artikel…namun ketika saya update artikel (saya jarang update, saya update 2 artikel dalam rentang waktu seminggu)..yang seharusnya 233 artikel, namun posisi artikel submit di dalam sitemap.xml di webmaster google, tidak bertambah…tetap 231..malah yang terindeks jadi turun dari 231 jadi 175, kemudian jadi 125, dan terakkhir jadi 109..posisinya turun krn saat fetch as google..namun artikel tersubmit tetap 231 tidak bertambah jadi 233. Akan tetapi, posisi SERP artikel saya di google search engine terhitung stabil, paling turun 1-2 peringkat, kadang naik lagi dengan berbagai kata kunci sesuai niche blog saya. Dan trafik pun masih stabil….

    Pertanyaannya:
    1. Apakah penyebab dari turunnya artikel yang diindek google? waktu saya hapus sitemap, kemudian saya submit lagi sitemap.xml nya, pertama disubmit kmebali tidak langsung tersubmit 233 artikel, tapi dengan status “Tertunda”, sehari kemudian baru ada terlihat artikel tersubmitnya, namun tetap 231.

    2. Apakah nanti akan berpengaruh pada posisi SERP beberapa artikel saya yang berada di pejwan google?

    3. Saya tidak pernah melakukan SPAM, tidak ada malware terdeteksi, dan tidak terdeteksi masalah apapun di web saya, waktu saya cek di moz researchtool, backlink saya tidak ada indikasi SPAMMING..

    4. Apakah blog saya terkena sandbox atau tidak? dan bagaimanakah cara mengeceknya?

    5. Apa yang harus saya lakukan untuk mengembalikan status indeks artikel saya di webmaster google?

    Terimakasih

  3. menurut saya banyak sekali perubahan blog paada saat ini. SEO google jauh lebih susah dibandingkan 5 tahun lalu.

  4. Saya juga kaget tiba-tiba satu tulisan unggulan saya merosot ke berpuluh-puluh serp google. Sekarang saya bingung untuk menaikannya kembali.

  5. 2 bulan ini peringkat hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci jual buku bekas turun. saya coba cari masalahnya, saat saya check dari webmaster google, ternyata duplikat title tag sampai 3 ribuan…hadeuh..pusing, saya coba perbaiki dengan tips dari para blogger senior, hasilnya gak ngaruh…mungkin ada yang bisa kasih tips jitu? blog saya khusus menjual buku bekas

  6. min bloogs saya di index google 14000 namun satu bulan terakhir merosot jadi 6000n index , penyebabnya apa ya , udah lama tidak saya post

    • Berarti banyak halaman yang dianggap tidak penting dan dihapus dari indeks Google

  7. terimakasih infonya sangat masuk akal, tp ada sedikit ganjalan, ketika saya optimasi semuahasil good tp sudah satu bulan ini tidak ada mumcul. yang mau saya tanyakan apa ada jenjang waktu untuk ke index diserp. terimakasih

    • Maksudnya tidak muncul di SERP Google atau gimana pak? Biasanya untuk web baru memang butuh waktu untuk diindeks oleh Google

      • Belum tentu pak. Untuk blog baru yang biasanya meggunakan domain umur tua biasanya cepet banget keindex tp ya itu kena honeymoon

  8. Terima kasih atas kesempatan ini.
    website saya dengan WordPress dengan seo Yoas. Seo disebut bagus (good) tapi susah masuk ke halaman 2 apalagi ke halaman 1.
    Mohon petunjuknya dan arahannya Pak.
    Terima kasih.

  9. Saya ingin mencari Info.. Barusan saya terlepas dari sandbox, efeknya meskipun sudah keluar dari penalty, jumlah pengunjung ke situs tetap menurun drastis. dan tidak itu saja backlink yang saya kumpulkan tiba-tiba hilang semua. Mohon masukan dan Infonya Gan, bagaimana solusi dan cara mengembalikan seperti sedia kala. Terimakasih
    Salam.

  10. Website ane Merosot Tiba-tiba di SERP Google. Awalnya antara posisi halaman 1 dan 2 utk keywoard sewa laptop, Sekarang website ane malah terdampar di halaman 4. Apa mungkin ini yg dikatakan google honeymoon??

  11. Ikut menyimak aja oom.. tapi nggak minta telolet ya..

  12. Bagaimana dengan website yang memiliki banyak sub domain berupa replika dari website utama?

  13. Mungkin selalu menjaga originalitas dan juga kerutinan menulis adalah solusi dari itu semua

  14. website saya begitu,kemarin dari rank googleco.id rank 4,tiba2 sekarang hilang
    tapi kalo dalam versi inggris ato google.com
    masih ttp rank 4
    kenapa bisa gitu ya?

  15. artikel yang sangat membantu untuk memaksiamalkan seo untuk website. trimakasih

  16. Kalau web yang kena google honeymoon gimana cara mengatasinya?

  17. PENYEBAB UTAMA ADALAH PERSAINGAN SEO YANG KETAT
    SEPERTI BLOG ANE GAN REDREWEL.COM SELALU KURANG KONSISTEN DARI SEMUA SISI DAN ALHASIL KURANG BAIK UNTUK SEONYA

  18. Web saya online shop, kemarin sempat di halaman pertama google sekarang melorot dihalaman kedua. Gimana cara menaikkan lagi ya.?

    • Coba buat blog untuk online shop nya, misalnya dibuat directory baru. Lalu isi blog online shop tersebut dengan banyak konten yang berhubungan dengan topik produk yang dijual. Lakukan terus menerus untuk membangun authority websitenya.

      Cara ke dua adalah membangun backlinks dari website-website berkualitas. Misalnya membangun links dari web https://forum.maxmanroe.com dan situs forum lainnnya. Promosi di situs media sosial juga bisa sangat membantu lho untuk mengembalikan ranking yang jeblok. Semakin banyak visitor dari sosmed, maka kemungkinan besar ranking websitenya juga akan naik di SERP Google.

      • Mas, kalo yang google honeymoon itu apa cara ngatasinya ?
        soalnya kadang saya lihat posting saya di halaman 1 kemudian besoknya sudah hilang, saya cari sampai 5 halaman gak ada. padahal artikel saya 100% unik, apa harus edit artikel lalu publish ulang ?

        • Tetap posting aja, dan membangun interaksi di media sosial. Visitor dari media sosial bisa juga meningkatkan kekuatan websitenya agar bisa bertahan lama di halaman utama Google.

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud