Penyebab Ranking Blog / Website Merosot Tiba-Tiba di SERP Google

Penyebab Ranking Website Merosot

Blog atau website Anda pernah mengalami penurunan posisi di SERP secara drastis? Salah satu blog saya yang berbahasa Inggris pernah mengalaminya, dan membuat trafik blog saya ‘terjun bebas’ alias drop.

Bagi seorang blogger atau pun yang berprofesi sebagai internet marketer, kehilangan trafik dari search engine secara tiba-tiba adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan, kalau saya menyebutnya sebagai musibah.

Kenapa saya katakan musibah?

Sama halnya seperti toko offline yang ada di sekitar kita. Ketika trafik/ pengunjung yang datang ke toko tersebut tiba-tiba tidak ada lagi karena suatu hal, bilanglah jembatan menuju ke toko itu rusak parah, tentu saja toko itu akan sepi dan tidak ada penjualan.

Kalau hal ini terjadi terus dalam kurun waktu yang cukup lama maka toko itu dipastikan akan bangkrut dan gulung tikar.

Bagi seorang pebisnis online atau pun usaha yang dikembangkan secara online, trafik dari mesin pencari Google adalah sesuatu yang sangat berharga.

Ketika website mereka berada pada halaman utama hasil pencarian google, maka trafik yang datang ke website akan melimpah.

Selain itu, konversi trafik dari Google terhadap penjualan biasanya sangat bagus.

Bayangkan bila semua trafik potensial itu hilang banyak dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, pasti sedih rasanya.

Lalu, apa sih penyebab ranking blog atau website merosot secara tiba-tiba di Google? Menarik untuk dibahas.

Penyebab Ranking Website Merosot Tiba-Tiba di Google

Ada beberapa hal yang menyebabkan blog atau website kita mengalami penurunan posisi di SERP Google secara tiba-tiba. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Perubahan Algoritma Google

Google sangat peduli dengan hasil pencarian mereka. Ini terlihat dari algoritma Google yang selalu berubah atau update selama bertahun-tahun.

Kalau dulu situs-situs ‘robot/ automatic’ sering mendapatkan posisi baik di Google, sekarang situs-situs  tersebut sudah banyak yang hilang dari mesin pencari mereka. Google lebih mengutamakan situs-situs yang memiliki konten yang original dan up to date.

Kalau kita perhatikan, saat ini Google juga runtin meng-update hasil pencarian mereka. Tidak heran kalau kita sering melihat perubahan dalam hasil pencarian di Google untuk sebuah kata kunci.

Pembaruan algoritma secara berkala inilah yang menjadi salah satu penyebab posisi blog/ website di SERP Google mengalami perubahan.

Namun jangan khawatir, kalau Anda punya konten yang bagus, informatif, original, up to date, dan situs Anda memiliki struktur website yang baik, perubahan Algoritma ini tidak terlalu mempengaruhi posisi Blog/ website Anda di Google.

2. Artikel Tidak Up to Date

Apakah Anda pernah mengalami, konten website Anda hilang dari halaman utama dan digantikan dengan konten dari website lain?

Ini masih berhubungan dengan algoritma Google yang memang selalu up to date.

Konten yang evergreen pun akan mengalami hal ini karena website lain membuat konten yang topiknya sama seperti konten Anda, dan bahkan mungkin isinya lebih baik.

Perhatikan konten website lain yang ada di Google untuk kata kunci yang Anda bidik. Lihat tanggal publikasinya, dan bandingkan isinya dengan konten Anda.

Jika konten Anda ternyata lebih bagus dari konten website lain maka Anda cukup hanya memperbaiki sedikit, misalnya perbaiki kata-kata yang typo, lalu publish ulang artikel tersebut.

Selanjutnya, promosikan ulang konten tersebut. Misalnya bagikan di sosial media, menambah internal link ke artikel tersebut, atau menambah sedikit backlink.

Namun, jika isinya ternyata kalah jauh dari konten website lain maka Anda wajib merombak artikel tersebut agar lebih baik. Bagaimana cara memperbaikinya? Yah, silahkan berkreasi dan meniru cara yang dilakukan web kompetitor.

3. Google Honeymoon Berakhir

Fenomena Google Honeymoon ini adalah momen di mana sebuah blog/ website yang masih baru tiba-tiba mendapat peringkat yang sangat baik di search engine Google, bahkan bisa mencapai posisi 5 besar dalam tempo yang singkat.

Ini sepertinya Google memberikan kesempatan pada website baru untuk mendapatkan trafik. Praktisi SEO menyebutnya sebagai periode pengujian, sementara Google terus melakukan update data sampai akhirnya menentukan peringkat website tersebut pada tinggat yang lebih sesuai.

Namun, ini ada masanya. Saya tidak tahu pasti berapa lama periode Google Honeymoon ini terjadi. Ada yang mengatakan periodenya hanya 24-48 jam, namun orang lain melaporkan periode ini bisa lebih lama.

Ketika Google Honeymoon berakhir, posisi blog/ website tersebut tidak terlihat lagi di halaman utama pencarian Google.

Entah kenapa pihak Google menyebutnya sebagai Google honeymoon, tapi fenomena ini bisa membuat kita yang awalnya senang dan akhirnya manyun karena SERP blog / website kita berpindah ke posisi yang tidak terjangkau pengunjung potensial.

Solusinya, Anda kembali lagi ke poin 2. Bersabar, karena SEO memang tidak pernah sesederhana yang kita pikirkan.

4. Efek Dari Google Sandbox

Google Sandbox adalah hukuman yang diberikan oleh Google pada website yang menyalahi standard Google search engine.

Dan yang paling banyak mengalaminya adalah situs-situs yang melakukan kegiatan SPAM, baik dari internal maupun dari external website tersebut.

Pada saat sebuah blog/ website telah masuk ke dalam Google Sandbox maka blog/ website tersebut tidak muncul dalam hasil pencarian Google. Bayangkan efek yang akan terjadi pada bisnis online bila situs kita mengalami Google Sandbox.

Situs-situs bisnis di Amerika sangat banyak yang terkena efek dari Google Sandbox ini. Kalau untuk situs-situs berbahasa Indonesia saya belum pernah mengalaminya tapi satu dari blog saya yang berbahasa Inggris pernah mengalaminya.

Yup, mungkin waktu itu saya menyalahi TOS dari mesin pencari Google.

Untuk mengembalikan situs yang terkena Google Sandbox kembali ke halaman pencarian Google bukan sesuatu yang mudah, dan pasti butuh waktu lama.

Walaupun banyak webmaster yang berhasil mengembalikan situsnya ke ‘jalan yang benar’, proses dan effort yang dilakukan ternyata cukup banyak.

Biasanya webmaster situs yang terkena hukuman ini melakukan beberapa upaya, seperti; perbaikan konten lama menjadi lebih baik, membangun backlinks dari situs-situs authority, menghapus link spam, memperbaiki struktur web,  dan lain sebagainya.

Apakah upaya tersebut akan berhasil? Hanya waktu yang bisa menjawabnya!

5. Website Mengandung Malware

Inilah salah satu kecanggihan mesin pencari Google, mereka bisa mengetahui bahwa sebuah blog/ website mengandung malware atau kode/ script yang berbahaya bagi pengunjung.

Search engine Google akan memberikan peringatan kepada calon pengunjung bahwa website itu mengandung malware yang berbahaya, dan calon pengunjung itu tentu saja tidak mau mengambil resiko membuka sebuah situs yang berbahaya bagi komputernya.

Situs-situs yang mengandung malware akan memiliki reputasi yang buruk, baik dari mesin pencari ataupun user. Pada akhirnya situs ini akan ‘terlempar’ dari halaman pencarian di Google.

Sebagai pemilik website, kita harus berhati-hati dalam memasukkan file ke dalam hosting karena berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa file yang bisa disusupi malware yang ternyata kita sendiri yang memasukkannya.

Contohnya; seseorang pernah memberikan Themes Premium secara gratis kepada saya, lalu saya menginstalnya ke website saya.

Tidak berapa lama saya mendapat email dari Google bahwa di dalam situs saya ada script yang berbahaya, dan setelah saya periksa ternyata di dalam themes yang saya dapat itu ditanam script jahat.

That’s Creepy heh?

6. Konten Website Mengkopi dari Sumber Lain

Ini adalah yang sangat sering dilakukan blogger abal-abal hehehe. Seorang COPASER yang ahli sekalipun tidak akan bisa menghindari efek dari tindakannya mengkopi konten orang lain bulat-bulat.

Kalau mau serius bikin blog bagus, jangan pernah copas konten orang lain!

Kita sudah sering membaca bahwa Google sangat menyukai konten baru, original, dan bermanfaat bagi pembaca konten tersebut. Dan Google akan memberikan penalti kepada blog yang berisi banyak artikel copas atau dicopy bulat-bulat dari web lain.

Kegiatan mengkopi konten dari sumber lain tanpa memberikan kredit kepada pembuat konten asli adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan.

Kalau menurut saya mereka sama saja seperti pencuri!

Terus terang konten di blog ini bukan hanya dari hasil pemikiran sendiri tapi juga dari hasil membaca beberapa referensi lain yang menurut saya bisa dipercaya, dari pengalaman orang lain yang bisa dipercaya, dan juga dari pengalaman pribadi.

Saya sering menulis topik yang sama dengan website lain tapi dengan tata bahasa yang berbeda dari konten awal, dan cara ini masih bisa diterima. Praktik ini dikenal dengan sebutan parafrase atau rewrite (menulis ulang).

Kalau kita ingin memiliki blog yang disukai orang dan juga disukai mesin pencari untuk waktu yang lama, sebaiknya mulai sekarang kita belajar membangun konten kita sendiri.

Be your self, be original!

Artikel terkait: 3 Elemen Utama dalam SEO Website

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab ranking blog/ website merosot di SERP Google. Sekarang, perhatikan website Anda dan lakukan analisis untuk mengetahui kira-kira apa yang menjadi penyebab ranking web Anda drop.

Sebagai catatan, artikel ini tidak bermaksud untuk menggurui pembaca. Saya hanya ingin berbagi pengetahuan yang saya dapat dari pengalaman pribadi dan juga pengalaman orang lain.

Bila ada masukan dan juga tambahan tentang penyebab ranking blog merosot di Google, saya akan sangat berterimakasih atas informasi yang Anda berikan.

Silahkan berbagi pengalaman Anda melalui kolom komentar. Terimakasih sudah berbagi dan membaca artikel ini.

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

196 pemikiran pada “Penyebab Ranking Blog / Website Merosot Tiba-Tiba di SERP Google”

  1. artikelnya sangat bermanfaat, punya saya jarang update artikel yg sudah ada, efeknya sangat kerasa kalau udah 3 bulanan, posisi di pencarian turun, begitu diperbarui satu minggu bisa balik lagi.

    Balas
  2. Bang, punyakku yang sub domain malah susah masuk SERP :D, hehe, BTW makasih Postingannya nambah ilmu :D mantab Postingan 2013 masih top cer..

    Balas
  3. bang kalo blog baru terus artikel ketimpa blog dengan da pa lebih tinggi itu artikelnya bisa balik lagi gak di SERP ?

    Balas
  4. Kira kira di 2021 ini update algoritma apa lagi ya min? Jadi pusing mikirnya, kenapa ya google gak tegasin tuh para copaser copaser yang tidak bertanggung jawab. Apalagi sekarang situs2 besar kaya tribun udah mulai copas tanpa sumber.. Makin makin miris aja

    Balas
    • Saya perhatikan Google lebih mengutamakan situs-situs besar di SERP, artikel di Maxmanroe.com juga pernah dicopas sama Merdeka.com. Memang menyebutkan sumber (tanpa link) artikel aslinya kalah di Google, miris mas.

      Balas
      • Iya, heran juga sama jurnalisnya, otaknya udah di dengkul kali. Buat artikel kan gak semudah membalik telapak tangan, mereka (para copaser) seakan menikmati rejekinya ketika ada orang lain yang terluka. Saya hanya bisa pasrah sekarang, saya yakin ada waktu dimana mereka (para copaser) akan teramat sangat menyesali perbuatannya dan akan sangat “menggoblokan dirinya” atas ketidak berkahan rejeki yang mereka berikan kepada keluarganya kelak.

        Balas
  5. Sepertinya saya kena google honeymoon yang tadinya google dance karena website saya dari halaman 3 sekarang tidak ada sampai halaman terakhir di beberapa keyword penting.

    Balas
  6. Sepertinya sekarang banyak banget ya gan yg pada turun, sepertinya diawali semenjak update googe pas lebaran beberapa bulan lalu

    Balas
  7. visitor web saya 3 hari yang lalu di kisaran 5-6 rb skrg udah menurn tinggal 4rb dalam waktu yang singkat. Saya sudah melakukan optimasi dengan mengirim kembali site map dan mencek crawl yang error. dan memang, ada beberapa link error ditemukan. Lalus aya menghapus link2 error tersebut. Pertanyaan saya, kira2 apa yang saya lakukan tadi bisa menaikan kembali visitor saya? hmm sedih deh diawktu naik2nya terus tiba2 merosot

    Balas
  8. seperti teman2 yang lain, beberapa blog saya juga mengalamai turun posisinya di serp, adakah cara jitu untuk mengembalikan posisinya?

    Balas
    • Coba pasang iklan di Google Ads pak, dan rutin menulis artikel-artikel baru. Sepanjang pengalaman saya, beriklan di Google Ads memberikan dampak positif pada reputasi website dan akan membantu menaikkan ranking website di Google.

      Balas
  9. Ia mas untuk algo yang sekarang bener2 ngeri, trafik turun 80%, web yang tadinya rame sekarang jadi sepi kaya kuburan,
    Udah beberbagai cara dilakukan namun ttp masih belum naik, padahal konten hasil pemikiran sendiri bukan copas

    Balas
  10. Cara mempertahankan posisi artikel di serp memang susah ya, barangkali admin punta tipsnya :D hehe

    Balas
  11. Jadi masalah saya begini, kenapa ya di google webmaster kan artikel yang saya submit sudah 60an nah semula yang keindex sekitar 50lebih, tapi tiba-tiba terjun bebas menjadi 7 artikel. Itu kenapa ya?

    Balas
  12. Saya baru tahu kalau ada istilah Google Honeymoon dari web ini. Ngeri ya ternyata. Pantesan dulu saya selalu muncul di SERP halaman utama, tapi kini merangsek tenggelam. Padahal semua artikel sudah saya ketik sendiri.

    Terus bagaimana nih master cara mengatasinya. Biar bisa move on dari Google Honeymoon.

    Balas
  13. Hemmmm, nice share gan
    yaa yang paling sulit terhindari ya pada bagian “artikel dicopas ” itu gan, ya jujur jengkel sekali.

    Mungkin ada tips gan, buat mertahanin serp blog agar tetep unggul meskipun artikel kita banyak dikopas ?

    Balas
  14. Om tanya dong, blog saya domain udah TLD namun masih pake blogspot. beberapa hari yang lalu artikel yang diindeks sama yang didaftar, sama jumlahnya..sama2 231 artikel…namun ketika saya update artikel (saya jarang update, saya update 2 artikel dalam rentang waktu seminggu)..yang seharusnya 233 artikel, namun posisi artikel submit di dalam sitemap.xml di webmaster google, tidak bertambah…tetap 231..malah yang terindeks jadi turun dari 231 jadi 175, kemudian jadi 125, dan terakkhir jadi 109..posisinya turun krn saat fetch as google..namun artikel tersubmit tetap 231 tidak bertambah jadi 233. Akan tetapi, posisi SERP artikel saya di google search engine terhitung stabil, paling turun 1-2 peringkat, kadang naik lagi dengan berbagai kata kunci sesuai niche blog saya. Dan trafik pun masih stabil….

    Pertanyaannya:
    1. Apakah penyebab dari turunnya artikel yang diindek google? waktu saya hapus sitemap, kemudian saya submit lagi sitemap.xml nya, pertama disubmit kmebali tidak langsung tersubmit 233 artikel, tapi dengan status “Tertunda”, sehari kemudian baru ada terlihat artikel tersubmitnya, namun tetap 231.

    2. Apakah nanti akan berpengaruh pada posisi SERP beberapa artikel saya yang berada di pejwan google?

    3. Saya tidak pernah melakukan SPAM, tidak ada malware terdeteksi, dan tidak terdeteksi masalah apapun di web saya, waktu saya cek di moz researchtool, backlink saya tidak ada indikasi SPAMMING..

    4. Apakah blog saya terkena sandbox atau tidak? dan bagaimanakah cara mengeceknya?

    5. Apa yang harus saya lakukan untuk mengembalikan status indeks artikel saya di webmaster google?

    Terimakasih

    Balas
  15. menurut saya banyak sekali perubahan blog paada saat ini. SEO google jauh lebih susah dibandingkan 5 tahun lalu.

    Balas
  16. Saya juga kaget tiba-tiba satu tulisan unggulan saya merosot ke berpuluh-puluh serp google. Sekarang saya bingung untuk menaikannya kembali.

    Balas
  17. 2 bulan ini peringkat hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci jual buku bekas turun. saya coba cari masalahnya, saat saya check dari webmaster google, ternyata duplikat title tag sampai 3 ribuan…hadeuh..pusing, saya coba perbaiki dengan tips dari para blogger senior, hasilnya gak ngaruh…mungkin ada yang bisa kasih tips jitu? blog saya khusus menjual buku bekas

    Balas
  18. min bloogs saya di index google 14000 namun satu bulan terakhir merosot jadi 6000n index , penyebabnya apa ya , udah lama tidak saya post

    Balas
    • Berarti banyak halaman yang dianggap tidak penting dan dihapus dari indeks Google

      Balas
  19. terimakasih infonya sangat masuk akal, tp ada sedikit ganjalan, ketika saya optimasi semuahasil good tp sudah satu bulan ini tidak ada mumcul. yang mau saya tanyakan apa ada jenjang waktu untuk ke index diserp. terimakasih

    Balas
    • Maksudnya tidak muncul di SERP Google atau gimana pak? Biasanya untuk web baru memang butuh waktu untuk diindeks oleh Google

      Balas
      • Belum tentu pak. Untuk blog baru yang biasanya meggunakan domain umur tua biasanya cepet banget keindex tp ya itu kena honeymoon

        Balas
  20. Terima kasih atas kesempatan ini.
    website saya dengan WordPress dengan seo Yoas. Seo disebut bagus (good) tapi susah masuk ke halaman 2 apalagi ke halaman 1.
    Mohon petunjuknya dan arahannya Pak.
    Terima kasih.

    Balas
  21. Saya ingin mencari Info.. Barusan saya terlepas dari sandbox, efeknya meskipun sudah keluar dari penalty, jumlah pengunjung ke situs tetap menurun drastis. dan tidak itu saja backlink yang saya kumpulkan tiba-tiba hilang semua. Mohon masukan dan Infonya Gan, bagaimana solusi dan cara mengembalikan seperti sedia kala. Terimakasih
    Salam.

    Balas
  22. Website ane Merosot Tiba-tiba di SERP Google. Awalnya antara posisi halaman 1 dan 2 utk keywoard sewa laptop, Sekarang website ane malah terdampar di halaman 4. Apa mungkin ini yg dikatakan google honeymoon??

    Balas
  23. Bagaimana dengan website yang memiliki banyak sub domain berupa replika dari website utama?

    Balas
  24. Mungkin selalu menjaga originalitas dan juga kerutinan menulis adalah solusi dari itu semua

    Balas
  25. website saya begitu,kemarin dari rank googleco.id rank 4,tiba2 sekarang hilang
    tapi kalo dalam versi inggris ato google.com
    masih ttp rank 4
    kenapa bisa gitu ya?

    Balas
  26. artikel yang sangat membantu untuk memaksiamalkan seo untuk website. trimakasih

    Balas
  27. PENYEBAB UTAMA ADALAH PERSAINGAN SEO YANG KETAT
    SEPERTI BLOG ANE GAN REDREWEL.COM SELALU KURANG KONSISTEN DARI SEMUA SISI DAN ALHASIL KURANG BAIK UNTUK SEONYA

    Balas
  28. Web saya online shop, kemarin sempat di halaman pertama google sekarang melorot dihalaman kedua. Gimana cara menaikkan lagi ya.?

    Balas
    • Coba buat blog untuk online shop nya, misalnya dibuat directory baru. Lalu isi blog online shop tersebut dengan banyak konten yang berhubungan dengan topik produk yang dijual. Lakukan terus menerus untuk membangun authority websitenya.

      Cara ke dua adalah membangun backlinks dari website-website berkualitas. Misalnya membangun links dari web dan situs forum lainnnya. Promosi di situs media sosial juga bisa sangat membantu lho untuk mengembalikan ranking yang jeblok. Semakin banyak visitor dari sosmed, maka kemungkinan besar ranking websitenya juga akan naik di SERP Google.

      Balas
      • Mas, kalo yang google honeymoon itu apa cara ngatasinya ?
        soalnya kadang saya lihat posting saya di halaman 1 kemudian besoknya sudah hilang, saya cari sampai 5 halaman gak ada. padahal artikel saya 100% unik, apa harus edit artikel lalu publish ulang ?

        Balas
        • Tetap posting aja, dan membangun interaksi di media sosial. Visitor dari media sosial bisa juga meningkatkan kekuatan websitenya agar bisa bertahan lama di halaman utama Google.

          Balas
  29. Ampir frustasi gw bro.. Kena google sand box. Kira2 berapa lama dampak google sandbox bro?..

    Balas
  30. sebelumnya saya mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya gan, saya sebrsyukur bisa mengetahui tentang tema ini, tapi saya masih belum mengetahui nya apa blog saya udah kena atau belum.

    nah yg jadi pertanyaan saya adalah, bagaimana cara mengetahuinya, misalnya cara cek kena sandbox, dan lain-lain nya apa ada link menuju ke tkp nya, btw thx

    Balas
  31. Saya mau tanya mas broow… 1bulan kemarin website saya di halaman pertama google…. Tiba tiba gak tau kenapa langsung hilang di pencarian google … Tolong sarannya mas brooow

    Balas
  32. Sekedare share buat temen – temen blog. Dulu saya pernah ranking saya turun gara – gara ganti keywod. Temen – temen jangan coba – coba untuk ganti keyword yak karena dampak nya sangat besar

    Balas
  33. Salam Mas Bro

    Hahaha, kalau dari awal jalannya udah lurus.
    Ga perlu kuatir sama faktor diatas ya.

    Mauliate
    Terimakasih

    Balas
  34. gan mau nanya kok index di google saya kok turun terus gimana solusinya? maaf newbi

    Balas
  35. mau tanya.
    saya buat postingan sudah menempati posisi pertama serp, tapi tak berapa lama postingan saya hilang dari posisi serp, itu penyebabnya apa ya..

    Balas
  36. Maaf melenceng mas…
    Kenapa DA dan PA menurun ya mas… kemaren udah bagus tapi saya lagi kok turun, apa sebabnya ya

    Balas
    • DA PA ini setahu saya bukan dari Google deh, tapi dari MOZ. Ngga bisa dijadikan ukuran pasti tapi hanya gambaran.

      DA PA turun itu bisa banyak penyebabnya, misalnya backlink hilang atau terhapus. Jarang update konten, sering posting konten ngga bagus (copas misalnya). Itu yang saya tahu.

      Balas
  37. Perubahan setting permalink di web wp apa pengaruh juga mas? Saya merasa mengalami merosotnya ranking setelah merubah setting permalink,,, terimakasih

    Balas
    • Berpengaruh kalau permalink lama ngga di-redirect ke permalink baru. Tapi kalai sudah melakukan redirect harusnya tidak berpengaruh ya.

      Balas
  38. baru tahun info kalau ada google honymon,,, sya sering kena itu gan..tiba tiba hilang entah ke mana

    Balas
  39. Google memang benar-benar selektif sekarang ini saya baca di forum-forum banyak sekali webmaster / blogger yang curhat karena halaman-halaman website mereka nyaris berupa posisinya setiap minggu. Jadi hampir tidak ada kata tenang sekarang ini jika Google satu-satunya sumber trafik. Mungkin ini juga penyebab banyak webmaster menggunakan Adwords untuk mendulang trafik.

    Balas
  40. terimakasih gan atas pencerahannya?

    sangat bermanfaat untuk pengembangan kedepan

    Balas
  41. Trims atas info yg bermanfaatnya. Tapi bagamana cara mengembalikan visitor yg “menghilang” sebagai akibatnya, belum dijelaskan, apakah ada?

    Balas
    • Perlu dianalisa dulu, visitor dari mana yg hilang dan kira-kira kenapa bisa hilang. Sebelum mengobati penyakit kan harus diketahui dulu penyakitnya apa dan apa penyebabnya, tidak bisa asal jawab

      Balas
  42. bisa kah website saya ada di urutan lima besar di pencarian google…
    bagaimana cara nya…
    terima kasih sebelumnya ya…

    Balas
  43. terima kasih infonya gan, beberapa hari ini saya mencari solusi sprti artikel agan, krn salah satu web sy mengalami menurunan SERP sangat drastis .. ok sekali mksh banyak infonya ..

    Balas
  44. Terima kasih untuk infonya, gan. Blog ane baru aja ada 14 artikel, index nya ilang 10. Padahal gak ada satu pun yang hasil copas. Google keterlaluan. Lagi coba nyari solusinya, nih.. Mudah2an bisa ke index lagi. Thanks

    Balas
  45. Nanya mas, salah satu postingan yang saya optimasi pada awalnya, posisinya sudah bagus bahkan sudah top 3, kemudian saya kasih suntikan beberapa blog post PR 3+, tapi efeknya malah posisi terus menurun ke top 9, analsisanya gimana mas? apakah terkena google dance? mohon analisa dan solusinya kalau berkenan

    Balas
    • Pertanyaannya, bagaimana kualitas suntikan blogpost PR3 tersebut. Sekarang ini PR web tidak menjadi jaminan backlinksnya bagus. Apakah artikel blogpostnya bagus, apa cuma artikel copas…

      Balas
  46. nanya dong gan..
    saya punya blog baru nih, umurnya baru 1 mingguan.. waktu awal awal saya search dengan menggunakan url blog disearch engine ada, tapi sekarang kok jadi ga ada yaa? itu kenapa ya kira kira? kalo misal kena sandbox, kenapa kok bisa blog saya ini kena sandbox? padahal ga pernah backling apapun, trus submit ke google juga baru sekali ga pernah spam??

    Balas
  47. gan kalau kita sering2 klik website kita di hasil pencarian google itu efeknya membuat rank web kita naik atau malah membuat web kita dianggap spam??
    mohon pencerahannya

    Balas
  48. web saya pny blog dan saya sangat benci kalau konten saya di copy seenaknya…dijamin saya akan langsung laporkan ke google jika ada yg asal copas

    Balas
  49. mas, kalau kita menulis artikel hasil contekan dari beberapa situs dan buku tapi saya tulis ulang dengan kata-kata saya sendiri, aman g kira2 mas?

    Balas
  50. Thanks infonya ,,, memang menjengkelkan ketika tiba tiba vistor anjlok menurun, karena saya tahu bagaimana sulitnya mendatangkan visitor :(

    Balas
  51. 3 hari yang lalu saya buat postingan baru dan setelah 2 harinya muncul di page 1, dan setelah itu postingannya tidak kelihatan lagi di serch engine,,,mohon analisanya,,,

    Balas
    • Itu bisa jadi Google honeymoon… postingan baru cepat naik di SERP, tapi bisa tiba-tiba hilang dari halaman satu karena belum stabil

      Balas
  52. gimana cara menaikkan rangking sebuah web ? kalau sudah masuk page 1 tapi posisinya masih rangking 10 kan masih kurang juga

    Balas
    • Salam Mas Bro

      Berdasarkan pengalaman, coba bagikan link tulisannya di sosial media Mas Bro.
      Bagikan sama temen-temen dulu.
      Minta juga mereka buat bantu sharing.

      Cara itu terbukti berhasil dengan situs kita.

      Mauliate
      Terimakasih

      Balas
  53. Trimakasih kang Max, telah berbagi ilmunya. setelah saya amati dari artikel yang bagus ini dan komen komen yang ada, kayaknya membuat konten yang berkualitas dan Menulis dengan hati kaya yang diomongin Google dapat menjadi solusi ya kang ? emmmm… walau hal ini masih sulit saya lakukan… maklum masih belajar. salah satunya ini.

    Salam

    Balas
  54. selamat malam mas maxmanroe.. saya sering membaca artikel-artikel mas yang banyak menjadi rujukan kalau say sedang belajar optimasi website.. mas saya mau tanya.. posisi artikel saya sudah di tab 2 google lalu menghilang solusinya gimana iya mas..

    Balas
  55. Bingung website ucok turun terus dari halaman 2 ke halaman 5. Mungkina kena google honeymoon ya. Cara fixnya gimana nih

    Balas
  56. Terima kasih Mas Max, atas artikelnya semoga bermanfaat untuk membangun website Saya. Dan apa yang menjadi pengalaman Mas Max tidak akan terulang untuk orang lain khususnya untuk website Saya. Begitulah orang yang bermanfaat bagi orang lain dia tidak akan menjaga orang lain dari bahaya.

    Balas
  57. Itu yang sekarang saya alami…jadi bingung harus memulai dari mana…???
    Blog saya tidak tau kebradaannya.. scan pakek page rangking juga jawabany N/A

    Tolong Mastah awal yang yang harus dilakukan….???Mohon Solusinya

    Balas
  58. Terima Kasih Mastah atas tulisan ini, Perubahan Algoritma Google itu mungkin yang perlu di waspadai, karena salah satu dari website kami sudah pernah menjadi korban Perubahan Algoritma ini.

    Dan akhirnya kami harus memperbaiki-nya demi mendapatkan kembali kepercayaan oleh Mbah google ini. salah satunya, dengan memperbaiki Backlink Berkualitas !

    God Bless You !

    Balas
  59. Ini yang saya alami pada blog saya..tp didalam blog saya buat bbrp artikel…artikel saya tetap di page 1 sedangkan blog nya Dr page 2 skrg sdh ga muncul lagi…yg Sy tanyakan

    apakah artikel ga berpengaruh dlm blog?
    Lalu apakah yg hrs Sy lakukan dgn blog saya?
    Saya memang dpt template Dr upline dan hanya rubah2 sedikit

    Balas
  60. Ini yang lagi ane alamin mas max,, makanya ane kupas nih artikel2 nya mas max, ga tau knp secara dlm waktu beberapa hari ke belakang rating web ane jeblok ni.
    Mudah2an berkat nerapin ilmu dari mas max, rating web ane naek lg.Amiin.

    Balas
  61. mas mau tanya nih mungkin cara ini sudah saya cari” di google tapi hasilnya tidak pernah memuaskan… jadi gini blog saya umurnya masih seumuran jagung sekitar 2 bulan kurang sedikit… jadi blog saya tentang tutorial blogger dan saya pun tidak pernah sedikit pun melakukan tindakan copaser… jadi artikel yang saya publish bisa muncul di halaman pertama google bahkan ada artikel saya yang mengalahkan artikel blog ini hehehe tapi yang saya sayangkan pas artikelnya udah masuk page one dan menjadi juara di page one ehh sedikit demi sedikit artikelnya merosot turun.. itu penyebabnya apa ya mas apa karena blog saya masih baru?? trus apa solusinya biar naik lagi…

    Balas
    • Bisa karena beberapa hal, mungkin halaman webnya masih baru dan belum stabil, bisa juga karena website lain punya authority lebih bagus di topik yg sama, dan faktor lainnya. Solusinya, tetap konsisten membangun konten yang sesuai dengan niche blognya, bangun internal link, backlink dari situs lain, optimasi akun sosial media website tersebut, konsisten melakukan hal tersebut. Udah itu aja.

      Balas
      • mau tanya lagi mas… backlink yang berkualitas itu dari mana ya?? soalnya saya bingung dari berbagai penjelasan yang berbeda-beda..ada yang bilang dari situs yang relevan dengan blog kita baik itu nofollow atau pun dofollow tapi ada juga dari situs ber page rank serta memiliki DA dan PA tinggi.. trus ada juga yang bilang dari blog edu dan gov … jadi yang bener yang kyk gimana nih mas hehhee bingung soalnya mas :)

        Balas
  62. Artikel yang bagus. Ini yang sedang terjadi dengan website saya, sedangkan pengetahuan tentang SEO masih sangat minim. Mohon ijin untuk belajar dan mengambil ilmu di sini.

    Balas
  63. artikelnya bagus bagus pa max, ya google selalu update terus ya, tapi kita harus terus mengikuti update dari mbah google kayanya haha, makasih pa max :)

    Balas
  64. Info yang menarik…. meskipun blog sy sendiri belum pernah mengalami anjlok…
    Gimana mau anjlok wong nangkring di page 1 aja belum hhehe

    Balas
  65. saya pernah membuat 5 konten yang saling berhubungan dengan satu target keyword dan turunannya. Selang satu minggu setelah publish sempat duduk manis di page 1. saya berusaha mempertahankan posisi itu dengan membuat konten di 2 buah blog dumy yang merujuk ke artikel di blog utama saya, selang satu minggu kemudian malah hasilnya mengecewakan, artikel saya yang sempat jadi juara hilang jatuh terpuruk ke belakang. Apakah blog dumy yang mereview artikel justru akan memperburuk keadaan? galau berat saya mas. ada masukan buat saya kah yang sekiranya bisa membuat saya mengkoreksi. terimakasih.

    Balas
    • Hal itu bisa terjadi jika website kita belum punya authority, naik turun di SERP Google. Jangan khawatir, kalau kita tetap konsisten membangun konten di website, posisi postingan tersebut akan naik lagi secara perlahan-lahan. Tips: bangun konten yg isinya masih berhubungan dengan artikel pertama, lalu berikan internal link dari artikel baru ke artikel pertama tersebut. Pasti akan naik lagi artikelnya di Google.

      Balas
  66. maaf bung. saya blogger pemula. bagaimana cara agar artikel kita tidak dapat di copy paste oleh pengunjung

    Balas
  67. ya mas itu betul semua yang ada di artikelnya, apalagi kalo google update, kalo kita gak tau informasi google terupdate yang baru , web kita dijamin anjlok dah, apalagi skrng ada update google tentang mobilegeddon, kalo gk responsive beh website bisa turun peringkat mas. ohh ya itu urlnya kok bisa https mas? pake plugin atau apa mas? tolong ksih caranya mas ya ke email [email protected] com

    Balas
  68. Web sy juga terjun bebas karena menghapus posting yg kurang bagus. Tq admin

    Balas
  69. Salam kenal Mas. Nanya ya Bos ……….
    1. Ni blog saya setelah dikasih backlink kok malah turun ya?
    2. Apa ada yang salah dengan blog saya?
    3. Kalau Backlink tetap dipasang apa akibatnya? Semakin naik apa Turun Ya.
    4. Terus kalau backlink di hapus apa bisa naik kembali?
    5. Terus solusinya gimana ya Bos?
    makasih sebelumnya.

    Balas
  70. terima kasih gan atas saran nya saya merasa sedih karena situs saya turun drastis karena saya rajin copas dari web tetangga, mungkin saya akan perbaiki website secepatnya. jadi bee your self

    Balas
  71. Saya sering mengalami hal ini mas, ga tau apa karena ada malware atau konten yang kurang, terima kasih artikel ini sangat membantu. Sukses selalu

    Balas
  72. Barangkali ada yang bisa jawab. Apa yang menjadi penyebab kalo lihat di chrome rangking 1, begitu di firefox rangking 3 ?

    Balas
  73. website saya juga pernah mengalaminya mas, pernah hilang dari SERP google. tapi besoknya sudah ada lagi. mungkin benar kata mas maxmanroe, google lagi update algoritma.. thanks infonya mas,jadi lain kali gak panik klo tiba2 website saya hilang dari SERP google :)

    Balas
  74. Trim sobat informasimya mengenai turun nya web di serpcheker, ini saya sedang kena musibah website aku turun derastis, apa yang harus saya lakukan ?

    Balas
  75. gan, saya pernah nyoba mencari di google dg mengetik judul blog saya sendiri. . ternyata banyak situs lain yang ikut muncul menautkan ke judul situs saya. apakah itu bagian dari trik SEO atau kopy paste, ? apakah untuk blog saya menguntungkan atau malah merugikan?

    Balas
  76. saya ini sedang mengalami penurunnan page index broh,, tpi pnrunanya berkala,,, cara mengatasinya gmna

    Balas
  77. Terima kasih untuk informasinya mas gan, berguna banget buat ane yang masih perlu banyak belajar soal internet marketing, salut

    Balas
  78. Thanks infonya broder..
    Baru ngerti penyebab ranking website bisa terjun bebas. Harus diantisipasi dari sekarang nih, mumpung website saya masih belum genap satu bulan.

    Balas
  79. yg paling sering penyebabnya adalah black seo, google sangat tidak suka black seo.

    Balas
  80. Bagus juga artikel ni….namun masih perlu mendapatkan ilmu dari para pakar lain agar lebih mantap…..terima kasih

    Balas
  81. Naaah hal ini yang pernah terjadi pada web ane, pusing juga kalo rangking web kita terjun bebas di google. Terima kasih pencerahannya gan

    Balas
  82. Lama sekali Mas bro…tidak kelihatan nih..sibuk ya…… di tunggu-tunggu artikel terbarunya nih……web saya kok jadi down terus padahal saya gak pernah duplikat content. apa ya mas masalahnay…Makasih mas.saya selalu ikuti situs maxmanroe.com terus nih…….dan pasti aku sempatkan mampir. Selamat dan sukses selalu

    Balas
  83. Saya pernah mengalmi penurunan di posisi serp dengan keyword tertentu. Penyebabnya blm ketemu juga sampai sekarang. Saya hanya mencoba mengedit artikel.

    Balas
  84. referensi yang sangat bagus untuk di baca gan, bagi pemula seperti saya tentang blogging dan seputarannya

    Balas
  85. Bro.. saya rasa ada yanag ga beres. kemaren google pageank saya 1 dan beberapa hari ini sejak saya rubah url menjadi https// malah pagerank saya turun jadi unrank. tapi traffic saya meningkat 500% dari direct traffic. Kenapa ya?

    Balas
  86. Terimakasih atas infonya mas. saya masih pemula mas. namun ada beberapa hal yang belum saya fahami (karena masih pemula). lalu bagaimana cara kita mengetahui blog kita merosot dan bagaimana pula kita mengetahui blog kita trafiknya naik? mohon penjelasannya. suwun

    Balas
  87. mas, mau nanya tagline web saya kok jadi nggk muncul di serp, dan pengunjung juga agak berkurang apa yang salah ya? maaf klo tidak dalam bahasan

    Balas
  88. Website saya satu kena, sepertinya karena ada beberapa orang yang membuat autoblog dengan feed dari blog saya dan didalamnya ada link terkait. :(

    Balas
  89. terimakasih infonya, tapi saya pernah baca disalah satu artikel bahwa salah satu penyebab turunnya peringkat web / blog adalah backlink, sehingga saya jadi takut untuk membangun backlink di web saya, mohon penjelasannya, karena saya masih newbie

    Balas
    • Bisa merusak peringkat rangking di mesin pencari kalau caranya salah mas. Makanya kita kalau membangun backlinks jangan terlalu berlebihan :)

      Balas
  90. wah, mengerikan ya bang… makasih Infonya,,, untung aku mampir, jadi tahu sekarang…

    Balas
  91. terus gimana cara mengatasi google honeymoon ini supaya artikel web nya kembali ke 10 besar ? thanks before

    Balas
  92. Klw dari Penggalam saya Sendiri Satu Minggu Yg Lalu Kw yg saya target kan berada di posisi satu lalu kemaren sempat merubah isi artikel ,, secara tidak sadar ko punya kw saya langsung merosot ,dari satu sekarang ke posisi 9 … NYesel saya merubah isi artikel ..

    Balas
  93. Wah sekarang lagi saya alami ini..dari halaman satu,.no 3 ke no 7 sekarang ke halaman 2 baru 2 hari,ini ga kebayang kalo meroaot terus,.apa dari template blog pengaruh. Ya..mas,.saya pake downloatan,soale..

    Balas
  94. kayaknya itu terjadi pada website saya kemarin pas kena malware, kapersky langsung menutup ga bisa di buka….

    Balas
  95. Saya heran dengan google sekarang. Dulunya di page one sekarang di page 3…

    Thanks infonya sob.

    Balas
  96. tips nya bagus. itu hal yang harus di hindari akan tetapi terkadang keliru dengan cara yang sama.

    Balas
  97. Terima kasih atas artikelnya yang bagus ini, dan ini sangat membantu sekali kami, sebab kami pernah mengalami website saya serpnya bisa merosot sangat tajam dan lama-lama menghilang konten-konten kami, tetapi dengan hasil browsing masih banyak teman-teman yang masih mau memberikan pencerahan kepada teman-teman dan akhirnya saya bisa sidikit demi sedikit bangun lagi dengan artikel di blog ini saya jadi bertambah pengetahuan dan terima kasih atas wejangan mas…selamat dan aku tunggu artikelnya yang terbaru lagi

    TTD

    Admin

    Balas
  98. terima kasih gan artikelnya sangat membantu buat blog saya yang sekarang hilang dari hasil pencarian google untuk kata kuci tertentu

    Balas
  99. thanks gan infonya sekaligus mau tanya gan, kalau ganti template untuk blog yang sudah berumur maupun yang baru di build pengaruh ga ya?

    Balas
  100. terimakasih atas informasi yang bermanfaat gan, tapi apakah suatu backlink juga akam memberi pengaruh seperti itu gan ?

    Balas
  101. thanks gan atas artikelnya bermanfaat sekali buat saya yang masih pemula, saya jadi tau apa apa yang mesti saya hindari

    Balas
  102. agan sista, web ane biasa pake backlink dummy blog, sama forum2 yg do follow yang pernah sista sebutkan d post beberapa waktu itu, kemudia udh lama kan ane g membuat dummy blog, setelah membuat dummy blog, kata kunci yang ane kejar malah merosot itu, knapa y? boleh d share . terima kasih

    Balas
  103. artikel ini sangat membantu saya.. blog ane yang satu,, sedang kena penyakit seperti iini.. bikin pusing aja

    Balas
  104. Wah ternyata oh ternyata kalau dilihat sih web aye kenanya di strukturnya mas bro, waktu aye cek google webmaster, ada struktur yang eror, bantuin dunks cara perbaikinya :D

    Balas
  105. Tau’ nih, website yang aku kelola tiba2 hilang dari google. Padahal udah susah lo naikin dari yang nggak nyampek 10 besar hingga sampai page 4.

    kemarin sih emang abis buat banyak blog buat backlink. Apa itu berpengaruh ya?
    Padahal masih terindex lo di google. tapi entah kennapa hilang dari posisi terbaiknya…
    Bisa bantu?

    Balas
  106. Mas bro, mau nanya.. Umpamanya nih:
    Sama memiliki dua website dan keduanya memiliki konten yang sama, tapi nama domainnya berbeda. Apa ini juga akan dianggap duplikat konten oleh google? Kan materinya hasil karya saya sendiri dan keduanya juga website milik saya? Mohon pencerahannya ya mas bro.. haturnuhun

    Balas
  107. Berhubung saya newcomer baru tahu deh namanya Google Honeymoon. Thanks berat tulisannya mas max, moga tetep lancar jaya

    Balas
  108. Blog Saya Lagi Turun Drastis neh, Sudah Lama Gak di Rawat. Alexa Membengkak, Traffic Sepi, Rangking Menghilang. Artikelnya nya lumayan membentu neh, semoga teratasi setelah di coba

    Matur Nuwun

    Balas
  109. artikel yang sangat bermanfaat ini…saya akan lebih fokus dalam mengisi website dengan original post.
    terima kasih ya.
    salam : gudangcikarang.com

    Balas
  110. Website ane mengalami yang paling atas, Google Honeymoon Yang Akhirnya Berakhir. Sampai sekarang belum berhasil naik kembali. Salam kenal buat semua.

    Balas
  111. seperti yang saya alami sekarang, pengunjung blog turun drastis. boleh minta tipsnya untuk menaggulangi masalah ini sob?

    Balas
  112. Wah teryata itu penyebab artikel2 blog saya jadi turun SRPnya, sptnya kena efek Google haneymoon… Di bulan-bulan awal blog tsb dibuat, memang banyak artikel saya yang berada di halaman 1 atau 2 goole.. Solusinya bagaimana tu bro?

    Balas
    • Ya ga masalah mas, selama trafiknya bagus. Blog saya ini PR 0 selama setahun, baru dapat PR 4 Desember 2013 kemaren, dan selama PR 0 blog saya lumayan ramai pengunjungnya. Jadi PR menurut saya tidak menjamin trafik, PR hanya satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi SEO.

      Balas
  113. inilah jawabannya :D
    Beberapa artikel saya ternyata gak lolos di copyscape bos. dan ternyata website yang nyangkut di c.s website2 AGC, pada main bot. jelas websiteku turun serpnya. mungkin gara2 itu kali ya mas maxmanroe ?!

    Balas
  114. Siang mas bagi ilmunya mas tetang keyword dan seo biar blog ane seperti milik mas keren abis salam sukses

    Balas
  115. tempat saya jg turun di halaman 2, ini mau merayap naik lagi koq sulit sekali….. banyak artikel membahas efek hummingbird pada blog, bagaimana pada toko online yang tidak mengandung artikel

    Balas
  116. mas….klo kita copy tapi kita pasang sumbernya…pengaruh gak mas…soalnya sekarang yg sya alami blog sya turun drastis….klo bisa bls lewat email sya juga ya mas..
    thanks atas infonya mas…

    Balas
  117. 600 – 1000 kunjungan per hari, drop menjadi dibawah 100.
    Ane curiga dg poin ke 4 bro, theme premium gratis. Kayak sejak kena hack dan ganti theme itu kunjungannya jadi merosot tajam..
    Makasih infonya mas bro… :)

    Balas
  118. halo Mr Max,,mau tanya nih mr,,blog saya sebulan trakhir mengalami penurunan scara drastis,,dan keyword saya tidak terdeteksi d google dan hanya keywoord
    tertentu saja bisa,,dulu blog saya ranking 2 dg keywrd BOX SPEAKER ..sekarang hancur.Artikel saya smua original dan ada 1-2 yang saduran dari majalah,itupun sudah saya modifikasi cuma intinya yang saya ambil,mohon pencerahan…

    Balas
  119. Waah.. keren mas!! harus lebih semangat lagi nih nulis… sekalipun gampang2 susah nelurin yang ori… Salam blogger mas!!

    Balas
  120. iklan Adf.ly berpengaruh nggak ya pada hilangnya sebuah blog dari SERP google?

    Balas
  121. niche share mas, update terus dan akan semakin dipercaya => suka yang ini hehe

    Balas
  122. tak terasa lebih dari 2 jam mampir disini, banyak ilmu untuk diterapkan untuk sebuah proses perubahan pola pikir dan bertindak, untuk meraih sebuah peluang tentunya kesuksesan yang diharapkan, belajar dan terus belajar, janganlah jadi penonton tapi jadilah seorang pemain, bagaimanapun pengalaman adalah sebuah guru yang terbaik, sukses buat maxmanroe dan salam……

    Balas
  123. Mantap om infonya , trm ksh yah. .o,y. .knjungan bliknya y ke blog jelek(maklum bru trjun dnia blogin) . .

    Balas
  124. Ga ada yang tahu tentang algoritma dari Google, yang tahu cuma orang-orang Google itu sendiri. Tapi ada banyak kecendrungan yang bisa kita pelajari dari perilaku mesin pencari, nah itu yang dioptimalkan untuk situs kita.

    Balas
  125. Ya ngaruh bro, bisa berpengaruh positive dan bisa juga berpengaruh negative. Yang pasti kalau keseringan ganti themes bisa mempengaruhi posisi di SERP Google

    Balas
  126. Google Honeymoon!!kaya nya itu yang saya alami pada blog saya,walau tadi nya sempet bingung.tapi setelah baca artkel ini jadi tau kalau ada yang nama nya google honeymoon!!makasih bang atas penjelasan nya.

    Balas
    • Sama-sama mba, posting artikel aja terus, jangan lupa aktif di media sosial dan sebarin tentang blog kamu. Jangan lupa aktif juga di forum-forum dan pasang link di signature, dijamin hasilnya luar biasa :)

      Balas
  127. Kalo penjelasan secara pasti sih saya belum bisa menjelaskan mas, soalnya Google sendiri tidak pernah memberitahukan rahasian mesin pencari mereka kan hehehe. Tapi memang ada kecenderungan yang terjadi sebagai penyebab terkena efek Panda dan Penguin. Dan biasanya website yg terkena dampaknya antara lain karena; backlinks building yg tidak wajar, konten copas, SPAM, dianggap sbg situs berbahaya, melanggar copy right, dan lain-lain.

    Balas
  128. terimakasih mas atas shering ilmunya, saya mash newbi jadi masih banyak yang belum tahu :) , izin bookmark ya

    Balas
    • Sama-sama mba Ely, saya juga masih perlu banyak belajar kog krn ilmu tentang internet itu selalu berkembang. Silahkan dibookmark :)

      Balas
  129. Thnks atas infonya,kalau boleh bertanya “Apakah Google Ping & Mengupdate postingan blog secara berkala akan meningkatkan atau justru dianggap spam ?

    Balas
    • Pada dasarnya setiap kita upadate blog akan ada proses ping ke search engine, apalagi utk blog WP yang otomatis nge-ping ke search engine. Saya pikir ga masalah kalo proses ping dilakukan secara berkala, apalagi kalau ada konten baru. Lain halnya kalo ping dilakukan dengan tidak wajar, bisa jadi dianggap SPAM oleh search engine. Begitu kira-kira mas Daniel :)

      Balas
  130. Akhir2 ini visitor Blog saya sedang menurun drastis mas, byk yg bilang karena update algoritma google….apakah mungkin akan hal ini.
    Tapi disini saya punya sedikit solusi utk menaikknnya kembali yaitu dengan cara lbih sering update Blog.,,,tq sudah berbagi!

    Balas
    • Posting artikel baru dan original memang selalu memberikan dampak positive mas buat blog. Dan jangan lupa untuk tetap promosi blognya, misalnya melalui sosial media, forum-forum, dan blog walking. Good luck :)

      Balas
  131. Betul mas, semakin sering bikin konten original semakin dipercaya blog kita, tentunya artikelnya tidak hanya original tp enak dibaca sama user hehhe

    Balas
    • Punya website forex pasti udah cukup ahli dong tentang SEO hehehe. Websitenya bagus mas, bisa jadi tempat belajar forex nih… someday :)

      Balas

Tinggalkan Balasan

) -->