Pentingnya Public Speaking Untuk Pebisnis, Komunikasi Dalam Berbisnis

Public-Speaking-Untuk-Pebisnis

Seorang pebisnis dalam perjalanan bisnisnya tentu saja akan berinteraksi dengan pelanggan maupun konsumen. Dari pelanggan dan konsumen tersebut tentu memiliki bermacam-macam karakter yang tentunya berbeda. Berbicara dengan klien baru atau orang lain dalam kerangka urusan bisnis jelas membutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni. Jika kita melakukankesalahan dalam berkomunikasi ketika berbisnis, tentu akan fatal akibatnya.

Tak jarang nasib perusahaan atau bisnis Anda dipertaruhkan dalam komunikasi bisnis yang sedang Anda bicarakan. Saat ini tidak seperti sepuluh tahun yang lalu, sekarang banyak konsumen dan klien yang sangat kritis dan cerdas. Cara meyakinkan mereka pun juga harus dengan cara meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi.

Untuk itu belajar public speaking adalah salah satu yang sangat penting untuk menunjang komunikasi Anda dengan relasi agar tetap prima. Sebegitu pentingkah public speaking untuk pebisnis, mari kita bahas bersama di bawah ini.

Artikel lain: 7 Tanda Anda Berbakat dan Berpotensi Jadi Pengusaha Sukses

Public Speaking Bukan Hanya Tentang Bicara

Perlu Anda ketahui bahwa public speaking bukan hanya tentang bicara saja, namun lebih dari itu public speaking juga sangat berpengaruh terhadap keyakinan klien Anda. Meyakinkan seseorang dalam sebuah pekerjaan bisnis adalah suatu hal yang sangat Anda butuhkan karena dalam dunia bisnis kita tidak selalu dalam keadaan yang stagnan dan nyaman-nyaman saja.

Ada kalanya kita dalam keadaan yang tertekan, keadaan yang stress yang diakibatkan dari banyak hal. Nah, di sini perlunya Anda menguasai public speaking yang baik.




Bagaimana Anda bisa berbicara tetap tenang dan penuh keyakinan terhadap relasi Anda, bagaimana Anda memanage ketakutan Anda agar tidak muncul kepermukaan, itu sangat penting ketika Anda sedang berhadapan dengan konsumen Anda.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan ini, maka ketika Anda dalam kondisi campur aduk antara cemas, takut, stress, gugup ataupun tidak percaya diri yang terjadi adalah blank dal otak Anda. Anda tidak akan bisa “berbicara” banyak hal terkait dengan bisnis yang akan Anda bicarakan dengan klien. Kondisi ini sangat merugikan untuk bisnis Anda.

Pentingnya Diksi (Pemilihan Kata) Yang Tepat

Bukan untuk menjadikan Anda sebagai motivator layaknya Mario Teguh, namun lebih kepada menjaga tutur kata dan pemilihan kata yang tepat. Ini bisa Anda dapatkan dengan memperdalam ilmu public speaking Anda. Pemilihan kata yang tepat bisa membuat presepsi dari konsumen menjadi berubah.

Dengan tutur bahasa yang tepat tidak dibuat-buat akan semakin membuat klien Anda merasa yakin dan nyaman berbisnis dengan Anda. Selain itu diksi yang elegan juga mencerminkan kualitas Anda di depan relasi bisnis Anda.

Tentu Anda harus bisa dan mampu berkomunikasi dengan relasi bisnis Anda dengan baik dan benar. Tidak berlebihan, elegan dan tetap bersahabat akan sangat membuat klien Anda merasa hangat berbisnis dengan Anda.Jika sudah ada kenyamanan yang dirasakan oleh klien, tentu pembicaraan bisnis ke depan akan semakin mudah. Hal ini (cara berkomunikasi yang baik) bisa Anda pelajari dan dalami dalam public speaking.




Baca juga: Alasan Betapa Pentingnya Ahli Keuangan Untuk Bisnis Anda

Menjaga Gestur Dengan Baik

Dalam disiplin ilmu public speaking tidak hanya diajari bagaimana cara berbicara yang baik dan benar saja, namun juga cara menata bahasa tubuh yang elegan juga akan Anda dapatkan. Dan itu sangat berguna bagi para pebisnis, karena selain tutur bahasa yang harus Anda jaga di hadapan relasi, Anda juga harus memperhatikan gestur tubuh Anda. Selalu jagalah bahasa tubuh Anda tetap tampak bersahabat namun tetap berwibawa. Bersedekap tangan di depan lawan bicara bukanlah pilihan yang baik ketika Anda sedang berbicara dengan klien bisnis Anda.

Public speaking sangat diperlukan juga ketika Anda melakukan sebuah presentasi bisnis di depan klien maupun penyandang dana. Di sisni Anda akan diuji seberapa ahli kah Anda dalam menyampaikan gagasan dan ide dalam bisnis Anda. Komunikasi yang baik dan teratur menjadi sangat fital di sini.

Tidak mudah memang untuk segera bisa melakukan hal tersebut. Namun jangan takut untuk terus berusaha, percayalah bahwa sikap dan tutur kata Anda akan sangat berpengaruh terhadap deal-deal bisnis Anda ke depan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Infonya sangat bermanfaat mas dan selain itu mental yng baik juga sangat harus diperlukan untuk public soeakung.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud