Pengertian Software Beserta Fungsi, Jenis, dan Contoh Perangkat Lunak

Advertisement-Scroll to Continue

Pengertian Software atau perangkat lunak, dan juga telah menjadi elemen tak terpisahkan dalam era digital yang kita alami saat ini. Dari perangkat ponsel pintar yang kita gunakan setiap hari hingga perangkat komputer yang memfasilitasi hampir setiap aspek kehidupan kita, software adalah otak di balik teknologi modern.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan software, dan mengapa pemahaman yang mendalam tentangnya begitu penting?

Artikel ini akan membahas esensi dari software, perannya dalam dunia digital, dan mengapa pengetahuan tentangnya sangat relevan dalam masyarakat yang semakin terkoneksi ini.

Pengertian Software Adalah

Pengertian Software

Sebenarnya, apa itu software (perangkat lunak)? Software, atau perangkat lunak adalah kumpulan instruksi atau program komputer yang diciptakan untuk mengendalikan, mengelola, dan menjalankan perangkat keras (hardware) komputer, serta menyediakan berbagai fungsi dan layanan yang bermanfaat bagi pengguna. Ini mencakup beragam jenis program, aplikasi, sistem operasi, dan bahkan game yang digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari komputer pribadi, smartphone, tablet, perangkat game, hingga perangkat dalam industri dan bisnis.

Pendapat lain menyebutkan software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer. Software merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Ada dua kategori utama software, yaitu:

  1. Software Sistem (System Software): Ini adalah jenis software yang dirancang untuk mengelola operasi dasar komputer. Sistem operasi, seperti Windows, macOS, atau Linux, adalah contoh utama software sistem. Mereka mengontrol perangkat keras, manajemen memori, dan menyediakan layanan dasar seperti manajemen berkas, jaringan, dan antarmuka pengguna.
  2. Software Aplikasi (Application Software): Software aplikasi dirancang untuk menjalankan tugas-tugas khusus sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer. Contoh software aplikasi termasuk Microsoft Word, Microsoft Excel, Adobe Photoshop, Google Chrome, dan lainnya.

Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga komputer dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Para ahli di bidang teknologi informasi dan komputer telah memberikan berbagai definisi tentang software. Berikut adalah beberapa definisi software menurut beberapa ahli terkemuka:

1. Richard Stallman

Salah satu pendiri gerakan perangkat lunak bebas, Richard Stallman, menggambarkan software sebagai “alat yang memberikan pengguna kontrol atas komputer mereka. Software bebas memberi pengguna kebebasan untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan software.”

2. Roger S. Pressman

Pressman adalah seorang ahli dalam pengembangan perangkat lunak, ia mendefinisikan software sebagai suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.

3. Donald Knuth

Seorang ilmuwan komputer terkenal, Donald Knuth, menggambarkan software sebagai “kumpulan program yang menjelaskan operasi komputer dan mengarahkan perangkat keras untuk melakukan tugas tertentu.”

4. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)

Menurut IEEE, pengertian software adalah kumpulan program, prosedur, aturan, dokumentasi, dan data yang mendefinisikan operasi sistem komputer.

5. David S. Linthicum

David S. Linthicum, seorang ahli dalam komputasi awan, menggambarkan software sebagai “kode instruksi yang memungkinkan perangkat keras komputer untuk melakukan fungsi yang dibutuhkan oleh pengguna.”

6. Melwin Syafrizal Daulay

Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), pengertian software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

7. Imam Prayogo Pujiono

Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

Baca juga: Pengertian Brainware Serta Fungsi, Jenis, Komponen dan Contohnya

Fungsi Software Secara Umum

Fungsi Software

Pada dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer dapat menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi utama software adalah sebagai berikut:

1. Mengelola Perangkat Keras

Software menghubungkan pengguna dengan perangkat keras komputer, seperti CPU, RAM, perangkat penyimpanan, monitor, keyboard, dan mouse. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras melalui antarmuka grafis atau baris perintah.

2. Menjalankan Program dan Aplikasi

Perangkat lunak memungkinkan komputer untuk menjalankan berbagai program dan aplikasi, seperti pengolah kata, spreadsheet, peramban web, game, dan banyak lagi. Tanpa software, komputer hanya akan menjadi perangkat keras yang tidak dapat melakukan banyak hal.

3. Pemrosesan dan Analisis Data

Perangkat lunak dapat digunakan untuk mengelola, menyimpan, mengatur, dan menganalisis data. Ini termasuk perangkat lunak basis data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi, serta perangkat lunak manajemen berkas yang membantu dalam organisasi dan penyimpanan file.

4. Mengelola Jaringan dan Koneksi

Software jaringan memungkinkan perangkat komputer untuk terhubung dengan perangkat lain, jaringan internet, intranet, atau jaringan lokal. Ini mencakup perangkat lunak email, peramban web, protokol jaringan, dan banyak lagi yang memungkinkan pertukaran data dan akses ke sumber daya bersama.

5. Keamanan Komputer

Software juga memainkan peran penting dalam melindungi data dan sistem komputer dari ancaman keamanan. Ini mencakup perangkat lunak antivirus, firewall, dan enkripsi data.

Dari penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah bila software dianggap sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga, sebuah komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya.

Jenis-Jenis Sebuah Software

Klasifikasi Software

Ada banyak jenis perangkat lunak yang berbeda, masing-masing dirancang untuk tujuan dan fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis software utama beserta penjelasan singkat tentang masing-masing:

1. Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi adalah perangkat lunak dasar yang menjalankan komputer dan mengelola sumber daya perangkat keras. Ini termasuk Windows, macOS, Linux, dan lainnya. Sistem operasi memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan menjalankan aplikasi.

2. Software Aplikasi (Application Software)

Ini adalah software yang dibuat untuk tujuan khusus dan memiliki fungsi tertentu. Termasuk pengolah kata (Microsoft Word), spreadsheet (Microsoft Excel), software untuk presentasi (Power Point), perangkat lunak desain grafis (Adobe Photoshop), peramban web (Google Chrome), dan banyak lagi.

Software aplikasi digunakan untuk tugas-tugas tertentu, seperti produktivitas, hiburan, dan kreativitas.

3. Perangkat Lunak Utilitas (Utility Software)

Perangkat lunak ini menyediakan alat dan utilitas tambahan untuk membantu dalam mengelola, memelihara, dan memperbaiki sistem komputer. Contoh: Antivirus, software backup, kompresi file, defragmenter, utilitas pembersih sistem, manajemen berkas, dan utilitas pemulihan.

4. Perangkat Lunak Jaringan (Network Software)

Ini digunakan untuk mengelola dan memantau jaringan komputer. Perangkat lunak ini memiliki peran penting dalam memastikan jaringan komputer berfungsi dengan baik, aman, dan efisien.  Ini mencakup perangkat lunak routing, firewall, dan perangkat lunak monitoring jaringan.

5. Perangkat Lunak Database (Database Software)

Jenis perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola, menyimpan, mengakses, dan mengelola data dalam basis data. Software database menyediakan berbagai fungsi dan alat untuk bekerja dengan data dalam basis data.Contoh termasuk MySQL, Oracle, Microsoft SQL Server, dan MongoDB.

Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya

Perangkat lunak (software) dapat dikelompokkan berdasarkan distribusi atau cara distribusi mereka kepada pengguna. Ada beberapa model distribusi perangkat lunak yang umum digunakan, termasuk:

1. Perangkat Lunak Berbayar (Commercial Software)

Perangkat lunak yang harus dibeli pengguna atau membayar lisensi untuk menggunakannya. Biasanya, perangkat lunak komersial dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak yang tujuan utamanya adalah menghasilkan keuntungan dari penjualan lisensi.

Contoh perangkat lunak komersial termasuk Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan produk-produk dari perusahaan perangkat lunak lainnya.

2. Perangkat Lunak Gratis (Freeware)

Ini adalah perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis, tetapi pengguna tidak memiliki akses ke kode sumbernya. Pengembang perangkat lunak freeware dapat memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakan perangkat lunak tanpa biaya, tetapi mereka mungkin tidak memberikan akses ke kode sumbernya.

Contoh perangkat lunak freeware termasuk Skype (versi dasar) dan CCleaner.

3. Perangkat Lunak Sumber Terbuka (Open Source Software)

Perangkat lunak sumber terbuka adalah perangkat lunak yang kode sumbernya tersedia untuk umum. Ini berarti bahwa siapa pun dapat melihat, mengubah, dan mendistribusikan ulang kode sumber perangkat lunak ini.

Lisensi yang umum digunakan untuk perangkat lunak sumber terbuka adalah lisensi open source seperti GNU General Public License (GPL) atau MIT License. Contoh perangkat lunak sumber terbuka termasuk Linux, Mozilla Firefox, dan LibreOffice.

4. Perangkat Lunak Berbagi (Shareware)

Perangkat lunak berbagi adalah perangkat lunak yang biasanya dapat diunduh dan diuji coba secara gratis, tetapi pengguna diharapkan untuk membayar jika mereka ingin menggunakan fitur tambahan atau mendapatkan lisensi penuh. Contoh perangkat lunak berbagi termasuk aplikasi antivirus dan beberapa permainan komputer.

5. Perangkat Lunak Berlangganan (Subscription Software)

Perangkat lunak berlangganan adalah perangkat lunak yang pengguna harus membayar langganan reguler untuk mengaksesnya. Model bisnis ini umumnya digunakan untuk perangkat lunak berbasis awan (cloud) seperti perangkat lunak produktivitas berlangganan Microsoft 365 atau Adobe Creative Cloud.

Contoh Software atau Perangkat Lunak

contoh software

Ada banyak sekali contoh software yang dipakai oleh pemilik komputer untuk kegiatannya sehari-hari, baik itu software gratis maupun yang berbayar. Adapun beberapa contoh software adalah sebagai berikut:

1. Internet Browser Software

  • Google Chrome: Dikembangkan oleh Google, Chrome adalah peramban internet yang sangat populer yang dikenal karena kecepatan dan fungsionalitasnya.
  • Mozilla Firefox: Firefox adalah peramban web open source yang dikenal karena fokus pada privasi pengguna dan dukungan ekstensi yang luas.
  • Microsoft Edge: Microsoft Edge adalah peramban web yang dikembangkan oleh Microsoft, yang merupakan penerus dari Internet Explorer. Edge didasarkan pada mesin Chromium yang juga digunakan oleh Chrome.
  • Apple Safari: Safari adalah peramban web bawaan pada perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac. Ini dikenal karena integrasi yang kuat dengan ekosistem Apple.
  • Opera: Opera adalah peramban web yang berfokus pada kecepatan dan fitur-fitur unik seperti VPN bawaan dan blok iklan.

2. Communication Software

  • WhatsApp: Aplikasi pesan teks dan panggilan suara/grup yang sangat populer yang tersedia di berbagai platform.
  • Skype: Aplikasi ini digunakan untuk panggilan video, panggilan suara, dan pesan instan.
  • Zoom: Platform populer untuk konferensi video dan panggilan grup, terutama digunakan dalam bisnis dan pendidikan.
  • Telegram: Aplikasi pesan instan yang menawarkan keamanan tinggi dan berbagai fitur.
  • Facebook Messenger: Aplikasi pesan instan yang terintegrasi dengan Facebook, yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan teman-teman mereka.
  • Google Hangouts: Layanan komunikasi berbasis web dari Google yang mencakup obrolan video, obrolan teks, dan panggilan suara.
  • Discord: Aplikasi komunikasi yang awalnya ditujukan untuk komunitas permainan, tetapi telah berkembang menjadi alat komunikasi umum dengan fitur obrolan suara dan teks.

3. Anti Virus Software

  • Norton AntiVirus: Norton adalah salah satu penyedia antivirus terkemuka dengan berbagai produk yang melindungi perangkat Anda dari virus, malware, dan ancaman lainnya.
  • McAfee AntiVirus: McAfee menyediakan berbagai produk antivirus yang melindungi perangkat Anda dari virus, malware, phishing, dan ancaman lainnya.
  • Kaspersky Anti-Virus: Kaspersky dikenal dengan teknologi deteksi yang kuat dan perlindungan yang canggih terhadap berbagai jenis malware.
  • Avast Antivirus: Avast adalah antivirus yang sangat populer dan menawarkan versi gratis yang cukup kuat, serta versi berbayar dengan fitur tambahan.
  • Windows Defender: Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda mungkin sudah memiliki Windows Defender yang menyediakan perlindungan dasar terhadap ancaman virus dan malware.

4. Editing Software

  • Adobe Photoshop: Ini adalah perangkat lunak yang sangat populer untuk mengedit dan memanipulasi gambar dan grafik. Ini digunakan oleh fotografer, desainer grafis, dan banyak profesional kreatif lainnya.
  • Adobe Premiere Pro: Perangkat lunak editing video yang kuat. Ini digunakan untuk mengedit video, menambahkan efek visual, dan membuat produksi video yang berkualitas tinggi.
  • Final Cut Pro: Softwre editing video yang dikembangkan oleh Apple. Ini sangat populer di kalangan editor video profesional yang menggunakan produk-produk Apple.
  • Audacity: Perangkat lunak sumber terbuka yang digunakan untuk mengedit audio. Ini memungkinkan Anda untuk merekam, mengedit, dan mengolah file audio dengan berbagai efek.

5. Word Processing Software

  • Microsoft Word: Microsoft Word adalah salah satu pengolah kata paling terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia. Ini merupakan bagian dari paket Microsoft Office dan tersedia untuk Windows dan macOS.
  • Google Docs: Google Docs adalah aplikasi pengolah kata berbasis web yang disediakan oleh Google. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara daring. Anda dapat mengaksesnya dengan akun Google.
  • Apple Pages: Pages adalah pengolah kata yang dikembangkan oleh Apple untuk pengguna macOS dan iOS. Ini adalah bagian dari paket iWork yang mencakup aplikasi lain seperti Numbers (untuk spreadsheet) dan Keynote (untuk presentasi).
  • LibreOffice Writer: LibreOffice adalah perangkat lunak sumber terbuka yang menyediakan berbagai aplikasi produktivitas, termasuk pengolah kata yang disebut Writer. Ini kompatibel dengan banyak format dokumen, termasuk format Microsoft Word.

6. Music Player Software

  • Winamp: Winamp adalah salah satu pemutar musik paling ikonik dan telah ada sejak tahun 1997. Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan dukungan untuk berbagai format audio.
  • iTunes: iTunes adalah pemutar musik yang dikembangkan oleh Apple. Ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk memutar musik tetapi juga untuk mengelola perpustakaan musik Anda dan membeli lagu melalui toko iTunes.
  • Windows Media Player: Windows Media Player adalah pemutar musik bawaan untuk sistem operasi Windows. Ini mendukung berbagai format audio dan memiliki beberapa fitur pengaturan.
  • VLC Media Player: VLC adalah pemutar multimedia serbaguna yang dapat memainkan berbagai jenis file audio dan video. Ini juga tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux.

Baca juga: Pengertian Internet Serta Fungsi, Manfaat, Dan Dampak Internet

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak atau software merupakan serangkaian instruksi yang memungkinkan komputer untuk menjalankan berbagai tugas dan operasi.

Dari aplikasi sederhana hingga sistem operasi kompleks, perangkat lunak membentuk tulang punggung dari teknologi informasi modern. Dengan terus berkembangnya teknologi, kita dapat mengharapkan inovasi baru dan perangkat lunak yang lebih canggih di masa depan.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian software, fungsi, jenis-jenis, dan contoh perangkat lunak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Advertisement
Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

Leave a Comment