Beranda Bisnis Peluang Usaha Digital Printing yang Menjanjikan di Era Digital

Peluang Usaha Digital Printing yang Menjanjikan di Era Digital

Peluang Usaha Digital Printing

Peluang Usaha Digital Printing –  Jaman makin maju, era digital kini mulai menguasai peradaban manusia. Mau tidak mau, kita sebagai manusia selalu dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan jaman.

Cara terbaik menghadapi era digital adalah memanfaatkannya. Melihat peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup kita. Sebagai manusia kita memiliki kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Kebutuhan ini yang harus selalu ditutupi, jika tidak bisa berakibat fatal bagi kehidupan manusia.

Melihat teknologi digital yang makin berkembang, memanfaatkan peluang usaha digital bisa menjadi sebuah solusi untuk menutupi kebutuhan kita sehari-hari.

Percetakan Digital

Pemanfaatan teknologi digital dapat dimulai dengan membuka usaha percetakan digital. Usaha percetakan digital printing merupakan usaha yang percetakan yang menggunakan metode berbasis gambar digital dari sebuah file kemudian dicetak di sebuah media. Media yang digunakan bisa berbahan kain, keramik, kanvas, dan lain-lain.

Produk dari digital printing ini bisa berupa mug, tas, banner, standing banner, pulpen, gantungan kunci, baju, dan lain-lain. Biasanya usaha seperti ini kita kenal dengan tempat pembuatan merchandise.

Anda yang tertarik untuk memulai bisnis digital printing, tidak perlu takut jika tidak laku dipasaran. Usaha digital printing termasuk usaha yang menjanjikan. Digital printing akan selalu digunakan orang karena lebih murah dan efisien. Apalagi digital printing sudah melekat dalam kehidupan manusia, jelas pasti akan selalu dipakai.

Membuat usaha digital printing yang diperlukan adalah keahlian mendesain, mesin yang sehat dan modern, perangkat komputer dengan spesifikasi yang mendukung, dan menemukan produsen pembuat bahan utama (misal, mug, pulpen, penggaris, dll).

Mesin Modern, Awal Menjalankan Peluang Usaha Digital Printing

Membuka usaha digital printing memang mebutuhkan keahlian mendesain, tapi urusan mendesain sebenarnya dapat diwakilkan oleh karyawan. Apabila Anda ingin membuka usaha digital printing, namun keahlian Anda dibidang desain masih kurang, Anda bisa merekrut seorang desainer handal.

Modal awal besar yang diperlukan untuk membangun sebuah usaha digital printing sebenarnya adalah bangunan (outlet) dan mesin yang memadai. Bangunan menjadi bagian penting tentu dalam sebuah usaha. selain sebagai tempat kerja juga mempermudah orang lain menemukan Anda.

Jika modal Anda tidak mencukupi untuk membangun sebuah bangunan baru atau hanya sekedar menyewa bangunan, Anda masih bisa memanfaatkan bagian dari rumah Anda. Pemanfaatan garasi atau teras bisa menjadi alternatif untuk mendirikan sebuah usaha. jangan lupa pasang banner atau neon box sebagai identitas outlet Anda.

Sedangkan dalam pembelian mesin, lebih baik Anda memilih mesin dengan kualitas yang baik. Membeli mesin yang modern biasanya harga yang dibandrol juga lumayan menguras kantong. Namun tidak apa membeli mesin yang sedikit mahal. Mesin dengan penggunaan dan perawatan yang baik bisa menjadi investasi Anda.

Mesin yang bagus nantinya juga memudahkan Anda dalam menghadapi orderan yang manuk. Permintaan pelanggan yang beraneka ragam dan jumlahnya banyak bisa Anda tangani dengan baik.

Mengeluarkan biaya lebih untuk sebuah mesin dirasa masih cukup relevan. Ketimbang membeli mesin murah tapi cepat rusak. Selain bisa menghambat pekerjaan Anda, jika dihitung-hitung justru bisa membengkakkan pengeluaran Anda.

Diimbangi dengan memanfaatkan lahan rumah sebagai tempat usaha, sekiranya tidak terlalu memberatkan Anda bukan. Dalam membangun usaha, selalu gunakan prinsip ekonomi. Manfaatkan segala kemungkinan yang bisa dimanfaatkan. Jangan biasakan sedikit-sedikit repurchase.

Buat Nama Percetakan Unik

Hal yang perlu diperhatikan selain beberapa point diatas tadi, adalah pemberian nama. Sering disepelekan memang, banyak yang menganggap nama bukan hal yang penting dalam membangun usaha.

Anda pasti sering mendengar kalimat nama adalah doa. Pemberian nama pada Anda merupakan doa dari setiap orang tua. Sama seperti membuka usaha, pemberian nama sebuah usaha juga merupaka doa loh.

Anda pasti juga sering menjumpai toko-toko dengan nama seperti barokah, usaha makmur, usaha maju, dll. Penggunaan nama seperti itu tak lain alasannya Adalah doa. Semoga yang dibangun menjadi barokah untuk keluarga, atau usah yang dibangun maju dan makmur.

Selain, nama adalah doa, penggunaan nama yang unik juga dapat menarik pelanggan. Jadi, jika Anda akan membangun usaha apapun, gunakan nama yang baik dan unik agar dapat dikenal dan mudah diingat oleh siapapun.

Disamping banyak pengusaha yang sibuk memikirkan nama yang unik. Tak sedikit juga loh  perusahaan besar yang menggunakan nama unik karena ketidaksengajaan. Ketidaksengajaan ini muncul dari gagasan-gagasan yang muncul dari pemikiran sederhana.

Peluang usaha digital printing jika diamati saat ini memang besar, Anda harus pandai-pandai mempromosikan usaha Anda agar dikenal masyarakat. Didukung dengan nama uang unik, bisa menjamin meningkatnya jumlah pelanggan.

Bisnis Percetakan Online dan Offline

Memanfaatkan teknologi digital ada berbagai macam cara. Pemanfaatan yang paling banyak adalah untuk membangun sebuah bisnis. Dalam mendirikan sebuah bisnis, biasanya penggunaan teknologi digital adalah untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut atau justru perusahaan itu sendiri.

Mempromosikan sebuah produk melalui internet memang hasilnya lebih cepat dan memuaskan. Hadirnya internet ini memang efeknya luar biasa bagi kehidupan masyarakat. Yang paling terlihat adalah mudahnya berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dulu sebelum ada internet, mengirim gambar atau foto harus melalui mms. Biaya yang mahal kadang juga menjadi kurang diminati.

Membuka usaha digital printing secara online dapat menambah penghasilan Anda. Di outlet offline Anda ramai pengunjung, di dunia maya juga laris. Sungguh pemanfaatan teknologi digital yang maksimal. Anda tetap bisa mendapatkan uang tanpa harus bertatap muka dengan pelanggan.

Melalui internet pelanggan dan Anda berkomunikasi. Jika deal, desain hanya perlu dikirimkan via email, uang dibayarkan dengan transfer, Anda memproduksi barang dan mengirimkannya melalui ojek online atau melalui kurir.

Membuka peluang usaha digital printing dengan membangun sebuah usaha percetakan secara online saja bisa sangat mudah dijalani. Anda tidak perlu memikirkan tempat usaha yang mahal. Anda hanya perlu memanfaatkan rumah untuk dijadikan sebagai ruang kerja. Ruang kerja dirumah sangat cukup karena ini tidak dilihat oleh pelanggan. Pelanggan online hanya tahu pesan, transfer uang, dan menerima barang.

Dalam usaha online memang Anda tidak bertemu dengan pelanggan secara langsung, penipuan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Pastikan Anda selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Jika Anda akan membuka usaha percetakan online, sediakan setidaknya satu orang untuk menjadi customer service online. Customer service ini yang nantinya mengurusi segala kebutuhan kebutuhan pelanggan online. Jadi, Anda tidak keteteran dalam menangani pesanan.

Itulah tadi ulasan tentang memanfaatkan peluang usaha digital printing di era digital. Semoga Anda bisa menemukan usaha yang sesuai dengan passion Anda. Manfaatkan segala kemungkinan yang bisa diambil. Jangan pernah takut unutk mengambil resiko. Pengambilan resiko akan menjadikan Anda selangkah lebih maju dari kehidupan Anda sekarang.

4 KOMENTAR

  1. modalnya gede juga dan butuh keahlian juga, kalo cetak undangan aja ada rekomendasi gk gan untuk printer yang hemat dan awet?

  2. Bisnis percetakan digital semakin mudah dikerjakan. Hny saja persaingan akan semakin tinggi disebabkan resource nya sangat mudah didapatkan.

    Sebaiknya, ciptakan produk yang mempunyai nilai tambah jangan seperti bisnis kebanyakan yang latah ikut tren saja.

  3. Yups,,, sebuah bisnis, jika kita sudah yakin, kita mesti berani menjalaninya.
    Tapi memang tetap harus ada hitung-hitungannya, minimal cek dilingkungan sekitar (offline) kira2 seberapa besar kebutuhan akan digital printing ini, kemudian kita tetap harus memiliki sesuatu yang berbeda, syukur-syukur sebuah keunggulan, dan yang paling bagus adalah dalam bentuk pelayanan (service).

    Jika modal masih belum mencukupi, mengingat harga mesin printing nya juga lumayan, dan kebutuhan tempat yang tidak bisa dibilang kecil, kita bisa memulainya dengan menerima order saja dulu, untuk dilempar ke digital printing yang mau bekerja sama dengan kita.
    Tapi ya memang, kita harus sedikit ngerti tentang disain,sisanya kita bisa perbanyak template.
    ..

  4. Wah,, mantep juga nih propek kedepannya kalau usaha ginian.. Makasih Idenya..

Tinggalkan Balasan