Menggaet Peluang Bisnis Herbal ala MLM, Apakah Terlalu Beresiko?

Peluang Bisnis Herbal

Ilustrasi via linkedin.com

Kalau dengar iklan di internet tentang peluang bisnis herbal pasti yang muncul kebanyakan bisnis Multi Level Marketing (MLM). Bener nggak? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan bisnis MLM, karena menurut saya pribadi MLM ini bagus dan memberikan peluang sukses. Apa lagi untuk yang bermodal kecil. Hanya dengan modal Rp. 2.500.000 saja, sudah bisa berbisnis herbal.

Ada banyak yang bilang kalau teknik pemasaran ala MLM ini adalah strategi murah dan duit yang dihasilkan cukup banyak. Hanya saja istilah MLM ini konotasinya negatif kalau didengar orang awam. Sebagus dan semanjur apa pun herbalnya, tetap saja orang bisa ilfil kalau dengar kata ini. “Ini, MLM ya,Mbak? Nggak dulu deh!”

Faktanya, banyak sekali peluang bisnis herbal yang dipasarkan dengan cara MLM. Tapi jangan salah, Anda harus hati-hati sebelum ikut terjun.

Suka Duka Menggali Peluang Bisnis Herbal dengan Cara MLM

1. Jaminan Keamanan Dipertanyakan

Masyarakat Indonesia sangat suka yang berbau alami karena dianggap tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping. Berbeda dengan obat kimia yang secara langsung bisa menimbulkan indikasi lebih buruk. Sayangnya anggapan ini hanya mitos belaka.

Dikutip dari situs kesehatan Webmd, W. Curt LaFrance Jr., MD, seorang ahli neurologi dan psikiatri dari Brown University School of Medicine in Providence, R.I ini tidak setuju 100% kalau obat herbal tidak berbahaya. Ini hanya mitos.




Nyatanya obat herbal juga bisa berimplikasi saat pasien minum obat yang diresepkan dokter. Makanya dokter kerap meminta pasien berkonsultasi bila ingin minum herbal supaya tidak terjadi efek apa-apa.

Nah, kalau mau dijadikan bisnis, tentu saja ini tidak boleh sembarangan. Terlebih lagi calon customer menginginkan jaminan sembuh. Anda tidak mungkin nantinya mengeluarkan janji surga hanya karena ingin barangnya laris dan tutup poin.

Biasanya kalau di dunia multi level marketing, calon prospek diberikan sejumlah testimoni untuk membuat mereka semua percaya dan membeli produk. Kalau Anda melakukannya hanya demi poin, mungkin ke depan bisnis ini tidak berjalan lancar, sebab kurangnya perhatian terhadap calon prospek.

Artikel lain: 10+ Jenis Produk Herbal Terlaris dan Paling Laku Dijual Online

2. Hati-Hati Dengan Money Game

Melihat peluang bisnis herbal dengan skema MLM sangatlah tepat karena selain bonusnya besar, modal kecil, kedekatan dengan customer juga terjaga. Namun harus hati-hati dengan Money Game (Investasi Bodong).

Money Game ini ciri-cirinya memberikan iming-iming bonus besar dan Anda diharuskan membeli produk (misalnya madu propolis) dengan harga yang besar. Selanjutnya Anda akan dijelaskan sistem bagi bonus yang mewajibkan Anda merekrut member baru sebagai syarat bonusnya, setelahnya adalah tutup point.




Dengan beban bonus jumbo seperti ini, banyak sekali Money Game berkedok MLM yang collaps karena sudah tidak ada lagi member baru yang beli produk. Alih-alih dapat untung, Anda harus siap di demo oleh downline karena bonus mereka tidak cair.

Menemukan Peluang Bisnis Herbal ala MLM yang Aman

1. Fokus Pada Kualitas Produk, Bukan Bonusnya

Menggaet peluang usaha herbal dengan model MLM bisa jadi kaya raya asalkan tepat sasaran. Namun jangan hanya tergiur dengan bonus yang ditawarkan. Cobalah untuk fokus pada khasiat produk.

Ada banyak sekali suplemen yang sudah disertifikasi dan memang terbukti mampu membantu meringankan penyakit. Cek juga hal berikut:

  • Cari uji klinis tentang obat herbal
  • Harus disetujui oleh BPOM dan lembaga kesehatan terkemuka
  • Kalau banyak dokter yang menyarankan kemungkinan bagus
  • Testimoni customer setelah konsumsi herbal
  • Kalau takut, pilih produk universal misalnya (madu, sari kurma dsb)
  • Coba minum sendiri, kemudian gunakan ini untuk meyakinkan prospek

Kalau kita fokus pada kualitas produk kemungkinan besar kita bisa sukses, karena saat menjelaskan kepada calon prospek,kita jadi lebih leluasa. Selain itu, kesan kita juga tidak akan buruk karena tidak terlihat mengejar poin, tapi berjualan produk herbal.

Baca juga: 10+ Situs Belanja Online Terpercaya di Indonesia

2. Selalu Cek di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Kalau kita jeli, ada banyak sekali Money Game yang berkedok MLM. Pastikan cek dulu ke situs OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Institusi ini kerap merilis merk-merk dan badan usaha yang terindikasi investasi bodong berkedok MLM.

Selain itu, cek selalu jejaring sosial seperti Facebook dan forum diskusi sejenis Kaskus. Ada banyak sekali penggiat Money Game yang memberikan kabar-kabar tentang bisnis tersebut. Kalau skemanya terasa tidak sehat, baiknya Anda tidak perlu bergabung. Masih banyak peluang bisnis herbal yang aman dan nyaman untuk dijalankan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud