Beranda Bisnis Peluang Bisnis Durian Musang King yang Mewangi dan Menjanjikan

Peluang Bisnis Durian Musang King yang Mewangi dan Menjanjikan

Bisnis Durian Musang KingApakah Anda pernah mendengar tentang durian Musang King? Bicara tentang durian memang tidak ada habisnya. Buah yang dijuluki sebagai raja dari segala buah ini memang penuh kontroversi: begitu banyak yang menyukainya, namun tidak sedikit pula yang membencinya.

Buah tropis yang tumbuh di Asia Tenggara ini memiliki kulit berduri, daging yang lembut creamy manis dan wangi yang menyengat. Karena keunikan itulah banyak orang yang langsung menutup hidung atau mengernyitkan wajah bahkan ketika baru mendengar namanya atau menelan ludah karena terbayang kenikmatannya.

Ada banyak jenis untuk buah durian, salah satu yang terkenal adalah Musang King. Apa itu? Bagaimana cirinya? Simak ulasan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan Anda.

Apa Itu Durian Musang King?

Durian Musang King

Durian Musang King adalah salah satu varian durian asal negeri Jiran, yang ditemukan di daerah Gua Kelantan, Tanah Merah, Malaysia, dan disebut-sebut sebagai salah satu jenis durian terbaik. Pertama kali dikenal pada tahun 1990, jenis durian ini langsung disebut-sebut sebagai jenis terbaik di kelasnya.

Bagaimana tidak? Dagingnya tebal namun lembut berwarna kuning, rasa yang manis dengan tambahan sedikit pahit, biji yang sangat kecil, dan bau yang tidak terlalu menyengat seperti jenis lain jelas-jelas dapat merebut hati para pecinta buah berduri ini.

Buahnya cenderung kering dan sering disebut sebagai durian buah kering terbaik. Ukuran buahnya juga cenderung lebih besar dari Monthong, jenis yang juga banyak disukai.

Di negara asalnya, Malaysia, durian ini lebih dikenal dengan mao shan wang yang berarti raja kucing. Sebutan Musang King sendiri muncul karena lokasi pohon induk pertama ditemukan terdapat di dekat Gua Musang, Kelantan, bukan karena berhubungan dengan binatang musang.

Kehebohan terjadi ketika ditemukan perdana di Tanah Merah, Kelantan, Malaysia, karena ternyata tumbuh pohon buah yang dicintai masyarakat sekitar dengan buah berkualitas di daerah tersebut. Tiga tahun kemudian, warga setempat bernama Wee Chong Beng mendaftarkan jenis ini sebagai jenis unggul dengan sebutan Raja Kunyit, karena warna dagingnya yang kuning seperti kunyit.

Kemunculan jenis unggul ini langsung menjadi trending topic dan para petani di negeri jiran berebut menanaminya. Di awal tahun 2000-an, pohon-pohon yang ditanam tersebut mulai berbuah dan dapat dipanen. Ternyata, hasilnya tetap berkualitas. Hal ini makin menarik minat banyak petani untuk menanam jenis ini.

Pemerintah Malaysia mendaftar bibit jenis ini sebagai varietas ke 197 atau dikenal dengan D-197.

Apa Ciri-Ciri Durian Musang King?

Bicara tentang ciri fisik, ada beberapa hal yang patut diketahui sebelum salah dalam membeli. Dimulai dari daun hingga buah. Daunnya berbentuk memanjang dan runcing, bukan lebar seperti jenis lain. Untuk warna, daunnya berwarna agak kuning. Nantinya daun dapat tumbuh lebat asal terpapar sinar matahari yang baik dan cukup.

Dari segi batang tidak terlalu berbeda dari jenis lain pada umumnya. Ia tumbuh tegak dengan ranting yang banyak juga kuat. Akarnya termasuk akar tunggang dan terbagi menjadi tiga: primer, tersier dan sekunder.

Ciri yang mencolok dapat terlihat di buahnya. Duri yang terdapat pada buah berbentuk piramida dengan tepian yang rata. Bentuk buahnya juga cukup berbeda dari jenis biasanya. Jika biasanya buah durian berbentuk bulat, jenis ini berbentuk lonjong seperti bola rugby. Ciri unik lainnya adalah batang induk buahnya berwarna coklat dan agak botak. Di bagian pangkal buah menyamping ada lima garis tanpa duri yang menyerupai bintang laut.

Pastikan buah yang akan anda beli memiliki keseluruhan ciri fisik seperti di atas. Mungkin ada beberapa yang memiliki dua atau tiga ciri, namun jenis yang asli harus memiliki keseluruhan ciri. Jangan sampai salah pilih atau ditipu!

Kisaran Harga Durian Musang King

Sejak dahulu buah berbau menyengat ini dikenal dengan buah berharga mahal. Hal ini wajar mengingat butuh waktu paling tidak 10 tahun untuk tanaman ini bisa mencapai kematangan sempurna. Memang teknologi sekarang yang jauh lebih maju dapat mempercepat masa panen, tapi itu tidak mengurangi tingginya harga buah ini.

Jika jenis biasa saja sudah berharga mahal, bagaimana dengan musang king? Di negeri asalnya, harga per kg buah ini sekitar RM 45 (Rp 157.500), bahkan ada yang mencapai RM 85 (Rp 297.000). Fantastis bukan? Di Indonesia sendiri, buah jenis ini sudah banyak dibudidaya sehingga harga tidak terlalu jauh berbeda dari daerah asal, walau tetap lebih tinggi. Harga buah nya bisa mencapai Rp 200.000/kg. Kalau harga bibit durian musang king mulai dari Rp 50.000 – Rp 2.0000.000 tergantung besar kecilnya.

Wah, mahal sekali, ya! Tidak heran varian ini digadang-gadang sebagai Raja Durian.

Meskipun harganya tergolong mahal, peminatnya tidak sedikit karena rasanya yang memang tidak diragukan. Tidak hanya membeli buah, banyak pecintanya yang ingin menanam sendiri dengan membeli bibit. Karenanya, semakin banyak penjual yang membudidayakannya.

Hal ini menjadikan menanam durian Musang King adalah peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Karena peminat buah ini tidak pernah sepi. Apalagi jika sedang musim panen, di mana anda dapat merasakan kelezatannya yang paling puncak, penjualan baik skala kaki lima maupun hypermarket akan meningkat tajam.

Jenis Musang King yang dikatakan sebagai salah satu yang unggul ini juga cukup mudah ditanam dan kuat. Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus, cukup disiram setiap hari dan gunakan pupuk organik seperti kandang atau kompos. Hanya saja, jika ingin tumbuh lebih cepat, anda dapat menambahkan pupuk NPK berkadar rendah per tiga bulan.

Hal penting yang perlu diingat adalah tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang optimal. Jadi, pastikan tidak ada tanaman yang lebih tinggi di sekitarnya.

Wisata Kebun Durian Musang King

Dengan semakin meningkatnya peminat buah jenis ini, semakin banyak pula perkebunan-perkebunan yang membuka wisata buah durian, yang di dalamnya ada jenis Musang King.

Wisata ini cocok untuk anda yang suka sekali dengan buah ini. Biasanya, pengunjung akan diizinkan untuk melihat-lihat perkebunan untuk mengamati lebih dekat perbedaan-perbedaan jenis dan memilih langsung mana yang ingin dibeli. Tidak jarang, penjual mengizinkan pengunjung untuk memetik sendiri buah dari pohonnya. Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan untuk anda maniak si buah berduri.

Ini juga menjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan. Jika anda mempunyai lahan yang cukup besar, anda dapat mempertimbangkan untuk membuka wisata ini. Investasi pada perkebunan buah dikatakan menghasilkan omzet yang lebih tinggi dibanding dengan tanaman karet atau sawit.

Jika per hektar dapat ditanami sekitar 200 pohon, per pohon nantinya bisa memanen sekitar 100 – 200 kg buah. Maka, paling tidak anda bisa memanen 20.000 kg buah pada masa panen. Silahkan anda kalikan sendiri berapa rupiah yang anda dapat jika anda dapat memanen sebanyak itu.

Dengan kemudahan dalam menanam, kecil kemungkinan akan mengalami gagal panen. Ditambah minat pasar akan buah yang juga sering disebut duren ini seperti tidak pernah menurun. Hal ini menjadikan bisnis ini semakin banyak diminati.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik berbisnis durian musang king?

Baca juga: Bisnis Perkebungan Durian Montong

5 KOMENTAR

  1. tapi di semarang susah juga ya nyari durian musang king seperti itu hihi

  2. lama juga ya pohon durian musang king mencapai kematangan sempurna. butuh waktu 10 tahun.

  3. Tidak sedikit juga durian musangking di daerah tanjung batu kepulauan riau, terkenal juga durian lokalnya dan ada beberapa pula durian musangking yang dibudidayakam masyarakat sini, terlebih negara jiran malaysia sangat dekat dengan pulau kami sehingga sangat mudah di dapatkan

Tinggalkan Balasan