Pelajari 5 Hal ini Agar Pemasaran Smartwatch Makin Efektif

Image dari Business2community.com

Image dari Business2community.com

Daya beli masyarakat Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Tengok saja pertambahan jumlah pengguna #smartphone setiap tahunnya. Pertumbuhan pengguna smartphone yang tergolong pesat membuat banyak produsen berlomba-lomba menciptakan smartphone yang canggih dan sesuai dengan kebutuhan.

Geliat perkembangan penggunaan smartphone di Indonesia tentu mempengaruhi perkembangan penggunaan smartwatch. Meskipun masih berada dalam tahap adaptasi dengan #teknologi smartwatch, namun bukan mustahil kalau beberapa tahun ke depan penggunaan smartwatch semakin jadi pilihan untuk melengkapi teknologi smartphone.

Sebagai tim pemasaran yang baik, alangkah baiknya jika kita mengetahui 5 hal ini sebelum melakukan upaya pemasaran smartwatch:

1. Penjelasan Tentang Notifikasi

Pemberitahuan notifikasi adalah salah satu fungsi utama dari penggunaan smartwatch. Jika kita berhasil menyampaikan dan memberi pengertian pada orang-orang yang butuh kecepatan dan ketepatan notifikasi, maka hal ini akan jadi nilai tambah bagi pemasaran smartwatch.

Calon pengguna smartwatch yang memiliki mobilitas tinggi dan aktivitas ekstra sibuk pasti akan terbantu untuk mengontrol aktivitasnya melalui setiap notifikasi yang masuk di smartwatch yang mereka kenakan.

Artikel lain: Teknologi Smartwatch Dulu Dan Kini, Seperti Apa Sih?

2. Berorientasi pada Aksi

Banyak orang yang tidak menyukai penggunaan smartwatch karena fasilitas layarnya yang kecil dan fitur-fitur yang terbatas. Dan ini menjadi tugas kita untuk memberitahukan bahwa fokus penggunaan smartwatch berorientasi pada aksi.

Setiap notifikasi atau informasi lainnya yang masuk ke smartwatch membuat kita bisa mengambil keputusan yang lebih cepat daripada orang yang tidak menggunakan smartwatch. Cukup dengan melirik ke pergelangan tangan, semua informasi yang kita butuhkan untuk beraktivitas bisa diakses secara mudah dan cepat.

Inilah yang harus ditekankan pada calon pembeli smartwatch, utamanya bagi mereka yang baru pertama kali menggunakannya. Fungsi harfiah smartwatch sebagai ‘pemicu’ tindakan harus bisa disampaikan berdampingan dengan beragam fungsi dan kecanggihannya.

Di samping itu, harus ada penjelasan bahwa penggunaan smartwatch akan mendukung kinerja smartphone menjadi lebih praktis lagi. Agar nantinya penetrasi pasar smartwatch di Indonesia menjadi lebih mudah berkat penyampaian informasi yang mudah dipahami kepada para pengguna teknologi.




3. Memilih Smartwatch dengan Aplikasi yang Benar-benar Dibutuhkan

Tidak semua pengguna smartwatch butuh #aplikasi khusus untuk mendukung aktivitasnya. Itulah sebabnya mengapa tidak semua produsen smartwatch menambahkan fitur khusus ke dalam smartwatch yang mereka produksi.

Pada umumnya, orang-orang yang bekerja di perusahan penerbit konten atau perusahaan media adalah orang yang cocok menjadi pengguna smartwatch. Sebab pekerjaan yang menuntut kedisiplinan dan deadline membuat mereka harus melakukan segala sesuatu dengan cepat melalui dukungan smartwatch.

4. Kolaborasi Pemasaran Smartwatch bersama Publisher

Kerjasama dengan publisher atau penerbit bukan hanya sekadar membuat produk smartwatch dilabeli dengan kata “sponsored by” saja. Sebab melalui smartwatch, kita juga bisa membantu pihak publisher mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Salah satu contoh kerjasama yang baik misalnya dengan membuat informasi fitness atau aktifitas harian yang langsung bisa diakses melalui smartwatch. Pihak publisher bisa memuat beragam informasi yang ingin disampaikan secara efektif kepada para pengguna smartwatch dengan cara yang lebih unik dan bermanfaat.

Baca juga: 8 Ramalan Bill Gates Tentang Industri Teknologi Yang Kini Menjadi Kenyataan

5. Beradaptasi dengan Calon Pengguna Smartwatch

Dunia teknologi adalah dunia dinamis yang terus berkembang setiap saat. Tentu saja dibutuhkan penyesuaian yang baik dengan calon pengguna smartwatch agar bisa menentukan teknik pemasaran yang paling efektif.

Ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari dari kebiasaan calon pengguna smartwatch. Sebab nantinya kebiasaan tersebut akan mempengaruhi minat para pengguna teknologi terhadap kehadiran smartwatch. Sudah seharusnya penggunaan smartwatch kian mendukung aktivitas dan mampu disesuaikan dengan perbedaan setiap individu. Penggunaan smartwatch untuk para pebisnis muda pasti akan berbeda dengan pengguna yang datang dari kalangan karyawan kantoran.

Indonesia yang kini tengah berkembang dan membenahi diri memang jadi tempat yang tepat bagi perkembangan produk teknologi masa kini seperti smartwatch. Mengenal karakteristik produk ini dengan baik akan jadi kunci utama dalam melaksanakan strategi pemasaran yang sukses beberapa tahun ke depan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud