Top 10 Payment Gateway Terbaik di Indonesia (Update 2022)

Payment Gateway Indonesia Terbaik

Pernah mengalami jualan online terkendala karena pembeli tidak bisa melakukan pembayaran? Jika ya, maka Anda wajib tahu daftar payment gateway terbaik di Indonesia guys.

Semua pebisnis online, khususnya e-commerce pasti sangat konsen dengan sistem pembayaran. Bukan tanpa alasan. Pasalnya, konsumen Indonesia terkenal mudah beralih ke penjual lain jika mengalami masalah saat ingin membayar pesanan.

Nah, pastikan toko online Anda menggunakan payment gateway yang berfungsi dengan baik untuk menghindari kekecewaan pembeli karena sulit bertransaksi saat belanja.  Lalu, apa saja opsi payment gateway terbaik untuk toko online dan bagaimana cara kerjanya?

Saya akan membahas topik ini secara lengkap. Mulai dari pengertian payment gateway, cara kerjanya, hingga daftar perusahaan payment gateway terbaik di Indonesia.

Yuk simak guys!

Apa Itu Payment Gateway

Payment gateway terbaik Indonesia

Istilah payment gateway terdiri dari dua kata, yaitu payment yang artinya pembayaran dan gateway yang artinya pintu gerbang. Jadi, pengertian payment gateway secara harfiah adalah pintu gerbang perantara pembayaran.

Dalam bisnis e-commerce, payment gateway adalah fitur aplikasi pembayaran yang menjadi gerbang perantara aktivitas transaksi jual-beli online di sebuah website.

Aplikasi payment gateway dapat memproses berbagai metode pembayaran yang dilakukan pembeli di sebuah toko online. Baik itu pembayaran menggunakan transfer antar bank, e-wallet, kartu kredit, virtual account, maupun via gerai minimarket.

Lalu, bagaimana keamanan dari aplikasi payment gateway ini?

Pada umumnya aplikasi payment gateway memiliki tiga standar keamanan, yaitu:

  1. 3D Secure Password, password yang digunakan pengguna ketika melakukan transaksi online.
  2. Card Security Code, pin kartu kredit/ debit yang harus dimasukkan ketika melakukan transaksi.
  3. Address Verification System, sistem verifikasi alamat kartu pengguna untuk mencegah terjadinya kesalahan penagihan.

Aplikasi ini memang akan menyimpan data konsumen dan toko online. Mulai dari nomor kartu kredit/ debit, data kependudukan, dan informasi lainnya.

Namun, payment gateway membuat sistem enkripsi kode khusus setiap kali ada transaksi. Jadi, aktivitas transaksi e-commerce dengan payment gateway pasti terjamin keamanannya.

Cara Kerja Payment Gateway

Proses Payment Gateway
Alur kerja payment gateway

Meski memiliki standar keamanan yang sangat, sebenarnya cara kerja payment gateway cukup sederhana.

  1. Pertama, pembeli melakukan transaksi di toko oline. Mulai dari mencari dan memilih produk, hingga memilih metode pembayaran.
  2. Kedua, pembeli melakukan checkout dan melakukan pembayaran. Selanjutnya, pihak toko online meneruskan data pembelian tersebut ke penyedia payment gateway.Transaksi ini akan diteruskan ke pihak bank atau institusi keuangan terkait.
  3. Ketiga, bank atau institusi keuangan memproses transaksi.
  4. Keempat, pihak payment gateway melakukan konfirmasi dan mengirimkan informasi berhasil tidaknya pembayaran tersebut kepada pihak toko online.
  5. Kelima, bank atau institusi keuangan menerima pembayaran dari transaksi konsumen. Selanjutnya, pembayaran tersebut diteruskan ke pihak toko online.

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Payment gateway di Indonesia sebenarnya ada banyak. Namun, di artikel ini saya hanya menyebutkan 13 payment gateway terbaik di Indonesia.

Note: urutan di artikel tidak menggambarkan kualitas layanan.

1. iPaymu

payment gateway iPaymu

iPaymu adalah aplikasi payment gateway yang menawarkan sistem pembayaran Plug & Play dan Realtime Settlement. Dengan fitur ini, pebisnis e-commerce dapat melakukan transaksi dengan cepat dan aman.

Didirikan pada tahun 2012, saat ini iPaymu telah bekerjasama dengan lebih dari 200.000 mitra usaha.

Terdapat beberapa keunggulan pada layanan iPaymu, seperti; integrasi ke toko online tanpa perlu coding, keamanan transaksi, kecepatan proses checkout, serta layanan tanpa host to host ke pihak bank.

Selain bekerjasama dengan bank yang beroperasi di Indonesia, iPaymu juga sudah menjalin kerja sama dengan Paypal sehingga bisa digunakan untuk transaksi global.

2. Midtrans

payment gateway midtrans

Aplikasi payment gateway asal Jepang ini dulunya bernama Veritrans. Berdiri pada tahun 2012, akhirnya berganti nama menjadi Midtrans pada tahun 2016 lalu.

Midtrans telah digunakan lebih dari 500.000 merchant sebagai cara bertransaksi, termasuk di antaranya Tokopedia, TaniHub, Informa, Gojek, dan KitaBisa.

Saat ini Midtrans telah bekerjasama dengan Master Card, Visa, BNI, BCA, Mandiri, JCB, American Express, Permata Bank, BRIVA, ALTO, ATM Bersama, Prima, QRIS, Gopay, ShopeePay, ePay BRI, OCTO Clicks, XL Tunai, Mandiri Clickpay, T-Cash hingga gerai minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan lain-lain.

Midtrans dapat digunakan dengan beragam metode pembayaran, mulai dari internet bankin, transfer bank, e-wallet, hingga gerai minimarket. Tidak heran bila Payment gateway yang satu ini seringkali menjadi pilihan pertama sebagai metode transaksi.

3. Finpay

payment gateway finpay

Finpay memberikan layanan payment gateway sejak 2006. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Telkom Indonesia dan telah bekerjasama dengan banyak mitra, di antaranya; Garuda Indonesia, Blibli, BPJS, Pegadaian, Pos Indonesia, dan lain-lain.

Saat ini Finpay memiliki dua layanan unggulan, yaitu Finpay Invoice dan Finpay Link.

Finpay Invoice adalah layanan pengiriman invoice via email kepada pembeli setelah transaksi dilakukan. Sedangkan Finpay Link adalah link pembayaran yang mendukung berbagai metode pembayaran.

4. Faspay

payment gateway fasapay

Fasapay merupakan salah satu pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri pada tahun 2003, saat ini Fasapay telah menjadi pilihan sebagai sistem pembayaran oleh 1500 lebih mitra usaha.

Beberapa perusahaan besar yang menjadi mitra Fasapay, di antaranya; Kredivo, Starbucks, Tiket.com, Indomaret, TaniHub, dan lain-lain.

Saat ini Fasapay telah mendukung lebih dari 48 metode pembayaran. Mulai dari internet banking, mobil banking, virtual account, e-money, kartu kredit, dan lain sebagainya.

5. Xendit

payment gateway xendit

Xendit adalah salah satu payment gateway terbaik di Indonesia. Meskipun masih terbilang baru di Indonesia, aplikasi pembayaran yang satu ini tidak perlu diragukan kemampuannya.

Xendit memiliki beberapa produk unggulan yang pasti dibutuhkan oleh pemilik toko online. Salah satunya adalah XenPayments, yaitu layanan yang memudahkan konsumen membayar dengan virtual account, transfer bank, dan kartu kredit.

Selain itu, Xendit juga memiliki fitur unggulan real notification. Dengan fitur ini, pemilik toko online akan mendapatkan notifikasi ketika pembeli melakukan pembayaran.

Xendit juga menyediakan pilihan integrasi yang komplit. Jadi, pemilik toko online bisa menggunakan integrasi plugin, link, atau API.

6. Espay

payment gateway espay

Espay merupakan pilihan payment gateway terbaik jika Anda memiliki bisnis dengan konsep B2C2B (business-to-consumer-to-business).

Sistem pembayaran yang satu ini mendukung pembayaran dari customer dimana pada saat yang sama bisa langsung meneruskan pembayaran ke supplier atau jasa delivery. Dengan begitu, status pembayaran akan berubah secara otomatis sesuai dengan prosesnya.

Selain itu, Espay juga dilengkapi dengan sistem keamanan anti fraud untuk mencegah terjadinya penipuan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan PCI DDS untuk menjaga kerahasiaan kartu kredit.

Kelebihan lain dari Espay yaitu dapat diintegrasikan dengan banyak platform ecommerce, seperti Magento, Woocommerce, dan Prestashop.

7. Prismalink

payment gateway prismalink

Prismalink adalah layanan payment gateway Indonesia yang mengedepankan fitur keamanan. Layanan dari Prismalink sudah digunakan oleh ribuan merchant, termasuk di antaranya Kalbe, KitaBisa, Elevania, Tokopedia, dan lain-lain.

Fitur keamanan mereka memiliki sertifikat PCI DSS yang memastikan semua transaksi debit dan kredit aman, termasuk perlindungan data konsumen. Selain itu, Prismalink juga dilengkapi dengan fitur keamanan 3DS yang memungkinkan fitur verifikasi dua langka (2FA) pada setiap transaksi.

Prismalink juga memiliki produk unggulan, yaitu White Label Apps. Dengan fitur ini maka semua toko online bisa membuat payment gateway menggunakan merek sendiri.

8. Winpay

payment gateway winpay

Winpay merupakan salah satu payment gateway terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan. Perusahaan ini berdiri sejak 2015 dan telah memiliki ribuan mitra usaha.

Winpay mendukung sistem pembayaran dengan platform ecommerce seperti Opencart, Prestashop, Magento, dan Woocommerce. Semua platform tersebut dapat terintegrasi dengan Winpay.

Seperti halnya sistem pembayaran lain, Winpay mendukung beragam metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga e-wallet.

9. Duitku

duitku

Duitku adalah payment gateway Indonesia yang sudah memiliki lisensi dari Bank Indonesia. Payment gateway ini juga sudah cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia, baik individu maupun perusahaan.

Kelebihan dari Duitku terletak pada konsep sosial harga yang kompetitif, jelas, dan transparan. Duitku mengenakan biaya transaksi hanya pada transaksi yang berhasil saja.

Sama seperti kebanyakan payment gateway, Duitku mendukung transaksi dengan beragam metode pembayaran. Mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, akun virtual, e-wallet, dan lain-lain.

Aplikasi Duitku juga dapat diintegrasikan dengan platform ecommerce, seperti Woocommerce, Magento, Prestashop, Opencart, Joom Shopping, VirtueMart, dan WHMCS.

10. Doku

payment gateway doku

Doku merupakan salah satu pionir di bidang jasa payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, aplikasi Doku telah memberikan kemudahan bertransaksi kepada lebih dari 150.000 mitra usaha dan 3 juta lebih penggunanya.

Mitra usaha Doku berasal dari beragam bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar seperti Kredivo, JCB, BCA, Master Card, Visa, Lazada, KFC, dan lain-lain.

Salah satu fitur unggulan dari Doku adalah layanan pembayaran bervariasi. Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui invoice, link, website, dan lain-lain.

Payment gateway ini juga dapat diintegrasikan dengan platform ecommerce, seperti Magento, Woocommerce, Opencart, dan Shopify.

Simpulan

Di atas telah disebutkan sepuluh payment gateway terbaik di Indonesia yang dapat memudahkan transaksi bisnis ecommerce.

Lalu, apa payment gateway yang paling cocok sebagai sistem pembayaran bisnis Anda? Setiap orang pasti punya pendapat berbeda, tapi yang pasti payment gateway terbaik harus memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Proses instalasi mudah
  • Melayani banyak metode pembayaran
  • Keamanannya terjamin
  • Transaksi tidak terbatas
  • Prosesnya mudah dan cepat

Semoga ulasan di atas dapat membantu menentukan sistem pembayaran terbaik untuk bisnis Anda.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

Leave a Comment