Beranda Pemasaran Pasang Iklan di Google Ads, Masihkah Efektif untuk UKM

Pasang Iklan di Google Ads, Masihkah Efektif untuk UKM

Pasang Iklan di Google Ads

Program periklanan dari Google ads sudah sejak lama sangat diminati sebagai penarik pengujung ke halaman bisnis secara cepat. Tidak ada bisnis, layanan, usaha dan produk apapun yang kita cari di pencarian google yang tidak ada iklannya.  Mulai dari yang biasa seperti produk konsumtif sampai layanan yang tidak masuk akal sekalipun. Tak perlu kita bahas disini, silahkan cari sendiri. Pasang iklan google ads selain sosial media mungkin menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan untuk bisnis yang menyasar market online, terutama pada pencarian.

Melakukan SEO sepertinya bukan pilihan terbaik, apalagi kalau bukan karena proses yang lama, dan tidak juga murah. Apalagi bagi UKM yang baru memulai untuk menjangkau pasar di pencarian. Kalau lihat tahunnya ya sudah tergolong agak telat.

Opsi pasang iklan di google ads pun akhirnya menjadi solusi terbaik. Cepat katanya dapat pengunjung. Benarkah? Iklan Google ads seperti pedang bermata dua apalagi untuk UKM. Jika berbicara bisnis besar mereka pasti berani rugi dulu sebelum mendapatkan keuntungan.

Tentunya hal seperti ini akan dihindari bagi bisnis modal cekak. Ya walaupun google ads mengiming-imingi pengiklan dengan bonus voucher yang nilainya cukup menarik. Bisnis kecil ini punya ekspetasi yang sangat besar dari iklan google ads dan akhirnya tidak menghasilkan keuntungan. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Mari bahas lebih jauh.

Setup Google Ads Tidak Semudah yang Dibayangkan

Tentu saja ada fitur yang mempermudah bagi pengiklan pemula yang awam jika ingin pasang iklan di google ads. Bahkan saking mudahnya tidak perlu repot-repot untuk melakukan setup yang terlalu rumit. Ikuti panduan dan arahan di dalam dasbor, berikan kesempatan pada sistem untuk melakukan scaning halaman, tentukan pembayaran dan semua akan di handle otomatis. Tinggal tunggu datang penjualan.

Nah! ini dia kesalahan utamanya. Anda baru saja menyerahkan uang anda kepada google secara cuma-cuma. Jika semua semudah itu tentu saja bisnis kecil akan cepat berkembang. Nyatanya tidak, iklan anda mungkin akan muncul. Tapi kepada siapa, kapan dan dimana. Dan tahu-tahu anggaran habis tanpa anda merasa ada manfaatnya untuk bisnis anda.

Mungkin saja anda bisa mencari informasi lebih detail seperti tutorial yang cukup banyak ada. Atau sekalian ambil kursus dari google ads yang memang membahas tentang bagaimana mengoptimasi iklan sehingga dapat di jangkau oleh orang yang tepat.

Ya, mereka punya program belajar tersendiri bagaimana menggunakan Google ads. Anggap saja anda belajar sendiri, tapi berapa lama waktu yang bisa anda sisihkan yang akhirnya menyita waktu untuk mengurusi hal lainnya pada bisnis yang sedang dijalankan.

Fitur Terlalu Rumit, Bahkan Tumpang Tindih

Itu jika anda menggunakan google ads versi standar. Tapi kan ada google ads versi lite. Kembali pada point pertama, bagaimana tidak efektifnya menyerahkan kendali uang anda untuk pasang iklan di google ads secara otomatis.

Apalagi menggunakan versi lite, dimana anda hanya memiliki fitur yang terbatas bahkan tidak punya kendali sama sekali jika ingin melakukan perubahan. Atau anda baru sadar pada satu strategi bagus untuk mengatur iklan menjadi lebih baik. Sayangnya ketika menggunakan google ads lite, tidak bisa di ubah menjadi google ads standar. hmmm.. sepertinya google ads menyembunyikan sesuatu?

Saking banyaknya fitur yang bisa di gunakan di google ads terkadang setup satu dengan lainnya tumpang tindih yang membuat iklan tidak mau muncul. Pada satu set iklan anda menginginkan ditargetkan pada pencarian atau audience tertentu tapi set iklan lainnya tidak mengijinkan karena pengecualian kata kunci dan audience.

Untuk membantu anda, biasanya di dalam dasbor juga disediakan informasi tentang apa yang salah sehingga anda merasa cukup terbantu. Tapi terkadang informasinya suka tidak jelas. Walaupun begitu, dukungan layanan telepon dari google ads bisa dibilang sangat amat baik. Jadi anda bisa meminta bantuan mereka untuk membantu memecahkan masalah.

Masalah seperti ini tentu tidak akan ditemukan para pebisnis atau perusahaan yang memiliki budget besar.  Mereka bisa menggunakan layanan agency atau bahkan memiliki divisi tersendiri untuk mengurusi iklan mereka di bidang digital.

Tingkat Kompetisi Tinggi dan Kompetitor Nakal

Untuk pengiklan pemula kadang-kadang dibuat kaget dengan biaya iklan yang terlalu mahal per kliknya. Apalagi sebelumnya tidak melakukan riset terlebih dahulu tentang biaya per klik. Saya kasi tahu rahasianya. Makin mudah bisnis itu contohnya jasa, layanan atau produk yang tidak perlu banyak mikir atau tenaga dan punya potensi keuntungan besar. Maka makin besar kemungkinan biaya per klik untuk kata kunci atau audience tersebut.

Solusinya jika anda ngotot bersaing pada pangsa pasar itu carilah kata kunci dan target audience yang paling kecil biaya per kliknya. Manfaatkan fitur remarketing, jangan sia-siakan setiap klik iklan yang anda bayarkan, perbaiki landing page sehingga pengunjung yang datang dari klik iklan google ads dapat menemukan apa yang mereka cari.

Untuk kompetitor nakal, bukan rahasia umum lagi bahkan dikalangan bisnis usaha kecil menengah sangat tidak kondusif. Contohnya mereka melakukan cara curang seperti meng klik berkali-kali untuk menyingkirkan kompetitor mereka di pencarian iklan google.

Tapi google ads sudah sadar keberadaan mereka dimana invalid click tidak akan dikenakan biaya walaupun ada beberapa yang lolos. Tentu ini tetap menjadi hal yang merugikan bagi pengiklan. Solusinya saat ini yang gratis ya dengan melakukan blocking IP pada click yang mencurigakan walaupun fitur ini sangat sulit di aplikasikan mengikan google ads tidak menampilkan IP dari aktivitas click.

Begitu pula dengan Analytics. Cara lainnya yang berbayar tentu menggunakan layanan pihak ketiga. Tapi opsi ini sepertinya terlalu berat mengingat kita berbicara pada anggaran yang terbatas.

Solusi? Gunakan Jasa Iklan Google Ads

Anda mungkin akan membayar lebih dari anggaran iklan yang ingin digunakan sebagai fee jasa. Tapi setidaknya mereka tahu apa yang dilakukan.

Menggunakan jasa iklan google ads bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Sehingga anda bisa melakukan hal lain yang bisa dilakukan.

Semua optimasi iklan sampai dengan masukkan yang baik seperti bagaimana mengoptimalkan landing page. Sehingga setiap click yang masuk bisa dimanfaatkan secara baik. Karena untuk pengiklan pemula, solusi paling cepat menjangkau pencarian dan audience secara tepat setidaknya lebih baik dari mencoba sendiri.

7 KOMENTAR

  1. saya sampai sekarang masih ngiklan di google ads, kalo dibilang murah nggak juga, tetep gimana settingannya gan

  2. Dulu pernah pasang tapi mungkin belum rejeki sebab kurang efektif. tapi tetep bakal nyoba lagi..

  3. Dulu pernah nyoba pasang, Tapi kok menurutku kurang efektif ya, pengunjung masih sedikit.

  4. Bagimana pendapat agan kalau blog baru lalu memcari popularitas melalui google ads?
    Artinya, blog baru tsb mencari audiens terlebih dahulu…

  5. kesalahan umum pemula memang ada pada optimasi dan kurangnya pemahaman waktu penayangan. tapi tetap saja intinya kalau untuk memenangkan persaingan iklan di suatu keyword harus jor-joran. saya ambli contoh kata kunci kursi kantor dimana persaingan di sana sangat ketat. hampir setiap hari saya melihat iklan teratasnya berubah-ubah.
    meskipun bukan transactional keyword, hampir 3 halaman pertamanya dipenuhi website toko online furniture. padahal sebagai pembaca ketika memasukkan kueri “kursi kantor” harapannya bisa jadi mencari informasi tentang kursi kantor seperti jenis-jenis, cara merawat, tips memilih, dll.
    menyerahkan ke jasa agensi iklan udah paling tepat dah.

  6. Dulu pernah nyoba pasang iklan di GA, sekarang katanya lebih murah bener gk sih?

Tinggalkan Balasan