11 Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp

Advertisement - Scroll to Continue

Pernahkah kamu mengalami masalah tidak bisa melakukan panggilan pada aplikasi Whatsapp ketika ingin menelpon mungkin teman, saudara atau rekan bisnis anda. Tidak bisa disini bukan karena orang yang telepon Anda tidak dalam kondisi online melainkan ada permasalahan yang mungkin terjadi pada aplikasi atau ponsel Anda yang digunakan saat ini.

Jadi Anda mau menelepon siapa pun dikontak Whatsapp Anda pada saat ini tidak bisa atau bermasalah dengan berbagai alasan yang ada. Tentunya ini mengganggu dan akan menggagalkan kita karena bisa jadi kita membutuhkan telepon untuk komunikasi yang penting saat ini.

Untuk mengatas permasalahan tidak bisa melalukan panggilan pada whatsapp anda, kita harus tahu dulu permasalahannya dan mencoba berbagai cara yang bisa dilakukan. Pada kali ini kami akan membahas solusi untuk mengatasi permasalahan whatsapp anda yang tidak bisa melakukan panggilan ke orang lain, langsung saja simak artikelnya.

Mengatasi Masalah Saat Melakukan Panggilan WhatsApp

Setidaknya ada beberapa hal yang harus anda pastikan dan lakukan untuk bisa memperbaiki masalah tidak bisa melakukan panggilan pada whatsapp anda saat ini.

1. Pastikan Jaringan Internet Anda Tersedia

Terkadang kita tidak menyadari bahwa jika jaringan internet smartphone yang kita gunakan sedang bermasalah baik anda yang menggunakan jaringan seluler ataupun jaringan Wi-Fi. Bisa jadi tidak ada indikator ! pada wifi jadi anda tidak mengetahui bahwa jaringan internet anda sedang tidak ada internet, untuk selulur mungkin bisa jadi indikator jaringan normal LTE tapi koneksi internet sedang bermasalah.

Untuk memastikannya anda dapat mengakses aplikasi lain seperti membuka browser untuk mencoba mengakses situs web tertentu untuk memastikan bahwa jaringan internet ponsel anda baik-baik saja dan dapat digunakan untuk menelpon di wa.

Lalu sekarang bagaimana jika permasalahnnya ada pada jaringan wi-fi yang anda gunakan? apa yang harus kamu lakukan?

Memperbaiki Jaringan Wifi yang Tdak Ada Koneksi

Sambungkan Ulang Wifi Pada Smartphone Anda

Anda bisa mencoba menyambungkan ulang jaringan Wi-Fi yang sekarang ini sedang terhubung ke ponsel Anda. Cukup masuk menu Wi-Fi pada ponsel Anda bisa mematikan Wi-Fi lalu menyalakan ulang agar smartphone Anda merestart koneksinya.

Mulai ulang Router Wi-FI

Jika Anda sudah mencoba menyambungkan kembali wifi di ponsel Anda dan tetap tidak bisa, Anda bisa mencoba untuk merestart router wifi yang Anda gunakan. Cukup matikan router, tunggu sebentar sekitar 30 detik dan coba nyalakan kembali router wifi anda.

Cara ini cukup terdengar sederhana tapi ini merupakan solusi pertama yang biasa diberikan penyedia internet kepada konsumen jika jaringan wifi komplen Anda dirumah dan bermasalah.

Kontak Penyedia ISP Wi-Fi Anda

Jika sudah anda restart tapi koneksi internet wi-fi anda tetap tidak tersedia masih bermasalah anda bisa menyerahkan permasalahan ini ke jaringan ISP anda berlangganan, bisa jadi memang sedang ada masalah jaringan karena perbaikan atau jika tidak ada masalah jaringan dari pusat bisa jadi masalah ada dijaringan wifi rumah anda atau lingkungan anda, dengan menghubungi pihak ISP bisa dengan cepat untuk memperbaiki anda bisa segera terhubung ke internet untuk melanjutkan telpon Whatsapp anda.

memperbaiki jaringan seluluer yang bermasalah

Periksa Kuota dan Paket Internet yang Anda Gunakan

Jika Anda pengguna data seluler mungkin bisa jadi permasalahan Anda sederhana saja mungkin saja kuota atau masa aktif paket internet Anda sudah habis. Karena terkadang tidak ada notifikasi bahwa kuota ataupun masa aktif paket internet yang kita gunakan habis, tidak ada tanda-tanda seperti tidak ada indikator no internet access.

Karena bisa jadi anda masih punya kuota tapi mungkin kuota malam, kuota aplikasi ataupun kuota lokal yang pada saat ini tidak bisa anda gunakan untuk menelpon pada aplikasi whatsapp. Untuk lebih validnya anda bisa cek kuota anda bisa melalui dial ataupun aplikasi kartu sim yang anda gunakan.

Mulai ulang Jaringan SIM Anda

Kuota internet masih ada dan masih aktif tapi tetap koneksi internet data seluler anda bermasalah cara ini bisa anda coba untuk perbaikan yaitu merestart jaringan seluler anda dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) untuk menghidupkan jaringan seluler sebentar tunggu sampai 30 detik lalu matikan kembali Mode Pesawat agar jaringan baru muncul. Dengan cara ponsel ini Anda bisa mendapatkan jaringan yang mungkin lebih baik dari sebelumnya.

Itu cara yang bisa Anda lakukan jika permasalahan dari Anda tidak bisa melakukan panggilan whatsapp karena jaringan internet yang Anda gunakan baik wifi ataupun seluler, sekarang bagaimana jika permasalahannya ada di ponsel Anda? caranya dibawah ini bisa anda coba.

2. Matikan Fitur Penghemat Baterai, Penghemat Data dan Bluetooth

Fitur penghemat baterai dan penghemat data yang mungkin ada pada smartphone kalian bisa jadi masalah terkait jaringan internet anda saat ini, inilah yang menyebabkan anda tidak bisa atau mengalami permasalahan saat melakukan panggilan pada aplikasi Whatsapp.

Fitur kedua ini memang tujuannya baik yaitu untuk mengoptimalkan penggunaan daya dan kuota internet, namun terkadang eksekusinya masih jauh dari sempurna mungkin ada bug dari programnya,dsb. Saran saya anda bisa mencoba menonaktifkannya bisa jadi ini jadi akar permasalahannya.

Selain itu fitur bluetooth bisa juga jadi masalah, saya sendiri mengalami ketika saya mengaktifkan fitur bluetooth tiba-tiba saja jaringan menjadi lambat dan koneksi internet sering berpindah sendiri ke jaringan edge. Selain itu untuk Anda yang pengguna jarinagn sinyal wifi dari bluetooth ini bisa mengganggu jaringan wifi Anda gunkana, karena keduanya merupakan koneksi yang berbasis radio. Jadi ada risiko terjadinya sinyal yang membuat kualitas sinyal terganggu.

3. Perikasi Ijin Audio, Kamera dan Mikropon Aplikasi Whatsapp

Aplikasi whatsapp memerlukan beberapa ijin akses yang diperlukan ketika ingin melakukan panggilan telepon. Sebenarnya semua akses ijin yang dibutuhkan aplikasi WA sudah akan dimintai saat pertama kali Anda menggunakannya. Namun bisa jadi terjadi masalah sehingga akses penting yang dibutuhkan terutama untuk telepon/video call seperti ijin akses audio, kamera dan mikropon belum diberikan.

Tentunya untuk bisa melakukan panggilan anda harus memberikan ijin aplikasi, berikut cara mengaktifkan ijin tersebut.

Berikut cara mengaktifkan ijin tersebut:

  • Buka Pengaturan di Android kamu.
  • Masuk ke menu Aplikasi > cari WhatsApp lalu buka.
  • Pilih menu Izin .
  • Aktifkan izin yang diperlukan, seperti Mikrofon, Kontak, Kamera, Penyimpanan.

4. Melalukan Update Whatsapp (jika tersedia)

Bukan tidak mungkin versi aplikasi Whatsapp yang Anda gunakan saat ini sudah kadarluarsa karena Anda mungkin lupa melakukan update aplikasi bisa jadi karena Anda tidak mengaktifkan pengaturan update aplikasi secara otomats.

Jadi mau tidak mau anda harus melakukan update Whatsapp secara manual dengan cara membuka aplikasi store Google Play Store (android) atau App Store (iOS).

Karena namanya sebuah aplikasi tidak terlepas dari yang namanya bug dan error yang bisa terjadi untuk itu developer aplikasi melakukan update pada aplikasi mereka dan kita memasang sebaiknya se-segera mungkin untuk melakukan update agar tidak muncul permasalahan yang bisa terjadi. Bisa jadi kan permasalahan anda tidak bisa melakukan panggilan pada Whatsapp karena bug jadi solusinya segera update untuk mendapatkan perbaikan.

5. Mengirimkan Nomor yang Anda Hubungi Tidak Memblokir Anda

Ketika nomor whatsapp Anda diblokir maka seseorang tidak bisa melakukan kontak apapun ke mereka baik chat maupun telepon. Bisa jadi jika semua cara diatas tidak bisa anda juga harus memastikan nomor anda tidak diblokir oleh orang yang ingin telepon anda.

Cara memastikannya cukup mudah anda bisa coba chat apakah centang 1? jika ya. Lanjutkan cek foto profil jika kosong atau tidak terlihat. Anda bisa memeriksa juga apakah nomor Anda hubungi ada status yang bisa Anda lihat atau dalam kondisi online. Jika semua itu tidak ada, maka kemungkinan besar nomor Anda diblokir.

6. Pastikan Tanggal dan Waktu Ponsel Anda Sesuai

Pengaturan waktu baik tanggal dan jam yang tidak sesuai akan membuat masalah pada koneksi internet dan juga aplikasi yang sedang ada gunakan saat ini. Memang hal ini jarang terjadi karena kebanyakan ponsel jaman sekarang secara default sudah menggunakan tanggal dan waktu otomatis.

Anda bisa cek dulu dismartphone anda gunakan saat ini apakah tanggal dan waktu (jam, menit) sesuai. Untuk simpelnya bisa masuk ke pengaturan waktu pada ponsel Anda. dan ubah untuk menggunakan tanggal dan waktu otomatis.

Berikut cara membuat pengaturan tersebut:

  • Buka Pengaturan di ponsel.
  • Buka menu Manajemen Umum .
  • Pilih Tanggal dan Waktu .
  • Aktifkan Tanggal dan Waktu Otomatis.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp

7. Hapus Cache Aplikasi Whatsapp

Menghapus cache pada aplikasi whatsapp bisa jadi solusi untuk memperbaiki masalah kinerja ataupun masalah lainnya yang mungkin muncul dan ini mungkin saja bisa memperbaiki permasalah WA anda yang tidak bisa melakukan panggilan.

Cache ini berisi data sementara yang disimpan aplikasi, cache ini seiring waktu sering bertambah dan membuat kinerja aplikasi jadi lambat dan timbul berbagai masalah. Menghapus cache aplikasi whatsapp tidak akan menghilangkan data-data chat anda sebelumnya.

Berikut cara mudah menghapus cache aplikasi WhatsApp:

  • Buka Pengaturan ponsel cerdas.
  • Buka menu Aplikasi .
  • Cari dan buka aplikasi WhatsApp di sana.
  • Buka menu Penyimpanan .
  • Lalu ketuk Hapus Memori .

Perhatian, jangan menekan Hapus Data WhatsApp karena ini bisa membuat aplikasi tersebut dalam keadaan baru dan data percakapan kamu hilang. Jika ingin menghapus data, pastikan melakukan backup terlebih dahulu.

Ada apa

8. Mulai ulang Perangkat Smartphone Anda

Anda bisa mencoba me-restart ponsel Anda saat ini, ini bisa menjadi solusi sederhana untuk mengatasinya.

10. Copot dan Instal Kembali Whatsapp

Jika semua cara diatas sudah anda coba dan masih belum mengatasi permasalah tidak bisa melakukan panggilan maka anda bisa mencoba untuk unistall aplikasi whatsapp dan menginstallnya kembali. Pastikan juga anda sudah melakukan backup whatsapp sebelum melakukannya.

11. Reset Ponsel

Jalan terakhir yang sebenarnya tidak saya rekomendasikan adalah reset ponsel atau kembali ke pengaturan pabrik. Ini bisa anda lakukan jika dari 10 cara diatas tidak mengatasi permasalahan whatsapp anda yang tidak bisa melakukan panggilan.

Ini cukup merepotkan karena anda harus kehilangan data dan aplikasi anda, jadi jangan lakukan jika tidak terpepet karena semua cara diatas tidak bisa mengatasinya. Pastikan juga anda sudah melakukan backup untuk data-data penting anda saat ini sebelum melakukan reset pada ponsel anda.

Jika anda sudah yakin untuk melalukannya berikut cara untuk reset pengaturan pabrik untuk ponsel android.

https://www.youtube.com/watch?v=Ak_s1kjsFrI&t=66s

Simpulan

Permasalahan whatsapp yang tidak bisa melakukan panggilan memang merepotkan apalagi jika hal ini terjadi tiba-tiba disaat kita ingin se-segera mungkin melakukan panggilan, 11 cara diatas bisa anda coba 1-1 dari poin 1 hingga jalan terakhir langkah ke 11 yaitu reset pabrik ponsel anda .

Jika ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan bisa drop komentar dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Advertisement
Jonathan

Jonathan adalah content writer di Maxmanroe.com. Menyukai topik media sosial dan internet, memiliki prinsip bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang belum saatnya.

4 thoughts on “11 Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp”

  1. Saya juga pernah mengalami masalah ini sebelumnya, tapi setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp, terima kasih untuk sharing ilmu, sangat membantu!

    Reply
  2. Asalnya saya juga pernah mengalami masalah tidak bisa melakukan panggilan WA, ternyata karena sometime internet sulit dan akhirnya saya bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan tweak di Setting WA, dan artikel ini sangat membantu saya dalam mengatasi masalah tersebut, terima kasih!

    Reply

Leave a Comment