Beranda Social Media Panduan WhatsApp from Home, Menjaga Komunikasi Lancar Selagi #BekerjaDiRumah

Panduan WhatsApp from Home, Menjaga Komunikasi Lancar Selagi #BekerjaDiRumah

Panduan WhatsApp from Home

Sebagian besar masyarakat Indonesia telah menjalankan aktivitas #BekerjaDiRumah selama pandemi COVID-19, mungkin Anda juga termasuk salah satunya.

Perubahan pola kerja masyarakat juga mengubah cara kita dalam berkomunikasi. Ya tentu saja, sejak diberlakukannya aturan #BekerjaDiRumah, mereka yang dulunya sering bertemu secara langsung, sekarang harus terbiasa berkomunikasi dengan email, telepon, dan aplikasi chatting.

Perubahan situasi saat ini membuat semakin banyak masyarakat Indonesia mengandalkan aplikasi chatting untuk menghapus jarak dengan rekan kerja, keluarga, sahabat, dan orang lainnya.

Dan WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk membangun kedekatan antar sesama, baik itu untuk memberikan dukungan, berkolaborasi, dan tetap terhubung, sehingga hubungan pribadi dan profesional tetap terjaga dengan baik.

Berdasarkan survei dari Buffer, sebuah agensi pengembangan brand online, masyarakat secara umum mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi ketika bekerja dari rumah (remote workers).

Tidak seperti para blogger, freelancer, dan profesi lain yang sudah terbiasa #BekerjaDiRumah, sebagian besar orang yang baru mengenal konsep #WorkingFromHome (WHF) mengalami kesulitan, jenuh, dan terbebani dalam kegiatan bekerja di rumah.

Panduan WhatsApp from Home

Menurut Kantar, sebuah perusahaan riset pasar, menyebutkan bahwa selama pandemi COVID-19 ini pengguna WhatsApp mengalami peningkatan sebanyak 40% dengan pengguna berusia 18-34 tahun.

Nah, agar kegiatan berkomunikasi di WhatsApp menjadi lebih efektif, berikut ini adalah panduan sederhana dalam menggunakan WhatsApp dengan lancar selama periode #BekerjaDiRumah:

1. Menandai Pesan Dengan Fitur Bintang

Setelah mengikuti aturan bekerja dari rumah, dapat dipastikan bahwa sebagian besar koordinasi mengenai pekerjaan akan dilakukan dengan aplikasi WhatsApp dan kemungkinan besar Anda akan tergabung dalam group WhatsApp baru.

Ini akan membuat notifikasi dari WhatsApp akan semakin banyak yang mungkin menutupi pesan-pesan yang lebih penting. Jangan khawatir, Anda bisa menyiasati masalah ini.

WhatsApp memiliki fitur khusus dimana kita bisa menandai pesan-pesan penting yang kita kirim ke group maupun di ruang chat. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menemukan percakapan penting tersebut di kemudian hari.

Caranya sangat mudah:

Ketuk dan tahan pesan yang akan Anda berikan bintang, lalu ketuk Bintang. Sesederhana itu saja.

Anda bisa menemukan pesan-pesan yang diberikan bintang tersebut dengan cara:

Ketuk “Opsi lainnya” yang berbentuk tiga titik pada bagian kanan layar ponsel Anda, lalu ketuk Pesan Berbintang.

Lalu, bagaimana jika kita lupa memberikan bintang pada dokumen, tautan, atau file media dari bulan-bulan sebelumnya?

Tidak perlu khawatir karena WhatsApp memiliki bagian khusus untuk semua file media, tautan, dan dokumen di setiap ruang chat. Anda dapat menemukan file yang diperlukan di bagian tersebut dan ketuk bintang.

Panduan WhatsApp from Home fitur Bintang

 

2. Menyesuaikan Notifikasi

Mungkin Anda sering menerima banyak notifikasi pesan dari group-group yang tidak penting saat Anda melakukan percakapan penting atau video call di WhatsApp. Tentu hal ini sangat mengganggu konsentrasi dan bisa merusak mood seseorang.

Anda bisa menyesuaikan notifikasi di WhatsApp sehingga mengetahui notifikasi pesan yang berasal dari bos, kolega, atau dari group kantor Anda.

Caranya sangat mudah:

Buka chat yang ingin disesuaikan notifikasinya, lalu ketuk nama chat individual atau group di WhatsApp. Selanjutnya, ketuk Notifikasi Khusus lalu centang Gunakan notifikasi khusus.

Anda juga bisa membisukan notifikasi dari orang atau group tertentu jika tidak ingin mendapatkan notifikasi dari mereka.

Buka chat individual atau group, ketuk nama chat individual atau group tersebut, lalu ketuk Bisukan notifikasi. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membisukan notifikasi, lalu ketuk OK.

Menyesuaikan Notifikasi

3. Menyematkan Chat

Percakapan yang intens di WhatsApp dengan banyak orang dan beberapa group chat lainnya membuat konsentrasi kita sering terganggu. Anda harus menentukan prioritas dalam percakapan, terutama bila masalah pekerjaan membutuhkan respon cepat.

WhatsApp memiliki fitur “Sematkan Chat” yang memungkinkan Anda untuk menyematkan group atau seseorang pada bagian atas daftar cat. Dengan fitur ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan percakapan dengan seseorang atau group kerja diantara tumpukan chat-chat lainnya.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah:

  • Untuk pengguna Android, ketuk dan tahan pada chat yang ingin Anda sematkan. Lalu, ketuk Sematkan Chat.
  • Untuk pengguna iPhone, gesek ke kanan chat yang ingin disematkan. Lalu, ketuk Sematkan.

Menyematkan Chat

4. Mengirimkan Dokumen

Mengirimkan sebuah dokumen pekerjaan kepada rekan kerja akan terasa lebih nyaman ketika Anda berdekatan dengan rekan kerja di kantor. Namun, berbagi file secara online seringkali bisa menjadi sesuatu yang menegangkan karena meragukan keamanannya.

Nah, pada masa pandemi COVID-19 ini Anda bisa mengirimkan dokumen pekerjaan melalui WhatsApp tanpa harus merasa khawatir dengan keamanannya. Pasalnya, semua pesan di WhatsApp dienkripsi secara end-to-end, sehingga pesan chat, dokumen, foto, video, dan panggilan Anda tidak akan jatuh ke tangan yang salah.

Dengan kata lain, hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang bisa melihat pesan yang telah dikirim, tidak ada orang lain, bahkan WhatsApp sendiri.

Panduan WhatsApp from Home label Bintang

Istirahat Sejenak dan Sapalah Kerabat Anda

Pada akhirnya, semua orang akan butuh istirahat. Ketika beristirahat dari pekerjaan, cobalah menghubungi orang-orang terdekat untuk saling sapa dan meringankan beban pikiran.

Anda juga bisa melakukan panggilan group hingga total empat orang melalui WhatsApp. Cara untuk melakuannya sangat mudah:

  • Buka chat dengan salah satu kontak yang ingin dihubungi dengan panggilan suara, lalu ketuk Panggilan Suara.
  • Setelah kontak tersebut menerima panggilan, ketuk Tambah Peserta.
  • Kemudian, pilih kontak lainnya yang ingin Anda tambahkan dalam percakapan, hingga maksimal empat orang.

Saat ini merupakan masa-masa yang sulit bagi semua orang, tidak terkecuali. Untuk itu, mari kita sukseskan periode #KerjaDiRuma bersama-sama agar menekan penyebaran COVID-19.

Tidak perlu terlalu khawatir dan panik dengan keadaan saat ini, kita masih bisa berkomunikasi dengan orang lain menggunakan WhatsApp dan berbagai media lainnya.

Semoga panduan sederhana di atas dapat membantu Anda bekerja di rumah secara efektif, dan semoga masa-masa sulit ini segera berlalu.

Baca juga:

2 KOMENTAR

  1. Dengan adanya covid ini kita jadi semakin lebih modern bisa sampe bekerja di rumah, saya juga pengguna wahtasapp yang aktive, dengan tips di atas bisa membantu saya menjadi lebih produktive.

Tinggalkan Balasan