5+ Niche Blog Potensial yang Akan Selalu Ramai Pengunjungnya

5+ Niche Blog Potensial yang Akan Selalu Ramai Pengunjungnya

Niche Blog Potensial
Image dari launchsnap.com

Niche Blog Potensial – Menjalani aktivitas blog alias #blogging bagi seorang yang mencintai dan menyukainya memang akan menjadi hal yang menyenangkan. Dengan beragam aktivitas yang bisa dijalani di dalamnya dari menulis kisah, berkomentar, blogwalking atau berteman dengan sesama blogger tentu akan menciptakan pengalaman sendiri bagi para blogger.

Namun sayangnya tak semua blogger bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan menggembirakan saat menjalankan aktivitas blogging. Hal ini dikarenakan ada kalanya blog yang kita kelola sepi pengunjung hingga menyebabkan kita malas untuk meneruskan atau melanjutkan kegiatan blogging.

Memilih Niche Blog Potensial yang Banyak Digemari

Banyaknya blog yang bermunculan memang akan membuat pasar (dalam hal ini netizen) akan melakukan penilaian dan seleksi secara tidak langsung. Hasilnya, bagi blog yang disukai netizen, blog tersebut akan selalu ramai dikunjungi, namun jika blog yang dituju kurang menarik, maka blog ini bisa sepi ditinggal pengunjung.

Salah satu sebab yang membuat blog menjadi sepi pengunjung ini adalah rubrik atau kategori dalam blog yang kita kelola tidak memiliki nilai jual pasar. Blog sebagai media online memang tak akan pernah luput dari perhatian pasar.

Maka untuk membuat blog menjadi ramai, blogger juga harus tahu niche blog potensial yang paling laku dan disukai oleh pembaca. Tak peduli jenis blog yang Anda pilih apakah itu niche blog atau personal blog, dengan mencantumkan rubrik-rubrik berikut ini maka Anda berpeluang menarik para pembaca.

Artikel lain: 6 Tips Membuat Konten Blog yang Ramai Dikunjungi Banyak Visitor

1. Niche Blog Bisnis atau Entrepreneur

Niche blog potensial pertama yang paling laku dan disukai pembaca adalah bisnis atau entrepreneur. Tema bisnis memang tema yang selalu menarik dan menggugah siapa saja, tak terkecuali para netizen. Banyaknya orang yang ingin berbisnis, membuat rubrik ini selalu dikejar dan dicari oleh netizen para netizen guna memperoleh informasi yang bisa mereka ambil untuk dipraktekkan.

Maka jika Anda blogger yang memiliki pengalaman atau ketertarikan di bidang bisnis, Anda bisa mulai menghiasi blog Anda dengan rubrik-rubrik yang bertema tentang bisnis dan entrepreneurship.

2. Niche Blog Traveling/ Backpacker

Dunia traveling saat ini memang menjadi sangat seksi untuk semua kalangan. Tak ayal jika peminatnya selalu bertambah setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan semakin intens-nya kegiatan traveling oleh para pecintanya.

Di dunia maya, terkhusus blogging, traveling juga menjadi rubrik yang populer yang seringkali dibanjiri para netizen. Untuk Anda yang juga seorang traveling dan menyauki kegiatan outdoor ini, Anda bisa membuat rubrik ini di blog Anda dengan cerita yang jelas dengan dukungan gambar atau video perjalanan.

3. Niche Blog Kuliner

Dalam dunia blog, kini sudah muncul istilah food blogger. Inilah bukti yang menjadikan rubrik kuliner sedang diincar para netizen. Saat membuat rubrik ini, Anda memiliki dua pilihan yaitu membagikan dan memposting konten berisi resep masakan milik sendiri atau mereportase hasil wisata kuliner di beberapa tempat. Kalau mau dua-duanya itu lebih baik.

Dengan keahlian Anda meracik dan mereportase berbagai jenis bahan dan olahan makanan atau minuman ini, maka para para penggemar kuliner yang semakin waktu terus bertambah banyak jumlahnya ini akan membuat blog Anda tak sepi lagi.

4. Niche Blog Artwork

Artwork atau gambar seni atau ilustrasi desain adala rubrik blog yang banyak disukai netizen terutama kaum muda. Nilai seni dan kreativitas yang tinggi diduga menjadi sebab mengapa rubrik artwork banyak disukai pengunjung blog. Namun untuk tetap mendapatkan banyak pengunjung, rubrik ini harus selalu diupdate secara rutin dan berkala.

Akan lebih baik jika Anda mampu menyajikan tutorial dan proses atau tahapan pembuatan pada setiap artwork yang akan diposting. Dengan adanya tutorial dan tahapan proses pengerjaan artwork, pengunjung akan semakin suka dan senang.

5. Niche Blog Fashion

Niche blog potensial yang satu ini sudah terbukti mendatangkan banyak trafik. Salah satu topik blog yang juga paling laku dan disukai oleh pembaca adalah fashion. Dunia fashion yang juga sangat menggeliat juga akan menggiring banyak pembaca menuju sebuah blog yang menyediakan banyak informasi tentangnya.

Perkembangan dan pertumbuhan fashion ini seharusnya bisa Anda manfaatkan sedemikian rupa dengan membuat rubrik ini di blog Anda guna menarik banyak pengunjung blog.

6. Niche Blog Teknologi

Niche blog potensial berikutnya adalah kategori teknologi. Sebenarnya ada banyak sekali sub kategori di niche Teknologi ini, mulai dari topik komputer, internet, gadgetery, dan berbagai topik lainnya.

Walupun niche ini sangat luas, tentu saja Anda bisa memilih salah satu topik yang paling sesuai dengan bidang dan minat. Misalnya Anda menyukai dan punya kemampuan di topik komputer, maka Anda bisa membuat blog yang membahas seputar topik ini secara mendalam.

7. Niche Blog Religius

Mengangkat topik tentang Agama memang bukan hal yang mudah, dan tanggungjawab moralnya sangat besar. Namun, niche blog potensial ini terbukti mendatangkan trafik yang sangat besar kepada sebuah blog atau website.

Bila selama ini kita melihat ada banyak blog yang mengangkat topik tentang Agama tertentu, maka dapat dipastikan bahwa blog tersebut cukup ramai visitornya. Tentu saja konten yang berkualitas adalah kunci utama dari keberhasilan blog religius.

Sayangnya, niche blog religius seringkali dimanfaatkan hanya untuk mendulang uang dari konten provokatif dan hoax. Kita tahu bahwa di Indonesia masih banyak pengguna internet yang mudah terbawa emosi saat membaca sebuah artikel, padahal belum tentu isinya benar. Inilah yang dimanfaatkan oleh para pencari uang di internet.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

8. Niche Blog News/ Berita

Niche blog yang ramai pengunjung dinobatkan pada blog news atau berita terkini. Walaupun situs-situs besar seringkali mendominasi hasil pencarian di Google, namun tetap saja niche blog news mendapat porsi trafik yang cukup besar.

Biasanya para pemain di niche ini mengoptimasi blog mereka dari sisi judul dan image sehingga menjadi lebih unik dan membuat penasaran para pembaca. Kegiatan promosi yang dilakukan biasanya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google plus.

Sama Halnya dengan blog niche religi, beberapa blog niche news ini seringkali menggunakan cara-cara yang tidak etis dalam mencari trafik. Membuat judul yang provokatif dan juga gambar yang membuat penasaran adalah hal yang biasa dilakukan. Dan seringkali isi beritanya adalah hoax demi untuk mendapatkan uang.

9. Niche Blog Kesehatan

Niche blog yang satu ini cukup banyak referensinya di internet. Namun, tentu saja bukan sesuatu yang mudah untuk membangun dari awal blog dengan niche kesehatan.

Saat ini sudah ada banyak sekali pemain di niche ini, bahkan sudah ada beberapa situs authority di niche ini di Google. Namun, tentu saja niche yang potensinya besar akan membuat persaingan semakin besar. Tinggal bagaimana kita mengoptimasi blog di niche kesehatan agar mendapat trafik.

PENUTUP

Di atas tadi adalah beberapa niche blog potensial yang bisa Anda pilih dan terapkan pada blog yang akan Anda kembangkan. Pilihlah niche blog yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan blog Anda ke depannya.

48 KOMENTAR

  1. apa ada pengaruh antara special niche dan niche gado2 di serp google? trims

  2. bagaimana dengan blog yang memberikan akses download sebuah file dokumen seperti skripsi, ptk, danmakalah dll?

  3. Gan, kalau niche teknologi masih ada campurannya dengan dunia blog/internet(informasi kuota smartphone) gak?

    Atau kalau di gabung tekno+blog atau tekno+internet jadi blog gado2?

  4. Terimakasih untuk informasinya mengenai blog yang cepat untuk mejadi di halaman pertama. Dapat menjadikan refrensi bagi blogger pemula seperti saya

  5. Gilee,kalau gini ceritanya langsung coba semua niche sekaligus wkwkw. Soalnya susah juga nyari potensi dan passion sendiri.

  6. mas untuk niche news berita apakah sama dengan gado gado , kan campur campur tuh kategorinya haha

    • Ya sama saja. Blog gado-gado bukannya tidak berpotensi, tapi mengerjakannya sangat sulit karena membahas banyak topik sekaligus. Beda dengan website berita yang punya banyak karyawan

  7. terimakasih banyak mas ilmunya sangat bermanfaat sekali terutama bagi saya yang pemula dalam hal blog, saya juga lagi mencoba untuk membuat blog niche semoga membuahkan hasil.

  8. Niche Teknologi ga masuk ya?
    teknologi juga sebenernya luas .. hehe ..

    smgnat isi konten aja dlu ya :)

  9. nomor 2 & 3 sepertinya ada sedikit hubungannya dengan tema website saya, wah patut di coba nih harus sering2 bikin artikel kedepannya, thx

  10. Mana Yng lebih baik dalam satu blok ada 5 rubrik seperti di artikel or fokus satu saja?

  11. untuk 100 artikel kira-kira bisa dapat berapa visitor bang…??

  12. Beruntung sekali saya membaca artikel ini. Sangat menginspirasi dan saya tinggal melanjutkan untuk blog saya … terima kasih mas

  13. Untuk rubrik gado-gado dimata visitors gmn mas?

    • Menurut saya, ga ada ukuran yang pasti apakah visitor suka blog gado-gado atau tidak. Tapi blog gado-gado pun sebenarnya bisa kita atur sedemikian rupa agar terlihat lebih rapih. Kerapihan tentu menjadi salah satu alasan visitor mau kembali lagi ke blog gado-gado tersebut.

      • Rubrik sama niche sama aja ternyata :v

  14. Jadi boleh berupa rubrik saja ya? Kira-kira ada jenis rubrik yg cocok untuk web saya ga ya? :D

Tinggalkan Balasan