Nezatullah Ramadhan ~ Sukses Berbisnis Kreatif, Lewat Bantuan Tangan Anak Jalanan

Nezatullah Ramadhan

Image dari Rumahukm.com

Inspirasi untuk memulai usaha bisa datang dari mana saja. Hal tersebut tentu diamini oleh mayoritas pengusaha yang saat ini telah berhasil merengkuh nikmatnya kesuksesan. Untuk bisa mendapatkan inspirasi tersebut, tak jarang pula kita harus lebih membuka mata hati untuk melihat kondisi di sekeliling kita.

Seperti yang dilakukan oleh pengusaha muda bernama Nezatullah Ramadhan, yang saat ini sukses mengembangkan bisnis kreatif berbasis lingkungan, dengan nama Nara Kreatif. Yang lebih inspiratif lagi, nyatanya Ia juga menggandeng sejumlah anak jalanan untuk turut berpartisipasi mengembangkan usaha tersebut. Jadilah selain berupaya untuk mendatangkan profit, usaha yang dirintis Nezatullah Ramadhan tersebut tentu mempunyai dampak sosial yang luar biasa positif.

Selengkapnya tentang bisnis Nara Kreatif besutan Nezatullah Ramadhan, bisa rekan-rekan simak pada artikel berikut ini.

Bermula Dari Tujuan Sosial

Sebelum mengembangkan Nara Kreatif, Nezatullah Ramadhan merasakan keprihatinan yang mendalam terhadap kondisi banyaknya anak jalanan di kawasan ibukota. Dengan kondisi yang jauh dari kata layak, para anak jalanan tersebut tidak bisa mendapatkan hak dan memperoleh kesempatan untuk bisa berkembang baik dari sisi pendidikan maupun bakat.

Inilah yang kemudian mendorong Neza untuk membuka sebuah bisnis pembuatan produk kreatif daur ulang, yang bisa ikut dikerjakan oleh para anak jalanan tersebut. Mengusung konsep employment model, nantinya para anak jalanan tersebut tidak hanya mendapat pengalaman untuk membuat usaha mandiri, namun juga diupayakan dapat berubah dari sisi karakter serta kemandiriannya.

Artikel lain: Fauzi Saleh ~ Sukses Berbisnis Properti Dengan Kepedulian Sosial yang Tinggi

Upaya sosial ini tentu bukan hal yang sederhana, dibutuhkan banyak dukungan serta modal yang besar dalam masa membangun bisnis. Oleh karena itu pada tahun 2012 lalu, Neza membentuk Nara Kreatif dengan bekal modal dari kampusnya yakni Politeknik Negeri Jakarta. Dari modal tersebut, ia bersama beberapa orang sahabat mulai menyusun sistem dan juga kegiatan dari Nara Kreatif. Beberapa jenis produk yang dibuat oleh Nara Kreatif diantaranya mesin bubur kertas serta pengurai serat yang dapat digunakan untuk kerajinan kertas daur ulang.

Mengalami Penolakan Di Awal Usaha

Menjalankan sebuah misi sosial tidak akan lepas dari namanya konflik. Dan konflik usaha yang dialami oleh Neza adalah penolakan dari para anak jalanan itu sendiri. Minimnya kondisi ekonomi yang dialami oleh para anak jalanan tersebut, menjadi alasan bagi mereka tidak tertarik untuk mengembangkan diri lewat program yang ditawarkan oleh Neza dan kawan-kawan.

Namun dengan kesabaran dan juga keberanian, Neza terus berupaya untuk melakukan pendekatan lewat berbagai cara. Setelah satu bulan menjalankan pendekatan, baru tim Neza mengutarakan niat untuk membina kerjasama dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Yang unik adalah, untuk bisa menarik minat para anak jalanan tersebut, Neza mengaku harus menggunakan “siasat” uang agar mereka bisa tertarik.

“Mereka menerima kami dan mereka pun menjelaskan apa saja yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu saja, mereka juga tak sungkan bercerita apa yang membuat mereka seperti itu. Untuk memancingnya tentu kita harus punya uang untuk membuatnya tertarik, di sinilah rintangan tersulitnya karena keterbatasan dana yang kami miliki,” ungkap Neza.




Perkembangan Usaha Nara Kreatif

Setelah mengembangkan usahanya selama beberapa waktu dan mengalami berbagai macam rintangan, akhirnya usaha Neza dan salah satu rekannya Dian Hardiyanti Karren, mulai membuahkan hasil. Mengenai produk yang dipasarkan, Neza menjelaskan bahwa Nara Kreatif menawarkan usaha pengolahan limbah lingkungan menjadi barang tepat guna. Beberapa jenis limbah yang digunakan antara lain beragam macam kertas yang kemudian disulap menjadi beragam benda sumber peralatan kerja kantor, dekorasi ruangan, kemasan produk, paper bag dan beberapa produk lainnya.

Baca juga: Titik Winarti ~ Pemilik Tiara Handycraft yang Meraih Sukses Bersama Para Difabel 

Meski belum bisa dikatakan profitable sebagai sebuah bisnis besar, namun yang pasti apa yang dilakukan oleh Nezatullah Ramadhan berhasil membuat perubahan positif lewat langkah nyata. Bahkan bisnis Nara Kreatif yang mempunyai kantor pusat di Kramat Jati Jakarta Timur ini, juga telah mempunyai asrama untuk anak asuh serta membentuk program kejar paket pendidikan untuk tingkat SD hingga SMA.

Berkat upaya keras Neza, ia akhirnya diganjar dengan prestasi sebagai jawara Wirausaha Sosial Mandiri 2014 dan menjadi Duta Sosial Nasional 2014. Selain itu rekannya mengembangkan Nara Kreatif, Dian Hardiyanti Karren, juga dinobatkan sebagai Pemenang Favorit 2014 Women Of Worth Loreal Paris.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud