Daftar Negara Asing Pemodal Utama di Indonesia, Siapa Saja?

Kita tidak bisa dipungkiri bahwa modal asing sangat dibutuhkan di Indonesia. Kalau negeri ini hanya mengandalkan pemodal dari dalam negeri saja, sektor-sektor penting seperti infrastruktur, properti, hingga pariwisata tidak akan berkembang dengan baik. Dampaknya, perekonomian negeri ini tidak bisa berjalan dengan lancar.

Selama beberapa tahun terakhir, modal asing yang masuk ke Indonesia mulai dipermudah. Bahkan pemerintah Indonesia mengundang mereka datang ke acara Indonesia Investment. Presiden Joko Widodo gencar menarik modal asing agar pembangunan negeri ini bisa berjalan dengan cepat.

Nah, dari puluhan pemodal asing yang datang ke Indonesia, ada negara yang menjadi TOP 5. Pemodal dari negara ini mau menggelontorkan uang yang banyak di berbagai sektor penting di Indonesia. Inilah lima negara pemasok modal di Indonesia.

  1. Daftar Isi

    Negara Singapura

Kecil-kecil cabai rawit, meski wilayah Singapura tidak ada apa-apanya dari Indonesia, tercatat negeri ini paling banyak menginvestasikan modalnya. Bahkan negara sebesar Tiongkok saja nilai investasinya kalah jauh ketimbang Singapura yang secara ekonomi dan pemerintahan terbaik di Asia Tenggara.

Singapura menanamkan modalnya di beberapa industri seperti kertas dan percetakan, kimia dan farmasi, elektronika, permesinan, logam, dan makanan. Sektor yang disasar oleh pemodal singapura biasanya yang paling dekat dengan masyarakat Indonesia. Pada tahun 2016, tercatat 1.933 proyek dengan total investasi sebesar USD5,16 miliar.




Artikel lain: Daftar Negara Terkaya di Dunia Saat Ini

  1. Negara Jepang

Jepang menjadi negara kedua yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia dengan total selama 6 tahun sekitar USD19,7 miliar. Setiap tahun, nilai investasi Jepang di Indonesia terus meningkat sehingga pemerintah Indonesia tidak segan melakukan kerja sama besar-besaran dan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah Negeri Sakura.

Investasi Jepang yang ada di Indonesia biasanya menyasar bidang infrastruktur seperti pembangunan jalan tol. Selanjutnya di bidang jasa dan yang terakhir adalah manufaktur. Tercatat hingga tahun 2017 ada 1.750 perusahaan Jepang di Indonesia. Perusahaan ini menggunakan teknologi terbaru dan menyedot puluhan ribu lapangan pekerjaan di Indonesia.

  1. Negara Hong Kong

Setelah Jepang, Hong Kong menempati tempat ketiga sebagai pemodal asing terbesar di Indonesia. Sepanjang tahun 2016 saja, investor dari negeri ini menggelontorkan uang hingga USD2,25 miliar. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah pada 2017 setelah iklim investasi di negeri ini semakin membaik dan menjanjikan.




Salah satu investor terbesar dari Hong Kong adalah CK Hutchison Holdings Limited. Perusahaan besar yang tercatat di bursa efek Hong Kong ini akan membangun infrastruktur di Indonesia. Perusahaan ini memandang kalau infrastruktur di negeri ini masih perlu ditingkatkan hingga cocok untuk lahan investasi.

  1. Negara Tiongkok

Sebenarnya Tiongkok berencana melakukan investasi sebesar USD52,7, namun hingga tahun 2016 investasi yang dikucurkan hanya USD1,01 miliar. Kalau nilai investasi yang dilakukan Negeri Tirai Bambu ini terus ditingkatkan, bukan tidak mungkin akan masuk TOP3 dan bersaing ketat dengan Jepang dan Singapura.

Selama beberapa tahun mengucurkan dana di Indonesia, investor dari Tiongkok berhasil membangun beberapa mega proyek. Yang paling terkenal dan cukup fenomenal adalah Jembatan Suramadu yang menjadi ikon Jawa Timur. Selanjutnya ada pembangunan PLTU Batubara yang menyumbang 2x150MW energi. Terakhir, investor dari Tiongkok juga membangun industri kelapa sawit dan juga mengolah baja.

Di atas tadi adalah empat negara yang banyak melakukan investasi di Indonesia. Semoga ke depannya Pemerintah Indonesia terus mengadakan acara Indonesia Investment dan mengundang investor besar dari berbagai negara di dunia.

Rekomendasi bacaan lain : Perkembangan dan Manfaat Investasi Asing Di Indonesia



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya bingung mau komentar apa, Dari jokowilah, kita bisa bermain main, dan saya dan permainan ini kemungkinan akan berhasil. Duh mudeng ndak nih orang awam.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud