Motivasi Bisnis Tipis? Tingkatkan Dengan 6 Tips Berikut ini

Image dari mkbconseil.ch

Image dari mkbconseil.ch

Menjalankan suatu bisnis bukanlah perkara mudah. Apalagi jika perusahaan tersebut berada pada fase #startup atau rintisan, akan sangat membutuhkan pemikiran ekstra dan kerja keras. Di tengah ketatnya persaingan, banyaknya hambatan dan penolakan kita dituntut untuk dapat survive dan tetap berfokus pada tujuan utama.

Seseorang memiliki cara tersendiri untuk memotivasi dirinya. Namun ada kalanya motivasi mulai kendur dan merasa putus asa. Untuk itulah kita sebagai pebisnis harus memiliki cara untuk memotivasi dirinya sendiri, karena bagi pebisnis, teman terbaik adalah diri kita sendiri.

Oleh karena hal tersebut, kami telah merangkum artikel sederhana mengenai 6 tips untuk meningkatkan motivasi bisnis agar kita tetap mampu bertahan dan terus berjalan untuk mendapatkan kata sukses sesuai yang kita harapkan.

1. Selalu Berpikir Besar

Berpikir besar adalah salah satu motivasi bisnis yang ada pada diri seorang yang sukses. Dalam menjalankan bisnis semangat dan motivasi naik turun tidak stabil. Maka dari itu kita harus tetap berpikir besar, berpikir bagaimana jika seandainya perusahaan yang Anda jalankan besar dan mendatangkan pundi-pundi keuntungan yang besar pula.

Setiap kali Anda mendapatkan hambatan dan tantangan, tetaplah berpikir besar dan bertindak positif agar Anda tetap terfokus dan termotivasi pada kesuksesan yang Anda definisikan sendiri. Bukankan kesuksesan berawal dari buah pemikiran yang besar, untuk itu tetap be positif thinking.




Artikel lain: 5 Film Tentang Motivasi Bisnis Ini Bisa Menyemangati Anda

2. Jangan Memaksakan Diri Anda

Perlu Anda ketahui, suatu bisnis yang sukses karena dijalankan dengan senang hati yang berawal dari diri sendiri. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti peraturan atau kebiasaan orang lain yang tidak Anda kuasai. Buatlah peraturan Anda sendiri, contohnya jika Anda tidak suka untuk bangun pagi, maka jangan memaksakan diri Anda untuk bangun pagi,

Anda bisa memulai bekerja pada pukul 10. Hal ini boleh saja karena jika Anda memaksakan diri Anda untuk melakukan hal yang tidak Anda sukai maka hal ini akan berdampak buruk bagi perkembangan bisnis Anda. Jadi lakukan apapun dan kapanpun yang Anda sukai dan jangan pernah memaksakan diri.

3. Belajar dari Orang Sukses

Tips meningkatkan motivasi bisnis pada poin ketiga ini sangat penting, kita dapat termotivasi dengan mereka yang sudah terlebih dahulu mencicipi nikmatnya kesuksesan. Terlebih jika kita belajar dari orang sukses yang menggeluti bidang bisnis yang sama dengan yang kita lakukan, akan dipastikan diri kita akan termotivasi dan bereaksi berkali-kali lipat.

Untuk itu, mintalah nasihat dari mereka. Jadikan mereka mentor kita dan bila perlu kita membaca biografi mereka agar Anda tahu cara mereka menghadapi fase-fase tersulit dalam pencapaian kesuksesannya. Karena kesuksesan itu menular, maka belajarlah dari orang-orang yang sudah sukses agar Anda mencapai tujuan dengan lebih cepat dan terhindar dari hal-hal yang membuat Anda terpuruk.




4. Motivasi Bisnis dari Komunitas

Dalam menjalankan sebuah bisnis di fase startup, kita sangat membutuhkan informasi-informasi penting mengenai perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Kita membutuhkan partner untuk berbagai dan bertukar pikiran. Dengan bergabung di #komunitas yang sesuai degan bisnis Anda, Anda dapat bertukar informasi yang sangat diperlukan untuk perkembangan bisnis Anda ke depan.

Untuk itulah, Anda bisa bergabung dengan komunitas startup dan berbagi pengalaman. Biasanya ketika kita mendengar cerita dari orang lain yang mirip dengan yang kita lakukan, semangat untuk berbisnispun akan meningkat. Oleh karena itu ide bergabung dengan komunitas bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi Anda.

5. Memberikan Waktu Istirahat Pada Diri Anda

Ketika Anda lelah menghadapi hambatan-hambatan yang tidak ada habisnya dan jika Anda merasa suntuk dengan rutinitas, maka sebaiknya Anda memberikan waktu untuk diri sendiri. Anda bisa keluar ke tempat yang nyaman dengan mematikan handphone, membaca buku sambil meminum secangkir teh atau mendengarkan musik agar Anda lebih rileks.

Hindari hal-hal yang membuat Anda semakin jenuh dan muram sehingga Anda bisa kembali dengan keadaan yang lebih fresh. Karena ide-ide gila biasanya datang pada diri kita saat pikiran fresh dan rileks.

Baca juga: 6 Langkah Untuk Membangun Mental Pebisnis Yang Kuat

6. Tingkatkan Keberanian

Dalam keadaan tersulit sekalipun, kita tetap harus meningkatkan keberanian. Keluar dari zona nyaman dan berani mengambil resiko. Dengan begitu kita akan mendapatkan motivasi dari diri sendiri untuk terus dapat bertahan dan terus mengembangkan bisnis yang kita jalankan.

Demikian 6 tips untuk meningkatkan motivasi bagi pebisnis, semoga dapat membantu Anda dalam memotivasi diri agar lebih kuat dalam menghadapi situasi apapun.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud