Meski Pada Keluarga, Meminjam Modal Usaha Juga Ada Tipsnya Loh

Meski Pada Keluarga, Meminjam Modal Usaha Juga Ada Tipsnya Loh

Image dari Dailymail.co.uk
Image dari Dailymail.co.uk

Untuk menjalankan dan membuka sebuah bisnis, tentu teman-teman semua memerlukan modal finansial. Untuk mendapatkan modal usaha tersebut, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dengan mengumpulkan dari gaji kita sendiri, bisa dari uang simpanan atau juga bisa dari uang pinjaman.

Nah, untuk modal yang didapatkan dari pinjaman, ada beberapa sumber yang bisa teman-teman manfaatkan. Bisa meminjam dari rekan kerja, dari bank atau bisa juga dari keluarga.

Untuk kesempatan kali ini, kita akan mencoba mengulas tentang mendapatkan pinjaman modal usaha dari keluarga. Ternyata, meskipun dengan keluarga sendiri, kita juga musti pandai dan profesional untuk mendapatkan modal #keuangan ini. Apalagi misalkan uang yang akan teman-teman pinjam bernilai cukup besar. Nah, bagaimana tips dan etika meminjam uang dari keluarga, simak ulasannya di bawah ini.

1. Presentasikan Dulu Ide Bisnis Anda Pada Keluarga

Jika teman-teman ingin mendapatkan modal usaha dari keluarga, sebaiknya presentasikan ide bisnis teman-teman pada keluaraga. Misalkan Ayah yang akan dimintai bantuan modal, setidaknya sampaikan dulu bisnis yang akan teman-teman bangun pada Ayah. Akan lebih baik jika teman-teman juga menyampaikannya pada seluruh anggota keluarga.

Buat mereka yakin kepada bisnis yang akan teman-teman kerjakan. Dan, jangan takut untuk ditolak yang penting maju saja. Ya, tidak perlu mempresentasikan seperti ketika menghadapi ujian skripsi juga, yang penting teman-teman jelaskan segamblang-gamblangnya tentang bisnis yang akan Anda bangun.

Artikel lain: Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

2. Pentingnya Perjanjian Hitam Diatas Putih

Jangan salah, meskipun dengan keluarga sendiri, teman-teman juga harus bertindak dengan profesional. Bukan berburuk sangka, namun untuk mengantisipasi jika saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Selain itu, perjanjian juga untuk teman-teman sendiri agar bertindak dengan berhati-hati dengan uang pinjaman dari keluarga tersebut.

Karena yang sering terjadi ketika ada keluarga meminjam uang pada keluarga yang lain, cenderung meremehkan dan tidak serius memanfaatkannya karena anggapan dengan keluarga sendiri. Di sinilah letak kesalahannya, yang menjadikan kita kurang teliti.

3. Jika Perlu Libatkan Konsultan Ahli

Peran dari seorang konsultan sangat diperlukan untuk menambah keyakinan dari keluarga. Namun juga perlu teman-teman ketahui, jangan salah dalam memilih konsultan. Yang paling bagus adalah pelaku bisnis yang sudah sukses dengan bisnis yang akan teman-teman kerjakan.

Selain untuk meyakinkan keluarga, konsultan ini nantinya bisa juga teman-teman jadikan sebagai mentor bisnis Anda dengan pengalamannya tentunya. Akan semakin bagus jika konsultan yang teman-teman mintai bantuan termasuk saudara juga.

4. Jangan Keterusan Memimjam Modal Usaha

Nah, ini biasanya yang kemudian menjadi kebiasaan buruk dan sulit dihilangkan. Ketika kita diberikan pinjaman dari keluarga, ke depan biasanya kita akan selalu mengandalkan keluarga untuk meminta bantuan pinjaman lagi. Perhatikan, jangan sampai keterusan dan menjadi kebiasaan dalam berhutang pada keluarga!

Sebijaknya teman-teman bisa mengelola keuangan dengan baik dengan harapan bisa mandiri ke depannya. Jangan selalu mengandalkan keluarga secara terus-menerus, sekali waktu sih boleh, namun untuk melatih kemandirian teman-teman jangan sampai teman-teman hanya bergantung kepada keluarga saja.

Selain itu, kalau teman-teman selalu meminjam kepada keluarga apa tidak malu juga. Hal itu justru akan membuat keluarga tidak yakin dengan kesuksesan bisnis yang sedang teman-teman rintis.

5. Kembalikan Tepat Waktu

Namanya juga pinjaman, meskipun dengan keluarga juga wajib mengembalikannya. Usahakan bagaimanapun caranya untuk mengembalikan pinjaman teman-teman kepada keluarga sesuai dengan perjanjian hitam di atas putih yang sudah disepakati bersama.

Dengan mengembalikan tepat sesuai jadwal, membuat keluarga akan percaya dengan komitmen teman-teman. Meskipun barangkali bisnis yang teman-teman kerjakan belum menghasilkan kesuksesan. Bagaimanapun caranya, sebaiknya tepati waktu teman-teman dalam mengembalikan pinjaman.

Baca juga: 5 Teknik Jitu Membidik Ide dan Peluang Usaha

6. Jangan Lupa Terimakasih dan Minta Doa Restu

Hal ini paling sering dilupakan, setelah mendapatkan modal usaha yang diperlukan jangan pernah lupa untuk berterimakasih dan meminta doa. Hal tersebut juga merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perjalanan bisnis teman-teman.

Apalagi jika teman-teman meminjam uang pada orang tua sendiri, selalu lah berterimakasih dan meminta doa untuk kelancaran bisnis teman-teman. Percayalah, doa restu dari orang tua akan semakin menguatkan langkah teman-teman dalam menjalankan bisnis. Semangat berbisnis!

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan