Menjalankan Bisnis Musiman Secara Berkelanjutan? Mengapa Tidak!

Menjalankan-Bisnis-Musiman

Berbisnis memang bukan perkara yang main-main. Perlu keseriusan dan kejelian dalam melihat tren dan selera yang sedang eksis di pasaran. Bila ingin meraup keuntungan yang maksimal, tak ada salahnya untuk mencoba menjalankan bisnis musiman.

Karakteristik bisnis musiman biasanya berlangsung dalam waktu yang singkat dan memanfaatkan momen yang selalu berganti-ganti. Bila dicermati dengan teliti, bisnis musiman dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori, yakni sebagai berikut:

1. Bisnis Musiman yang Dipengaruhi oleh Cuaca

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim yakni musim kemarau dan penghujan. Masing-masing musim berlangsung dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan. Kedua musim tersebut tentu membawa pengaruh bagi iklim-iklim bisnis dengan produk tertentu.

Pada musim kemarau, beberapa produk yang cenderung lebih laris misalnya:

  • Bisnis makanan, minuman segar dan soft drink (es krim, minuman dalam kemasan, dll)
  • Bisnis yang berkaitan dengan alat-alat pendingin dan penyejuk ruangan (reparasi AC, reparasi kulkas, penjualan produk AC dan kulkas)
  • Bisnis jasa air minum isi ulang dan bisnis pendistribusian air bersih

Sedangkan pada musim penghujan, produk yang lebih diminati adalah :

  • Bisnis penjualan payung, jas hujan
  • Jasa reparasi rumah yang bocor
  • Bisnis laundry kiloan
  • Bisnis kuliner hangat seperti bubur ayam, bakso, wedang ronde, dan lain-lain
  • Bisnis musiman yang dipengaruhi event olahraga

Artikel lain: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

2. Bisnis Musiman yang Dipengaruhi Event Olah Raga

Beberapa event olahraga lokal maupun internasional seperti PON, Asean games, Piala Dunia, FIFA World Cup dan Thoma Uber Cup biasanya membawa berkah tersendiri bagi para pebisnis. Pada ­kesempatan tersebut, atribut-atribut bernuansa event yang bersangkutan seperti kaos, jaket dan souvenir menjadi produk andalan yang laris manis di pasaran. Selain itu, bisnis yang membuat event nonton bareng pertandingan olahraga juga kerap kali ramai dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.




4. Bisnis Musiman Berdasarkan Event di Bulan-Bulan Tertentu

Kategori bisnis ini biasanya terjadi secara berulang setiap tahunnya. Misalnya saja di bulan Juni dan Juli yang merupakan awal tahun ajaran baru, bisnis seragam sekolah, buku tulis dan buku pelajaran pasti mengalami kenaikan omset.

Bulan Agustus juga menjadi salah satu bulan bagi para pebisnis musiman. Produk-produk bernuansa kemerdekaan seperti bendera, umbul-umbul serta produk perlengkapan perlombaan akan mengalami kenaikan permintaan.




3. Bisnis Musiman yang Dipengaruhi Event Keagamaan

Bisnis musiman yang satu ini pasti tak asing lagi. Pada bulan Ramadhan dan menjelang idul fitri, beberapa bisnis seperti bisnis makanan, bisnis busana muslim, bisnis makanan, dan jasa transportasi mudik menjadi bisnis yang diminati oleh masyarakat beragama Islam. Event-event keagamaan lainnya yang juga menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis musiman adalah pada saat menjelang hari raya Natal dan tahun baru, Imlek dan Idul Adha.

Artikel lain: Jilbab Rabbani ~ Peluang Usaha Reseller Brand Busana Muslim Populer

5. Bisnis Musiman yang Dipengaruhi Event Politik

Momen-momen pesta demokrasi yang terjadi setiap 5 tahun sekali juga membawa rezeki bagi para pebisnis musiman seperti bisnis sablon kaos dan bisnis atribut-atribut kampanye lainnya. Kenaikan omset pada bisnis-bisnis tersebut dapat terjadi hingga beberapa kali lipat selama musim kampanye politik.

Yang unik adalah kampanye politik yang merambah ke dunia internet, terutama media sosial dan media berita, juga menjadi sarana untuk mendulang keuntungan bagi para pengusaha. Tak jarang para aktor politik membayar mahal untuk kampanye yang dilakukan secara online, misalnya pembuatan website, promosi parpol, berita tentang seorang tokoh politik, dan lain-lain.

Jadikan Bisnis Musiman Menjadi Bisnis yang Berkelanjutan

Lonjakan permintaan yang terjadi secara tiba-tiba dalam kurun waktu tertentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis untuk menyulap suatu bisnis musiman menjadi bisnis yang sifatnya berkelanjutan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menunjang kesuksesan suatu bisnis dalam jangka panjang, hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Inovasi produk

Produk-produk bisnis musiman biasanya merupakan produk generik yang kurang memiliki ciri khas. Berikanlah suatu sentuhan yang inovatif pada produk anda agar anda dapat menarik hati para pelanggan. Inovasi yang kreatif akan membuat produk anda meraih tempat tersendiri di hati para pelanggan.

B. Distribusi dan Pemasaran yang efektif

Lonjakan permintaan harus diimbangi dengan pendistribusian dan pemasaran yang efektif. Konsep pemasaran modern melalui social media juga dapat menambah kepopuleran produk bisnis anda.

C. Pengelolaan Sumber Daya

Pengelolaan sumber daya yang dimaksud adalah Sumber Daya Manusia (SDM) serta ketersediaan bahan baku berkualitas baik. Karena bahan baku berkualitas baik akan menjelma menjadi produk berkualitas bila diproduksi oleh para SDM yang handal dan berdedikasi tinggi terhadap bisnis anda.

Baca juga: 8 Jenis Usaha/ Bisnis Yang Cocok di Tempat Wisata

Akhir kata, pengelolaan bisnis musiman yang kreatif dan serius akan menjadi suatu awal yang baik untuk merintis bisnis jangka panjang di bidang yang sama. Jadi, jangan sekali-kali meremehkan keberadaan bisnis musiman yang muncul seperti cendawan di musim hujan dan kemudian lenyap begitu saja seiring pergantian tren dan selera pasar.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. bagaimana mengenai permodalan….apa ada yang memberikan modal bagi peminat tapi tidak memiliki modal……?

  2. Wah… gak nyangka ntu bisnis ternyata menggiurkan juga, ini mah bukan musiman lagi. Ini bisnis yang menjanjikan deh kayanya..
    Salam kenal om, blognya komplit.. :)

  3. Gw punya saran tambahan untuk para pembisnis musiman. Biar bisnis musiman, harus juga diperhatikan masalah metode cara bayarnya.

    Setahu gw, pembisnis musiman atau ukm tidak mempunyai metode cara bayar yg lengkap, kaya perusahaan gede, untuk itu gw kasih solusinya.

    Coba masuk ke situs gw dengan cara klik nama gw, disana sudah disediakan program pembayaran otomatis dan tidak perlu cek rekening bank mulu.

    Yang perlu dialukan cuma masukin data dan hasilnya bisa diiklanin di internet.

  4. Bisnis di bulan ramadhan tu benar2 menguntungkan, inflasi. kenaikan barang yang hanya ada di indonesia.. fenomena yang unik mudik dan ramadhan dan hanya ada di indonesia :)

  5. bisnis musiman dipengaruhi oleh diri sendiri sang pengusaha berdasarkan tinggak keuletan…

  6. kayanya bisnis musiman di bulan ramadhan itu yang paling keren mas, secara kaum muslim di Indonesia itu banyak bgt

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud