Mengurai Peluang Bisnis Pay Per Click (PPC) di Dunia Blogging, Seperti Apa...

Mengurai Peluang Bisnis Pay Per Click (PPC) di Dunia Blogging, Seperti Apa Sih?

pay per click
Image dari Mashable.com

Mungkin sudah banyak ragam peluang bisnis yang telah bermunculan dan dikerjakan oleh manusia. #Peluang bisnis memang selalu harus kita cari dan kita kejar untuk bisa mendapatkan keuntungan dan laba yang besar terlebih dahulu. Peluang ini akan selalu ada bila kita mau berusaha mencarinya. Apalagi saat ini keberadaan teknologi dan dunia online yang makin marak membuat banyak bermunculan peluang mendapatkan uang.

Dan salah satu peluang yang muncul dari pertumbuhan internet dan media online tersebut adalah Pay Per Click (PPC). Lalu Apa itu Pay Per Click (PPC) ini? Berikut ulasannya.

Hakikat Layanan Pay Per Click (PPC)

PPC (Pay Per Click) sendiri adalah sebuah program atau metode bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan lewat jaringan internet dimana nantinya pemilik situs (website atau blog) yang masuk dalam program tersebut akan mendapatkan uang dari setiap klik pada iklan yang dilakukan oleh pengunjung yang datang. Jadi semakin banyak pengunjung yang melakukan klik maka akan semakin besar pula kesempatan Anda (pemilik situs) untuk mendapatkan uang.

Namun besaran uang yang didapat dari program atau metode PPC ini bergantung dari iklan atau pihak yang menyelenggarakannya. Contoh penyelenggara PPC lokal di indonesia akan membayar lebih sedikit daripada Anda terdaftar atau menampilkan iklan PPC dari #Google Adsense.

Artikel lain: Inilah 5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging-nya

Keunggulan PPC Google Adsense

Di antara sekian banyak program-program PPC yang ada, Google AdSense memang selalu menjadi yang terdepan dan paling banyak digemari oleh publisher. PPC Google Adsense ini memang terbilang sangat menguntungkan sebab bisa menghasilkan dolar yang tentunya nilainya lebih tinggi dari pada PPC lokal yang membayar dengan rupiah.

Namun perlu diketahui untuk bisa diterima sebagai member PPC Google Adsense ini tidaklah mudah. Pemilik situs atau blogger sendiri harus memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh pihak Google Adsense. Dan umumnya proses permintaan persetujuan yang diajukan para pemilik situs atau blogger ini akan direspon Google dengan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan pihak Google melakukan verifikasi dan penilaian yang cukup ketat terhadap situs atau blog yang diajukan.

Mekanisme Layanan PPC

Pada umumnya mekanisme kerja dari PPC (Pay Per Click) ini berlaku ketentuannya sebagai berikut ini.

Pada setiap kali ada pengunjung blog atau website yang melakukan klik pada iklan yang tampil di website atau blog tersebut maka pemilik blog/ website yang menampilkan iklan tadi akan mendapatkan uang atau bayaran dari penyelenggara atau perusahaan jasa penyedia PPC.

Uang yang didapat dari penyelenggara atau perusahaan penyedia PPC ini sendiri berasal dari dana sponsor yang mengadakan iklan tersebut. Jadi kalkulasi uang yang didapat #blogger adalah dari total jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung website atau Dalam hal ini perusahaan penyedia PPC akan secara adil menghitung seberapa banyak jumlah klik yang di dapatkan setiap harinya.

Umumnya uang yang akan diperoleh pemilik situs atau blogger ini akan dikirim dalam wujud cek yang nantinya bisa dicairkan oleh yang bersangkutan.

Mekanisme terakhir dari sistem PPC ini adalah tarif yang ditetapkan pada program PPC ini akan berbeda pada setiap iklannya. Selain berbeda pada setiap jenis iklannya, besaran uang yang diterima blogger dari program PPC ini juga akan berbeda pula dari pihak penyedia layanan PPC yang ada. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa program PPC dari Google Adsense akan bernilai jauh lebih besar daripada penyelenggara PPC lokal.

Baca juga: Beberapa Jenis Iklan Yang Ada Pada Sebuah Blog atau Website

Usaha Pemilik Situs dan Blogger untuk Suskes di PPC

Nah untuk Anda yang benar-benar sedang menjalankan dan menginginkan peluang program PPC ini sukses, maka Anda tak bisa berdiam diri saja. Anda harus berusaha dengan giat dan tekun untuk membuat blog atau website Anda bernilai dan menarik pihak penyelenggara PPC. Beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk menjadikan website atau blog Anda bernilai bagi pihak penyelenggara PPC antara lain:

  • Membuat blog dengan niche atau tema yang spesifik atau khusus
  • Buatlah konten yang baik dan bernilai serta bermanfaat bagi netizen pada umumnya
  • Rutin dan rajinlah membuat konten setiap harinya
  • Percantik blog atau website Anda

Beberapa hal terkait program periklanan PPC di atas mungkin bisa memberi gambaran umum bagi Anda yang tertarik untuk mendalaminya. Namun sama seperti semua bisnis, program PPC ini tentu menuntut kerja keras dan kemauan untuk terus belajar hingga mampu meraih kesuksesan. Dan sebagai sarana belajar, ada banyak pilihan, namun yang paling mudah dan murah tentu lewat belajar di berbagai situs bisnis online seperti salah satunya ya tentu situs tercinta Maxmanroe.com ini. Semangat berbisnis!

6 KOMENTAR

  1. nyongcopywriter

    Sangat bermanfaat infonya, karena adsense adalah favorit saya, hehe. . .

  2. om, tadi disebutkan “membuat blog dengan tema khusus” nah kalo pembaca bosan temanya itu-itu saja gmn? misal motor terus, mobil terus dsb

    btw kl udah bisa masuk akun adsense, seting payment dsb masih belum tentu 100 % diterima?

    kalo traffic rendah, mungkinkah suatu saat dibanned?

  3. sayangya saat ini CPC adsense berada pada level yang sangat rendah..

  4. Kalau saya sangat tertariik di google adsense mas, tapi untuk sekarang masih terkendala di umur soalnya untuk daftar GA minimal unur 18th, dan skrg masih berumur 17thn 10bln mas. untuk sekarang sih masih terus berusaha buat artikel berguna dan memperbanyak pengunjug sih kak. Kunjungi blog saya juga : rijalsekkang.blogspot.com

  5. Gimana caranya biar nggak bosan ngeblog?

  6. kalau saya masih berjuang untuk mendapatkan akun adsense pertama saya

Tinggalkan Balasan