Mengenal Sosok 10 Pemimpin Paling Berpengaruh Di Dunia Teknologi Saat Ini

Mengenal Sosok 10 Pemimpin Paling Berpengaruh Di Dunia Teknologi Saat Ini

Image dari Forbes.com
Image dari Forbes.com

Perusahaan #teknologi memang selalu butuh inovasi untuk mempertahankan eksistensinya. Inovasi ibarat jiwa bagi keberadaan sebuah perusahaan teknologi. Apalagi saat ini persaingan yang ketat selalu menuntut pergerakan yang dinamis dan kreatif.

Tak cukup punya inovasi brilian saja, sebuah perusahaan teknologi juga butuh pemimpin yang memahami iklim perusahaan. Mempelajari jiwa kepemimpinan dan gaya berbisnis dari 10 pemimpin perusahaan teknologi paling berpengaruh berikut ini akan memberikan inspirasi baru bagi kita.

1. Lei Jun

Menempati posisi kesepuluh, ada Lei Jun yang merupakan co founder sekaligus CEO Xiaomi. Kemampuannya dalam menciptakan #smartphone berkualitas dengan harga terjangkau memang tak diragukan lagi. Berhasil mengungguli pasar smartphone, Lei Jun juga memimpin Xiao Mi untuk mengembangkan smart TV dan tablet PC.

2. Elon Musk

Elon Musk sudah bekerja keras demi membawa perubahan pada Tesla. Co founder, chairman, dan CEO Tesla ini membuat perusahaan tersebut berhasil fokus mengembangkan teknologi baterai dan mobil listrik. Branding produk yang baik dengan harga terjangkau sedang berusaha diwujudkan Elon Musk bersama dengan Tesla.

Selain itu pada awal karirnya, pria yang kerap disandingkan dengan sosok fiksi Tony Stark tersebut nyatanya juga merupakan suksesor perusahaan transaksi online berskala global, Paypal.

Artikel lain: Elon Musk ~ Pendiri Paypal, Layanan Transaksi Online No. 1 Di Dunia

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri dan CEO Amazon. Sejak mendirikan Amazon di tahun 1994, Jeff berhasil membawa Amazon berkembang menjadi bisnis besar dengan keuntungan dan inovasi yang fantastis. Amazon juga berhasil menjajal dunia bisnis lainnya seperti konten TV orisinal dan akses eBook tanpa batas.

4. Paul Eremenko

Sosoknya begitu berpengaruh pada perkembangan teknis di #Google. Salah satu inovasi yang dilakukan Paul adalah membuat Ara Project di Google. Proyek tersebut bertujuan untuk mewujudkan smartphone yang bisa di-custom sesuai kebutuhan penggunanya.

5. Jack Ma

Alibaba adalah salah satu perusahaan ­#e-commerce paling sukses di dunia. Tetapi kepuasan setelah memperoleh posisi tersebut tak berhenti di situ saja. Jack Ma juga menyatakan kalau Alibaba akan mulai mengembangkan aplikasi mobile untuk iOS. Karena pengembangan aplikasi mobile menjadi strategi bisnis utama yang sedang dijalankan oleh Alibaba.

6. Reed Hastings

Memiliki lebih dari 60 juta pelanggan membuat Netflix menjadi layanan streaming terpopuler di dunia. Netflix sudah mengalami banyak perkembangan di bawah kepemimpinan Reed Hastings sebagai co founder sekaligus CEO-nya.

Jumlah konten yang berhasil disaksikan oleh para pemirsa Netflix meningkat sebesar 3 kali lipat dibandingkan dengan konten pada tahun 2014.

7. Travis Kalanick

Uber sudah membawa terobosan baru bagi fasilitas transportasi umum. Kini memesan taksi jadi bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Layanan yang diperoleh via aplikasi bahkan berhasil memperoleh pendapatan hingga 50 milyar dollar. Meskipun ada tantangan dari regulasi pemerintah, Travis Kalanick tetap berupaya memastikan Uber punya kesempatan untuk berkembang lebih jauh lagi.

8. Min-Liang Tan

Tan bukan hanya memegang jabatan sebagai co founder sekaligus CEO Razer. Sebab rupanya Tan juga menjadi creative director yang bertanggungjawab pada perusahaan tersebut. Untuk urusan menciptakan standar umum VR (Virtual Reality), Tan adalah sosok di balik analisis virtual populer tersebut.

9. Jony Ive

Apakah kita selalu terpukau dengan desain-desain produk Apple?

Jika iya, berarti kita harus mengenal sosok Jony Ive dibalik penciptaan desain-desain tersebut. Jony Ive menduduki posisi sebagai CDO (Chief Design Officer) Apple. Salah satu contoh sentuhan selera Jony Ive tergambarkan pada penampilan Apple Smart Watch yang simpel, unik, dan elegan.

Desain Apple Smart Watch tersebut nantinya akan jadi patokan bagi desain produk sejenis di masa depan.

Baca juga: Jack Ma ~ Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com

10. Satya Nadella

Sekarang saatnya kita berkenalan dengan Satya Nadella, sang CEO Microsoft. Satya Nadella memang pantas menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 pemimpin paling berpengaruh di dunia teknologi saat ini.

Satya bersama #Microsoft berhasil meluncurkan Windows 10 serta sejumlah produk Microsoft lainnya seperti Cortana dan Office 365 di iPad. Selain itu, model bisnis Microsoft pun lambat laun diubah agar menjadi lebih modern.

Sungguh menarik ya menyimak sosok-sosok sukses di bidang teknologi saat ini. Tak cuma bidang teknologi, bidang bisnis lainnya pun butuh kita sebagai generasi penerus yang penuh ide kreatif.

3 KOMENTAR

  1. yozidahfilputra

    Ke sepuluh sosok pemimpin diatas sangat menginspirasi, baiknya kita harus terus belajar dan mencari tau lebih banyak lagi tentang kiat-kiat apa saja yang meraka gunakan dalam membangun perusahaan-perusahaan tersebut.

  2. Yang paling mantap Satya Nadela, bisa menjadi bos di perusahaan microsoft dan berasal dari asia lagi tepatnya India.

  3. Anak Indonesia ayo berprestasi !

Tinggalkan Balasan