Mengenal Seluk Beluk Drone Selfie, Tongsis Lewat Deh!

Image dari Techcrunch.com

Image dari Techcrunch.com

Sudah bosan dengan selfie kamera atau selfie dengan tongsis? Anda perlu mencoba selfie yang satu ini, drone selfie. Selfie atau aktivitas memotret diri sendiri kini memang sudah sudah menjadi tren yang terus berkembang. Perkembangan tren ini jelas semakin menjadikan selfie sebagai kegiatan yang menjadi budaya umum masyarakat modern. Selfie memang aktivitas yang sangat menyenangkan bagi banyak orang dan digemari oleh semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Trend selfie yang makin marak kini malah dimanfaatkan oleh beberapa media elektronik untuk meramaikan acaranya. Selfie yang menjadi cara sebagian orang mengekspresikan diri ini menjadi penting untuk dicermati dan diikuti perkembangannya. Indonesia yang dianggap sebagai pasar potensial #smartphone dan penggiat selfie tentu akan menjadi target market saat drone selfie telah marak dan membudaya.

Meski kini drone belum diproduksi secara massal, bukan berarti drone selfie tidak populer. Beberapa kalangan kini sedang mengembangkan drone untuk selfie ini dengan desain yang menarik dan bisa untuk diproduksi massal. Jika dikemudian hari drone telah dipasarkan seperti smartphone, bukan berarti drone selfie akan menjadi tren seperti layaknya tongsis (tongkat narsis) sekarang ini.



Apa itu Drone Selfie?

Drone selfie adalah selfie yang dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin terbang tanpa awak yang dilengkapi kamera dan dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan perangkat canggih. Selfie dengan menggunakan drone akan menghasilkan gambar yang nampak lebih luas dari selfie biasanya yang hanya terjangkau sepanjang lengan atau tongsis.

Gambar yang lebih luas ini didapat karena gambar diambil dari ketinggian tertentu dari pesawat tanpa awak tadi. Pesawat drone sendiri ukurannya mini dan ditunjang oleh empat baling-baling. Drone tidak bisa diterbangkan dengan sembarangan. Saat menerbangkan drone haruslah memperhatikan ketinggian dan tekanan angin yang ada.

Perkembangan Teknologi

Munculnya drone selfie tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang ada. Teknologi pesawat tanpa awak yang terbang tanpa pilot dan dikendalikan dari bawah ini memang telah menemukan wujudnya. Kalau dulu kita tahu drone masih digunakan oleh bidang militer untuk kepentingan pertahanan negara, kini drone sudah bisa dimiliki oleh masyarakat umum.

Saat Seni dan Kreativitas Bersatu

Selain faktor perkembangan teknologi, tingkat kreativitas dan juga sisi seni dari teknik mengambil gambar diduga sebagai hal yang mempengaruhi munculnya drone selfie. Pecinta selfie yang kebanyakan dari kalangan remaja ini jelas memiliki banyak hal seperti kreativitas yang muncul dari rasa seni.

Maka para remaja ini akan sering mencoba-coba teknik pengambilan gambar yang lain yang mungkin bisa lebih baik dari sebelumnya. Maka muncullah drone selfie, teknik mengambil gambar dari jarak jauh dengan sebuah pesawat tanpa awak.

Kamera Adalah Unsur Terpenting

Meski drone selfie ini adalah selfie gaya terbaru dari selfie-selfie sebelumnya, namun yang namanya selfie sebagai kegiatan memotret diri tentu memiliki hal pokok terpenting yang tidak bisa dilupakan. Hal terpenting itu adalah #kamera.

Dalam drone selfie juga terdapat kamera untuk mengambil gambar, dan kamera drone ini tentu harus menjadi prioritas yang perlu dicermati. Karena percuma jika teknik pengambilan gambar dengan drone ini berjalan namun hasil gambarnya tak bagus, maka hal ini akan sia-sia.

Harga Yang Mahal

Yup, drone adalah barang dan teknologi yang cukup mahal. Sebuah drone untuk selfie terbaru yaitu Nixie jika lolos dan diproduksi massal, anda harus siap merogoh kocek anda tak kurang dari $ 1.000 USD atau sekitar 10.000.000 (dengan asumsi 1 $ = Rp 10.000) untuk memilikinya. Tentu ini harga yang tidak murah untuk ukuran masyarakat Indonesia. Namun itulah kenyataannya, teknologi terbaru yang harus dibayar untuk selfie terbaru.

Apakah Akan Eksis di Indonesia?

Dengan harga yang cukup mahal ini, muncul pertanyaan apakah drone selfie akan eksis dan bertahan di Indonesia? Masyarakat Indonesia yang dominan berada pada tingkat ekonomi menengah dan bawah ini tentu akan berpikir dua-tiga kali untuk membeli drone. Namun jika drone kemudian banyak yang memproduksi, maka akan muncul persaingan dan bisa menjadikan harga drone turun dan terjangkau. Kita tunggu saja.






1 comment on this postSubmit yours
  1. Kalau drone selfie ini saya belum pernah melihatnya langsung di toko terdekat dari rumah saya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud