Pelajari 5 Etika Meminta Kenaikan Gaji Pada Atasan Berikut Ini

Meminta Kenaikan Gaji

Ilustrasi dari Lifehacker.com

Meminta Kenaikan Gaji – Memiliki gaji yang sesuai dengan kemampuan tentu adalah sesuatu yang sangat membahagiakan bagi kita. Lebih dari itu, artinya kemampuan kita diapresiasi positif oleh perusahaan. Dalam perjalanannya nanti, tentu tidak bisa Anda hanya memiliki gaji tetap tanpa ada kenaikan yang berarti dalam meniti karir Anda.

Apalagi jika ada teman atau orang lain yang memiliki pekerjaan sama namun memiliki gaji yang lebih tinggi, tentu meminta kenaikan gaji pada atasan bisa Anda pertimbangkan.

Nah, ketika Anda akan meminta kenaikan gaji ini, tentu ada beberapa etika yang perlu Anda perhatikan. Tidak bisa Anda seenaknya meminta kenaikan gaji kepada atasan seperti Anda meminta kepada teman sendiri. Sopan santun dalam berkomunikasi harus Anda ke depankan, ada beberapa tahapan sebelum benar-benar Anda menyampaikan niatan Anda.

Perhatikan di bawah ini.

1. Ingin Meminta Kenaikan Gaji? Lihat Dulu Kondisi Keuangan Perusahaan

Ada baiknya sebelum Anda meminta kenaikan gaji, lihat dulu bagaimana keuangan perushaan. Apakah perusahaan dalam kondisi yang sehat keuangannya, atau justru sebaliknya. Kenapa demikian, tentu saja kemauan Anda untuk kenaikan gaji akan sulit terealisasi ketika keuangan perusahaan sedang buruk.




Keinginan kenaikan gaji sangat berpotensi tercapai ketika keuangan perusahaan sangat bagus, atau dalam keadaan trend perkembangan yang positif. Jadi Anda juga harus memperhatikan hal ini, jangan asal meminta kenaikan gaji sesuka Anda saja.

Artikel lain: Memiliki Gaji Besar Tapi Tetap Merasa Tidak Cukup? Mungkin Ini Penyebabnya

2. Pikirkan Juga Kontribusi Anda Pada Perusahaan

Hal ini sangat diperlukan, kemungkinan kenaikan gaji akan mudah didapatkan ketika seorang pekerja memiliki etos kerja yang bagus. Artinya bukan sekedar bekerja saja, namun memiliki dedikasi, integritas dan berbagai nilai positif lain. Nah, apakah Anda sudah memiliki semua itu, jika belum maka sebaiknya Anda lakukan sejak saat ini.

Mulailah bekerja dengan penuh dedikasi untuk kemajuan perusahaan, curahkan semua kemampuan Anda untuk membuat perusahaan lebih maju. Jika Anda sudah mencurahkan semua itu, maka permintaan kenaikan gaji saya rasa akan lebih mudah dituruti.

3. Anda Juga Harus Melakukan Pendekatan Sebelumnya

Anda juga harus melakukan pendekatan terlebih dahulu agar lebih enak dalam menyampaikan keinginan Anda. Jika atasan Anda adalah termasuk orang yang mudah bergaul dan terbuka, itu adalah sebuah keuntungan. Anda akan mudah menjalin komunikasi dengannya, namun jika atasan Anda adalah orang yang tertutup, maka Anda harus pelan-pelan dan membutuhkan sedikit waktu lebih lama.




Anda bisa menyampaikan keinginan Anda dalam rapat bulanan atau rapat tahunan, namun terpenting adalah Anda harus sudah menyiapkan hal ini paling tidak dua bulan sebelumnya. Dan yang  lebih penting lagi dalam menyampaikan keinginan Anda, jangan mulai membuka pembicaraan dengan mengeluh. Sampaikan saja seperti ketika Anda memberikan sebuah usul atau sebuah program kepada perusahaan.

4. Jangan Pernah Mengancam Atau Menggertak

Kadang dalam rangka meminta kenaikan gaji ini sering kali banyak orang melakukannya dengan ancaman. Ancaman keluar dari perusahaan adalah ancaman yang sering dilontarkan, namun ketahuilah bahwa sebenarnya semua orang tidak suka diancam, apalagi itu adalah atasan Anda.

Jadi, ketika Anda melakukan ancaman seperti itu, justru akan menjauhkan peluang kenaikan pada gaji Anda. Lebih baik lakukan dengan penuh sopan santun namun tetap bisa menyampaikan apa yang Anda inginkan tentang kenaikan besaran gaji tersebut.

Baca juga: Bagaimana Bernegosiasi Gaji yang Tepat Untuk Fresh Graduate, Simak Tips Ini

5. Lakukan Sendiri, Jangan Menyuruh Orang Lain

Anda harus berani melakukannya sendiri, jika tidak berani maka jangan menyuruh orang lain. Sebagai seorang profesional, tidak etis sekali meminta orang lain (sekretaris kantor misalnya) untuk menegosiasikan kenaikan gaji. Selain sangat tidak etis, juga karena bisa saja orang lain tidak bisa menangkap apa yang Anda inginkan terhadap kenaikan gaji.

Namun untuk sekedar meminta saran boleh saja, itu juga akan bagus untuk pertimbangan Anda dalam mengambil sikap. Selain itu, berbicara langsung secara terbuka di hadapan atasan juga bagus dalam rangka membuka ruang diskusi Anda dengannya.

Di atas adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminta kenaikan gaji. Namun perlu juga Anda ketahui bahwa permintaan kenaikan gaji belum tentu juga langsung dituruti oleh atasan. Maka dari itu jangan kecewa jika nantinya keinginan Anda tidak bisa direalisasikan oleh perusahaan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud