Membuka Kios Usaha di Area Minimarket? Berikut Beragam Keuntungannya

Image dari Nekatusaha.com

Image dari Nekatusaha.com

Persaingan bisnis yang semakin memanas, kini memaksa setiap pebisnis untuk gesit mengambil langkah taktis serta kreatif. Ketika ide bisnis terhenti, maka para pesaingpun telah siap menikung lini usaha kita.

Nah, salah satu hal yang harus dicermati dalam agar tetap langgeng berbisnis adalah tentang lokasi usaha. Mengapa lokasi usaha menjadi hal yang sangat penting? Kita lihat saja, kini hampir disetiap lahan utamanya yang ada di perkotaan dipenuhi oleh beraneka ragam usaha. Mulai unit perkantoran, pedagang bahkan hingga asonganpun sudah mulai “menyesaki” jalanan.

Maka dari itu diperlukan kreatifitas lebih untuk dapat menemukan lokasi usaha yang tepat dan potensial. Salah satunya yakni membuka kios usaha di area minimarket. Lalu apakah keuntungan dan pontensinya? Berikut ulasan singkatnya.

Menawarkan Beragam Keuntungan

Saya bisa pastikan, tentu rekan-rekan semua sering melihat kios atau gerobak dagangan berjajar di area parkir minimarket bukan. Menawarkan berbagai macam hal mulai jajanan hingga jasa servis game, tentu pemandangan lapak-lapak mini tersebut ikut juga menyedot perhatian kita.

Dari sinilah sebenarnya ide munculnya konsep bisnis yang saling menguntungkan tersebut. Beberapa waralaba minimarket seperti Indomart serta Alfamart bisa dibilang menjadi pioneer konsep tersebut, meski konsep “numpang” lapak tersebut sudah banyak dikembangkan sebelumnya. Pada dasarnya konsep ini member keuntungan untuk kedua pihak yakni pengembang minimarket serta pemilik usaha kecil.




Artikel lain: 8 Jenis Usaha/ Bisnis Yang Cocok di Tempat Wisata

Khusus bagi pemilik usaha, nyatanya keuntungan yang didapatkan tidaklah sedikit. Ada beberapa kelebihan mengapa memilih area minimarket sebagai tempat usaha yang menjanjikan.

1. Potensi Konsumen yang Jelas

Keuntungan pertama dan paling terlihat adalah potensi konsumen yang jelas. Ketika kita akan mendirikan kios usaha di area minimarket, tentu kita akan melakukan pemantauan terlebih dahulu mengenai ramai tidaknya minimarket tersebut.

Bahkan tanpa mengeluarkan biaya atau tenaga lebih, kita tinggal mengamati selama beberapa hari di minimarket yang rencananya akan kita tempati. Tentu kita bisa melihat dan mempertimbangkan ramai tidaknya minimarket tersebut. Atau juga jangan sungkan untuk menanyakan pada pegawai minimarket tersebut. Namun tetap, dengan mengamati secara langsung kita bisa lebih yakin.

Tidak hanya ramai tidaknya, di sini kita juga bisa mendapatkan informasi tentang pasar konsumen apakah sesuai dengan target usaha kita. Sebagai contoh jika kita ingin membuka booth makanan cepat saji berkonsep modern, tentu akan lebih potensial jika memilih minimarket yang ramai dikunjungi anak muda atau pegawai kantoran.




2. Potensi Jenis Usaha yang Beragam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, unit usaha yang digelar di kawasan minimarket memang sangat beragam mulai barang hingga jasa. Ini tentu juga menjadi keuntungan bagi calon mitra.

Dari pengamat umum, usaha yang banyak di area minimarket memang masih didominasi oleh usaha makanan, utamanya kudapan atau minuman ringan. Namun bukan berarti bisnis jasa bakal mati kutu jika dikembangkan di area tersebut. Pasalnya di beberapa kawasan, justru bisnis jasa seperti servis perangkat #game, penjahit hingga wahama bermain anak nampak menuai banyak pelanggan.

Jadi tidak masalah unit usaha apa yang akan kita jalankan. Yang jelas pastikan terlebih dahulu potensi pasar dan konsumen di area minimarket apakah sesuai dengan usaha yang akan dijalankan. Jika tidak sesuai, ya tinggal mencari lokasi minimarket lain yang lebih potensial.

3. Keamanan dan Fasilitas Kios Usaha

Keuntungan berikutnya adalah dalam hal keamanan dan fasilitas kios usaha. Yang dimaksudkan dengan keamanan adalah soal legalitas tempat usaha kita. Karena jika dibandingkan dengan berjualan secara kaki lima, tentu lebih legal. Selain itu memang umumnya, minimarket dibangun di area yang terbilang kondusif serta aman.

Terkait fasilitas, sebagai contoh jika kita berjualan di malam hari, tentu akan lebih mudah mendapatkan pencahayaan karena di area tersebut saja sebenarnya sudah cukup terang. Ketika membutuhkan listrikpun, umumnya pihak pengembang juga menyediakannya.

Baca juga: 6 Peluang Usaha Kecil yang Menguntungkan di Sekitar Kampus

Bagaimana, tertarik menjalankan usaha di area minimarket? Tentu boleh saja. Namun yang harus anda perhatikan sebelum resmi menjalin kerjasama penggunaan lahan yakni tentang budget bisnis. Dengan segala keuntungan yang ditawarkan, tentunya biaya sewa di area minimarket tidak kecil juga.

Namun yang pasti jika kita bisa mengelola dengan baik serta didahului dengan riset pasar yang tepat, niscaya area minimarket dapat menjelma menjadi sarana usaha sempurna bagi bisnis anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Membuka usaha dgn modal 6 jutaan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud