Strategi Membangun Customer Base untuk Meningkatkan Omset Bisnis Online

Membangun-Customer-Base

Di zaman modern seperti ini semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai #bisnis online. Tak mengherankan karena saat ini akses internet bisa diperoleh di mana saja dan kapan saja secara mudah. Kita tinggal terhubung dengan gadget atau notebook berjaringan internet untuk bisa mengurus bisnis online dari mana saja.

Membangun bisnis online mungkin tampaknya mudah, namun ternyata belum tentu semudah yang kita bayangkan. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan baru. Sebuah bisnis online baru biasanya menggunakan optimasi #SEO atau konsep pay per click ads untuk mendatangkan lebih banyak lagi pelanggan ke bisnis online nya.

Namun salah satu konsep yang dilakukan oleh ClickinMoms menjadi salah satu konsep baru yang cukup unik dan efektif, yakni membangun komunitas dan customer base yang potensial bagi penjualan produk. Ingin tahu seperti apa rahasia sukses ala ClickinMoms? Berikut bocorannya.

1. Mencoba Konsep yang Modern

Kita yang ingin dan tertarik merintis bisnis online bisa banyak belajar dari apa yang dilakukan oleh website ClickinMoms. Sebelum resmi meluncurkan bisnis, ClickinsMoms adalah forum online yang menjadi sarana aktivitas, diskusi dan berbagi informasi antar sesama pecinta fotografi. Para pecinta dunia fotografi bebas melakukan diskusi terkait dengan objek foto, teknik pencahayaan, pengambilan angle yang sesuai bahkan hingga informasi seputar kualitas alat-alat fotografi.

Artikel lain: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

Dengan cara seperti ini, ClickinMoms telah membangun suatu customer base modern yang mampu menjadi target penjualan produk yang tepat. Turn over pelanggan dapat diminimalkan karena komunitas tersebut memang dispesifikasikan sesuai target pelanggan tertentu.




2. Membangun Komunitas yang Solid

Membangun komunitas yang solid memang tak mudah. ClickinMoms pun memulainya dengan mem-publish beragam konten untuk menciptakan hubungan yang komunikatif dan akrab dengan anggota komunitas yang bergabung di dalamnya. Para anggota komunitas tentu akan merasa senang dengan tampilan home dan user interface yang sederhana namun menarik.

ClickinMoms membuat para anggota komunitas merasa nyaman dan seakan tak bisa lepas dari konten-konten menarik yang disajikan. Butuh waktu yang panjang untuk mewujudkan sebuah komunitas yang solid dan interaktif, namun hal tersebut memang harus dibangun secara perlahan agar semua pihak yang terlibat didalamnya merasa nyaman. Tujuan akhir kita memang menghasilkan uang dari komunitas customer base yang solid. Tapi cobalah untuk mencapai hal tersebut secara perlahan tanpa harus tergesa-gesa. Image yang baik tentu dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah bisnis online.

3. Memperkenalkan Produk Secara Perlahan

Para anggota komunitas Anda mungkin akan merasa kesal ketika kita mulai mencoba menarik uang dari mereka. Namun hal tersebut bisa diatasi bila kita memulainya secara perlahan. Jangan berusaha terus menerus untuk menampilkan iklan donasi setiap ada pengguna internet yang membuka website kita.

Hal tersebut hanya membuat pengguna internet atau anggota komunitas lainnya jadi muak dan memutuskan untuk meninggalkan customer base yang sudah kita bangun. Mulailah memunculkan halaman donasi atau iklan produk secara perlahan untuk menarik perhatian para anggota customer base.

4. Tawarkan Keuntungan Lebih

Menarik uang dari komunitas tentu harus diimbangi dengan kualitas pelayanan yang memuaskan. Tawarkan jasa konsultasi, halaman thread yang eksklusif serta sejumlah keistimewaan lainnya bagi para anggota yang rela menyisihkan uangnya untuk melakukan donasi atau mencoba produk kita. Bila website kita senantiasa memberikan konten yang informatif dan bermanfaat, bukan mustahil akan banyak pengguna internet yang rela membayar untuk menjadi subscriber dan mendapatkan fitur-fitur penting dari website kita.




Baca juga: Beberapa Kelebihan Bisnis Online, Tapi Jangan Terlena!

Jika hal tersebut sudah berhasil, berarti sudah saatnya kita mulai menjual produk-produk baru yang berkaitan dengan komunitas yang kita bangun. Para anggota komunitas tentu akan bangga bila bisa menggunakan produk atau merchandise yang menunjukkan identitas mereka sebagai bagian dari suatu komunitas solid. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengembangkan customer base secara perlahan-lahan. Karena komunitas besar yang solid bisa menjadi jalan yang mulus bagi kita untuk mengembangkan suatu bisnis online.

Segala sesuatu yang besar pasti bermula dari hal yang kecil dan sederhana. Semoga bermanfaat. :)



2 total comments on this postSubmit yours
  1. keren bgt cara nya bro,ane juga jadi ingin membangun komunitas seperti itu ,gimana kalau kita bangun bro

  2. Perlu usaha ekstra keras untuk membangun sebuah bisnis hingga kokoh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud