Memahami Pentingnya Social Object Dalam Marketing Digital

Social-Object-Dalam-Marketing-Digital

Bukan rahasia lagi bahwa saat ini dunia bisnis sudah mulai bergeser pada era digitalisasi. Beragam produk serta jasa sudah bisa ditemui di dunia maya. Pun dalam proses jual belinya, semua dapat dilakukan tanpa harus kita bertatap muka, semua proses bisa di lakukan secara online hingga kurir datang mengantarkan barang pesanan kita. Bahkan bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu ke depan, orang tak perlu keluar rumah untuk memenuhi beberapa jenis kebutuhan hidup sehari-hari.

Sebaliknya bagi penjual, semakin berkembangnya perdagangan digital tentu menjadi tantangan tersendiri disamping sebuah peluang yang harus dimanfaatkan. Untuk mereka yang sudah menjalankan bisnis secara offline atau mulai mengembangkan bisnis full online, memahami seluk beluk marketing digital tentu menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Namun sadar atau tidak kini ada sebuah nilai marketing digital yang amat sering terlupakan oleh online marketer, yakni “Social Object”. Apa dan bagaimana pentingnya kah nilai ini sehingga harus dipahami oleh pelaku bisnis online? Berikut pembahasannya.

Artikel lain: 7 Tehnik Online Marketing Ini Akan Jadi Tren di Tahun 2015



Memahami Pengertian Social Object

Setiap orang yang masuk pada lingkup sosial mulai dari lingkungan keluarga, tempat tinggal, hingga lingkungan se-profesi tentu mempunyai suatu bentuk hubungan yang khusus. Hubungan tersebut dapat dihasilkan dari keterkaitan, saling membutuhkan, serta alasan yang lain.

Namun yang jelas ada sesuatu yang mendasari mereka untuk berkumpul dan bertahan dalam lingkungan tersebut. Hubungan tersebut juga perlu untuk dijaga, dan lagi-lagi alasan untuk menjaga hubungan tersebut juga bisa beragam. Nah secara sangat sederhana, Social Object dapat difahami sebagai semua alasan mengapa orang masuk, membentuk dan bertahan dalam sebuah kelompok.

Pun juga pada dunia bisnis online dalam hal ini lebih detil yakni marketing digital, Social Object juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan. Namun masalahnya kini ketika sebuah #bisnis online dijalankan dengan tujuan awal profit oriented bukan costumers oriented, maka para pebisnis online akan sulit mengenali pentingnya efek Social Object tersebut.

Saat ini pelaku digital Marketing hanya kebanyakan hanya terpaku pada beberapa hal seperti banyaknya followers #media sosial, efek buzzer ataupun peran penting influencer. Padahal dibalik itu semua terdapat nilai yang tak kalah penting yakni mengejar Social Object tadi.

Sebagai kesimpulan, Social Object dapat difahami sebagai sesuatu yang membuat orang mau berhubungan dengan kita, apa yang membuat pembeli mau untuk “berkenalan” dengan brand bisnis kita.

Artikel lain: Perkembangan Strategi Pemasaran Modern – Anda Harus Ikuti Perubahan!

Social Object – Pendekatan Bukan Pemaksaan

Saat menjelajahi dunia internet rekan-rekan mungkin sering menemui tulisan atau promo seperti “ Follow Twitter Kami Untuk Mendapatkan Potongan Harga” atau “Dapatkan Harga Promo Hanya Dengan Like Fanspage …. “

Jika dipahami kembali mungkin akan banyak konsumen yang tertarik dengan trik semacam ini, namun disadari atau tidak kita sudah memberikan beban kepada calon konsumen bahkan sebelum mereka benar-benar menyukai produk kita. Beban tersebut secara psikologis akan semakin memperburuk brand kita jika nantinya ternyata apa yang kita tawarkan tidak sebaik ekspektasi konsumen. Hasil akhirnya, tidak hanya mereka akan langsung unfollow namun feedback negative pun akan tersebar. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi bukan.

Disinilah pentingnya Social Object dijalankan, sebagai ilustrasi seperti saat seorang pria melihat seorang wanita disebuah tempat. Ia sangat tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam tentang wanita tersebut. Tentu tidak mungkin ia mengatakan “kalau kamu suka saya, saya akan traktir kamu deh”.

Pendekatan yang dilakukan tentu membuat percakapan yang bisa mejalin hubungan dengan wanita tersebut. Seperti berkenalan secara sopan, basa basi lalu mulai menggiring pada pembicaraan seputar hobi, pekerjaan, atau sekolah. Dari percakapan tersebut bisa saja ada hal yang terkait, seperti mungkin mempunyai hobi yang sama atau kuliah di universitas yang sama. Dari situ dengan sendirinya wanita tersebut akan terhubung dengan sang pria dalam kondisi yang lebih hangat.

Kembali ke dunia marketing digital memang diperlukan pengamatan serta kreatifitas lebih jika ingin mencapai Social Object antara brand dan konsumen. Langkah pertama yang harus diperhatikan yakni mengenai content marketing. Menciptakan konten utamanya di media sosial menjadi ujung tombak terjalinnya Social Object yang baik. Ciptakan konten yang benar-benar diperlukan dan mampu membuat efek viral dari satu konsumen pada konsumen lain.

Baca juga: Memposting Konten Media Sosial, Bukan Hanya Teks Lho!

Terkait kontent marketing, setidaknya ada 3 kriteria agar konten tersebut dapat menjembatani terbentuknya Social Object, meaningfull, fresh serta sustainable. Meaningfull berarti konten tersebut benar-benar diperlukan oleh konsumen kita dan sesuai dengan produk yang dijual, fresh berarti konten tersebut belum pernah ada sebelumnya atau belum pernah dibuat oleh pesaing kita dan sustainable berarti konten tersebut dapat bertahan lama untuk terus dibincangkan.

Sudah siap menjalin hubungan dengan konsumen yang lebih baik? :)






3 total comments on this postSubmit yours
  1. thanks maxmanroe, artikelnya sangat membatu..
    dan beberapa metode sudah coba saya lakukan dengan tidak tidak melakukan perintah atau paksaan kepada calon potensial buyer. ini benar-benar sangat bekerja, walaupun seditik agak lama.. :D
    tapi metode ini bekerja dengan baik. thanks

  2. dear bpk / ibu
    saat ini saya sedang mengerjakan skripsi saya tentang strategi promosi di media
    digital , apakah bpk / ibu memiliki buku referensi tentang hal diatas, mohon dibantu sekiranya ada

    terima kasi

    exaudi silalahi
    0812 8821 5122

  3. Kira2 sm gk ya sprti kita mmberikan diskon tertentu kpd konsumen? Misal diskon saat hari valentine gtu? Apakah hasil akhirnya sm sprti kasus diskon jika memfolow/ like fanspage?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud