Maya Indraswari ~ Raih Sukses Bisnis Toko Bunga Berbekal 1 Juta

Image dari Stella-florist.com

Image dari Stella-florist.com

Apapun bidang bisnis Anda, jika dijalani dengan penuh dedikasi dan keseriusan maka kesuksesan menjadi hak Anda. Modal uang? rasanya itu menjadi nomor dua, yang paling utama adalah modal dari diri Anda sendiri.

Jika mindset dari diri Anda sudah benar, maka modal uang itu bisa Anda nomor duakan. Ada banyak pengusaha sukses yang bahkan memulai bisnis nyaris tanpa memiliki modal uang yang besar. Sederhananya, jika Anda memiliki kemauan yang besar, tentunya jalan akan lebih terbuka untuk memulai sebuah bisnis.

Jika Anda masih ragu dengan hal di atas, simak kisah sukses Maya Indraswari ini, yang mampu membuka bisnis toko bunga dengan modal 1 juta saja. Bagaimana awal mula ia mulai merintis bisnis toko bunga dengan fokus usaha merangkai bunga dengan omzet jutaan rupiah, bagaimana perjuangan hingga jatuh bangunnya? berikut cerita singkatnya.

Belajar dari Kegagalan Untuk Menjalankan Bisnis

Perjalanan bisnis Maya Indraswari ini bisa dibilang tidak cukup mudah. Sebelum ia benar-benar sukses dalam bisnis toko bunga, ia mengalami beberapa kali kegagalan dalam mengelola usaha. Namun kegagalan demi kegagalan yang dirasakan Maya Indraswari tidak membuatnya merasa lelah dan menyerah. Kegagalan tersebut justru membuat Maya semakin kaya pengalaman dan bisa banyak mengambil pelajaran.

Belajar dari kegagalan membangun sebuah bisnis yang selalu berhenti di tengah jalan, akhirnya Maya pun memutuskan untuk lebih fokus dan serius dalam menggeluti dunia bisnis. Ia memutuskan keluar dari perusahaan asing tempat ia bekerja selama 14 tahun. Kala itu, berat bagi Maya untuk meyakinkan dirinya menjalani bisnis secara full time.

Artikel lain: Belajar Berbisnis Busana Muslim dari Dian Pelangi

Memulai Bisnis Secara Tidak Sengaja dengan Modal Terbatas

Setelah memutuskan untuk keluar dari pekerjaan yang sudah ia jalani selama 14 tahun, Maya kemudian mencoba peruntungan pada bisnis toko bunga. Pada awalnya, menurut Maya sendiri bermula dari sebuah ketidak sengajaan. Tanpa sengaja ia bertemu dengan seorang perangkai bunga handal yang memiliki keinginan sama untuk memulai bisnis ini. Nah, dari sinilah cerita bisnis toko bunga Maya Indraswari dimulai.

Ia mengaku, bisnis ini sebenarnya dimulai dengan modal yang sangat terbatas. Bisnis toko bunga yang sekarang memiliki brand Stella Florist tersebut pada awal memulai hanya dengan modal 1 juta rupiah saja. Menurut Maya, untuk memulai bisnis toko bunga, sebenarnya tidak memerlukan modal uang yang terlalu besar. Cukup dengan Rp 5,5 juta rupiah saja sudah bisa digunakan untuk membuka usaha bisnis toko bunga.

Persaingan Ketat, Harus Pandai Atur Strategi

Dalam menjalankan bisnis toko bunga ini, menurut Maya sendiri banyak sekali kompetitor nya, terutama untuk bisnis rangkaian bunga. Banyaknya kompetitor dalam bisnis ini, mengharuskan nya pintar-pintar mengatur strategi.

Menurutnya, hal inilah yang selalu ia lakukan untuk memberikan “first impression” pada calon konsumen. Salah satu cara yang diambil oleh Maya adalah dengan melakukan promosi secara kreatif. Ia menjalankan strategi promosi yang berbeda dari pelaku bisnis toko bunga yang lain. Dengan keterbatasan modal yang ia miliki, ia merasa sangat perlu melakukan promosi yang efektif dan efisien.




Baca juga: Tati Hartati ~ Perintis Brand Busana Muslim Dannis Collection

Perkembangan Bisnis Toko Bunga Maya Indraswari

Dari yang hanya bermula dari modal 1 juta rupiah saja, kini bisnis bunga Maya ini berkembang dengan pesat. Saat ini bahkan memiliki tiga karyawan tetap dengan kapasitas produksi mencapai 15 pesanan rangkaian bunga setiap harinya. Seringkali Maya mendapatkan pesanan dadakan yang tidak terduga, sehingga membuatnya merekrut karyawan lepas untuk menanganinya.

Jangkauan pasar toko bunga rangkai Maya ini pun kini sudah meluas mencapai wilayah Jabodetabek. Omzet yang ia dapatkan pun sudah mencapai 50 juta rupiah setiap bulannya. Toko bunga milik Maya biasanya mengalami pesanan yang tinggi ketika musim pelantikan pejabat, hari raya atau juga pada musim pernikahan. Dan sering mendapat pesanan mendadak biasanya pada saat ada seorang public figure meninggal dunia, seperti artis atau pun pejabat pemerintahan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Keren bang informasi, kalo kita belum sebesar mbak maya kalo mempunyai modal yang kecil

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud