Mau Sukses Berbisnis? Ini Mindset yang Harus Kita Ubah

Terjun ke dunia bisnis tentu bukanlah hal yang mudah. Selain karena butuh perjuangan yang keras agar bisa menjadi sukses sebagai pengusaha, pendapatan yang tidak tetap pun juga membayang-bayangi seseorang yang ingin terjun ke dunia usaha. Apalagi jika saat ini Anda sedang berada di zona nyaman, menjadi seorang pegawai di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah dengan berbagai fasilitas. Pasti akan sangat sulit untuk beralih profesi menjadi seorang pengusaha, ditambah lagi jika Anda sudah punya tanggungan, yaitu anak dan istri. Anda pasti akan berpikir berkali-kali untuk terjun kedunia yang serba tidak pasti, menjadi pengusaha.

Tapi jika Anda memang punya jiwa wirausaha, tentu halangan seperti itu tidak akan menciutkan nyali bukan. Nah Mindset seperti inilah yang sebenarnya bisa menjadi modal awal seseorang ketika akan terjun ke dunia bisnis. Dengan memiliki mindset yang benar, maka peluang Anda untuk sukses di dunia usaha akan lebih besar, bahkan Anda sendiri mungkin tidak sadar ketika sudah mencapai puncak kejayaan. Nah, mau tahu lebih lanjut apa saja sih mindset yang harus kita ubah untuk menjadi pebisnis yang sukses? Yuk ikuti ulasan kami:

1. It’s Not Just About Money

Ketika kita ingin terjun ke dunia bisnis, kebanyakanya orang pasti akan berpikir tentang berapa jumlah modal yang harus disiapkan untuk membuat bisnis tersebut berjalan. Dan sebagian besar dari kita akan kebingungan, bagaimana caranya bisa mendapatkan modal untuk memilai usaha tersebut. Kalau selama ini Anda hanya berpikir tentang modal materiil, saatnya buang jauh-jauh pikiran itu.

Artikel lain: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

Modal utama seorang pengusaha bukanlah uang, melainkan kreativitas. Ketika kita memiliki kreativitas, akan lebih mudah untuk mendapatkan modal. Misalnya, ketika Anda ingin membuat sebuah usaha, Anda bisa membuat proposal usaha kemudian memberikannya kepada orang tua atau keluarga terdekat untuk membantu membangun sebuah bisnis. Tentu saja Anda akan memberikan reward kepada orang yang memberikan Anda pinjaman uang untuk modal, bisa dalam bentuk perjanjian kerjasama ataupun profit sharing. Jadi uang bukanlah modal yang utama tapi kreativitas.

2. Merasa Tidak Percaya Diri? Buang Jauh-Jauh Deh

Rasa tidak percaya diri adalah momok yang sering membuat seorang calon pengusaha menjadi galau saat akan membangun sebuah bisnis. Kita harus buang jauh-jauh perasaan tidak percaya diri bila serius ingin bergelut di dunia bisnis. Karena kalau tidak, bisnis Anda tidak akan berkembang dan bahkan bisa saja menjadi bangkrut. Tentu kita tidak ingin seperti itu bukan?




Nah karena itu Anda harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi, apalagi jika berhadapan dengan klien. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, klien pun akan susah mempercayai kita, right?

3. Sukses di Dunia Bisnis Tidak Ditentukan oleh Bakat

Banyak yang berpendapat bahwa seseorang yang sukses di dunia bisnis karena ia mempunyai bakat yang luar biasa dalam berbisnis. Dan karena Anda merasa tidak berbakat, Anda pun mengurungkan niat untuk terjun ke dunia bisnis. Kenyataannya, mindset seperti itu adalah sebuah kekeliruan besar dan sering jadi penghalang seseorang untuk maju.

Seseorang yang sukses di dunia bisnis adalah pribadi yang memiliki keyakinan tinggi dan juga keuletan, bukan hanya karena bakat. Jadi jangan pernah merasa minder karena kurang berbakat, sebenarnya bakat itu bisa diganti dengan keuletan. Betul tidak?

4. Tenang Saat Mengalami Cobaan dalam Berbisnis

Setiap orang pasti akan selalu berhadapan dengan masalah dalam berbisnis, baik pada saat kita merintis ataupun pada saat sudah merasakan kesuksesan. Ingatlah, jika kita ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses maka kita harus memiliki mental pantang menyerah dan cerdas dalam mencari solusi. Jadi Anda harus terus melatih jiwa pantang menyerah dan selalu belajar mencari solusi terbaik dalam setiap permasalahan.

Baca juga: Bakat vs Usaha – Tak Ada Usaha, Bakat Akan Lenyap!




Itulah beberapa yang bisa kami bagikan kepada Anda tentang mengubah mindset untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Intinya adalah, ketika kita berniat menjadi seorang pengusaha maka kita harus benar-benar terjun sepenuhnya ke dunia usaha. Jangan setengah-setengah karena hasil yang Anda dapatkan nantinya tidak akan maksimal. Apapun usaha Anda, lakukanlah bisnis tersebut dengan serius. Good luck.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Memang menjadi orang sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena butuh perjuangan serta pengorbanan yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya… jangan biarkan dunia menggerakkan kita namun seharusnya kita lah yang menggerakkan dunia /…

    Salam Sukses

  2. Saya memiliki bisnis yang bergerak dibidang hasil bumi, yaitu kopi, namun seau ditolak ketika hendak menawarkan produk tesebut ke swalayan di kota saya, gmna solusi nya ya bang?

  3. Saya menjalani bisnis konveksi kaos sistem Pre Order. Tapi hobi di servis komputer. Terkadang waktu berbenturan . mohon solusi nya

  4. Terima kasih artikelnya Mas Max, sangat membantu bagi saya untuk merubah mindset dalam mulai menjalankan bisnis.

  5. Sayangnya, banyak mahasiswa kolot yang berorientasi pada gaji semata

  6. Saya juga lagi belajar memulai bisnis mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud