Marissa Mayer ~ Wanita Sukses Sang CEO Yahoo!

marissa-mayer

Image dari betabeat.com

Dilahirkan sebagai seorang wanita nyatanya tidak pernah menghalangi dirinya mendapatkan posisi yang lebih banyak diraih oleh kaum pria. Bahkan dengan kemampuan serta dedikasinya yang tinggi, tidak sedikit rekan pria yang menaruh respect tinggi pada sosoknya. Ialah Marissa Mayer, eksekutif wanita sukses yang kini menjabat sebegai CEO di perusahaan internet raksasa Yahoo!.

Memang sedikit wanita yang bisa menorehkan prestasi setinggi apa yang telah didapatkan oleh Marissa Mayer, namun yang pasti saat ini dirinya bisa menjadi inspirasi bagi jutaan wanita lain yang bukan tidak mungkin akan menyusul karir besarnya tersebut. Tertarik mengetahui lebih dalam tentang sosok seorang Marissa Mayer? Berikut ini ulasan singkat mengenai perjalanan hidup dan karir sang CEO Yahoo!.

Kisah Hidup Marissa Mayer

Lahir di kota Wausau, Wisconsin, ialah Marissa Mayer. Ia lahir dengan nama asli Marissa Ann Mayer pada tanggal 30 Mei 1975. Ia adalah anak dari pasangan ayah Michael Mayer dan ibunya Margaret Mayer. Sang ayah adalah seorang insinyur yang bekerja di salah satu perusahaan di Wisconsin. Sedangkan ibunya adalah seorang guru seni. Namun entah bagaimana jalan hidupnya membimbing Marissa ke jalan yang benar-benar berbeda dengan kedua orang tuanya.

Selepas menuntaskan pendidikannya di Sekolah Tinggi West Wausau, pengalaman hebat sudah menghampiri Marissa. Karena dikenal sebagai murid dengan kecerdasan yang cukup menonjol di bidang sains akhirnya dirinya diminta oleh Gubernur Wisconsin pada waktu itu yaitu Tommy Thompson untuk mengikuti sebuah konferensi sains untuk pemuda yang diadakan di West Virginia. Dari sini kemampuannya dalam bidang sains dan komputer sudah mulai nampak.

Rekam jejak pendidkannya yaitu menamatkan program bachelor pada jurusan Sistem Simbolis dan master pada jurusan Ilmu Komputer di Universitas Stanford. Tidak hanya itu dirinya juga tercatat sebagai pemegang title doktor honoris causa dari Illinois Institute of Technology pada tahun 2009. Titel tersebut ia dapatkan atas karyanya dalam mengembangkan perusahaan mesin pencarian Google.




Pada tahun 2009 jugalah ia memutuskan untuk menikah dengan seorang pebisnis sukses yang bergerak dalam bidang real estate, pria tersebut bernama Zachary Bogue. Mereka menikah tepat pada tanggal 12 Desember 2009. Dan saat ini keluarganya telah dianugerahi putra.

Artikel lain: Merry Riana ~ Motivator Wanita Sukses Dari Indonesia

Perjalanan Karir Marissa Mayer

Lepas dari bangku kuliah, dirinya masuk ke dalam pengembangan perusahaan yang kini telah menjadi salah satu perusahaan internet terbesar di dunia, Google Inc. Bisa dikatakan bahwa dirinya juga merupakan salah satu dari tim pendiri Google pada waktu itu. Ia yang seorang perempuan adalah satu-satunya insinyur wanita pertama yang ada di Google, baru setelahnya disusul beberapa insinyur wanita lain.

Tiga belas tahun berkarya bersama Google tentu saja bukan waktu yang singkat. Diakui atau tidak ia juga telah memberikan sentuhannya sendiri hingga Google bisa sebesar saat ini. Di Google ia mendapatkan jabatan yang cukup banyak mulai dari insinyur, manager produk, eksekutif hingga desainer langsung dari produk-produk Google. Jika ditanya salah satu kontribusi terbesar Marissa bagi Google adalah desain minimalis yang diusung oleh mesin penelusuran Google.

Tampilan ringkas dan fungsional ala Google tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang Marissa. Saat orang lain berfikir membuat tampilan yang “ramai” dengan berbagai atributnya, ia mempertahankan agar Google terlihat lebih bersih, dan nyatanya desain minimalisnya tersebut menjadi treadmark yang mendunia saat ini.




Nama Marissa makin bersinar setelah Google perlahan berkembang dan kian menggurita. Sudah banyak project Google yang gol lewat tangan dingin Marissa. Mulai dari Gmail, Google Maps, hingga layanan info online iGoogle. Bersama Google, Marissa dianggap sebagai salah satu wanita paling sukses serta paling berpengaruh di dunia teknologi. Tidak sedikit award yang disandingkan pada namanya, mulai dari 50 wanita paling berpengaruh versi majalah Fortune pada tahun 2008, 2009, 2010, 2011  hingga Female Glamour Magazine of the Year tahun 2009.

Marissa Mayer Menjadi CEO Yahoo!

Setelah begitu lama berada di Google, pada tahun 2009 Marissa mengambil langkah yang cukup mengejutkan dengan pindah dari Google ke perusahaan saingan terberatnya yaitu Yahoo!. Keputusan tersebut tentunya bukan hal yang mudah, dirinya telah mempertimbangkan banyak hal hingga akhirnya memutuskan pindah.  Dan setelah pindah ternyata karir Marissa makin menanjak, tepat pada tanggal 16 Juli 2012 dirinya resmi diangkat menjadi CEO dari Yahoo! Inc menggantikan CEO sebelumnya.

Cukup banyak perubahan yang dibawa oleh wanita dengan visi luar biasa tersebut. Kinerjanya yang cukup baik tentunya mengundang banyak sekali opini dan tanggapan dari para pengamat dunia bisnis di Amerika. Karena memang banyak yang menyayangkan keputusan kepindahan Marissa dari Google ke Yahoo. Namun dirinya membuktikan bahwa kepindahannya tersebut bukan hanya atas alasan uang atau apapun, tapi dia punya visi yang ingin ia wujudkan. Dan bersama Yahoo lah ia ingin mewujudkanya.

Bahkan salah satu media bisnis populer yang ada di AS menyebutkan setidaknya ada 4 alasan utama kenapa Marissa pantas menduduki posisi wahid di perusahaan Yahoo!. Alasan tersebut antara lain karena ia mempunyai fokus yang amat baik, ia bisa menjadi mentor yang luar biasa bagi rekannya, ia bertangan dingin dalam mengerjakan tiap hal, dan yang terakhirnya karena kepopulerannya yang kian menanjak. Semua hal tersebut memang tidak banyak dimiliki oleh wanita biasa, namun yang jelas tidak ada yang tidak mungkin. Bagi semua wanita, masa depan yang luar biasa adalah kesempatan untuk semua saja yang mau mengejar dan berusaha dengan keras untuk mencapainya.

Baca juga: Anne Ahira – Pendiri Asian Brain Internet Marketing Indonesia

Biodata Singkat Marissa Mayer

  • Nama Lengkap : Marissa Ann Mayer
  • Nama Populer : Marissa Mayer
  • Tempat, Tanggal lahir :  Wisconsin, 30 Mei 1975
  • Kebangsaan : Amerika
  • Pendidikan : B. S. in symbolic systems, Stanford University 1997.  M.S. in computer science, Stanford University 1999
  • Posisi : CEO Yahoo! Inc
  • Suami : Zachary Bogue
  • Sosial Media : www.twitter.com/marissamayer

Berikut ini sebuah video wawancara Marissa Mayer dalam sebuah acara.

Saat ini Marissa Mayer masih menjabat sebagai CEO Yahoo! Inc. Dan laporan terakhirnya, berkat keputusan besar berpindah dari Google serta gajinya sebagai salah seorang CEO wanita terbaik saat ini, ia mempunyai kekayaan yang mencapai $ 300 juta dolar Amerika dengan gaji pertahunnya yang mencapai $ 20 juta dolar Amerika. Para wanita siapkah meraih sukses milik mu sendiri? Be Inspired.

Tags terkait: #Mompreneur



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Luar biasa seorang wanita menjadi salah satu ceo mesin pencari terbesar kedua di dunia

  2. Sekarang yahoo telah di akuisisi oleh verizon tapi salut buat mayer yang telah memajukan yahoo.

  3. Sangat meninsfirasi buat kita semua…Smoga bisa mengikuti jejaknya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud