Beranda General 4 Manfaat Genset di Jakarta untuk Perekonomian dan Kehidupan

4 Manfaat Genset di Jakarta untuk Perekonomian dan Kehidupan

Manfaat Genset
Ilustrasi Genset via Rajawalindo.com

Jakarta merupakan kota besar dan pusat perekonomian di Indonesia. Inilah salah satu alasan mengapa banyak pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya di kota Jakarta.

Di Jakarta kita bisa menemukan berbagai jenis bisnis, mulai dari perusahaan yang kecil hingga perusahaan raksasa, perusahaan domestik hingga perusahaan multinasional. Dan pertumbuhan bisnis di kota Jakarta membuat tingkat pembangunan gedung bertingkat menjadi sangat masif.

Besarnya kegiatan perekonomian di kota Jakarta juga sangat mempengaruhi aspek kehidupan masyarakatnya. Para karyawan yang bekerja di Jakarta tentu membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerjanya. Dan lagi-lagi apartemen pun banyak dibangun di Jakarta untuk kebutuhan tempat tinggal.

Salah satu hal terpenting dalam aktivitas perekonomian adalah air bersih dan listrik yang dibutuhkan oleh semua aspek kehidupan dan bisnis di Jakarta sehari-hari. Bahkan, listrik menjadi kebutuhan pokok dalam bergeraknya semua aspek bisnis karena tanpa adanya listrik semua roda bisnis akan terhenti dan dapat mengakibatkan kerugian besar.

Rumah sakit, hotel, apartemen, serta pabrik membutuhkan listrik dengan kapasitas yang sangat besar. Sumber listrik selain dari PLN adalah dari genset yang menggunakan bahan bakar diesel. Genset memiliki kapasitas yang beragam sesuai dengan kebutuhan listrik yang dibutuhkan dari setiap gedung.

Manfaat Genset Secara Umum

Dari penjelasan di atas, lalu apa manfaat genset di Jakarta? Secara umum fungsi genset adalah untuk memasok daya alternatif yang diperlukan ketika suplai listrik dari PLN padam secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Berikut ini adalah beberapa manfaat genset:

1. Segi Ekonomi

Genset sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan produksi ketika pasokan listrik dari PLN padam tanpa terduga seperti yang pernah terjadi beberapa waktu yang lalu. Apapun jenis bisnis yang dijalankan tentu membutuhkan listrik untuk melaksanakan kegiatan ekonomi bisnis tersebut.

2. Segi Kelistrikan

Genset dapat mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik dan mengubah arus DC menjadi arus AC atau sebaliknya. Hal tersebut berfungsi untuk menyalakan listrik di suatu gedung sesuai dengan rancangan listrik pada bangunan tersebut.

3. Segi Kebutuhan

Ketika menyelenggarakan suatu acara di suatu area terbuka dan membutuhkan pasokan listrik, belum tentu ada energi listrik yang cukup memadai. Dengan memanfaatkan genset, maka suatu kegiatan yang membutuhkan aliran listrik dapat berjalan dan tanpa perlu khawatir listrik padam tiba-tiba.

4. Segi Fisika

Apa hubungannya genset dengan fisika? Seperti yang telah disebutkan, genset dapat mengubah energi dari bahan bakar menjadi tegangan dan menghasilkan arus listrik, yaitu listrik 1 fasa dan 3 fasa.

Tipe-Tipe dan Merek Genset

Genset terbagi menjadi dua tipe, yaitu genset open dan genset silent.  Genset open merupakan genset yang tidak memiliki kanopi penutup mesin. Sehingga disebut tipe open yang terkadang membuat bising karena suara mesin yang tidak teredam. Sedangkan genset tipe silent adalah genset tertutup yang memiliki kanopi dengan tujuan menutupi mesin dan meredam suara bising dari mesin.

Genset silent sangat cocok untuk semua gedung seperti rumah sakit, hotel dan apartemen. Tentunya dengan kapasitas yang besar juga tersedia untuk mencukup kebutuhan listrik. tidak bisa dibayangkan apabila listrik padam di rumah sakit, tentunya hal itu akan sangat mengganggu seluruh aktivitas yang ada.

Beberapa merk genset terbaik yang bisa ditemui di Jakarta adalah genset Perkins, genset Cummins, genset Yanmar, genset V-gen, dan genset Isuzu.

1. Genset Perkins

Pembuat genset merk Perkins adalah Frank Perkins dan charles Wallace Chapman dari tahun 1897 – 1979 yang berada di Inggris. Genset Perkins sangat terkenal dan dipakai dimana mana di seluruh dunia. Terdapat berbagai kapasitas yang bisa dipakai dari kapasitas 100 Kva sampai 2000 Kva. Harga genset Perkins silent di Jakarta pun beragam dari setiap distributornya. Tentunya harus pandai memilih dan bernegosiasi untuk mendapatkan harga terbaik.

2. Genset Cummins

Selanjutnya adalah genset merk Cummins yang berasal dari China dan menjadi merk terkenal dan banyak diminati juga setelah Perkins. Kapasitas genset Cummins terfokus untuk gedung-gedung yang membutuhkan suplai listrik yang banyak.

Karena itu genset Cummins menjadi pilihan lain untuk apartemen, hotel dan rumah sakit di Jakarta. Harga Jual genset Cummins di Jakarta sangat variatif dan kompetitif dari satu distributor ke distributor lainnya. Untuk itulah harus lebih pandai dalam memilih suplier genset Cummins di Jakarta.

3. Genset Yanmar

Genset Yanmar berasal dari Jepang yang merupakan genset terbaik juga. Harga jual genset Yanmar di Jakarta bisa didapatkan dengan murah apabila membelinya pada distributor yang tepat.

Sebelum membeli genset sangat disarankan untuk memilihnya di supplier jual genset jakarta yang terpercaya dan bergaransi.

Baca juga: Revolusi Industri 4.0

1 KOMENTAR

  1. tumben tumben jakarta total mati lampu? mati lampu sehari aja udah kayak mati lampu 1 tahun ya!! yaa itu namnya jakarta hehehe

Tinggalkan Balasan