10 Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis UKM

10 Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis UKM

manfaat digital marketing

Apa sih manfaat digital marketing bagi bisnis UKM? Tidak sedikit orang yang menganggap digital marketing adalah hal yang sepele, mungkin Anda salah satunya.

Faktanya, sejak tahun 2014 silam iklan di internet sudah mengalahkan iklan di TV dan jaringan TV kabel. Mungkin saat ini perbandingannya sudah sangat jauh.

Pemasaran digital multi-channel telah meningkat pesat dan meninggalkan jauh periklanan konvensional. Selain itu, brand-brand besar di seluruh dunia sudah sangat jamak menggunakan strategi digital marketing.

Lalu bagaimana dengan bisnis UKM?

Cukup banyak pelaku usaha kecil menengah yang menganggap bahwa digital marketing itu ribet dan sangat rumit. Faktanya, pemasaran digital itu tidak serumit yang Anda pikirkan selamat ini. Justru pemasaran digital lebih mudah dan memberikan manfaat besar bagi para pebisnis UKM.

Artikel lain: Cara Promosi Produk yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Berikut ini adalah 10 manfaat digital marketing untuk bisnis UKM Anda:

1. Terhubung Dengan Konsumen Secara Online

Jika dulu konsumen mencari informasi produk melalui media cetak, sekarang tidak lagi. Sebagian besar konsumen jaman sekarang lebih memilih mencari informasi tersebut via online karena dianggap lebih mudah dan cepat.

Untungnya, sekarang ini ada banyak kanal yang digunakan sebagai media pemasaran digital. Dengan begitu para pelaku bisnis UKM dapat menjangkau calon konsumen mereka lebih mudah dan cepat, yaitu via online.

2. Konversi Penjualan Jauh Lebih Tinggi

Melalui berbagai kanal pemasaran digital, bisnis UKM bisa menjangkau calon konsumen yang tertarget. Misalnya melalui search engine.

Calon konsumen yang tertarget maksudnya adalah mereka yang membutuhkan produk yang ditawarkan oleh UKM dan mencarinya melalui search engine. Pada umumnya calon konsumen dari mesin pencari konversinya sangat tinggi.

3. Biaya Pemasaran Lebih Hemat

Bila membandingkan biaya pemasaran digital dengan pemasaran konvensional, rata-rata pengusaha setuju bahwa pemasaran digital lebih efisien dari sisi biaya.

Tentunya biaya ini menjadi konsen penting bagi usaha kecil yang punya sumber daya terbatas. Selain bisa lebih berhemat, pemasaran digital juga akan menghasilkan penjualan dan konsumen baru.

4. Dapat Melayani Konsumen Secara Real-Time via Internet

Dengan pemasaran digital, bisnis UKM dapat langsung merespon konsumen secara real time. Ini akan memberikan dampak besar bagi penjualan.

Bisnis UKM akan mendapatkan keuntungan dari layanan konsumen secara real time, yaitu menghasilkan penjualan lebih besar, memberikan kepuasan pada konsumen, dan menjaga kesetiaan para pelanggan.

5. Menjangkau Pengguna Mobile

Faktanya, jumlah pengguna mobile (smartphone) di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Tentunya trafik dari mobile sangat berpotensi menambah keuntungan bagi para pengusaha.

Para pengguna mobil menggunakan smartphone mereka hampir setiap saat. Ini mempengaruhi perilaku mereka dalam berbelanja dan mencari informasi.

6. ROI Menjadi Lebih Tinggi

Banyak laporan yang mengatakan bahwa pemasaran digital memiliki Return of Investment (ROI) yang lebih baik ketimbang pemasaran konvensional, bahkan lebih baik dari telemarketing.

7.  Menjaga Posisi Pada Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis dari berbagai brand akan terlihat ketika mereka saling berlomba dengan campaign digital marketing mereka.

Dan itu sangat mudah kita temukan sekarang ini, dimana para pebisnis memanfaatkan berbagai kanal pemasaran digital untuk promosi, misalnya iklan PPC, Media Sosial, dan lain-lain.

8. Meningkatkan Pendapatan

Maraknya tren transaksi online terbukti dapat meningkatkan pendapatan para pengusaha UKM. Ketika konsumen percaya pada sebuah bisnis, mereka bisa berbelanja lebih banyak. Tentunya ini sangat bagus untuk bisnis.

9. Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika dulu bersaing dengan perusahaan besar merupakan tindakan yang sia-sia, maka dengan bantuan digital marketing hal ini bisa dilakukan.

Dengan strategi digital marketing yang tepat, bisnis UKM tidak hanya bisa mensejajarkan diri dengan perusahaan besar, tapi bisa bersaing head to head.

10. Mempersiapkan UKM untuk Era Internet of Things

Banyak laporan yang mengatakan bahwa pada tahun 2020 diprediksi akan ada 26 miliar gadget, mulai dari smartphone, tablet, jam tangan, kaca mata, sepatu, dan peralatan lainnya yang terhubung dengan ekosistem online secara global. Ini akan membentu era baru, yaitu era Internet of Things.

Melihat fakta-fakta ini, tentu saja para pemilik bisnis UKM tidak boleh berdiam diri atau hanya sekedar mengikuti arus saja.

Melihat Tingkat Kepercayaan Konsumen

Menurut sebuah infografis yang disajikan oleh situs Busines2Community.com, tingkat kepercayaan konsumen online saat ini cukup besar. Berikut datanya untuk kawasan Asia Tenggara:

  • Search engine : 57%
  • Sosial media : 53%
  • Video online : 52%
  • Online banner : 47%

Hingga saat ini, iklan-iklan di mesin pencari (khususnya Google) masih memiliki kredibilitas tertinggi. Sebanyak 57% konsumen mengindikasikan percaya pada kanal iklan di mesin pencari. Media sosial dan iklan video online mendapat kepercayaan dari konsumen online sebesar 52% – 53%.

Baca juga: Pentingnya Kekuatan Data Bagi Strategi Bisnis di Era Digital

Dari informasi ini kita bisa melihat begitu besarnya manfaat digital marketing bagi para pelaku bisnis UKM di Indonesia. Dengan adanya digital marketing ini, para pengusaha UKM tidak hanya akan mampu bersaing dengan perusahaan besar di dalam negeri, tapi juga bisa bicara banyak di market luar.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan