Solusi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah [PIN] di WhatsApp

Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Apakah kamu sedang mengalami masalah lupa kode verifikasi 2 langkah di WhatsApp? Kalau iya, maka kamu bisa menemukan solusinya di artikel ini.

Keamanan akun WhatsApp merupakan hal yang penting bagi pengguna aplikasi ini. Itulah alasan mengapa WhatsApp memiliki fitur keamanan berupa kode verifikasi.

Sebagai contoh, kita mendaftarkan satu nomor untuk akun WhatsApp. Maka kode verifikasi hanya akan dikirim ke nomor tersebut.

Dengan begitu, WhatsApp dapat mengkonfirmasi bahwa nomor tersebut milik kamu. Sehingga orang lain tidak dapat menggunakan akun WhatsApp orang lain sembarangan.

Pada perkembangannya, WhatsApp terus melakukan pembaruan dan mengembangkan keamanan aplikasinya. Salah satu pembaruan tersebut adalah kode verifikasi WhatsApp 2 langkah.

Apa Fungsi Kode Verifikasi 2 Langkah (PIN) di WhatsApp?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur keamanan berupa kode verifikasi WhatsApp metode 2 langkah merupakan pengembangan sistem keamanan di WA.

Fitur ini fokus meningkatkan keamanan akun WA yang sudah terdaftar.

Dengan fitur keamanan ini, setiap nomor WA yang sudah terdaftar tidak akan bisa dipakai oleh orang lain. Nomor tersebut dapat digunakan apabila kita mengetahui kode PIN 2 langkah yang sudah diaktivasi sebelumnya.

Kode verifikasi tersebut berfungsi seperti PIN di mesin ATM, atau password email. Jadi, meskipun nomor SIM hilang atau diambil orang, nomor tersebut tidak dapat digunakan untuk WhatsApp bila tidak memasukkan kode verifikasi.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kode Verifikasi 2 Langkah?

Silahkan skip bagian ini bila sudah tahu caranya.

Kamu dapat mengaktifkan fitur keamanan kode verifikasi 2 langkah dari pengaturan WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas > pilih menu Setelan.
    lupa kode verifikasi dua langkah wa
  • Buka menu Akun.
    mengaktifkan verifikasi dua langkah
  • Pilih menu Verifikasi dua langkah.
    verifikasi dua langkah
  • Lalu, ketuk tombol Aktifkan.
    Verifikasi 2 langkah
  • Selanjutnya, kamu harus membuat PIN. Masukkan 6 digit angka yang mudah kamu ingat sebagai kode verifikasi dua langkah. Ketuk tombol Lanjut.
  • Kamu perlu mengulang memasukkan PIN tadi untuk konfirmasi. Ketuk tombol Lanjut.
  • Selanjutnya, kamu juga perlu menambahkan alamat email. Ini perlu untuk mengembalikan akun kamu jika kamu lupa PIN. Ketuk tombol Lanjut.
  • Ulangi memasukkan email untuk konfirmasi. Ketuk tombol Simpan.
  • Terakhir, ketuk tombol Selesai.

Sampai di sini kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah di WhatsApp.

Cara Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Lalu, bagaimana jika ingin menonaktifkan fitur ini? Mudah saja, ikut langkah-langkah berikut:

  • Buka WhatsApp
  • Pilih menu Setelan
  • Buka menu Akun
  • Pilih menu Verifikasi dua langkah
  • Selanjutnya, ketuk tombol Nonaktifkan.
    Nonaktifkan verifikasi dua langkah

Lalu, bagaimana jika kita lupa PIN dan tidak bisa menggunakan WhatsApp? Yuk, simak solusi masalah lupa kode verifikasi 2 langkah (PIN) di WhatsApp.

Solusi Jika Lupa Kode Pin Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp

Meskipun jarang terjadi, hal ini bisa dialami oleh siapa saja. Lupa PIN membuat kamu tidak bisa membuka akun WhatsApp sendiri.

Beruntung, masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Cara Mengatasi Lupa PIN Verifikasi 2 Langkah WhatsApp dengan Email

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal ulang aplikasi WhatsApp di ponsel kamu. Uninstal lalu instal kembali aplikasi WhatsApp.

Jika menggunakan ponsel yang berbeda, silahkan instal dulu aplikasi WhatsApp di ponsel tersebut. Pastikan nomor SIM kamu masih aktif untuk proses verifikasi.

Catatan: menghapus atau memasang ulang WhatsApp tidak akan menonaktifkan atau menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WA. Kamu akan diarahkan ke halaman login untuk proses verifikasi nomor. Ketuk Setuju dan Lanjutkan.
    Masuk WA
  • Masukkan nomor telepon, lalu ketuk Lanjut.
    Masukkan Nomor Telepon
  • Setelah memasukkan nomor telepon, kamu akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan kode PIN dua langkah. Silahkan pilih Lupa PIN.
    Lupa PIN
  • Selanjutnya, ketuk tombol Kirim Email untuk melanjutkan prosesnya.
    Kirim PIN ke email
  • Kamu akan melihat konfirmasi bahwa WhatsApp telah mengirim pesan ke email untuk mereset PIN. Ketuk OK.
    Kirim PIN
  • Selanjutnya, silahkan periksa inbox email kamu. Cari email yang dikirim oleh WhatsApp, lalu buka link di email tersebut. Langkah ini untuk mereset PIN kamu.
    Catatan: Saya sarankan membuka linknya dari komputer desktop. Jika tidak menemukan link di inbox coba periksa folder SPAM di email kamu.
    Email dari WA
  • Kamu akan diarahkan ke halaman konfirmasi untuk menghapus PIN. Selanjutnya, klik tombol Confirm.
    Konfirmasi WhatsApp
  • Setelah konfirmasi, maka kode verifikasi dua langkah di WhatsApp kamu akan terhapus. Kamu bisa membuka WhatsApp kembali tanpa harus memasukkan PIN.
  • Selanjutnya, kamu bisa login dan melakukan pengaturan pada akun WhatsApp kembali.

Cara Mengatasi Lupa PIN Verifikasi 2 Langkah WhatsApp Tanpa Email

Ok, mungkin kamu lupa alamat email atau password email yang digunakan untuk WhatsApp. Bagaimana cara menonaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp tersebut?

Akun WhatsApp kamu bisa kembali dengan syarat, kamu harus menunggu selama 7 hari.

Silahkan perhatikan kembali gambar pada langkah sebelumnya. Di sana disebutkan “Alternatif lainnya, dalam 6 hari, Anda dapat menyetel ulang akun WhatsApp Anda untuk melanjutkan tanpa PIN”.

Kirim PIN ke email

Artinya, jika metode pertama di atas gagal, WhatsApp memberikan waktu selama 7 hari. Setelah 7 hari, kamu bisa masuk lagi ke akun WhatsApp tanpa harus memasukkan PIN.

Setelah 7 hari, buka WhatsApp > ketuk Lupa PIN? > Setel ulang.

Catatan: semua pesan yang masuk pada periode 7 hari tersebut akan terhapus. Dengan kata lain, histori WhatsApp kamu persis seperti ketika terakhir kali menggunakannya.

Penutup

Dari penjelasan di atas kita mengetahui dua cara atau solusi lupa kode verifikasi 2 langkah (PIN) di WhatsApp. Cara pertama yaitu melalui konfirmasi via email, dan cara kedua menunggu selama 7 hari untuk mereset PIN.

Langkah-langkahnya ternyata cukup sederhana dan pasti bisa kamu lakukan. Namun, jangan terlalu melakukan verifikasi ulang ya.

Mengapa? Karena akun WhatsApp yang tidak diverifikasi akan terhapus setelah lewat dari 30 hari. Informasi selengkapnya bisa kamu baca di situs resmi WhatsApp.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Jonathan

Jonathan adalah content writer di Maxmanroe.com. Menyukai topik media sosial dan internet, memiliki prinsip bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang belum saatnya.

Tinggalkan Balasan

) -->