Leica M9: Kamera Rangefinder Mewah Lebih Elit Dari DSLR Nikon & Canon

Image dari kenrockwell.com

Image dari kenrockwell.com

Kamera jenis rangefinder mungkin saat ini sudah tidak populer lagi. Padahal dahulu cukup banyak brand kamera teknologi film yang memproduksi jenis kamera ini mulai dari Kodak, Nikon, Contax dan Leica. Perlu Anda ketahui sebelumnya, kamera rangefinder merupakan #kamera yang memiliki fasilitas jendela bidik yang juga berfungsi untuk  mengatur fokus pada saat pemotretan. Pengaturan fokus pada rangefinder berasal dari dua gambar, yakni dari lensa kamera dan jendela bidik itu sendiri.

Tidak seperti DLSR yang memiliki sistem pencarian fokus melalui cermin pentaprims dengan kinerja lensa saja. Jarang sekali produsen kamera yang masih memproduksi kamera rangefinder dijaman modern ini. Dan salah satu yang masih tersisa adalah produsen Leica asal Jerman dimana mereka masih mempertahankan produk kamera rangefinder dengan rilisan beberapa seri seperti Leica M9.

Mengenal Leica M9

Ketika Anda melihat bentuk kamera Leica M9, mungkin Anda mengira ini adalah kamera jadul yang masih berteknologi film. Tentu saja Anda salah karena M9 sudah didukung dengan teknologi digital mengingat rumitnya penggunaan kamera film. Pertama kali Leica memperkenalkan M9 ini pada bulan September 2009 dengan efektif piksel kamera mencapai 18.5 Megapiksel.

Leica M9 total memiliki sensor berukuran 35.8 mm × 23.9 mm (1.41 in × 0.94 in) dan tentu masuk kategori Full Frame, bukan lagi Crop Factor. Anda boleh menyebutnya kamera jadul yang modern karena Leica mempertahankan beberapa ciri khas kamera retro pada M9, namun juga menyematkan teknologi-teknologi terbaru masa kini.

Artikel lain: Kamera DSLR Nikon D3300 ~ Entry Level Terbaik Nikon

Desain Leica M9

Ketika Anda melihat ke bagian atas, nuansa kamera jadul masih terasa mengingat disana tersedia fitur pengaturan Shutter Speed pada bulatan. Ditambah tentunya tombol Shutter release dengan fitur pengatur shooting mode. Cukup sederhana untuk sebuah kamera seharga puluhan juta. Untuk pengaturan diafragma sepenuhnya Anda harus mengatur pada lensa. Jadi bagi Anda yang lebih sering menggunakan kamera modern harus terbiasa memutar blade secara manual.

Beralih ke bagian belakang, Anda akan menemukan berbagai tombol operasi seperti Play, Delete, ISO, Info, Set disisi kiri. Sedangkan disisi kanan tersedia tombol navigasi dan OK dibagian tengahnya. Sisanya adalah tombol menu yang berada di kanan atas. Sudah cukup karena fitur lain yang tersedia hanyalah lubang jendela bidik disisi kiri atas, bukan tengah atas. Leica M9 tersedia dalam dua warna saja, yakni hitam metalik dan silver metalik. Leica M9 memiliki layar LCD berwarna berukuran kecil sekitar 2.5″ dan berspesifikasi 230,000 pixels.

Kelebihan Leica M9

Apa saja kelebihan kamera puluhan juta ini? Mari kita bahas satu persatu, mulai dari kualitas gambar yang benar-benar mampu menciptakan rentan dinamis tinggi. Sensor yang benar memungkinkan Leica M9 dapat mengambil detail-detail serta warna yang lebih natural. Ketajaman juga sangat jauh lebih baik dibanding kamera manapun baik saat Anda menggunakan ekstensi JPG maupun DNG. Leica M9 dirancang untuk dapat digunakan kecepatan rana sangat lambat sampai 32 detik dan untuk kecepatan tinggi mencapai 1/4000 detik.

Artikel lain: Spesifikasi & Harga Canon EOS 550D

Meski kamera DSLR umumnya juga mencapai angka demikian, namun hasilnya tentu berbeda. Sedangkan untuk fitur kepekaaan cahaya ISO Anda bisa mengaturnya sampai terendah dengan angka 80 dengan minimalisir noise sangat bersih. Sedangkan ISO tertinggi hanya mencapai 2500. Mungkin Anda agak meremehkan ISO Leica M9 karena kebanyakan DSLR pro sudah mencapai ISO diatas 6400 bahkan ada yang sampai 25600.




Namun jangan salah, angka ISO tertinggi M9 dijamin tidak akan memberi banyak masalah untuk kualitas gambarnya ketika digunakan. Anda bisa membandingkan bahwa gambar sangat sedikit noise dibandingkan kamera lainnya.

Lensa Leica M9

Mempertahankan tradisi selalu dilakukan Leica ketika meluncurkan produk terbarunya. Yang dimaksud disini adalah mempertahankan tradisi penggunakan lensa yang memiliki mount jenis M atau Leica M3. Sejak tahun 1950-an Leica sampai saat ini Leica memang masih mengandalkan mount M terutama bagi kamera Leica M series seperti M9.

Jadi Anda bebas untuk memasangkan berbagai macam lensa asal memiliki mount M baik keluaran lama maupun terbaru. Namun yang paling populer Leica M9 lebih sering dipasangkan dengan lensa Leica 50mm f/1.4 APSH yang sangat terkenal ketajaman dan bokehnya.

Baterai dan Memori Penyimpanan

Karena merupakan kamera digital tentu saja Leica M9 memiliki baterai Lithium ion yang mampu dipakai sampai 100 shooting atau pengambilan gambar tanpa sering melihat tampilan LCD dan tanpa penggunaan flash. Sedangkan pada memori penyimpanan Leica M9 dapat menggunakan memori jenis SDhingga 2GBmaupunSDHChingga 32GB.

Baca juga: Daftar Istilah Dalam Fotografi

Saat ini Leica M9 Rangefinder masih dibanderol dengan harga cukup mahal, mencapai Rp 67 jutaan. Jauh lebih mahal dibandingkan dengan DSLR professional sekelas Nikon D3, D4, maupun Canon 1Dx. Kamera ini cocok bagi Anda seorang fotografer dengan budget besar dan sering melakukan foto diluar ruangan mengingat kamera ini kecil serta ringan dibawa.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud