Langkah Efektif Membuka Cabang Usaha Baru

Image dari Stansburylegal.com

Image dari Stansburylegal.com

Ketika menjalankan sebuah usaha, pasti semua orang menginginkan usaha yang dikelola bisa berkembang pesat. Demikian tentunya teman-teman semua, pasti menginginkan bisnis yang dikerjakan bisa mengalami perkembangan pada kemajuan.

Ketika bisnis teman-teman mulai menunjukkan peningkatan permintaan pasar di berbagai daerah, ini tentu kabar gembira bagi kalian. Namun demikian, ini juga sekaligus tantangan yang harus teman-teman hadapi. Untuk bisa mengcover tingginya permintaan pasar pada daerah tertentu, salah satu cara adalah dengan membuka cabang usaha.

Nah, letak tantangan itu ada di sini, yaitu ketika teman-teman mulai membuka cabang bisnis. Apakah dengan membuka cabang baru bisa meningkatkan omzet atau justru sebaliknya malah menjadi bumerang terhadap usaha kalian. Secara garis besar, bisa saya bedakan menjadi dua tahapan yang harus teman-teman persiapkan untuk membuka cabang baru. Lebih lengkapnya, simak tips bisnis terkait membuka cabang bisnis baru di bawah ini.

Persiapan Sebelum Membuka Cabang Usaha Baru

Ada beberapa pokok bahasan penting yang perlu teman-teman perhatikan sebelum membuka cabang usaha baru. Ini mutlak diperlukan, karena akan menjadi faktor utama dalam menunjang perkembangan bisnis selanjutnya. Faktor apa sajakah itu, perhatikan di bawah ini :

  • Modal Untuk Cabang Baru

Tentu saja ini penting untuk teman-teman persiapkan sejak jauh hari. Maksud saya, jangan sampai pembukaan cabang bisnis baru ini memberatkan keuangan bisnis utama. Jadi saran saya, sebaiknya persiapkan modal tersendiri dengan menyisihkan keuntungan sejak jauh hari. Jangan sampai cabang bisnis baru tersebut justru membuat colaps bisnis utama teman-teman.

  • Pemilihan Lokasi Yang Tepat

Nah, hampir sama dengan membuka usaha biasanya, teman-teman juga harus mempelajari lokasi usaha yang tepat. Bagaimana prospek lokasi tersebut ke depan, apakah lokasi tersebut cukup strategis, itu harus teman-teman pikirkan juga. Yang bisa teman-teman jadikan pertimbangan untuk lokasi usaha adalah keramaian lokasi, akses lokasi dan juga tentunya keamanan lokasi bisnis baru teman-teman.

Artikel lain: Lima Mitos Salah Kaprah Tentang Memulai Berbisnis Online

  • Persiapkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten

Nah, layaknya modal finansial, SDM untuk mengelola cabang bisnis baru juga harus teman-teman persiapkan jauh hari. Jika saja terpaksa belum tersiapkan dengan baik, ini bisa disikapi dengan Anda langsung yang mengelola sendiri. Baru kemudian jika sudah berjalan dengan baik, Anda bisa menyiapkan pengelola yang mumpuni tentunya.

Pengelolaan Setelah Cabang Usaha Baru Dibuka

Nah, setelah persiapan awal membuka cabang bisnis baru sudah teman-teman kerjaka, maka sekarang saatnya bagaimana mengelola cabang bisnis yang barusaja teman-teman buka. Sebagai usaha baru, meskipun hanya cabang, nantinya akan sangat berpengaruh terhadap bisnis utama Anda. Lalu apa yang harus teman-teman lakukan pada cabang usaha baru ini, yuk disimak tips bisnis di bawah ini :

  • Manajemen Kontrol Yang Tepat

Karena cabang bisnis yang teman-teman buka adalah bisnis yang masih baru, maka fungsi kontrol yang bagus harus bisa teman-teman terapkan dengan baik. Jika Anda adalah sebagai owner dan tidak menangani langsung, maka kontrol semuanya dengan bijak. Mulai dari produk, pasar, atau SDM yang bersentuhan langsung dengan bisni Anda. Tidak bisa Anda biarkan berjalan sendiri begitu saja, ibarat bayi yang baru lahir, maka perhatian penuh harus Anda lakukan terhadap cabang baru ini.




  • Jadwalkan Evaluasi

Evaluasi tentu diperlukan dalam setiap mengelola bisnis, apalagi bisnis yang masih baru dan dalam masa pengembangan. Jadwalkan untuk melakukan evaluasi dengan baik, untuk cabang bisnis baru ini bisa dilakukan evaluasi dengan tempo yang sedikit lebih cepat, misalnya dalam satu bulan sekali. Dari evaluasi dalam waktu singkat tersebut diharapkan Anda mampu mendapatkan informasi penting terkait potensi dari cabang bisnis baru yang sedang teman-teman kembangkan.

Baca juga: 6 Alasan Keliru Saat Memulai Bisnis, Hindari Sebisa Mungkin

  • Tentukan Strategi

Nah, ketika teman-teman selesai melakukan evaluasi, tentu akan ada banyak kekurangan, masalah atau apapun yang menghambat perkembangan bisnis Anda. Setelah mendapatkan informasi tersebut, lakukan analisa yang mendalam untuk kemudian menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan performa bisnis teman-teman. Pastikan semua langkah dan strategi yang teman-teman ambil dari proses analisa data, bukan hanya spekulasi saja.

Nah teman-teman, bagaimana sekarang? Sudah siap membuka cabang bisnis baru? Jangan ragu, set and go, jangan hanya pandai menganalisa lalu lupa action yah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud