Beranda General Lamido.co.id ~ Amankah Belanja Online di Situs Ini?

Lamido.co.id ~ Amankah Belanja Online di Situs Ini?

lamido-co.id

UPDATE: LAMIDO.co.id sudah ‘gulung tikar’ sejak Maret 2015 lalu

Baru-baru ini tersiar kabar bahwa Rocket Internet – Salah satu incubator start-up online terbesar – yang sebelumnya sukses membesut tiga ventures di Indonesia yaitu Lazada, Zalora dan Foodpanda, kembali meluncurkan situs marketplace terbaru yaitu Lamido.co.id. Apa bedanya Lamido dengan ventures Rocket yang Lain? Ternyata Lamido Indonesia yang mengusung sistem C2C Marketplace berfokus kepada penjual dengan skala industry menengah ke bawah yang selama ini mendistribusikan barang dagangan mereka melalu social media seperti Facebook atau Instagram.

Yang jadi pertanyaan kita semua mungkin seputar keamanan transaksinya. Seperti yang kita tahu pada kebanyakan situs C2C, kita tidak mengetahui status dan kebenaran identitas penjual serta keaslian produk yang ditayangkan karena akan ada banyak sekali orang yang berjualan di situs jualbeli online sejenis.

Untuk menjawab pertanyaan ini sepertinya kita harus langsung mengintip fitur-fitur yang sepertinya memang mempengaruhi tingkat keamanan saat bertransaksi di situsini.

Pilihan Sistem Pembayaran COD

Pembayaran COD padasitus C2C marketplace? Betul sekali, Lamido berani menggunakan sistem pembayaran ini mungkin karena berkaca pada kesuksesan Lazada Indonesia dengan COD-nya. Dengan sistem COD berarti pembeliakan bisa membayar barang yang mereka beli setelah barang berada di tangan mereka.

Tetapi untuk saat ini sepertinya fitur COD di Lamido untuk sementara tidak bisa dinikmati para pembeli. Namun mungkin dalam waktu dekat sistem yang memang menjadi favorite kebanyakan orang Indonesia ini bisa dinikmati kembali oleh para pembeli di Lamido.co.id.

Lamido Safe Pay

Pernah dengar istilah Rekening Bersama? Rekening yang digunakan sebagai rekening bersama antara pembeli dan penjual ini mungkin menjadi cara paling ampuh untuk mengurangi penipuan saat anda melakukan transaksi secara online. Lamido Safe Pay berperan sebagai penengah antara penjual dan pembeli ketika transaksi sedang berlangsung.

Artikel lain: Hari belanja online nasional

cara-kerja-lamido

Artikel lain: Belajar membuat website profesional di Baba Studio

Cara kerjanya seperti berikut :

  1. Kalau anda sudah membeli barang di Lamido maka anda akan diminta mengkonfirmasi pemesanan dimana anda akan dinotifikasi melalui sms atau e-mail.
  2. Anda akan diminta melakukan pembayaran ke akun resmi Lamido Safe Pay dalam jangka waktu maksimal 3 hari.
  3. Pihak Lamido akan menghubungi anda untuk mengkonfirmasi pemesanan dan menotifikasi penjual agar penjualsegera mengirimkan barang ke lokasi pembeli.
  4. Lamido akan memastikan bahwa barang yang anda terima sesuai dengan yang anda inginkan, lalu jika sudah sesuai barulah nanti uang yang anda transfer ke Lamido Safe Pay akan diberikan kepada penjual.

Pada saat ini ternyata Lamido memang sedang focus kepada bagaimana memberikan user experience terbaik bukan hanya kepada pembeli tetapi juga kepada penjual yang membuka toko online mereka di Lamido. Terlebih lagi proses operation Lamido yang memang dibantu oleh Lazada Indonesia yang sudah tahu persis bagaimana membangun pengalaman yang baik untuk para penikmat online shopping di tanah air.

Kalau Anda penasaran bisa langsung intip Lamido Marketplace dan rasakan sendiri bagaimana pengalaman berbelanja online di situs C2C marketplace dengan fitur – fitur tersebut.

52 KOMENTAR

  1. Sekarang udah gak bisa dibuka lamido,co,id nya apakah sudah sudah gulung tikar kali ya… padahal saya ingin coba jual dan beli disana,,,,

  2. saya ketik di browser lamido.co.id kok tampilan halaman depannya tidak nampak ya? …

  3. Saya lagi cari cari website selain tokopedia dan bukalapak. Masuk ke website maxmanroe ini, tapi website lamido nya skarang udah ga bisa dibuka lagi ya ?

    Udah gulung tikar kah ?

  4. Kami adalah supplier barang-2 elektrikal, JANGANKAN COD, DENGAN PO yang telah kami terima dan melihat website mereka, akhirnya sebagai supplier kami percaya bahwa mereka adalah CUSTOMER YG JELAS MAU BELI BARANG, sehingga ORDER mereka kami proses. Begitu barang-2 yg mereka pesan sudah siap kirim, TERNYATA PO ITU TIDAK BERARTI BELI BARANG
    INI ADALAH CUSTOMER PENIPU :
    PT. Plumpang Raya Anugrah
    Alamat: Rukan Nusantara Complex, Jl. Danau Sunter Barat Blok A No. 1-2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14350
    Telepon:(021) 65832300

    PT.Reka Elektra Sarwawisesa
    Alamat: JL. Raharja, No. 8, Pondok Pinang Kebayoran Lama, Jakarta, 12310, 12330
    Telepon:(021) 7505777
    WASPADA !!!!!!!!!!!!!!

  5. Aman? Gak tuh..sy ..capek utk komunikasi dengan pihak lamido…kalo saya sih malu makan uang yang bukan haknya. coba ada niat baik untuk di refund..lrbih fair dan profesional

  6. SY CB BL JAM TANGAN PROMO YG MURAH TGL 17 MARET, KL GA ASALAH NAMA TOKONYA : GROSIR JAKARTA, SMP HARI INI BARANG KAGAK ADA, EHH MALAH DILIHAT LG, KO MALAH AD KONFIRMASI BARANG SY SDH DITERIMA, PADHAL SY NGGAK NGE-KLIK APAPUN. KOMPLAIN KE E-MAILNYA, KATANYA UANG AKAN DIREFUND, SMP HR INI KAGAK AD HASILNYA. NIHIL.
    BUKAN SOAL UANG KECIL ATO BESAR SIH, TP SOAL KEPERCAYAAN.
    GA BENER NIH TOKO !!!!!

  7. artikel bagus dan menarik tips yang bagus

  8. sepatu saya sampai hari ini gak sampe-sampe !!!, padahal uang sudah saya transfer pada tanggal 9 maret kemarin dengan kode barang 205256622 sepatu wanita heels brukat tali T tengah dari diskon lovers, bahkan belum ada konfirmasi sama sekali dari penjualnyaataupun pihak lamido nya,, kalo ini yang pertama saya maklum mungkin salah satu penjualnya penipu,, tapi pembelian sebelumnya juga kotak rokok 200881481 dari goolali, sarung jippo 200857481 dari fabian dan efan yang sampe sekarang barang gaada apalagi uangnya,, ini gimana pertanggung jawabannya??

  9. saya juga coba-coba pesan barang murah di lamido buat ngetes bener tidaknya ne lamido.
    saya transfer tanggal 3 Maret 2015, tapi sampai sekarang, belum ada konfirmasi dari pihak lamido. katanya mau dikonfirmasi kalau sudah melakukan konfirmasi pembayaran tapi sampai sekarang belum ada tuh.
    ya tapi mudah2an lah ini cuma kendala teknis ja.
    soalnya pernah juga saya ngalamin hal kayak gene, di salah satu situs jual beli online tapi alhamdulillah barangnya nyampe juga walaupun sedikit agak lama.

  10. Endang Trihanto

    Lamido..doooooo
    Barang pesanan ane kok ngak nyampai nyampai.ane ketipu apa apes nih

  11. uang udah di transfer tapi kbr dari lamido tak ada gimana ini…!!!

  12. Permisi…
    Sya order d lamido di tgl 24 jan dan sya pun sudah mentransfer uang,sy juga sudah dapet konfirmasi dari lamido,tapi hingga saat ini sya belum dapnya nmr resinya n tdk ad kabar lagi tentang pesanan sya…dan jga sudah sya kirim pesan berkali untk penjual dan tidak ad sama sekali respon/tanggapan, Sya kecewa…

  13. Billyandro b Widjaya

    Dari 100% transaksi hanya 30% yg success.

    Keluhan :

    1). Kualitas produk sering tidak sesuai deskripsi.
    2). Produk yang di pesan sering tidak sesuai dengan pesanan.
    3). Produk yang tidak sesuai pesanan ketika di retur ongkir malah di tanggung pihak pembeli.
    4). Ketika ada problem pihak lamido dan pihak penjual susah di hubungi.
    5). Produk yang di pesan proses pengirimannya sering lama dan informasi yg di perlukan pembeli sering itdak valid.

    Terimakasih untuk perhatiannya.

  14. saya udh transfer uangnya,tapi kok ngga ada kabar,nmr resi nya jg ngga ada…gimana ni…?

  15. timpemburumomokrangda

    alhamdulillah pesan sabtu siang, senin pagi dh ada paket kiriman dr JNE. mksh…

  16. ane abis nerima barang, barang promo, ane dapetnya sampah, lain kali mending beli ke yang udah recommended seller aja dari pada disitu situs gtu an g jelas juga siapa jual apa

    nyesal ~~

    • bhahahaha… sama gan…

      kemaren aku nyoba beli barang promo 1biji.. (pakaian)

      eh gk ada label apa2 di barangnya.. size pun gk ada tulisannya…
      mirip barang habis jahit langsung masuk kemasan.. :v

  17. ….duh…gimana nasib pembelianku minggu lalu ya…..semoga tidak bermasalah……yg sukses beli di lamido comment dong biar hatiku gak deg degan teruus

    • Sudah mencoba menghubungi pihak penjual dan pihak Lamido nya belum mba?

      • Billyandro B Widjaya

        Pihak lamido dan pihak penjual ketika di hubungi sama-sama super sibuk sampai ga sempat ngangkat telepon pihak pembeli.

        Perasaan presiden Jokowi orang paling sibuk di republik ini aj masih punya waktu mendengarkan keluhan dari rakyat indonesia.

  18. sangat tidak aman belanja di lamido.co.id
    penjual di telpon tidak di angkat dan di matikan
    nomer resi pengiriman juga gak jelas

    ini email dari lamido

    Kabar Baik! Penjual Anda telah mengkonfirmasikan bahwa barang Anda telah dikirimkan. Anda akan menerimanya dalam 3 hingga 5 hari kerja kecuali ada informasi lainnya.

    BRUSH SET MAC – 12 Pcs
    Nomor Order : 200777435
    Kuantitas : 1
    Nomor Resi : CGK9W01283902814
    Jasa Pengiriman :
    URL Tracking : Klik disini (Minimal 1×24 jam setelah email ini diterima)
    Perkiraan Barang Terkirim : 0000-00-00
    SKU: OT028HEACD6IIDBID-125454

    kenyataannya nihil

  19. kresna simanjuntak

    Saya sudah mendapatkan konfirmasi dari Lamido tentang pembayarannya dan saya juga sudah transfer ke Lamido Webprotal tapi saya belum menerima resi pengiriman, Tolong di informasikan saya lagi, Terima Kasih,
    Barang pesanan saya:

    Nomor Order : 200414885
    Nama Produk : Baju Rajut O Neck Swea
    Jumlah : 1
    Penjual : Jasmine Rajut

  20. Saya Sudah mendapatkan konfirmasi dari Lamido, tapi saya belum menerima resi pengirimannya, Tolong Informasikan Saya kembali, Terimakasih

    Rincian Pesanan
    Nomor Order : 200387245
    Nama Produk : Korean Layer Coat
    Jumlah Produk : 1
    Penjual : Utsukushii no Mise

  21. nyampe skrg brg udah sampe atau blom Gan…????

  22. mungkin bisa menghubungi dan menjelaskan kepada pihak lamido indonesia, di bagian atas ada "Hubungi Kami" via telp 021xxxx

  23. maaf bukan bermaksud mendahului Lamido Indonesia, namun hal ini dapat ditanyakan langsung kepada pihak penjual yang ada pada kolom sebelah kanan, pihak penjual beserta kotanya dan disitu biasanya tertera nama/toko dan nomor handphone dari penjual, semoga bermanfaat. CATATAN: pernah saya alami beberapa setelah hari raya Idul Fitri kemarin memang pesanan agak terlambat namun setelah saya hubungi pihak penjual akhirnya semua dapat clear pada saat itu juga.

  24. iya saya juga udah transfer uangnya tapi belum ada kabar juga dari pihak lamido nya . tanggung jawab dong walaupun uangnya ga seberapa tapii kan masalah kaya gini ga bisa di diemi terus udah banyak juga yg barangnya belum di kirim atau di kasih kabar :G

  25. Wah dasar para penjual penipu. Bisa2ny menipu ,yg kena imbas lamido.
    Sgt d sayangkan jg para penjual yg jujur malah fk lalu barangnya

  26. Lamido Bikin kesel gak jelas sdh 16 hari barang gak datang di hubungi penjualnya gak diangkat telponnya suruh bersabar kalo 3 hari bisa bersabar tapi 16 hari suruh bersabar? Uang gak seberapa tapi janji beri anak untuk ulang tahun yg bikin kecewa modus penipuan baru

  27. sudah banyak yang complaint mengenai lamido ini,
    banyak yg beli, transfer tapi barang ga pernah dikirim
    please review bbrp komplain

  28. Saya pesan tas Reducer men dan sudah bayar via bank mandiri ke rek Lamido Webportal tanggal 3 Juli 2014 dan sudah melakukan komfirmasi pembayaran, katanya akan di hubungi staf lamido tetapi sampai saat ini tidak ada jawaban.
    Bagaimana mengenai transaksi dan kapan barangnya dikirim?

  29. Pesanan saya :
    1- "EZ Jet Water Canno" No. Order : 200618486
    2- "Waxvac Electronic" No. Order : 200694986
    Sudah Hampir 8 Hari belum dikirim juga, padahal sudah melakukan pembayaran lewat ATM juga sudah melakukan konfirmasi pembayaran, bagaimana ini….?

  30. Widiyawati Wati

    saya pesan lewat lamido,sudah 2x ini tdk memuaskan 2 produk yg sy pesan tdk ada kbrnya pdhal sy sdh trnsfer duitnya….setiap sy pesan 3 produk,yg sy terima 2 produk….bingung krn di online lamido sendiri tdk ada komplain mslh produk yg blm dtg….maksh atas perhatiannya

  31. Nissa Wahyuliddya Al-madinah

    gimana nich barang'nya blum datang' juga padahal uang udh d' transfer

  32. kalo dengan rekber, tapi lamido juga sebagai pihak penengah (pihak ketiga) itu kan sama juga bohong kan?

  33. pesanan saya shake n take 2 cup sudah saya terima siang tadi (23-04-2014). terima kasih Lamido Indonesia….

  34. saya adalah korban dari PENIPUAN LAMIDO, sejak saya pesan dan membayar harga barang puls ongkir yg saya pesan, hingga sampai 3 minggu barang tidak juga dikirim dan status transaksi di akun lamido masih tetap tertunda terus.

    saya sudah kontak cs no 02129490202 dan katanya Cs Benar dana telah diterima dan segera di proses tapi buktinya seminggu kemudian masih tidak juga ada konfirmasi atau tanda-tanda barang pesanan saya dikirim. SAYA MINTA DUIT SAYA DIBALIKIN. TANGGUNG JAWAB DONK

  35. Ane kurang sepakat dengan pernyataan diatas gan…

    karna ane dah 4 hari order di LAMIDO tapi belum ada konfirmasi kapan barang dikirim. ane tlpon jga CS nya tidak memberitahu kapan dikirim barang yg saya order.

    agan bisa jawab ttg masalah saya ini?

  36. Saya juga baru deneger lamido :P

  37. Saya malah baru denger yang namanya lamido.
    Makasih gan.

  38. tolong info dong sy sudah pesan barang + sudah transfer tp blm ada konfirmasi dr lamido perihal kapan barang di terima n via apa barang di kirim

    • Pesan barang di Lamido kog nanya di sini mba? Langsung hubungi CS Lamido saja :-)

  39. Majalah Pegawai Kantoran

    Kalau ane jualan di bukalapak & tokopedia, bersyukurnya mudah digunakan & ramai pembelinya juga..

  40. Untuk Lamido banyak komplain di fanspage nya, saya jadi agak ragu untuk membeli barang.

    • Komplainnya mengenai apa mas Puklek, apakah pengiriman barangnya atau sistem pembayarannya?

  41. bisa juga ini jadi tempat favorit unuk belanja oline, yang jadi pertanyaan saya, apakah ini dibawah naungan lazada mas?

  42. Sepertinya akan jadi saingan Toko Bagus nich, soalnya sama-sama C2C

    • Target marketnya agak berbeda mas Mun, Lamido target marketnya bisnis menengah ke bawah.

  43. sekarang sudah jamannya jual beli online, maka perlu meningkatkan kewaspadaan dalam bertransaksi, salah satu caranya yaitu bertransaksi dengan situs2 yang sudah cukup terkenal… thanks ya om maxmanroe tipsnya :)

    • Benar banget mas Eno, dengan meningkatkan kewaspadaan bertransaksi online akan menghindarkan kita dari penipuan. Pastikan bertransaksi online dengan situs-situs terpercaya.

Tinggalkan Balasan