Kunci Keberhasilan Bisnis Online Raksasa Ini adalah Fokus!

Kunci-Keberhasilan-Bisnis-Online

Banyak orang yang berpikir bahwa, semakin banyak produk atau jasa yang kita tawarkan di #bisnis online maka akan semakin besar pula antusias dari para pengguna internet yang menjadi target bisnis kita. Padahal hal ini tak sepenuhnya benar. Saat ini pasar memiliki banyak alternatif dan solusi produk sehingga kita harus memiliki “one very strong single message” untuk dapat menarik keingintahuan dan minat dari calon pelanggan.

Cobalah untuk mengintip kekuatan beberapa situs jual beli populer di dunia. Misalnya Ebay, awalnya mereka memulai debut sebagai bisnis online yang populer sebagai situs tempat menjual benda-benda koleksi. Sedangkan Amazon memiliki power yang dimulai dari bisnis penjualan buku. Bukan hanya Ebay dan Amazon yang meraih sukses berawal dari fokus pada 1 jenis produk saja, tengok pula #Google yang sebelumnya hanya fokus pada pengembangan mesin pencarian di Internet, serta #Facebook yang tadinya hanya menjadi situs rating foto bagi mahasiswa.

Berkembang dan Berani Berinovasi

Kala itu, ada hal lain yang coba dilirik oleh Ebay sebagai situs penjual benda-benda koleksi. Para pelanggan Ebay yang berasal dari pengguna internet kalangan ekonomi menengah ke atas juga seringkali mencari produk mobil. Dari sinilah Ebay mulai berusaha melakukan inovasi dan merambah pada bidang bisnis lain yang peluangnya cukup besar. Ebay berhasil mengidentifikasi kebutuhan para pelanggannya secara real dan mulai berusaha melakukan ekspansi bisnis secara matang.

Sebenarnya, ada sebuah pemicu yang mendorong para pengguna internet untuk mencari akses informasi lebih banyak pada situs-situs lain. Misalnya, saat kita merasa bosan membuka Facebook dan menggunakan fitur-fitur di dalamnya, maka mungkin saja rasa bosan dan rasa ingin tahu kita mulai mengarahkan kita untuk mengakses informasi dari #sosial media atau situs lainnya seperti Twitter atau Instagram. Sehingga, para pemula yang baru menjalankan bisnis online sebaiknya hanya fokus pada satu hal saja. Kembangkan hal tersebut secara maksimal agar bisnis kita dapat menjadi solusi efektif dan tepat guna bagi kebutuhan banyak orang.

Salah satu contoh konkret bisnis online yang fokus pada 1 hal saja adalah Instacart. Startup asal US ini memiliki tagline yang cukup menarik, yaitu “same day delivery from grocery store near you”. Instacart memiliki sistem pelayanan kurir yang sangat teliti dan cekatan. Meskipun memiliki kurir dengan pelayanan memuaskan, namun Instacart hanya berusaha fokus untuk melayani jasa antar bahan makanan tertentu dari toko-toko tertentu. Karena sifat yang eksklusif dan fokus inilah, Instacart mungkin bisa langsung terlintas di pikiran orang yang tengah kehabisan susu saat ingin meminumnya dari kulkas.

Hingga saat ini Instacart masih terus berupaya untuk mengembangkan bisnisnya menjadi jasa delivery produk makanan yang bisa diandalkan. Dan suatu saat nanti Instacart mungkin akan belajar bahwa para pelanggan yang memesan bahan makanan juga membutuhkan jasa pengantaran barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya atau juga membutuhkan jasa pencuci pakaian yang bisa diantar jemput ke rumah.Semua proses pembelajaran tersebut bisa membawa Instacart menuju ke ekspansi bisnis yang lebih besar dan disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya.




Fokus Akan Membuat Bisnis Menjadi Lebih Matang

Kadangkala mungkin ada hambatan dari para investor bisnis kita yang menginginkan ekspansi dan perkembangan bisnis kita berjalan secara lebih cepat. Hal ini memang wajar, mengingat para investor tentu menginginkan adanya perputaran modal dengan cepat. Namun, jangan sampai hal ini mempengaruhi haluan bisnis yang sudah kita terapkan. Karena dengan fokus pada satu hal saja, kita bisa mempelajari hal tersebut secara mendalam dan bersiap-siap untuk mulai mengembangkan bisnis dengan perencanaan yang matang.

Cobalah untuk meraih kepercayaan dan loyalitas pelanggan dari suatu hal yang kecil. Hal kecil tersebut dapat menanamkan anggapan bahwa bisnis yang kita kembangkan adalah bisnis yang fokus pada tujuan serta mampu bertindak profesional. Selanjutnya untuk urusan pengembangan bisnis, kita bahkan bisa menggali informasinya dari para pelanggan setia kita karena mereka tentu ingin mendapatkan pelayanan yang berkualitas dari kita melalui bidang bisnis yang lain.

Baca juga: Tehnik Online Marketing Ini Akan Jadi Tren di Tahun 2015

Jadi, jangan pernah berhenti untuk memfokuskan bisnis kita pada satu hal sebelum mencoba merambah ke bidang bisnis lainnya dengan perencanaan yang detail dan matang.






5 total comments on this postSubmit yours
  1. Memang benar fokus adalah kunci dari bisnis online tapi itu tidak mudah. Untuk fokus sendiri harus membutuhkan konsistensi yang kuat. Oia pak max, Untuk fokus, bagi tipsnya ya..

  2. betul, fokus satu dulu, kalo sudah besar, matang dan autopilot baru ke yang lain.

  3. kunjungan sore gan..

  4. Banyaknya peluang bisnis yang prospektif sering kali membuat kita jadi lompat sana lompat sini, semua merasa mampu dikerjakan shg tanpa disadari keluar jauh dari fokus…….Tq artikelnya menginspirasi banget

  5. ebay baru saya denger…ketika cari di inet ternyata situs top juga bang….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud