Beranda Bisnis Konten Berkualitas, Resep Sukses Digital Marketing Sepanjang Masa

Konten Berkualitas, Resep Sukses Digital Marketing Sepanjang Masa

Konten Berkualitas, Resep Sukses Digital Marketing

Apakah Anda tahu apa resep sukses digital marketing sepanjang masa? Jawabannya singkat, konten berkualitas!

Dalam menjalankan upaya digital marketing, tentu banyak dari kita yang sepakat bahwa konten adalah salah satu hal yang memegang peranan paling sentral.

Mengapa harus konten?

Membuka website atau blog tanpa konten berkualitas itu bagaikan makan sayur asem tanpa Sayuran. Ya jelas lah, trus apa yang mau di baca, hehe, intermezo.

Namun bener lho kawan-kawan, bahwa konten selalu menjadi elemen penentu keberhasilan upaya digital marketing. Dengan adanya konten berkualitas pada situs kita, kita telah memberikan asupan “gizi” untuk faktor penentu kesuksesan lain, seperti dari sisi SEO hingga reputasi situs di mata pengunjung.

Sebagai contoh sederhana, konten yang bagus tentu akan memuat atribut SEO yang tepat. Efeknya, SEO yang tepat praktis akan mendatangkan pengunjung dan mungkin calon pelanggan potensial yang lebih banyak lagi.

Itu baru sekelumit contoh kecil, karena pada artikel kali ini kita akan mengulik lebih dalam tentang bahasan yang satu ini. Masih ada beberapa poin penting lain yang sayang untuk Anda lewatkan, utamanya bagi rekan-rekan yang saat ini sedang menjalankan upaya pemasaran digital.

Apa Itu Content Marketing?

Sebelum masuk pada bahasan yang lebih dalam, mari kita menyamakan presepsi. Ketika membicarakan tentang upaya digital marketing dihubungkan dengan pentingnya konten di dalamnya, maka sebenarnya kita sedang membahas satu satu ilmu marketing yang lebih khusus yakni content marketing.

Mari kita mulai dari pengertian apa sih content marketing itu?

Content marketing terdiri dari dua kata yakni content dan marketing.

Content dalam hal ini yang dimaksud adalah konten digital, yakni artikel, gambar, audio, ataupun video. Sedangkan marketing secara sederhana bisa dimaknai sebagai upaya untuk memperkenalkan atau membuat pasar tertarik.

Singkatnya, content marketing adalah upaya pemasaran lewat media konten digital, baik dalam bentuk artikel, video, gambar, audio, maupun media lainnya.

Pentingnya Konten Berkualitas Dalam Upaya Digital Marketing

Pentingnya Konten Dalam Upaya Digital Marketing

Untuk memberikan batasan yang lebih baik, jenis konten yang akan kita ulik kali ini lebih terfokus pada konten artikel.

Apa alasannya?

Karena dari semua jenis konten yang ada, artikel adalah yang paling mudah untuk dibuat.

Namun dari sisi kekuatan dan fungsi dalam upaya digital marketing, konten artikel justru menjadi yang terdepan dan paling sentral perannnya.

Tantangannya adalah bagaimana kita bisa menarik minat netizen di tengah penatnya dunia digital dengan berbagai konten tidak jelas, iklan mengganggu, email spam hingga berita hoax di media sosial.

Kuncinya adalah bagaimana mempertahankan identitas konten artikel yang kita muat agar tetap bersifat informatif, edukatif, memberikan solusi, serta mengandung unsur entertaining alias menghibur!

Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, 3 slogan unik berikut ini bisa kog dijadikan pedoman hidup pembuatan konten artikel yang berkualitas.

1. Slow but Sure!

Yep, slow but sure, pastikan konten diberikan secara perlahan namun nancep di hati! Ibarat kata pedekate dengan gebetan baru, kita juga harus perlahan berkenalan, mengenali sifat dan selalu berusaha memberikan yang terbaik yang bisa kita berikan.

Manusia adalah mahkluk yang dinamis. Terlebih jika bersentuhan dengan teknologi, mereka selalu membutuhkan sesuatu yang baru dan tidak ingin dijejali banyak hal dalam satu waktu.

Nah menyesuaikan dengan karakter tersebut, konten digital yang kita berikan juga harus selalu mengikuti tren yang ada. Namun yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa memberikan konten berkualitas dengan konsisten dan tidak berlebihan.

2. Dikit-dikit, Lama-lama pun Jadi Duit Bukit!

Serupa tapi tak sama dengan poin pertama, pada poin kedua ini kita akan fokus pada duit, eh bukit, eh.. konten berkualitas! Yup selalu fokuslah pada kualitas bukan kuantitas.

Ketika kualitas dari konten yang kita hadirkan sudah baik, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi perkembangan upaya digital marketing yang kita jalankan.

Di saat persaingan digital marketing juga kian padat, menggenjot kualitas merupakan pilihan yang paling cerdas dari pada kita fokus pada berapa banyak konten yang kita hasilkan.

Sebuah konten yang dikemas dengan gaya ringan namun padat informasi, memperhatikan faktor authority, plus menyesuaikan dengan target pasar, adalah resep tambahan membangun content marketing yang sukses.

3. Jangan Lupakan Jasa seSEOrang!

Maksa banget ya slogan yang ketiga hehe. Intinya adalah jangan lupa dengan faktor SEO (Search Engine Optimation).

Sudah sejak lama SEO menjadi senjata utama untuk mendatangkan pengunjung tertarget yang potensial dalam upaya digital marketing.

Dengan memperhatikan faktor SEO yang ada pada situs kita selain mampu menjaring pengunjung, dari sisi otoritas dan visibilitas, situs kitapun akan terdongkrak naik.

Dan percaya atau tidak, bahwa konten berkualitas dengan faktor SEO itu ternyata bersaudara lo!

Nggak percaya? Yuk mari kita bahas pada sub-bab berikutnya.

Baca juga: Cara Membuat Artikel yang Menarik dan Berkualitas

Konten Berkualitas dan SEO, Dua Sisi Mata Uang Tak Terpisahkan

Konten Berkualitas

Beberapa waktu yang lalu, ada sebuah bacaan yang cukup menggelitik. Ada 2 orang dengan keahlian berbeda, orang pertama lihai membuat konten dengan isi dan gaya bahasa yang ciamik sedangkan orang kedua ahli dalam hal teknik SEO.

Keduanya  terjun ke ranah digital marketing, dan tebak siapa yang mendapat hasil terbaik?

Tidak dua-duanya!

Mengapa? Karena merasa yakin dengan keahlian masing-masing, sang kreator konten lalai mencantumkan atribut SEO yang baik, dan sebaliknya sang ahli SEO justru gagal menarik minat pengunjung karena buruknya artikel yang ditulis.

Pada dasarnya ini adalah kesalahan yang dulu banyak dilakukan pelaku digital marketing, yakni fokus antara pembuatan konten dan faktor SEO tidak dijalankan secara beriringan.

Padahal tanpa kita sadari antara  konten menarik dan SEO (dalam hal ini SEO jangka panjang) adalah 2 sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan.

Secara sederhana, hubungan antara konten berkualitas dengan SEO jangka panjang bisa dilihat dari contoh berikut ini;

Ada sebuah bisnis yang bergerak pada bidang produk make up dan kecantikan.

Ketika menjalankan upaya digital marketing, mereka membuat beragam konten artikel yang membahas tentang bagaimana merias tipe wajah tertentu, menyesuaikan make up dengan warna kulit dan lain sebagainya.

Berikutnya dengan sentuhan atribut SEO yang tepat, maka orang yang mencari artikel kecantikan tersebut dibawa masuk ke laman bisnis, dan kemungkinan konversi salespun bisa terjadi.

See? Antara konten menarik dan SEO memang tidak terpisahkan. Jika salah satu hilang, maka upaya digital marketing pun akan pincang.

Lalu yang tak kalah pentingnya, dengan adanya artikel informatif tersebut, akan menjadi “umpan abadi” yang terus menarik agar pengunjung datang ke laman bisnis kita.

Ketika artikel tersebut terus di akses maka peringkat hasil pencarian di search engine, terutama Google, alias SERP situs kitapun akan bisa terus bertahan nangkring di posisi atas.

Dan yang wajib Anda ketahui adalah untuk bisa naik pangkat di hasil SERP, sistem yang diterapkan mesin pencari macam Google tidak hanya melihat atribut SEO yang melekat pada artikel dan situs saja.

Ada juga faktor lain seperti user engagement (komentar) serta social sharing (share via media sosial). Jika konten artikel yang kita berikan tidak mampu memancing minat pengunjung, mana mungkin hal tersebut bisa terjadi?

Jadi, Resep Hasil SERP Jangka Panjang = konten berkualitas + atribut SEO maksimal.

Bagaimana Membuat Konten Berkualitas Jika Kemampuan Terbatas?

Masalah klasik! Saya sering membaca keluhan, banyak orang ingin mendalami dunia internet marketing. Namun mereka mengeluh, tidak bisa menulis konten artikel menarik lah, tidak paham SEO lah, ribet lah, ini lah itu lah, dan lah lah yang lain.

Well, rekan-rekan tercinta, tidak ada hal yang mudah dalam mencapai kesuksesan. Dibutuhkan usaha keras untuk mau belajar mulai dari awal.

Namun satu hal yang pasti! Selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah.

Jika memang waktu dan kemampuan untuk membuat konten artikel yang berkualitas cukup terbatas, pilihannya adalah menyerahkan tugas tersebut pada pihak lain yang tentunya mempunyai kemampuan mumpuni dalam bidang content creator dan tentunya teknik SEO.

Namun mempercayakan tugas ini tentu juga tidak boleh sembarangan. Memang banyak jasa pembuatan konten artikel saat ini, namun hanya sedikit yang benar-benar kredibel dan terbukti memberikan hasil yang memuaskan.

Cirinya apa sih penyedia jasa pembuatan konten artikel yang dapat dipercaya?

  • Pertama tentu dari kualitas artikel yang dihasilkan. Selain nyaman dan menarik untuk dibaca, juga memperhatikan faktor SEO di dalamnya.
  • Kedua adalah masalah biaya, biaya yang ditawarkan bisa dibilang masuk akal dan tetap hemat tentunya.
  • Ketiga adalah memberikan pilihan paket jasa penulisan artikel yang fleksibel. Karena tentu kebutuhan kita beragam bukan.
  • Dan yang terakhir memberi jaminan garansi terhadap hasil tulisan yang diberikan.

Apa ada penyedia jasa dengan kreteria seperti itu?

Ada banyak kog. Sebagai rekomendasi, rekan-rekan bisa mencoba jasa penulisan konten artikel dengan mencari penyedia jasanya di Google.

Baca juga: 11 Cara Membuat Konten Viral

Kesimpulan

Sebagai penutup artikel ini, saya ingin mengingatkan kembali kepada rekan-rekan pebisnis online, apa pun bisnis kalian, untuk membangun konten berkualitas secara konsisten.

Konten berkualitas, apapun bentuknya, baik itu artikel, video, infografis, audio, dan lainnya, adalah aset jangka panjang setiap bisnis. Semua konten yang Anda buat itu membentuk karakter bisnis Anda, pelan tapi pasti.

Setiap orang memiliki proses dan cara mereka sendiri dalam membangun konten. Tapi yang pasti, menciptakan konten berkualitas secara konsisten akan meningkatkan engagement yang pada akhirnya akan mendapatkan banyak keuntungan.

6 KOMENTAR

  1. Inti yang saya tangkap dari artikel ini, konten itu tujuan akhirnya bukanlah penjualan tapi bagaimana sebuah brand membangun citra bisnisnya dan membangun trust di mata publik. Good point mas Majid.

  2. Istiqomah membawa peranan penting… Tak jarang gagal di tengah jalan gegara tidak istiqomah dalam membuat konten…

  3. Salam Mas Bro

    Udah keliling kemana-mana.
    Masih aja balik-balik lagi kesini ya.
    Hmm, ada yang bilang sebenernya pengertian content marketing adalah informasi yang senagaja dibuat untuk jualan ya.
    Kayak tulisan diatas tuh, jelasin panjang tapi ada jualan diakhirnya.

    keren.

    Mauliate
    Makasih

  4. Sangat-sangat educatif, saya termasuk pembaca setia situs ini, dan juga terus belajar untuk membuat artikel yang nyaman untuk di baca.
    Thanks ilmunya bg max

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here