Kisah Sukses Raditya Dika, Dari Blogger Menuju Dunia Entertainment

Kisah-Sukses-Raditya-Dika

Siapa yang tak kenal Raditya Dika, seorang komedian, aktor, dan juga sutradara. Tapi tahukah Anda bahwa sebelum Raditya terkenal seperti sekarang, ternyata dulunya dia itu seorang blogger dan penulis buku.

Awalnya berkarir dari dunia blogging, Raditya Dika yang dikenal sebagai penulis ini kini sudah familiar dan populer di dunia entertainment.

Sebagai penulis, Radith tentu tak menyangka perjalanannya bisa sejauh ini. Tak banyak penulis yang kemudian bisa merambah dunia entertainment dan sukses juga di dalamnya.

Pria yang bernama asli Dika Angkasaputra Moerwani Nasution ini adalah salah satu diantara orang yang mampu melakukannya. Dunia entertainment yang terkenal dengan persaingan yang keras dan ketat ternyata tak membuat nama Radith melempem.

Dengan berbagai inovasi yang dimiliki nama Raditya Dika justru melambung tinggi. Lalu seperti apakah perjalanan Raditya Dika menuju Dunia Entertainment saat ini? Berikut ulasannya.

Memulai Dari Blog, Lalu Novel

Seperti disinggung diatas, Raditya memulai semua karirnya dari dunia blog. Blog yang awalnya bernama kambingjantan.com ini kini sudah diganti dengan menggunakan namanya sendiri yaitu www.radityadika.com.

Lewat media blog inilah Raditya Dika aktif menulis dan kemudian mengantarkannya ke dunia entertainment.

Blog yang berisi kehidupannya sehari-hari ini awalnya ia buat hanya untuk mengisi waktu luang sebagai diary digital. Namun tak dinyana dari tulisan awalnya yang berjudul Kambing Jantan ini ia berhasil memenangkan penghargaan di Indonesian Blog Award dan penghargaan dari Indosat sebagai The Online Inspiring ditahun 2009.

Dari dua penghargaan inilah Raditya semakin termotivasi untuk terus menulis dan juga menerbitkan buku atau novel dari tulisan-tulisan yang sudah ditulisnya di blog.

Namun perjalanan untuk menerbitkan novel tak semudah yang dibayangkan. Beberapa penerbit yang ditargetnya menolak untuk menerbitkan novelnya. Sampai pada akhirnya penerbit gagasmedia menerima naskahnya meski Radith diharuskan untuk presentasi terlebih dahulu.

Setelah diterbitkan, novelnya yang berjudul Kambing Jantan ini juga tak lantas laris diburu pembeli. Beberapa bulan sejak peluncurannya, novel Kambing Jantan ini malah tak terlalu laku.

Namun Radith tak berdiam diri, ia kemudian berjuang keras agar novelnya diminati. Maka ia melakukan berbagai strategi pemasaran, seperti promosi dari mulut ke mulut (word of mouth), mempromosikannya di blog hingga meminta pembacanya untuk berfoto dengan novelnya untuk dikirim ke blognya.

Walhasil, penjualan novel Kambing Jantan miliknya meningkat pesat.

Dari novel Kambing Jantan, Raditya Dika lalu melanjutkannya pada novel Cinta Brontosaurus, Radikus Makankaus: Bukan Binatang Biasa, Babi Ngesot: Datang Tak Diundang, Pulang Tak Berkutang, Marmut Merah Jambu dan Manusia Setengah Salmon.

Selain novel, Raditya bersama Adriano Rudiman juga menerbitkan komik seperti Kambing Jantan, Kambing Jantan 2 dan Koala Kumal.

Mulai Tampil di Depan Layar Kaca

Setelah novel dan komik, perjalanan karir Raditya Dika berlanjut ke dunia hiburan. Novel pertama yang diterbitkan yaitu Kambing Jantan pada tahun 2009 ditampilkan dalam film layar lebar.

Bahkan dalam film tersebut, Raditya Dika terpilih menjdai aktor pemeran utamanya. Dari film inilah Radith mulai dikenal sebagai seorang entertain.

Setelah berperan menjadi Dikung dalam Kambing jantan The Movie ini karir Radith didunia hiburan kemudian berlanjut pada film-film layar lebar lain, sinetron dan acara TV.

Beberapa film layar lebar lain selain Kambing Jantan yang diperankan Raditya, seperti; Cinta Brontosaurus, Cinta Dalam Kardus, Manusia Setengah Salmon, Marmut Merah Jambu dan Malam Minggu The Movie.

Selain Film layar lebar, Raditya Dika juga bermain dalam sinetron Malam Minggu Miko dan Comic Story pada salah satu stasiun TV nasional.

Selain berakting, Raditya juga mengisi berbagai acara televisi seperti host Comic Action di Kompas TV, juri Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV serta sebagai biang galau di acara Galau Nite Metro TV.

Baca juga: Sosok Eka Gustiwana, Sang Jawara YouTube Indonesia

Stand Up Comedy

Dunia hiburan yang juga melambungkan nama Raditya Dika adalah dunia Stand Up Comedy. Radith memang sangat mumpuni dalam lawakan komedi tunggal ini.

Dengan banyaknya materi dan ide yang dimiliki dan keahliannya berakting didepan layar kaca, Raditya menjadi sangat sempurna untuk menjadi comic (sebutan komedian stand up).

Bahkan dalam beberapa sumber Raditya Dika dianggap sebagai salah satu dari tujuh tokoh pendongkrak dunia Stand Up Comedy di Indonesia.

Ilmu stand up sendiri didapatnya saat kuliah di Australia saat mengikuti kursus singkat Stand Up. Dengan chanel YouTube yang dimilikinya yang telah mencapai lebih dari 1juta lebih subscriber ini, penampilan Stand Up Raditya menjadi cepat populer.

Kini beberapa comic malah banyak yang meniru gaya Stand Up Radith hingga kemudian menimbulkan aliran Stand Up sendiri yaitu Raditisme.

Dan sekarang, Raditya sangat aktif membuat konten di YouTube.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

23 pemikiran pada “Kisah Sukses Raditya Dika, Dari Blogger Menuju Dunia Entertainment”

  1. kunci dari kesuksesan itu adalah kesabaran, jika anda ingin sukses ada beberapa yang harus anda taatin. 1 kesabaran , 2 nafsu , 3 rendah hati, 4 saling berbagi

    Balas
  2. Dika tulisannya emg karyanya bagus bgt. Dari seorang penulis sampe bisa jadi selebritis. Nah buat yg mau kyk Raditya Dika, kamu bisa coba ikut blogging contest yang diadakan sama rekanan saya yaaa

    Balas
  3. nasib seseorang itu tidak bisa di tebak, bisa jadi orang menggatakan ke dia atau menghina ke dia itu akan lebih sukses dari pada yang menggatakan nya atau yang menghina nya

    Balas
  4. Mantap nih ceritanya….memotivasi banget, mudah2an kita bisa sukses seperti kang radit

    Balas
  5. Memang perjalanan hidup seseorang tidak bisa ditebak. Sukses terus buat bang dika. Dan semoga kita juga bisa mengikuti jejaknya..

    Balas
  6. Saya jadi terinspirasi sama bang radit ini, ternyata sosok yg eksotis ini juga melalui perjuangan berat, dan tak disangka pula kalo dia adalah seorang Blogger. Maju Blogger Indonesia!

    Balas
  7. Anee pas baca thu bukunya rdit smpe ktawa” bin cengengesan sndiri di bis kya org blum mkan aer ,,,
    Hee

    Balas
  8. Keren juga raditya sangat memotifasi semua orang. Terima kasih admin Sudan posting artikel betkualitas

    Balas
  9. profilnya menginspirasi untuk orang yang memiliki hobi untuk giat dan melambung lebih tinggi. Semoga saya bisa mengikuti jejak beliau.

    Balas
  10. wah,mantap bang radit bisa sukses berawal dari nge blog,,semoga kita bisa sukses juga Amiiien

    Balas
  11. wah,mantap bang radit bisa sukses berawal dari nge blog,,semoga kita kena cipratan nya… :)

    Balas
  12. Memang nasib seseorang tidak bisa di tebak, dari sekedar hobby menulis, bisa menjadi satu penghasilan yang luar biasa, sekarang tinggal mempertahankan semua yang sudah di raih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->