Kevin Joshua: Kesuksesan Besut Talenta.co, Startup Di Bidang Pengelolaan SDM

Kevin Joshua

Image dari SWA.co.id

Kevin Joshua – Sumber Daya Manusia (SDM) memang merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah bisnis atau usaha. Ya, sebab dari mereka lah sebuah usaha atau bisnis bisa berjalan. Namun untuk membuat bisnis berjalan dengan baik maka unsur SDM ini harus juga memiliki potensi yang baik sehingga bisa mendukung perjalanan usaha. Karena semakin baik potensi SDM maka semakin besar pula peluang pebisnis untuk mengembangkan perusahaan.

Nah dari sinilah pentingnya pengelolaan SDM bagi sebuah bisnis. sejumlah perusahaan yang sudah memahami hal ini tentu saja memiliki ribuan karyawan adalah tantangan besar untuk mengelolanya. Meski telah memiliki divisi HRD tapi dengan berkembangnya psikologi karyawan maka hal ini dirasa belumlah cukup.

Maka dari itu kemudian banyak pengusaha yang rela membayar mahal untuk sebuah software yang bisa mengefisiensikan proses pengelolaan SDM-nya. Dari keutamaan pengelolaan SDM inilah kemudian Kevin Joshua membuat Talenta.co, sebuah #startup pengelolaan SDM berbasis komputasi awan. Lalu seperti apakah kisah Kevin membesut Talenta.co ini? Berikut ulasannya.

Kevin Joshua dan Perintisan Talenta.co

Talenta.co sendiri mulai dibuat oleh Kevin Joshua pada bulan September 2014 dan meluncurkan versi betanya pada Februari 2015. Dengan menggunakan Softlayer serta sistem komputasi awan dari IBM, Talenta.co pun meluncur ke publik waktu itu. Peluncuran telanta.co ini memang dibekali rasa percaya diri yang besar dari pria Kelahiran Jakarta, 24 tahun yang lalu.

Pria yang juga lulusan sistem informasi lulusan Universitas Bina Nusantara ini percaya bahwa ke depan akan banyak perusahaan yang mengalihkan pengelolaan SDM-nya dari sistem manual ke digital. Keyakinan dan kepercayaan Kevin semakin kuat saat dirinya melihat tanda bahwa banyak anak pengusaha Indonesia yang merupakan calon penerus perusahaan kuliah di luar negeri dan telah familiar dengan digitalisasi pengelolaan SDM.




Artikel lain: Ami Raditya ~ Founder Duniaku.net Dengan Segudang Pengalaman di Industri Media

Untuk menjalankan talenta.co sendiri, mantan Manajer Komunitas di Kakaotalk ini mengaku mencari investor dan mendapatkannya pada saat pembuatan Talenta dari East Venture dan Grup Mayapada pada September 2014 serta dari Fenox Venture Capital pada Agustus 2015 dengan total nilai investasi sebesar Rp5 miliar.

Perjuangan Kevin Joshua Mendapatkan Klien

Meski telah mendapatkan suntikan dana dari investor sebesar Rp5 miliar dan juga menjadi satu-satunya penyedia layanan SDM bermodel software as a service (SaaS) bukan berarti Kevin Joshua dengan startup talenta-nya lantas mudah mendapatkan klien. Pasalnya untuk mendapatkan klien ini Kevin dan 13 karyawannya saat itu harus melibatkan diri langsung dalam proses presentasi hingga negosiasi harga dengan perusahaan calon kliennya.

Selidik punya selidik, ternyata apa yang dilakukan Kevin dengan terjun langsung ke lapangan itu disebabkan oleh belum banyaknya perusahaan di Indonesia yang mengerti dan memahami pentingnya pengelolaan SDM dengan model berlangganan peranti lunak melalui Internet alias SaaS.

Meski dirasa sulit untuk mendapatkan klien, namun dengan usaha dan kerja keras Kevin, akhirnya talenta,co kini telah mampu mendapatkan klien lebih dari 30 perusahaan dengan 15.000 karyawan. Beberapa perusahaan yang telah bergabung dan menggunakan Talenta tersebut adalah #Gojek, GrabTaxi, TopasTV, Qraved, MicroAd, Kudo, ShopDeca dan lain sebagainya.




Baca juga: Anton Soeharyo ~ Founder Touchten yang Sukses Menjadi Miliarder dari Bisnis Game

Model Bisnis Talenta.co

Dalam menjalankan Talenta, Kevin Joshua menjalankan sistem jasa, dimana setiap klien yang ingin menggunakan jasa Talenta.co akan dikenai biaya Rp10.000 per karyawan. Biaya ini adalah untuk perusahaan yang mempunyai karyawan kurang dari 100 orang. Namun untuk perusahaan yang lebih besar yaotu dengan jumlah karyawan di atas 100 orang, Kevin mematok tarif Rp5-8 ribu per orang. Dengan biaya berlangganan yang tidak terlalu besar ini maka pengusaha sudah bisa memperoleh berbagai layanan dari Talenta seperti sistem penggajian, absensi, cuti, tunjangan, bonus sampai perpajakan.

Selain telah memperoleh lebih dari 30 klien perusahaan dengan 15.000 karyawan, startup Talenta besutan Kevin Joshua ini juga sukses mendatangkan sejumlah investor besar. Dari berbagai suntikan dana ini maka Kevin pun saat ini telah mampu mendirikan badan usaha PT Talenta Digital Indonesia, dimana talenta.co berada dalam naungannya.

Lalu bagaimana dengan pencapaian omsetnya? Talenta.co sendiri telah sukses meraup omset Rp 300 juta selama kurun waktu setahun dari pendiriannya. Meski dianggap telah sukses, namun Kevin Joshua masih berhasrat untuk menjadikan bisnis startup-nya bertumbuh lebih luas lagi.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. pengen banget deh kayak kak joshua.

  2. memang kak joshua keren banget deh.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud