Beranda SEO Kenapa Strategy SEO Anda Gagal?

Kenapa Strategy SEO Anda Gagal?

Google Panda & Penguin

Satu kali Saya pernah membaca sebuah artikel dari seseorang yang mengaku ‘ahli SEO’ yang mengatakan bahwa SEO (Search Engine Optimization) sudah berakhir untuk era algoritma penguin Google. Saya cukup kaget membaca artikel beliau (maaf saya tidak sertakan link sumber, silahkan cari di google) dan sempat merasa agak ‘down’ karna SEO adalah salah satu keahlian saya di dunia internet marketing. Bersaamaan dengan itu beberapa money site saya mengalami penurunan SERP yang signifikan di search engine google, dan membuat trafik dan earning anjlok secara drastis. Saya sempat berfikir bahwa artikel itu benar, bahwa tehnik SEO sudah tamat untuk selamanya.

Lalu saya dan beberapa teman menggali informasi lebih dalam dan melakukan beberapa riset percobaan mengenai perubahan yang terjadi pada search engine google. Dan saya menemukan beberapa informasi dan fakta bahwa sebenarnya tehnik SEO masih bisa diandalkan namun perlu dimodifikasi. Lalu anda mungkin bertanya kenapa strategy SEO anda gagal? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa strategy SEO yang anda terapkan tidak berhasil atau bahkan memberikan dampak buruk pada website anda:

1. Website Anda Payah
Inilah kenyataan yang sering terjadi pada era algoritma google panda dan google penguin! Sekarang ini SEO tidak hanya tentang backlinks yang banyak tapi lebih dari itu, sekarang google bot juga melihat kualitas website anda. Anda harus memiliki konten yang berkualitas untuk dapat memenangkan perhatian google. Selain itu google juga memperhatikan aktifitas user di website anda dan juga social media. Jika anda tidak memiliki konten yang disukai oleh user anda atau tampilan dan navigasi yang jelek, kemungkinan besar website anda akan mendapat masalah di SERP, terutama google.

2. Anda Menggunakan Taktik SEO Yang Lama
Algoritma search engine google atau search engine lainnya selalu berubah dari waktu ke waktu, karna itu taktik SEO yang dilakukan juga berubah dari waktu ke waktu disesuaikan dengan perubahan algoritma search engine. Kampanye SEO yang tidak uptodate bisa berdampak buruk pada SERP (Search Engine Result Page) website anda, selalu lakukan kampanye SEO yang uptodate untuk menjaga posisi SERP website anda.

3. Anda Memilih Niche Yang Terlalu Sulit
Memilih niche yang terlalu sulit adalah sebuah resiko pada bisnis anda karena anda pasti akan berhadapan dengan kompetitor lain yang mungkin sudah sangat terkenal dengan niche tersebut. Anda akan berkompetisi dengan website besar dan merek terkenal yang sudah dipercaya oleh search engine, mungkin anda merasa siap untuk berkompetisi tapi ini akan menjadi sesuatu yang membuat anda frustasi, dan anda harus siap dengan itu.

4. Anda Tidak Memiliki Tools Untuk Menganalisa Website dan Melacak Goal Anda
Mungkin anda tidak mau repot untuk menginstal tools analisa di situs anda, tapi bagaimana mungkin anda mengetahui trafik website anda dan goal anda tercapai jika web anda tidak terinstal tools untuk menganalisanya? Menginstal google analytics pada website anda adalah suatu keharusan bila anda ingin berhasil dalam kampanye SEO anda, sehingga anda tahu apa goal anda yang tercapai dan strategy apa yang cocok untuk kampanye SEO anda.

5. Fokus Keywords Situs Anda Terlalu Sempit
Fokus pada sebuah niche adalah pilihan yang baik, tapi bila anda memilih keywords (kata kunci) yang terlalu sempit atau jarang dicari melalui search engine maka kemungkinan besar trafik yang anda dapatkan juga akan sangat sedikit. Anda perlu sedikit memperluas keywords situs anda untuk mendapatkan kesempatan menjangkau audiens yang lebih luas namun masih tetap pada niche anda.

6. Membangun Backlinks Dengan Cara Yang Salah
Membangun backlinks adalah sesuatu yang disarankan untuk kegiatan SEO, kita semua setuju tentang ini! Tapi pada era algoritma panda dan penguin, anda tidak disarankan membangun backlinks dengan cara lama sesuka hati. Anda mungkin pernah tergiur dengan jasa backlinks yang menawarkan 10.000 backlinks dalam tempo singkat dan cukup dengan membayar Rp 100.000,- WOW! Jika anda pernah menggunakan jasa tersebut pada masa panda dan penguin, hasilnya saya bisa tebak… kemungkinan besar kampanye SEO anda gagal! Untuk membangun backlinks yang sehat untuk website anda, anda harus memperhatikan kualitas backlinks, dan harus terlihat natural.

7. Anda Tidak Menggunakan Social Media
Saya berkeyakinan bahwa hampir semua orang memiliki akun social media, misalnya twitter, facebook, pinterest, google plus, dan lain-lain. Jika anda memiliki website tapi tidak punya salah satu akun social media,  menurut saya ini sebuah kekeliruan besar… sungguh terlalu! Jika anda melakukan kampanye SEO dan berpikir bisa memenangi persaingan SEO tanpa menggunakan social media, maka saya bisa mengatakan bahwa anda sedang membodohi diri anda sendiri!

8. Anda Tidak Sabar
Sangat disayangkan bahwa proses SEO tidak terjadi dengan cepat. Anda melakukan semua effort dengan cara yang benar tapi mungkin hasil yang anda harapkan tidak terlihat dalam hitungan hari atau minggu atau bahkan bulanan. Tidak ada waktu yang pasti kapan kampanye SEO anda akan terlihat hasilnya, tapi saya katakan bahwa effort yang benar dan kesabaran adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang webmaster, bahkan ketika anda tidak mendapatkan hasil pada waktunya anda harus tetap melakukan SEO anda dengan sebaik-baiknya.

47 KOMENTAR

  1. Bener banget mas ,hal2 yang udah disebutkan. Saya juga pernah mengalami nya. namun saya terus analisa sehingga bisa terbebas dari masalah2 tersebut

  2. huft mempertahankan memang lebih susah dabanding ngebangun :(

  3. Saya sangat setuju dengan anda bahwa jangan mudah tergiur jasa backlink yang bamyak ditawarkan di internet, berusahalah senatural mungkin, juga research keyword harus dilakukan dengan sebaik-baiknya

  4. jadi intinya harus sabar ya? ….sambil terus berusaha

  5. maaf sekali lagi saya ingin bertanya apakah bener pelanggaran atas ketentuan search engine, biasanya hal ini dilekukkan karena ingin segera mendapatkan peringkat dengan cara membayar jasa pemberian backlink atau bentuk kecurangan lain sehingga strategi seo tidak berjalan?? dan solusinya harus bagaimana ya??,

  6. saya harus banyak belajar dari maxmanroe…terima kaih ilmunya gan

  7. Apa ada pengaruh dari google yg terus mengganti algoritma dlm search engine?

  8. cara mengetahui keyword yg banyak dicari orang itu gimana mas,,,?

    • Riset keywords pak, salah satu tools gratis yang bisa digunakan adalah Google Keyword Planner

  9. mas max, kalo seandainya kita tidak mencari backlink kesana kesini namun fokus pada artikel dan link internal, apakah trafik blog tetap bisa naik?

    • Secara teori sangat bisa mas. Tapi kalau persaingannya berat untuk kata kunci yang Anda bidik, kemungkinan akan sulit memenangkan persaingan tanpa adanya backlinks.

  10. kira2 berapa lamaa untuk sukses dalam seo makasih

  11. Backlink tidak mungkin menghilang dari dunia seo. mesin pencari mau menggunakan apa coba untuk mengenali suatu halaman. Kalau pengelompokkan suatu backlink bisa saja masuk akal.

  12. “anda harus memperhatikan kualitas backlinks, dan harus terlihat natural.”
    yang dimaksud terlihat natural itu seperti apa ya?
    mohon dimaklum..newbie..

  13. Apakah benar backlink menjadi tolak ukur sebuah situs dalam hal SEO ? pasalnya saya menemukan beberapa situs yang bahkan menurut saya tidak melakukan optimasi seo sekalipun tingkat dasar nya.. namun situs mereka bisa nangkring di halaman pertama goole, bukan hanya sekali .. namun berkali-kali ! kira-kira teknik seperti apakah yang mereka gunakan ? terimakasih

  14. inti nya kalau mau berhasil harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, apalagi tentang SEO. karena disini banyak persaingan dalam merebut posisi dan ranking SEO tsb

  15. terkadang saya heran, mengapa banyak orang bisa mencapai ratusan ribu backlink,,sementara saya sendiri hanya punya kurang dari 1000.. miris

  16. Sebenarnya orang usaha Backlink itu, Backlinknya dapat dari mana ya Mas Max? Apa mereka hanya kerjanya cuma nyari backlink terus kalau dapat dijual. Kan ada juga tu bagus untuk mencari Backlink Scrapbox mungkin cukup ampuh untuk mendapatkan Backlink.

  17. bisnis blogger sukses

    maksih atas infonya mas kyknya blog saya masih butuh banyak pengenalan nihh

  18. Baju Wanita Terbaru

    terima ksih pencerahannya master ,,
    sya memang sedang belajar SEO,,
    entah knp bln ada 1 pun yg page 1 mas,,
    jka berkenan sila berkunjung k web sya mas dan monngo masukannya,
    masukan dari master seo sprti mas sangat2 berguna

  19. strategi saya kayaknya gagal deh gan…. gak naik naik peringkatnya di google..

  20. berarti proses seo tidak secepat yg saya kira, hehe maklum newbie

    apakah dengan cara kita melakukan backlink manual kualitas seo kita meningkat?
    mohon jawabannya para suhu :D

  21. Paket Wisata Danau Toba

    sepertinya saya berada di posisi ke 8 tu mas bro…..”gak sabar”

  22. berapa perkiraan lama berhasilnya tehnik seo yg kita terapkan bisa berhasil?

  23. Saya sekarang lagi menjalankan point yang ke 7 semoga dapat memperbanyak pengunjung website dan penjualan..^^

  24. Percetakan Murah Jakarta

    Intinya ada di poin 8 harus sabar.. dan benar SEO harus benar2 sabar, disamping poin2 lainya diatas

  25. Alhamdulillah Mas Max, dg ilmu SEO seadanya yg Saya miliki Saya sudah bisa melihat hasilnya, tapi mungkin Saya tipe orang agak kurang sabar dan ingin hasil super maksimal. Tapi setelah membaca artikel di atas, terutama dipoint terakhir membuat Saya jadi agak sadar, bahwa memang kita harus bersabar dan bersabar menunggu hasilnya. Tapi berapa edialnya ya Mas dikatakan kita gagal dalam membangun SEO sebuah website?

    • Gagal di SEO setahu saya tidak ada idealnya hehehe… kalau ga berhasil mencapai target ya berarti gagal.

  26. Dari 1-8 kok hampir masuk semua mas…memang butuh reformasi,kirain nge-blog tu mudah,,wah ternyata susah susah mudah,mungkin mudah bagi yang sudah master,,kenyang pengalaman

  27. artikel sangat bermanfaat buat saya yang pemula um, kalau boleh tau tools analisa yang bagus apa um? terus boleh dong di liput juga, kadang saya sering coba tapi tetap hasilnya tidak maksimal. terimakasih om….
    salam

  28. ijin bookmark dlu gan,,sambil analisa satu persatu poin poin diatas. thanks sharingnya mas :)

  29. Saya banyak belajar tentang ilmu Seo dari maxmanroe, sedikit demi sedikit ranking blog saya di SERP khususnya google semakin baik, dan mutlak pengunjung juga bertambah. Tetapi kenapa ranking alexa nya turun drastis ke nilai 2 jutaan ya.

  30. Dear author,
    Setelah membaca tulisan agan, saya masih sedikit bingung mengenai goal pada google analytic gan, boleh gak kalau agan menulis lebih detail tentang goal di google analytic ,
    Thanks,

  31. Fariz Septiananda

    gan sebelumnya thanks buat artikel bermanfaatnya.
    Saya mau nanya nih.

    kalo berkomentar sebagai tujuan backlink website yang kita cantumkan didalamnya apakah domain saja, atau beserta halaman yang ingin kita tingkatkan backlinknya? mayoritas kan backlink domain saja. apa itu sudah benar?

  32. Pengalaman saya dalam men SEO memang demikian, namun yang paling berat adalah jika salah satu penyebabnya adalah karena design Themes yang tidak SEO Friendly. Ini sangat berat, mengingat itu harus melawan selera klien. Solusinya bagaimana ya..? thx

  33. Saya pernah melakukan kesalahan terbesar dalam menseokan klien beberapa tahun lalu yaitu menggunakan software. Hal tersebut justru tidak meningkatkan hasil di SERP melainkan website klien kena tebas termasuk website kami.

    • Ditebas? Istilah baru nih hehehe. Ya memang masing-masing strategi punya kelemahan masing-masing, tp pakai software sering bawa dampak yang tidak baik untuk SERP, apalagi kalau ga ngerti cara pake yang aman… ditebaslah :)

  34. Jadwal Bola Piala Dunia 2014

    Maksud saya 5-10 link per minggunya…

  35. Jadwal Bola Piala Dunia 2014

    Nice artikel, sebenarnya google menerapkan sistem yg mana semakin kedepan akan menyerupai penilaian logika manusia, sehingga kita membuat link se alami mungkin dan itu di butuhkan kesabaran, menurut saya sebaiknya membangun link paling banyak 5-10 link dengan komposisi anchor text yang optimal dan terencana dengan mengacu pada web-web yang berkualitas baik PR google dan authoritynya, tapi ingat PR nya juga jangan terlalu tinggi dan berbeda jauh dr PR google kita… Nice sharing.. :)

  36. Indonesian Online Magazine

    Saya kira banyak hal yang harus diperhatikan saat ini. Apalagi saat mengambangkan website yang punya kompetitor raksasa. Google dan SE lain bukan sesuatu yang sempurna, dan SEO tak akan pernah mati. Saya rasa. SEO baru bisa berakhir jika Google mau mempekerjalan banyak orang untuk memeriksa semua website satu per satu. :)

  37. kalo beli baclink itu beresiko besar ga ya mas ?

    • Beli backlink itu bisa menguntungkan bisa juga merugikan… jadi kalau ditanya beresiko atau tidak, menurut saya beresiko. Jika beli links dari website yang punya reputasi baik di internet pastinya akan memberikan efek positive bagi website kita, dan begitu sebaliknya. Ya pinter-pinter kita saja mas :-)

  38. madu asli high desert

    wah, jadi begitu ya masalahnya…

  39. Saya punya pengalaman aneh, web toko online saya nyaris hampir 3 bulan tidak ada pengunjung dari Search Engine..tetapi kenapa saat ini jadi lumayan bagus jumlah pengunjung dari Search Engine, padahal tidak saya rubah apapun..

  40. Mesin Absensi Sidik Jari

    Saya juga mengalami hal yang sama dengan yang dialami Yuneey, saat ini saya kembali mencoba mengoptimasi website tersebut

  41. 6 bulan terakhir situs saya ada di halaman pertama, kemudian saya menambahkan meta tag pada blog saya tersebut, tapi sejak saat intu rangking situs saya meluncur bebas ke halaman 2….

    Kalo melihat dari artikel anda, saya rasa masalahnya adalah nomer 3 dan nomer 5. Tapi klo nomer tiga itu penyebabnya kenapa saya pernah ada di rangking satu selama beberapa bulan lamanya..

    Apa karena platform blogspot yg membuat situs saya rentan anjlok ya..

Tinggalkan Balasan