5+ Keunggulan Beton Instan Dibanding Beton Konvensional

Kelebihan Beton Instan

Batching Plant via Wikipedia

Kelebihan Beton Instan – Kualitas bahan bangunan adalah salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan dalam industri properti. Kebanyakan konsumen sekarang ini sudah cukup kritis dalam memilih properti yang mereka beli. Tidak hanya desain dan lokasi saja yang diperhatikan, kualitas bahan bangunan pun menjadi hal yang diperhitungkan.

Beton adalah satu bahan bangunan yang sangat penting dalam membangun gedung, bahkan sebagian besar bangunan mengandalkan beton agar bisa berdiri kokoh dan tahan lama. Ada dua jenis beton, yaitu;

  • Beton konvensional yang dibuat secara manual dengan mencampurkan pasir, batu kerikil, semen, dan air, dengan perbandingan yang telah ditentukan
  • Beton instan atau beton ready mix, yaitu beton yang diproduksi di Batching Plant atau Pabrik Pengolahan beton, dimana proses pencampuran semen, pasir, kerikil, dan air menggunakan mesin khusus

Keuntungan beton instan ini adalah kemudahan dalam mengatur komposisi bahan (semen, pasir, kerikil, air, dan bahan pendukung) sehingga bisa mendapatkan kualitas beton sesuai dengan yang diinginkan. Kualitas yang sama sulit atau bahkan tidak bisa didapatkan bila membuat beton dengan cara manual.



Kelebihan Beton Instan Dibanding Beton Konvensional

Selain kemudahan dalam hal produksi beton, beton instan juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Perlu diingat bahwa penggunaan beton instan cenderung lebih mahal dibanding pembuatan beton konvensional. Namun penggunaan beton instan bisa menjadi lebih murah dan mudah bila volume pekerjaan sangat besar dan membutuhkan beton dalam jumlah besar dan cepat.

Berikut ini beberapa kelebihan beton instan dibanding beton konvensional:

1. Proses Produksi Lebih Mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses produk beton instan dilakukan di Batching Plant/ Concrete Plant. Dengan bantuan mesin canggih dan tenaga profesional, maka proses produksi beton cor menjadi lebih mudah.

Kelebihan beton instan ini akan membuat Anda bisa lebih fokus pada proses pengecoran. Sedangkan proses produksi beton tersebut diserahkan kepada ahlinya dengan kualitas yang diinginkan.

2. Bisa Menentukan Kualitas Beton

Tidak semua campuran beton memiliki kualitas yang sama. Dengan beton instan atau ready mix, kita bisa menentukan kualitas beton yang diinginkan. Ada tiga kelas beton berdasarkan kekuatannya dan peruntukannya, diantaranya:

  • Beton kelas I: K-100, K125, K-150, K-175, K-200. Biasanya beton kelas I digunakan untuk pekerjaan skala kecil, misalnya membuat rumah sederhana atau ruko.
  • Beton Kelas II: K-225, K-250, dan K-275. Biasanya beton kelas II digunakan untuk pekerjaan struktur seperti lantai, jalan, pondasi, sloof, kolom.
  • Beton Kelas III : K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500. Beton kelas III ini adalah beton khusus, biasanya digunakan untuk balok dan lantai jembatan, landasan pesawat.

3. Mutu Beton Lebih Terjaga

Beton instan atau ready mix memiliki mutu yang terjamin dibanding beton konvensional. Hal ini karena proses komposisi material yang dicampur serta proses pengolahannya menggunakan mesin canggih.

Dengan kata lain, proses pembuatan beton instan dengan mutu yang diinginkan akan terjaga sejak awal, proses pembuatan, hingga beton tersebut dituangkan ke area yang akan dicor.

4. Proses Pengecoran Menjadi Lebih Cepat

Proses pengecoran dengan menggunakan beton instan akan membuat pekerjaan pengecoran tersebut menjadi lebih cepat. Tidak seperti beton konvensional yang proses pembuatannya lebih lama sehingga bisa menghambat pekerjaan yang membutuhkan beton dalam jumlah besar.

Selain itu, dengan menggunakan beton instan juga menjadi lebih mudah karena proses penuangan beton menggunakan pompa beton yang dapat menjangkau tempat yang tinggi.

5. Dalam Skala Besar, Harganya Lebih Murah

Seperti yang disebutkan di atas, penggunaan beton instan untuk pekerjaan skala besar, akan lebih murah dan lebih mudah ketimbang beton konvensional

Tentu saja beton instan ini akan lebih mahal jika digunakan untuk proyek skala kecil. Ini harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.

6. Bisa Digunakan untuk Berbagai Bangunan

Penggunaan beton instan ini sangat praktis, dan bisa digunakan untuk berbagai bangunan. Beberapa jenis bangunan yang sering menggunakan beton instan diantaranya adalah pengecoran dak, pengecoran lantai, membuat kolom praktis, dan lain-lain.

Namun, Anda jangan sembarangan membeli beton instan. Belilah sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya, Anda tentu tidak ingin membeli beton dengan kualitas III untuk bagian bangunan yang hanya butuh beton kualitas I.

Perlu diperhatikan juga bahwa cara penggunaan beton instan ini harus sesuai dengan ketentuan.

7. Banyak Perusahaan yang Menjual Beton Instan

Sekarang ini kita tidak kesulitan untuk mencari perusahaan yang menjual beton instan. Ada banyak perusahaan yang menawarkan beton cor curah ini, sehingga memudahkan kita untuk membelinya.

Namun, sebaiknya pilih Batching Plant yang lokasinya berdekatan dengan lokasi proyek. Pastikan jarak temput dari Batching Plant ke area proyek tidak lebih dari 4 jam.

Baca juga:

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan beton instan dibandingkan dengan beton konvensional. Semoga bermanfaat.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud