Kecanggihan Teknologi yang Memfasilitasi Perubahan Sistem Keuangan

Kecanggihan-Teknologi

Teknologi tak hanya turut berpartisipasi dalam perkembangan aplikasi dan gadget saja. Karena perkembangan teknologi di suatu negara juga mendorong berkembangnya berbagai kecanggihan di beragam sektor seperti sektor keuangan, hiburan dan kesehatan. Salah satu sektor yang sedang gencar melakukan perkembangan dan perbaikan teknologi adalah sektor keuangan.

Kini kita tentu tak perlu repot-repot membawa segepok uang ketika akan membeli barang yang harganya mahal. Kecanggihan teknologi dan perangkat mobile dapat mempermudah kita melakukan berbagai transaksi jual beli kapan pun dan dimana pun.

Banyak bank yang berlomba-lomba menemukan sistem aplikasi keuangan yang sifatnya mudah digunakan dan dapat digeneralisasikan ke seluruh kalangan masyarakat. Beberapa perubahan fasilitas dan sistem keuangan di Indonesia yang diterapkan sesuai dengan kemajuan teknologi antara lain:

Munculnya Dompet Digital

Dompet digital adalah solusi yang membantu masyarakat melakukan transaksi pembayaran secara lebih mudah, praktis dan aman. Konsep dompet digital ini sudah lama diadopsi oleh negara-negara di kawasan Eropa dan Amerika Utara dengan bentuk uang non fisik yang berisi nominal uang dan voucher belanja tertentu.

Tak hanya menjadi solusi keuangan yang praktis dan canggih, penggunaan sistem dompet digital juga mendorong bertumbuhnya jumlah rekening baru, daya beli masyarakat serta perkembangan fasilitas pelayanan finansial lainnya. Sehingga masyarakat akan menjadi lebih akrab dengan perkembangan teknologi di sektor finansial.

Artikel lain: Daftar Kode Bank Indonesia untuk Transfer Antar Bank

Layanan Perbankan Sesuai Konteks

Layanan perbankan yang baik tentu harus mampu memfasilitasi mayoritas kegiatan yang sering dilakukan oleh para nasabahnya. Jadi, dunia perbankan dan keuangan tak hanya bisa memfasilitasi kecanggihan perangkat mobile untuk para nasabah dari kalangan ekonomi menengah ke atas, namun juga perlu melakukan pemerataan terhadap pengembangan teknologi bagi seluruh kalangan masyarakat.




Sebagai contoh konkret, penggunaan mesin ATM adalah salah satu pengembangan teknologi yang dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Nasabah suatu bank yang memiliki tabungan dan kartu ATM dapat mengambil sejumlah uang di mesin ATM karena adanya pemerataan fasilitas.

Hal ini tentu agak berbeda dengan pelayanan perangkat mobile via smartphone, karena belum tentu semua nasabah bank pasti memiliki smartphone yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara digital.

Menciptakan Perangkat Mobile yang Tepat

Perangkat mobile untuk mendukung kegiatan di sektor keuangan tentu harus diintegrasikan sesuai dengan kemampuan masyarakat. Misalnya, transaksi secara digital bisa dilakukan melalui ponsel yang sederhana atau ponsel berbasis java dan symbian.

Sekalipun mayoritas masyarakat kalangan menengah ke atas hampir semuanya sudah memiliki smartphone, maka perangkat mobile yang sederhana tetap dapat diakses melalui ponsel yang teknologinya masih sederhana.

Memperhatikan Sistem Investasi

Bila masyarakat kalangan menengah ke bawah memerlukan pemerataan sistem perangkat mobile, lain halnya dengan masyarakat dari kalangan menengah ke atas. Masyarakat kalangan menengah ke atas memerlukan sistem investasi dengan prosedur yang praktis dan mudah dipantau.




Jadi, membangun sektor keuangan berbasis mobile tak hanya ditujukan untuk memudahkan aktivitas transaksi namun juga harus tetap memperhatikan bagian lainnya, yaitu konsep sistem investasi yang mampu menarik minat masyarakat. Sistem investasi yang jelas dan mudah akan membuat masyarakat tertarik untuk menginvestasikan dananya ke bank.

Artikel lain: PonselPay: Aplikasi Untuk Transaksi Pembayaran secara Mudah

Sekarang adalah Saat yang Tepat

Membangun sistem keuangan yang canggih tentu butuh waktu yang tak sebentar. Melalui hal tersebut, maka seluruh sektor perbankan diajak untuk melakukan tahap pembangunan sedini mungkin untuk menciptakan sistem yang aman, dapat diandalkan dan dapat dioperasikan untuk jangka panjang. Bank yang aktif membangun sistem teknologi akan memperoleh pertumbuhan dan relasi yang baik dengan para nasabahnya.

Jadi, kunci kesuksesan untuk membangun sistem keuangan di suatu negara adalah bagaimana seluruh sektor lembaga keuangan dan perbankan saling bahu membahu dan berinovasi tanpa henti untuk mewujudkan sistem keuangan yang praktis dan modern. Generasi mudah tentu memiliki banyak ide dan upaya untuk mewujudkan sistem keuangan negara yang canggih, efisien dan tepat guna.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud