Kaskus Luncurkan Inovasi Terbaru di Ultah-nya Ke 18, Yuk Lihat Gan

Masyarakat urban di Indonesia pasti kenal dengan Kaskus. Di tahun 2000an, Kaskus merupakan salah satu situs yang paling banyak diakses di seluruh pelosok Indonesia, termasuk dari luar negeri.

Image via Kaskus

Kaskus kita kenal sebagai sebuah social commerce yang sangat powerful pada masanya. Situs ini menggabungkan antara kegiatan bersosial dan komunitas online dengan kegiatan jual-beli secara online. Singkatnya, orang bisa berdiskusi tentang sebuah produk/ bisnis sebelum membelinya atau mengulas produk-produk tertentu.

Namun, kehadiran beberapa situs marketplace, gempuran social media, dan juga perubahan minat masyarakat online di Indonesia sempat membuat Kaskus kehilangan sebagian besar pengunjung mereka. Untuk menghadapi persaingan tersebut, Kaskus pun melakukan berbagai perubahan baru terhadap situs mereka. Salah satunya adalah perubahan tampilan situs mereka yang lebih mobile friendly dan juga aplikasi mobile dengan proses loading yang sangat cepat.

Di ulang tahunnya yang ke 18 tahun, pada tanggal 20 July 2017 lalu Kaskus mengadakan jumpa pers dengan beberapa media online dan juga blogger untuk menyampaikan inovasi terbaru mereka. Ronny W Sugiadha (CMO Kaskus) dan Ardy Alam (CPO Kaskus) menyebutkan bahwa Kaskus telah mengembangkan beberapa produk terbaru mereka.

Inovasi Terbaru dari Kaskus Forum

Menurut Ronny W Sugiadha, saat ini Kaskus sedang mengembangkan inovasi yang nantinya akan lebih banyak ‘membidik’ pengguna internet dari generasi muda. Jadi, dengan adanya inovasi terbaru tersebut diharapkan akan semakin banyak generasi milenial yang lebih kenal Kaskus dan menggunakan produk-produk dari Kaskus.

Berikut ini adalah beberapa inovasi terbaru dari Kaskus:

1. Kaskus Social TV

Kaskus social TV merupakan terobosan dari Kaskus yang menurut saya cukup unik. Dengan adanya Kaskus Social TV, maka para Kaskuser dapat melakukan video streaming dan memberikan komentar pada waktu yang bersamaan.

Inovasi ini sebenarnya sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Melalui platform Kaskus, kita bisa melihat sebuah event melalui video Live Streaming. Beberapa rekaman video live streaming tersebut bisa dilihat:

2. Kaskus Lounge Video

Berbeda dengan Kaskus Social TV, inovasi yang satu ini memungkinkan para Kaskuser untuk mengunggah video mereka secara langsung ke Kaskus tanpa melalui situs pihak ketiga seperti YouTube dan Dailymotion.

Kaskuser bisa langsung mengunggah video milik mereka ke Kaskus dan menambahkan deskripsi singkat video tersebut. Sementara ini, video yang bisa diunggah langsung ke Kaskus dengan ketentuan maksimal berdurasi satu menit dengan ukuran 200 KB.




Dan kabarnya, video tersebut bisa dimonetisasi loh. Tapi ini (monetize) masih dalam tahap rencana ya.

Lihat forumnya di sini Kaskus Lounge Video

3. Kaskus Forum Image

Forum Image ini memungkinkan para Kaskuser untuk mengunggah image dengan satu kali klik tanpa harus membuka thread seperti biasanya. Kaskuser juga bisa memberikan caption pada setiap image yang diunggah ke Kaskus, mudah sekali.

Uniknya lagi, di Forum Image Kaskus kita bisa mengedit foto yang akan diunggah. Forum ini dilengkapi dengan fitur image editor berupa stiker, frame, text dan filter, dengan begitu Kaskuser akan sangat mudah mengirimkan foto/ image ke Kaskus.

Lihat forumnya di sini Kaskus Lounge Video

4. Kaskus Creator

Dari semua inovasi terbaru yang diluncurkan oleh Kaskus, inovasi Kaskus Creator lah yang paling menarik menurut saya. Alasannya, karena selama ini Kaskuser banyak membuka thread bagus di Kaskus tanpa mendapat bayaran. Nah, sekarang Kaskuser bisa mendapatkan uang dari kegiatan membuat thread di Kaskus.

Jadi, dengan adanya Kaskus Creator, maka para Kaskuser akan mendapatkan revenue sharing dari setiap konten yang dibuat di Kaskus. Tentunya konten tersebut harus original, menarik, dan berkualitas.

Besarnya penghasilan Kaskus Creator dihitung berdasarkan jumlah views dari setiap konten yang dibuat. Inovasi ini akan diluncurkan versi beta nya pada bulan Agustus 2017 nanti.

5. Implementasi Machine Learning

Saat ini Kaskus juga mengimplementasikan teknologi Machine Learning secara bertahap di Forum dalam bentuk rekomendasi thread di Forum maupun Jual Beli. Jadi, Kaskus dapat mengetahui pola kebiasaan seorang pengguna Kaskus sehingga mereka bisa merekomendasikan thread Forum diskusi ataupun Forum jual beli yang sesuai dengan minat si Kaskuser.

Selain itu, Kaskus juga sedang mengembangkan tools dari Machine learning yang memungkinkan Kaskus untuk mendeteksi berita atau konten yang sedang viral.

6. Kaskus Chat

Ini inovasi yang menurut saya sangat cocok dengan perkembangan pengguna smartphone saat ini, apalagi dari kalangan generasi muda. Menurut pihak Kaskus, Kaskus chat ini nantinya akan disatukan atau bisa juga menggantikan fitur Private Massage yang selama ini populer di Kaskus.

Pada penerapannya, nantinya Kaskus Chat akan mirip seperti Facebook Messanger. Kaskuser bisa bermain-main di forum Kaskus sembari chatting dengan Kaskuser lain sehingga proses berkomunikasi akan jauh lebih cepat.

Kaskuser pengguna smartphone bisa menginstal aplikasi Kaskus chat di PlayStore atau App Store, atau bisa juga menggunakannya melalui link ini https://chat.kaskus.co.id

7. Fitur Kaspay

Kaspay adalah sebuah platform pembayaran online resmi yang diluncurkan oleh Kaskus melalui PT Darta Media Indonesia. Dengan fitur pembayaran ini maka Kaskuser akan dimudahkan untuk bertransaksi jual-beli di forum JB dan via Kaskus Chat.

Menurut CMO Kaskus, Kaspay ini nantinya akan didukung oleh inovasi financial technology yang bisa digunakan oleh siapa saja, tidak hanya Kaskuser. Jadi, merchant dan brand lain juga bisa menggunakannya sebagai media pembayaran online.

Kelebihan dari Kaspay ini adalah jaminan keamanan dimana proses transaksi melalui transfer (top up) dan setiap transaksi menggunakan Kaspay harus melalui proses konfirmasi via email yang bersangkutan. Selain itu, fitur ini juga gratis lho. Kaskuser hanya perlu registrasi akun Kaspay, top up saldo, pilih produk yang mau dibeli, lalu bayar dengan Kaspay. Cepat, mudah, dan aman.

Selain inovasi yang disebutkan di atas sebenarnya masih ada beberapa inovasi lainnya yang dilakukan oleh Kaskus. Semoga berbagai inovasi tersebut akan membuat Kaskus semakin matang dan meraih pencapaian-pencaiapan yang lebih baik di kemudian hari.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Banyak yang baru-baru nih di Kaskus yang paling menarik adalah Creator, dari sini yakin akan banyak bermunculan para creator yang unjuk gigi, agar pengunjung dari thread-nya membludak…

    • Memang harus dikasi uang sih biar lebih banyak yang tertarik bikin thread di Kaskus. Soalnya sekarang kan bikin blog/ website muda sekali, jadi orang berpikir untuk menghasilkan uang dari blog nya sendiri. Langkah Kaskus ini memang agak telat ya, karena banyak website lain yang sudah lebih dulu memberikan uang kepada penulis mereka.

  2. Menurut saya yang bikin trafik Kaskus menurun adalah marketplace (Tokoped*a, Bukalap*k, dan lain-lain) dan juga Facebook.

    Selain itu, selama ini Kaskus saya lihat terlalu mengandalkan Kaskuser untuk membangun konten. Padahal Kaskuser ngga dapat duit dari thread mereka, cuma dapat cendol, itu pun cendol virtual…apa enaknya.

    Menurut saya inovasi Kaskus Creator upaya yang bagus, tapi agak terlambat. Harusnya dari dulu Kaskus menghargai Kaskuser yg bikin thread bagus dengan memberi insentif (uang)…bukan sekedar cendol virtual.

    Ya semoga saja Kaskus bisa kembali bersinar seperti dulu ya.

  3. Makin maju terus nih forum kaskus

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud