21 Jenis Blog yang Ada di Internet dan Contohnya, No. 13 Cocok untuk Pemalas

Jenis-jenis BLog di Internet

Apakah Anda tahu apa saja jenis blog yang ada di internet? Kemungkinan besar tidak, karena biasanya orang tidak terlalu perduli dengan jenisnya tetapi pada isinya.

Seperti kita ketahui, blog merupakan sebuah aplikasi web yang berisi beragam tulisan, catatan, artikel yang diposting secara online dan bersifat terbuka.

Semakin bertambahnya jumlah blog dengan beragam tema yang bermunculan setiap hari membuat perlunya sebuah penggolongan dan kategorisasi.

Sebagai salah satu sebuah media di internet yang informasinya banyak dibutuhkan orang, blog yang awalnya berupa blog gratis (Blogspot.com dan WordPress.com) kini telah berkembang menjadi banyak bentuk dan variasi.

Kini blog yang ada telah memiliki dunianya sendiri, punya karakter khas dan pembahasannya tersendiri.

Lalu apa saja jenis blog yang ada dan sudah berkembang tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

A. Jenis Blog Berdasarkan Platformnya

Berdasarkan platformnya, jenis blog dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Blog Platform Gratis (Free Blog)

Blog gratis adalah jenis blog yang disediakan secara gratis oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanannya, baik itu subdomain dan juga hostingnya.

Blog ini memiliki ciri khas, yaitu adanya pencantuman nama pihak ketiga pada nama blog yang telah dibuat.

Contoh blog yang menggunakan platform gratis, yaitu:  maxmanroe.blogspot.com atau maxmanroe.wordpress.com.

Penyedia layanan blog gratis yang sangat populer saat ini adalah Blogspot, WordPress, Tumblr dan lain sebagainya.

Silahkan baca artikel yang membahas tentang cara membuat blog gratis di Blogger dan WordPress.

2. Self-Hosting Blog

Self-Hosting Blog adalah jenis blog yang dibuat dengan menggunakan domain dan hosting sendiri, di mana pemilik blog membayar layanan tersebut.

Biasanya self-hosting blog ini dimiliki oleh blogger profesional, pemilik bisnis, dan juga para pemasar internet.

Beberapa contoh self-hosting blog, di antaranya Radityadika.com, Ndorokakung.com, Iwanbanaran.com, Maxmanroe.com, Fixioner, dan lain sebagainya.

3. Micro Blog

Micro blog adalah blog yang kontennya ditulis dengan jumlah karakter yang terbatas, dan tak sebanyak dari jenis blog yang lainnya.

Salah satu contoh micro blog adalah Twitter.

4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)

Corporate blog adalah blog yang berada dalam website sebuah perusahaan yang berisi beragam konten seperti berita seputar perusahaan, penjelasan produk dan layanan, atau balasan atas keluhan pelanggan.

5. Citizen Journalism Blog

Citizen journalism blog adalah blog yang ditulis oleh warga masyarakat (bukan jurnalis profesional) dan disediakan oleh pihak media tertentu.

Contohnya Citizen journalism blog adalah Kompasiana.com, Seword.com, Blogdetik, dan lain sebagainya.

B. Blog Berdasarkan Kontennya

Berdasarkan konten atau isinya, jenis blog dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

6. Niche Blog

Niche blog adalah blog yang ditulis oleh seseorang dengan tema-tema tertentu atau spesifikasi topik yang khusus. Contoh niche blog adalah blog fashion, blog bisnis, blog pendidikan, blog kesehatan, blog teknologi, dan lain sebagainya.

Salah satu niche blog yang cukup terkenal adalah Female Daily. Blog ini fokus membahas tentang kosmetik dan brand kosmetik yang sering digunakan wanita.

7. General Blog

General blog adalah blog yang berisi bermacam-macam tema atau topik yang bersifat umum. Bisa saja general blog ini membahas berbagai macam topik sekaligus karena memiliki beberapa penulis yang menyukai/ menguasai topik yang berbeda-beda.

Salah satu contoh general blog yaitu Mastimon.com,Lindaikejisblog.com. Blog seperti ini membahas banyak topik, mulai dari topik blogging, politik, bisnis, teknologi, dan lain sebagainya.

C. Blog Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, jenis blog dapat dibedakan menjadi empat, yaitu:

8. Personal Blog

Personal blog adalah blog yang berisi macam-macam konten dan informasi berdasarkan pendapat si pemilik blog. Personal blog umumnya dibuat dengan tujuan sebagai media berekspresi atau media curahan hati.

Contoh personal blog adalah Asepsandro.blogspot.com.

9. Personal Branding Blog

Personal branding blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan berpromosi dan meningkatkan nama si penulis agar dikenal orang banyak. Biasanya blog personal branding memiliki gaya bahasa yang formal atau semi formal.

Contoh blog personal branding yang cukup terkenal adalah JohnChow.com, dan lain-lain.

10. Monetisasi Blog

Monetisasi blog adalah blog yang dibuat dengan tujuan memperoleh pendapatan atau uang. Biasanya blog seperti ini sangat mengandalkan faktor SEO untuk membuat banyak pengunjung berdatangan.

Blogger di Indonesia banyak sekali menerapkan monetisasi blog, biasanya mereka menjadi publisher Google Adsense untuk menghasilkan uang dari blognya tersebut. Baca juga artikel yang membahas tentang cara menghasilkan uang dari blog.

11. Catalog Blog

Catalog blog adalah blog yang berisi beragam informasi sebagai bahan rujukan atau referensi. Blog ini disajikan seperti sebuah katalog yang diperuntukkan bagi siapa saja yang mengaksesnya.

D. Blog Berdasarkan Formatnya

Berdasarkan formatnya, blog dapat dibedakan menjadi sepuluh, yaitu:

12. Vlog

Vlog adalah blog yang hanya berisi konten video dan banyak kita temukan di YouTube.com. Salah satu Vlog yang paling terkenal di YouTube adalah www.youtube.com/user/vlogbrothers.

13. Blog Copy Paste

Blog Copy Paste adalah blog yang isinya diambil dari blog lain dengan cara copy paste. Blog seperti ini biasanya dimiliki oleh blogger yang malas atau tidak memiliki kreatifitas dalam membuat konten sendiri.

Uniknya, ternyata ada juga blog perusahaan yang menerapkan cara seperti ini, contohnya kantorpemuda.com, semua artikel di blog ini adalah hasil copy paste dari blog orang lain.

Coba cek, apakah konten blog Anda dicopy oleh website ini.

14. Sketchblog

Sketchblog adalah blog yang formatnya berisikan kumpulan hasil portofolio seseorang. Contoh Sketchblog adalah Kristen’s Sketchblog (Kristens-sketchblog.blogspot.com).

15. LinkLog

Linklog adalah blog yang hanya berisi kumpulan link. Contoh linklog adalah Jennifer’s LinkLog.

16. Photoblog / Phlog

Photoblog /Phlog adalah blog yang berisi khusus konten foto. Contoh Photoblog adalah Kathleen Connaly’s Photoblog (www.durhamtownship.com)

17. Audioblog

Audioblog adalah blog yang berisi isi utamanya berupa file musik yang bisa didownload secara bebas.

18. Tumbleblogs

Tumbleblogs adalah blog yang berisi text pendek dan beberapa konten dari media. Ada enam jenis postingan di Tumbleblogs, yaitu postingan berbentuk teks pendek, postingan foto, kutipan, link, percakapan, percakapan, dan video.

Contoh Tumbleblogs adalah blog-blog yang menggunakan platform Tumblr.com.

19. Typecasting Blog

Typecasting blog adalah blog yang berisi kumpulan tulisan tangan, notes atau ketikan mesin tik yang discan, dan dipublish ke dalam web. Contoh Typecasting blog adalah type-ten.com.

20. Blog iklan baris

Blog iklan baris adalah blog yang berisi kumpulan iklan baris. Blog iklan baris ini banyak sekali kita temukan di internet.

Sayangnya banyak sekali blog iklan baris dimanfaatkan oleh spammer untuk promosi sehingga konten terkesan sembarangan.

Beberapa contoh blog iklan baris di antaranya:

  • iklanbaris.asia
  • mediaiklan.biz.id
  • autoiklan.com
  • iklanbarisnesia.top
  • iklanbarulive.com
  • iklanbaris.xyz
  • iklanbisnis.xyz

21. Splog atau Spam Blog (Automatically Generated Content)

Splog atau spam blog biasanya berisi automatically generated content atau konten spam yang dicopy dari website lain. Blog seperti ini berisi konten yang dibuat secara otomatis yang dirancang untuk mempromosikan situs web komersial terkait dengan meningkatkan peringkat mesin pencari mereka.

Splog biasanya juga disebut sebagai spam blog. Dulunya jenis blog seperti ini sangat banyak dimiliki oleh para spammer di Indonesia.

Saat ini jumlah Splog sudah mulai berkurang meskipun masih ada di internet. Pasalnya, blog seperti ini banyak yang dihapus dari index Google. Namun, jenis blog ini pasti akan selalu ada.

Kesimpulan

Ternyata ada banyak sekali jenis blog yang ada di internet, yang dibedakan berdasarkan platform, konten, tujuan, dan formatnya.

Dari beberapa jenis blog yang sudah disebutkan di atas, jenis blog seperti apa yang Anda miliki saat ini?

Apapun jenis blog Anda, semoga blog tersebut memberikan manfaat bagi orang lain dan bukan hasil copy paste dari blog orang lain.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

29 pemikiran pada “21 Jenis Blog yang Ada di Internet dan Contohnya, No. 13 Cocok untuk Pemalas”

  1. Tulisan yang rapi dan detail. sangat menginspirasi.
    sampai saat ini alhamdulillah masih bisa merasakan gajian dari blog. Meskipun butuh tenaga yang lebih ekstra karena semakin banyak kw yang dibabat habis oleh situs portal besar.

    Balas
  2. Artikel yang bagus dan menginspirasi.
    sampai saat ini alhamdulillah masih bisa merasakan gajian dari blog, meskipun butuh tenaga ekstra karena banyak keyword yang dibabat oleh situs portal besar.

    Balas
  3. Salam Blog Mania. Saya mohon advice nih. Kalo saya mau promosikan produk jasa spa dan mesinnya, seperti artikel “Melirik Segarnya Peluang Bisnis Spa” yg saya baca dari Maxmanroe, apa yang harus saya tawarkan kepada Maxmanroe untuk membuatkan atau mengawali promosi ini ? No WA atau email yang bisa saya hubungi ? WA saya: 081389041626. Sisan Pradono . Alamat: Cawang, Kramat jati, Jaktim. Ditunggu ya kabarnya. Terimakasih..

    Balas
  4. Halo Gan, untuk menambahkan lencana halaman bisnis google plus kok gabisa ya? Web yg saya pakai adalah wordpress, dan sempet nanya juga di forum wordpress, katanya untuk halaman bisnis emang belum bisa di share lencananya.

    Balas
  5. Ternyata jenis blog banyak juga ya.. tidak hanya blogspot dan wordpress

    Balas
  6. mas marikson saya mau bertanya, apa rahasi riset keyword mas marikson soalnya saya riset 4 keyword yaitu
    jenis-jenis blog dan fungsinya
    jenis jenis blog dan contohnya
    jenis jenis blog dan penjelasannya
    jenis jenis blog dan contohnya
    web ini tetap mendapat peringkat 1, saya kagum kepada mas marikson karena keyword mas marikson sangat kuat hingga tetap peringkat 1. kalau saya boleh bertanya apa sih rahasia atau tips biar keyword kita itu kuat. maaf masih pemula :)

    Balas
  7. Banyak Juga Ternyata Jenis jenis Blog ya..
    Sepertinya Blog Aku Tipe Blog berdasarkan Platformnya No 1kalau berdasarkan isi aku Tipe No 2

    Balas
  8. Wah ternyata ada banyak jenis blog yaa gan? Untung singgah ke sini, bisa nambah ilmu lgi..makasih yaa min, awalnya yg saya tahu hanya beberapa jenis aja tpi skrg udah tahu banyak… lanjutkan min..!!!

    Balas
  9. bolehkah mengisi konten blog dengan menulis ulang bahan yang berasal dari buku kmudian mencantumkan nama penulis dan nama bukunya

    Balas
  10. Saya sendiri sedang membangun beberapa blog niche, mulai dari niche kesehatan, blogging, digital marketing gan. . Terimakasih banyak atas infonya salam kenal by Mitra Google Indonesia

    Balas
  11. Ane gk begitu faham tentang berbagai jenis blog tersebut, cuma kira-kira blog yang paling bagus untuk dimonetasi yg mana yaa mas?

    Balas
  12. numpang tanya :)
    lebih baik 2 blog dalam 1 akun atau 2 blog pake akun beda?

    Balas
  13. Kalau boleh tau neh, menurut agan yang mana diantara sekian banyak farian blog berdasarkan masing masing definisinya tersebut, tentu ada yang paling mudah untuk dikelola dan dioptimasi sehingga cepat untuk menjadi blog yang sukses dari segi monetisasi ataupun popularitas seperti maxmanroe.com ini. mohon sedikit pencerahan nya. terimakasih.

    Balas
  14. Kalau blog saya termasuk personal blog, ya bisa dibilang untuk buku catatan. ^_^

    Balas
  15. Sepertinya kalau berdasarkan Platform blog saya masuk no 2. Berdasarkan isi mungkin no 1.

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: