Beranda General 7 Jenis Batu Akik yang Paling Banyak Diburu Pecinta Batu Mulia

7 Jenis Batu Akik yang Paling Banyak Diburu Pecinta Batu Mulia

Jenis Batu Akik
Jenis Batu Akik Paling Digemari

Jenis Batu Akik – Demam batu akik nampaknya masih akan berlanjut. Dengan banyaknya jenis batu akik yang terdapat di hampir seluruh wilayah di Indonesia, sepertinya negara tercinta kita ini akan menjadi surga bagi pecinta batu akik. Tak hanya diburu para kolektor domestik, namun para kolektor batu mulia dari mancanegara sudah mulai masuk ke Indonesia.

Dari banyaknya jenis batu akik yang ada, ada beberapa jenis yang sangat digemari oleh para pecinta batu akik. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis ini, ada baiknya jika Anda juga mempunyai koleksi batu akik yang paling diburu saat ini.

Batu akik jenis apakah yang banyak digemari itu, apakah Anda sudah memilikinya? Berikut ini adalah beberapa jenis batu akik dan namanya.

1. Jenis Batu Akik Bacan Hijau

Batu Akik Bacan Hijau

Banyak kolektor berburu batu akik jenis ini. Batu akik yang berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara tepatnya di daerah Pulau Kasiruta ini sangat diminati bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Banyak kelebihan dari batu akik jenis ini yang menjadikannya banyak dicari dan dikoleksi pecinta batu akik.

Salah satu yang beda dengan jenis batu akik yang lain, bahwa batu ini bisa bermetamorfosa secara alami semakin lama semakin indah. Dari jenis batu bacan ini yang paling populer adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

2. Batu Akik Kalsedon

Batu Akik Kalsedon

Mempunyai ciri seperti diselimuti kabut transparan, semakin menambah keeksotisan dari batu akik jenis ini. Bisa ditemukan di daerah Jawa Barat dan daerah Sulawesi Tenggara batu ini seakan ikut melengkapi keindahan jenis batu akik yang ada di Indonesia.

Selain di daerah di atas, baru – baru ini jenis batu akik kalsedon juga ditemukan di daerah Pacitan Jawa Timur.

3. Batu Akik Kalimaya (Black Opal)

Batu Akik Kalimaya

Jenis batu akik yang meskipun lembek, namun tetap banyak yang mencari nya. Dengan ciri spesifik memancarkan warna semacam berlian menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor.

Jenis batu akik ini sering disebut dengan opal ini di luar negeri bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia dan juga Mesir, untuk di Indonesia sendiri bisa ditambang di Banten.

4. Jenis Batu Akik Safir

Batu Akik Safir

Batu akik seperti ini tergolong mahal dan mempunyai segmen pasar tersendiri. Tergolong jenis batu yang mahal tapi pantas untuk keelokan batu akik ini.

Selain dari jenis warna yang begitu dikagumi, batu akik jenis ini juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut. Sehingga semakin meningkatkan harga dari batu akik jenis safir itu sendiri.

5. Jenis Batu Akik Topaz

Batu Akik Topaz

Jenis batu akik yang juga menjadi primadona di kalangan pecinta batu mulia. Batu akik topaz memiliki pilihan warna jingga, kuning dan juga kemerahan.

Jenis batu ini bisa ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko juga di negara Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi penggunanya.

6.  Batu Akik Sungai Dareh

Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik yang berasal dari Sumatera Barat ini sangat populer di Indonesia. Banyak penggila dan kolektor batu akik sangat menyukai batu ini, bahkan para pemimpin negara pun disinyalir juga memakai akik jenis ini.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun disebut-sebut juga memakai jenis akik ini. Warna yang eksotis dan keindahannya membuat batu ini sangat mahal dan berkelas.

Artikel lain: Mau Berbisnis Batu Akik, Perhatikan 7 Hal Ini

7. Batu Akik Zamrud

Batu Akik Zamrud

Batu dengan warna khas hijau ini juga sangat dikenal dikalangan pecinta batu akik. Jenis batu yang satu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dan biasanya digunakan sebagai batu perhiasan.

Batu dengan kekerasan 7.5 skala mohs ini sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan karena dianggap sebagai lambang kemakmuran juga kedamaian. Jadi, pantas rasanya jika batu ini dihargai sangat mahal dari dulu sampai sekarang.

Nah, itulah beberapa jenis batu akik dan gambarnya yang paling banyak diburu oleh para kolektor untuk saat ini. Dan yang paling membanggakan adalah sebagian besar batu mulia itu sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

157 KOMENTAR

  1. grosirsouvenirgelas

    Batu akik itu suatu keindahan bagi saya dan memiliki kesan yang positif untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Makasih Gan,,,

  2. Harga kok gak ada ya…

    Apa lebih mahal dari pada emas ?

  3. malah jadi bingung bacanya,…..memang ada ya AKIK SAFIR,..AKIK JAMRUD…AKIK TOPAZ…karena setahu saya Safir, Zamrud dan Topaz itu jenis permata, bukan AKIK…Akik asal katanya adalah “Agate” yang karena pelafalan orang kita jadi “akik”……dan itu sudah masuk jenis batuan yang sangat berbeda dengan permata : safir – zamrud – topaz…..

  4. banyak koleksi akik dan permata diweb kami om. silahkan berkunjung dan dapatkan harga terbaik

  5. Mantap….batu Akik yang di infokan.
    Saya menjual batu akik “Red Baron” asal Pacitan. bagi peminat yang faham bisa hub saya via email diatas.

    Terima kasih.

  6. batu akik ya gan? klu gak salah sejak menjelang akhir 2015 sudah menurun drastis penggemarnya, maklum lah indonesia itu musim-musiman, pas lagi maraknya habis-habisan harganya tapi setelah gak lagi harga pun terjun bebas, untungnya kemarin ane kagak beli itu batu

  7. postingan februari 2015, dan sampe skarang didaerah saya masih buanyak yang jualan batu akik, jasa bikin batu akik, jual ring/cincinnya, dan kalo sedang ngumpul topik akik masih cukup hangat diperbincangkan

  8. kupunya akik kecil namanya zafir tlogo bedah

  9. I love batu akik

    aku punya juga batu akik blue Safir tapi warna hijau
    ada tau kenapa ?

  10. Kalo di baca sekarang, koq ada atmosfir yang beda ya dengan batu akik ini.. apa di pengaruhi oleh uforia akik yang sudah meredup yah.. hehehe

  11. sekrang masih trend kah bro batu akik neh ?

  12. Ulasan yang sangat menarik, menambah wawasan dlm pengetahuan tentang Cincin batu permata terutama yg hobby batu permata, karena uraiannya mudah di pahami.
    Trimakasih admin.

  13. Apakah masih ada yang jualan batu akik setelah pamornya mulai turun..?

  14. Memiliki Batu pandan Merah Batu Mustika Kelapa dan Batu lafat Allah

  15. ada yang tahu manfaat batu mustika lipan gak gan? sy habis dapet batu kecil kata temen sy itu jenisnya batu mustika lipan. mohon jwbanya ya ditunggu. mksh

  16. saya punya bongkahan batu bacan doko hijau super krisatal, klau ada yg minat add pin bb sya 2A05A9E2. Tks

  17. aq banyak akik bulu macan gan

  18. Q ada jamrud kalimantan, mustika mani gajah, fosil kayu,fosil tulang singa, fosil kerang purba (kolbunten) , Batu Satam ( batu meteor ) 20cm.

    28E9E594
    081216897547

  19. Batu akik Indonesia

    Batu akik itu suatu keindahan bagi saya dan memiliki kesan yang positif untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Makasih Gan,,,

  20. Sya punya berlafadz alloh pin 2b92e4c5 akik

  21. Saya ada blue safir dan jamrud…

Tinggalkan Balasan