Inilah 7 Tanda Bahwa Anda Harus Pindah Profesi

memilih profesi yang tepat

Dalam bekerja, Anda tentu akan berhadapan dengan berbagai tugas dan tuntutan dari perusahaan untuk bekerja dengan baik. Berbagai tugas dan tekanan yang ada saat bekerja ini akan menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi para pekerja.

Biasanya saat para pekerja mendapati dirinya berada dalam tekanan yang tinggi mereka akan mengalami stress. Situasi ini kemudian membuat para pekerja berpikir mendalam tentang profesi yang sedang dijalaninya.

Tak jarang mereka kemudian memutuskan untuk keluar dari profesi yang sedang dijalani dan berpindah ke profesi lainnya. Keputusan untuk pindah profesi ini bukanlah sesuatu yang buruk jika memang Anda mengetahui tanda bahwa keputusan ini bisa berdampak baik. Berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa Anda kenali untuk mempertimbangkan ganti arah dalam profesi dan pekerjaan Anda saat ini!

1. Hanya Memikirkan Penghasilan

Tanda pertama bahwa Anda memang harus pindah profesi adalah Anda bekerja hanya untuk mendapatkan uang. Bekerja memang untuk mendapatkan uang, namun lebih dari itu seharusnya pekerjaan Anda harus bisa menciptakan kualitas seperti penemuan diri, kesenangan dan hasil karya yang memuaskan pada profesi Anda.

Jika Anda seringkali mendapati perkataan yang terlontar secara sengaja atau tidak sengaja seperti  “Yah, demi duitnya aja lah”, “Untung dibayar”, “Yang penting tanggal 25 aman deh” maka Anda harus waspada, karena hal tersebut sebenarnya merupakan sinyal kuat untuk Anda pindah pekerjaan atau profesi.

Artikel lain: 6 Pertanda Anda Harus Segera Memulai Bisnis Anda Sendiri

2. Memimpikan Profesi Lain

Jika Anda seringkali dan intens secara sadar maupun tidak sadar membayangkan atau memimpikan profesi lain yang lebih baik maka sebenarnya inilah sinyal berikutnya yang menandakan Anda harus pindah profesi.

Lalu jika Anda ditanya soal mimpi, kemudian Anda selalu membahas dream project, dream business, atau profesi selain profesi Anda saat ini maka itu adalah pertanda bahwa Anda harus pindah profesi. Tanda lain bahwa Anda harus pindah profesi adalah ketika Anda ditanya soal pekerjaan Anda, Anda merasa malu mengatakan apa pekerjaan Anda saat di tempat ramai.

3. Bekerja Tanpa Passion

Perhatikan rutinitas pekerjaan Anda sehari-hari. Jika Anda mendapati bahwa Anda bekerja tanpa emosi dan tanpa antusiasme itu artinya tanda bahwa Anda harus pindah profesi. Bekerja tanpa perasaan kepuasaan dan makna hati ini jelas tidak akan berkualitas dan hanya akan membuat Anda seperti robot. Maka jika Anda telah mendapati rutinitas pekerjaan seperti ini itu sebenarnya tanda atau sinyal bahwa Anda harus pindah profesi atau pekerjaan.

4. Mengganggu Kesehatan Fisik dan Mental

Pekerjaan yang membuat kesehatan fisik dan mental Anda menurun juga pertanda bahwa Anda harus pindah profesi. Kesehatan fisik bisa didefinisikan pada tingkat kelelahan dan berapa seringnya Anda sakit.




Sedangkan menurunnya kesehatan mental ini bisa dilihat dari hilangnya rasa percaya diri, emosi yang tidak terkontrol, strees dan perubahan sifat dan sikap ke arah negatif serta buruknya pengembangan dan stabilitas mental Anda. Jika Anda mendapati beberapa hal tersebut pada diri Anda maka itu tanda bahwa Anda harus segera pindah profesi.

5. Tak Sejalan dengan Tujuan Anda

Profesi atau pekerjaan yang tidak memiliki tujuan untuk mewujudkan impian dan kepuasan Anda jelas merupakan sesuatu yang aneh dan buruk. Maka jika Anda mendapati pekerjaan Anda yang sekarang tidak mendukung pada sebuah tujuan, cita-cita, impian dan kepuasan padahal Anda telah menjaninya berpuluh-puluh tahun lamanya maka sebenarnya itu adalah tanda bahwa Anda harus segera pindah menuju pekerjaan atau profesi lainnya.

6. Kalau Bisa, Saya Mau Keluar

Keinginan untuk keluar dari perusahaan (resign) yang seringkali terbayang dan sangat kuat pada Anda itu juga pertanda atau sinyal bahwa Anda harus pindah pekerjaan atau profesi. Apalagi jika Anda sudah sering membayangkan waktu untuk resign atau bahkan sudah membuat plan untuk suatu hari resign tentu hal ini semakin memperkuat Anda untuk pindah profesi.

Baca juga: Inilah 5 Sinyal Bahwa Anda Telah Siap Terjun ke Dunia Bisnis

7. Mengganggu Keharmonisan Keluarga

Terakhir, tanda bahwa Anda harus pindah profesi adalah pekerjaan yang ternyata menghancurkan keluarga Anda. Pekerjaan atau profesi terkadang memang sering menyita waktu bersama keluarga dan mengganggu keluarga, namun itu adalah sesuatu yang normal. Namun jika pekerjaan Anda benar-benar telah membuat kehancuran pondasi hubungan keluarga, maka itu artinya pekerjaan itu buruk bagi Anda dan Anda harus segera pindah profesi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud