Inilah 5 Data yang Bisa Datangkan “Hacker” dan “Stalker” di Facebook, Waspadalah!

hacker Facebook

Facebook memang merupakan #media sosial yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Tak ayal apabila jejaring sosial kreasi Mark Zuckerberg ini memiliki peminat terbesar dengan jumlah pengguna mencapai 1,5 miliar di seluruh dunia.

Ketika bermain Facebook, kita memang seakan dimanjakan dengan beragam fitur hingga kesenangan saat melakukan aktivitas di #Facebook kemudian menjadikan kita lupa waktu dan lupa akan keamanan (security). Tidak sedikit memang pengguna facebook yang tidak menyadari akan bahaya keamanan dari aktivitas mereka di media sosial tersebut.

Mereka dengan asyiknya memposting apapun, mengomentari apapun, dan hal lain yang beberapa diantaranya ternyata bisa mengundang bahaya datangnya hacker dan stalker. Hacker dan Stalker tentu saja sangat berbahaya bagi Anda karena bisa mereka bisa menyadap data pribadi dan membuat Anda jadi terganggu.

Maka dari itulah untuk itu Anda haruslah berhati-hati dalam menggunakan dan beraktivitas di media sosial Facebook. Untuk mengantisipasi adanya hacker dan stalker mendatangi akun Facebook, Anda harus bisa mencegahnya dari awal. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menghindari beberapa data dan informasi yang rawan untuk ditampilkan di Facebook berikut ini.

1. Informasi Nomor Telepon

Data dan informasi pertama yang bisa mendatangkan hacker dan stalker dari Facebook adalah nomor telepon. Nomor telepon sejak dahulu memang telah menjadi data yang sangat rentan di sadap dan disalah gunakan.

Maka dari itu Anda perlu sangat berhati-hati saat akan mencantumkan data tentang nomor telepon ini. Anda harus bisa menjawab apa tujuan Anda memasang nomor telepon. Jika memang halaman Facebook yang Anda kelola adalah akun bisnis, mungkin bisa jadi Anda mencantumkan nomor telepon. Namun jika hanya akun pribadi, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk mencantumkan nomor telepon.

Artikel lain: Facebok Rilis Fitur Baru Penangkal Aksi Hacking

Peneliti kemanan bernama Reza Moaiandin mengatakan, ia tak butuh nomor telepon spesifik untuk melacak laman Facebook seseorang. Hanya dengan tahu beberapa angka akhir pada nomor telepon, Moaiandin bisa memunculkan beberapa kandidat laman Facebook yang ia tuju.

2. Informasi Alamat Rumah

Alamat rumah juga terkategori data yang tak kalah sensitifnya untuk bisa mendatangkan para hacker dan stalker yang membahayakan. Saat Anda sedang memposting sebuah gambar atau konten lainnya, alamat yang dipatrikan pada profil bisa saja muncul pada keterangan gambar. Dengan ini, semua orang bisa dengan mudah melacak alamat pengguna.

Saat alamat ini bisa didapat oleh mereka para hacker dan stalker maka situasi ini bisa membahayakan Anda dan mungkin juga keluarga Anda. Untuk itulah sama seperti pencantuman nomor telepon sebaiknya penulisan alamat ini akan lebih efektif digunakan jika Anda sedang menjalankan bisnis.




3. Informasi Pekerjaan

Mencantumkan pekerjaan dengan status tinggi di Facebook bagi sebagian banyak orang memang akan terasa menyenangkan dan menjadikan dirinya percaya diri dan berwibawa. Namun sebelum Anda benar-benar mencantumkannya, sebaiknya Anda harus berpikir ulang tentang tujuan yang dampak yang akan ditimbulkannya.

Jika Anda menuliskan data tentang pekerjaan ini hanya bertujuan untuk pamer, sebaiknya Anda harus menghindarinya. Ini karena menuliskan pekerjaan di Facebook bisa saja membuat para peretas akan mengganggu pekerjaan dan sistem kantor tempat Anda bekerja.

4. Informasi Status Hubungan

Berikutnya, data dan informasi yang bisa mendatangkan hacker dan stalker di Facebook adalah data tentang status hubungan. Ingat di dalam lingkaran pertemanan Anda tidak mungkin semua orang setuju dengan pola pikir atau kehidupan yang Anda jalani, termasuk soal status hubungan Anda. Umumnya dari data ini yang akan banyak muncul adalah stalker yang akan mengganggu dan mungkin meneror kehidupan hubungan Anda.

Romantisme yang Anda jalin bersama dengan pasangan Anda bisa saja rapuh dan hancur bila ada orang yang tidak suka dengan hubungan Anda dan sengaja ingin merusak hubungan Anda dengan pasangan Anda. Karenanya, ada baiknya bila seseorang tak usah mematrikan status hubungan di Facebook.

Baca juga: Akun Facebook Anda Memposting Konten P0rn0 Tanpa Izin? Berikut Cara Mengatasinya

5. Informasi Keuangan

Terakhir, data dan informasi yang bisa mendatangkan hacker dan stalker di Facebook adalah data tentang informasi keuangan. Beberapa hal yang terkait data keuangan yang seharusnya dihindari muncul di Facebook ini adalah seperti informasi nomor #kartu kredit, rekening dan bahkan saldo ATM Anda.

Data-data ini memang sangat sensitif mendatangkan hacker serta menciptakan komentar yang buruk dari para stalker. Alih-alih ingin mendapat perhatian pemuatan informasi keuangan umumnya membuat Anda akan dicap buruk karena dinilai sombong. Belum lagi kemungkinan lain dari pembobolan rekening dan kartu kredit dari para hacker yang juga akan mengancam Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah ternyata hal yg seharusnya menjadi ifo penting justru sangat membahayakan,lalu bagaimanbisa mengetahui ttg orang tersebut kalo data pribadi seperti yang diatas mudah untuk disadap????

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud